Mewarnai dengan Colour to Life Faber Castell

by - March 06, 2019

Semua orang bisa jadi seniman.
Begitu kata Try Purnama Syukur,  Creative Developmentnya Faber Castell waktu mendemonstrasikan teknik menggunakan Connector Pens untuk mewarnai.
colour to life faber castell

Dalam hati aku mikir gini: Hah? Masa sini? Jangan bikin seneng, dong! (eh bukannya harusnya seneng, ya?)

Pasalnya, aku tuh payah banget dalam urusan gambar menggambar. Bahkan untuk gambar  yang cemen pun. Tapi dalam acara makan siang yang mengundang  aku dan teman-teman emak blogger dan perwakilan dari awak media yang ada di Bandung, akhirnya dapat pencerahan.  Terhibur tepatnya. 
colour to life faber castell
Dari kiri ke kanan: Demas Aditya (Promotion), Abdur Rasyid (promotion cordinator area Jawa Barat), Andri Kurniawan  (PR Manager) & Budi Wardoyo (sales spv area jawa barat)
Selama ini, yang aku tau teknik mewarnai itu sangat-sangat jadul, dan itu ternyata salah. Sebelum ini taunya cuma mewarnai dengan cara mengisi ruang pada gambar dengan cara digores. Cape? Iya. Kertas rusak dan jadaik sobek? Pasti! Terus aku juga pernah diprotes sama Azka, ponakan yang masih SD. Katanya ga seperti itu cara mewarnai yang bener. Dan aku ngikik pas diajarin Azka cara mewarnai yang baik dan benar. Huhuhu ke mana aja?

colour to life faber castell

Azka lalu bilang kalau teknik mewarnai itu dia tau dari temen sekelasnya yang sering menang lomba mewarnai. Lalu dia kasih contoh di buku mewarnai milikku. 

Pertanyaan selanjutnya: Selama ini aku tinggal di belahan dunia mana, sih?  Yang tinggal di Wakanda pun kayaknya udah pada tau. Buktinya kostum mereka pada cakep-cakep dan memborong 3 piala Oscar, salah satu diantaranya adalah Costume Design. Yeeeh apa hubunganya?

Sebelum aku makin ngaco jadi bahas Wakanda Forever mari kembali ke jalur, bahas soal warna mewarnai, ya!

Nah, serasa menemukan kepingan puzzle yang hilang dalam soal mewarnai, dalam acara  yang aku ikuti tempo hari bersama Faber Castell yang berlokasi di Restoran Pandan Wangi yang berlokasi di Jalan Soekarno Hatta, Bandung.  Dari acara ini aku jadi tau sedikit lebih banyak teknik mewarnai.  

colour to life faber castell

Aktivitas mewarnai ini bukan cuma monopoli para bocil alias bocah cilik saja, lho. Buat dewasa juga memberi manfaat lain. Misalnya, mengasah empati, anti pikun, merangsang motorik, meningkatkan kreativitas, mengembangkan emosional, melatih daya ingat dan berpikir serta bagus juga untuk memperbaiki alur bercerita. 

Selain dari sumber lain aku juga mendapatkan informasi kalau  dengan mewarnai juga  bisa membantu untuk relaksasi, lebih fokus dan melemaskan tangan. Sama-sama tau lah, ya jaman serba digital  gini, susah banget mau lepas dari gadget alias gawai. Dari bangun tidur sampai mau tidur pasti selalu dicek. Makanya, mewarnai ini juga bisa jadi media refreshing yang mudah dan murah, kapan saja  dan di mana pun.

Soal teknik mewarnai itu adalah dengan cara patterning, pointilism, contouring, squiggling dan shading.  
teknik mewarnai dengan connector pens faber castell
Try Purnama Syukur,  Creative Developmentnya Faber Castell 
Oke, aku mulai exciting meski pas eksekusinya masih sedap-sedap ngeri dengan pilihan mewarnai. Ya karena kagok dan ga biasa juga seperti ada blocking takut aneh atau gimana. Beda sama Nabilnya Ulu atau Aksanya Uchan yang hari itu ikutan juga. Mereka lebih santai dan cuek bereksperimen warna, dan hasilnya cakep nian!  Huhuhu.... PR banget nih buatku yang masih takut-takut mencoba.
teknik mewarnai dengan connector faber castell

Setelah mencoba, beberapa ini adalah hasil karyaku. Yes, emang masih perlu berlatih. Ala bisa karena biasa. Yekan? Hahaha... ngeles ini mah.

colour to life faber castell

colour to life faber castell

Ada hal yang berbeda dari teknik mewarnai yang kita dapatkan dari Faber Castell. Bukan hanya kualitas Connector Pennya saja yang memang sudah diakui dunia. Faber Castell sudah  eksis lebih dari 250 tahun yang lalu.

Baca juga: Mewujudkan Kreativitas Tanpa Batas Dengan Faber Castell

colour to life faber castell

Paket mewarnai dari Coloring to Lifenya Faber Castell juga bisa jadi media hiburan dengan memainkannya lewat aplikasi yang bisa diunduh dari Playstore  untuk pengguna android atau Apps Store kalau gadget yang digunakannya adalah iOS.

Beberapa fitur yang bisa kita mainkan dari aplikasinya antara lain adalah
  • Giddy Up
  • Pogo Boy
  • Dress-Up Challenge
  • Balance Your Brain
  • Safe Flight
Pastikan area gambar yang sudah diwarnai tidak melebihi batasan. Soalnya kalau terlewat begitu,  aplikasinya tidak bisa memindai gambar yang akan muncul dalam bentuk 4 dimensi  (augmented reality) yang lucu. Warna gambar yang muncul pun akan sama seperti pola yang kita berikan. Makanya, semakin kreatif warna yang diberikan akan semakin menarik tampilan yang muncul.

Dari gambar  yang terpindai lewat aplikasi kita bisa memainkan fitur permainan yang sudah aku sebutkan di atas. Bahkan kita juga bisa berselfie ria dengan karakter yang sudah kita warnai ini, lho. Tinggal tap aja fitur kamera jadi beralih ke kamera depan.
colour to life faber castell

colour to life faber castell

Gimana kalau halaman bukunya sudah habis?

Ya tinggal beli lagi. Untuk saat ini, buku mewarnainya tidak dijual secara terpisah. Artinya, kita harus membeli satu paket dengan  Connector pensnya. Tapi no worry lah karena harganya juga masih terjangkau, kok. Worth it dengan pengalaman, manfaat dan keseruannya memainkannya bersama dengan keluarga terutama anak-anak.
colour to life faber castell




You May Also Like

2 komentar

  1. asyik banget emang kalo udah mewarnai, tiba2 keantengan dan lupa sekitar wkwk. Apalagi pas tau kalo mewarnai ada tekniknya. Acara workshop Faber castell emang seru pisan ya Teh.

    ReplyDelete
  2. Itu kan yg di foto hasil mewarnai teh efi? Wow bagus ah warnanya, Teh. Tabrak warna & berani. Hehehe. Ohiya, rapi juga.

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.