Memilih Mobil Keluarga Idaman: Suzuki New Ertiga Aja, Deh

by - June 06, 2018

Waktu Empah (kakek) saya masih ada, agenda 'mudik ala-ala' biasanya  jadi acara tahunan saya dan keluarga. Eh kenaapa saya sebut ala-ala? Karena jarang banget kami nginep di sana. Pulang pergi dari Bandung. Perginya sih, lancar. Kalaupun  rada macet  masih wajar. Kok bisa? Ya karena abis salam-salaman sama tetangga langsung meluncur. Atau kalau pergi diahari kedua lebaran, selepas subuh kami sudah meluncur. Baliknya jusru yang drama. Terjebak kepadatan kendaraan. Biasanya, jalur antara Gentong sampai Nagrek itu posisi kritis. Ujian kesabarannya luar biasa. Kenapa ga nginep aja? karena besok-besoknya jadwal silaturahmi dengan keluarga Apa yang di Bandung.

Iya,  Mamah dan Apa itu orang Bandung. Dulu, waktu masih remaja Mamah menghabiskan masa remajanya di Bandung sampai menikah dengan Apa dan lahirlah kakak, saya dan adik-adik :) Hanya saja, Mamah dulu memang pernah mesantren di Tasik. Banyak saudara-saudara Mamah yang tinggal di tasik. Satu kampung kayaknya saudara gitu, deh. Kalau udah panca kaki alias ngobrol (sunda)  biasanya suka ketemu silsilah keluarga dengan tetangga di kampung halaman hihihi.  Nah, setelah Emih (nenek) meninggal, beberapa tahun kemudian Empah menikah lagi dan hijrah ke Tasik, tinggal di sana. Uniknya, nenek saya yang kedua dari Mamah ini juga orang Tasik.  Ya, gitu lah yang namanya jodoh, biasnya ga jauh-jauh dari circle terdekat walau ada juga kan ya ,yang nikah sama orang yang jauh banget latar budayanya.

Wait, sebelum saya makin ngaco bahas ini, mari kita luruskan topik soal mudik, ya.
Dulu waktu Apa masih aktif kerja dan mendapat fasilitas mobil dari yayasan, berlebaran ke Tasik dengan menggunakan mobil itu. Jangan protes dulu soal pemanfaatan fasilitas ini, ya. Karena Apa itu orangnya apik banget sama yang namanya amanah. Jadi, pemakaian mobil ini sudah mendapat izin. Pastinya maintenance sebelum dan setelah berangkat plus bensin itu jadi tanggung jawab Apa.

Drama Mudik Lebaran

Drama yang biasanya terjadi di tanjakan ngarek atau rute lainya adalah kanvas kopling yang sering aus. Mobil lama, sih. Jasa tukang ganjel sebenarnya cukup membantu, tapi kalau lagi apes ya mau gimana lagi? Pernah tuh, satu waktu mobilnya  nyerah dan ga bisa digimana-gimanain lagi. Untungnya deket ke bengkel terdekat untuk diservice. Namanya juga marema (laris), ongkos service jadi mehong alias mahal Abis mau gimana lagi? Kesel sih iya,  tapi risiko gitu kalau pake mobil yang mesinnya udah ngedrop.
mobil keluarga idaman

Ngomong-ngomong soal mobil keluarga, terus saya jadi kepikiran. Ya, baru mimpi sih ini. Mumpung gratis, hahaha... Ga papa, yes?  Kalau dikasih rezeki melimpah (aminin dong) saya kepengin tuh punya mobil MPV alias Multi Purpose Vehicle. Dengan rombongan keluarga yang besar terdiri dari 6 anak (saya dan adik-adik) kalau jalan bareng ga bisa atuh pake mobil sedan.  Ditambah saat ini Apa dan Mamah sudah punya 2 cucu dan 2 mantu. Huaaa..... Makin rame aja.  Membagi rombongan dalam dua mobil tetep aja mobil jenis MPV adalah pilihan yang recomended. Selain space yang lebih luas juga lebih irit  untuk bahan bakar.
mobil keluarga idaman


Mobil Keluarga yang Irit BBM

Beberapa waktu yang lalu, tepatnya pada tanggal 18 Mei 2018, saya mengunjungi Paskal 23 Mall untuk melihat dari dekat acara peluncuran mobil Suzuki Ertiga terbaru.  Brand asal Jepang yang mengusung tagline Gear to Gather ini memperkenalkan keluarganya teranyarnya sudah menggunakan platform heartect.  Sederhananya tekonologi heartect itu adalah sasis  (rangka internal) mobil yang lebih ringan, namun tetap hemat dalam penggunaan BBM. Dalam preskon yang digelar kemarin, dijelaskan juga kalau Suzuki Ertiga sudah melalui ujicoba tes BT2MP. 
mobil keluarga idaman

Hasilnya? Untuk mobil bertransmisi automatic hanya membutuhkan 1 liter BBM per 16,73 km. Sedangkan untuk mobil manual sedikit lebih hemat, di mana per liternya bisa menempuh perjalanan sejauh 18,09. Wiiih, ini mah mobil idaman ibu-ibu dan calon ibu-ibu juga atuh. Siapa coba yang ga senang bisa ngirit ongkos BBM kayak gini? Yekan?
mobil keluarga idaman

Body yang Keren

Di satu sisi, iritnya konsumsi BBM, Ertiga terbaru malah hadir dengan desain body yang lebih luas Ya ini berkat teknologi heartect itu tadi.  Dimensi teranyar dari Ertiga memiliki ukuran 130 mm lebih panjang, 5 mm lebih tingi dengan berat sebesar 50 kg.  Waktu dijelasin printilan lain dari desain interior, eksterior dan mesin-mesinnya saya sempat bingung, alias ga ngerti hahaha. Tapi begitu lihat dari dekat, desainnya bikin kepincut. Ya, eksteriornya ya interiornnya. Cucok pisan. Lega dan elegan. Emang beneran lho,  kabinnya luas. Cocok banget deh dipakai buat perjalanan yang cukup jauh atau pas lagi terjebak mcet lama seperti musim mudik gini. Hayo, siapa yang suka ngerasa pegal karena space jok mobil yang pas-pasan? Belum lagi kalau udah kesemutan. Menyiksa banget, kan?
mobil keluarga idaman

Ruang Penumpang yang Luas dan Nyaman

Kalau udah bahas jumlah penumpang, ga bisa enggak deh bawaannya juga bakal banyak. Nah ini yang bikin New Ertiga makin recomended sebagai mobil idaman. Soalnya sudah dibekali ruang bagasi yang lega juga.  Jok baris kedua bisa dilipat dengan konfigurasi 60:40 atau kalau melipat jok ketiga, kita bisa mendapat konfigurasi 50:50. Masih luas dan lega, kan? Kalau pun tidak melipat jok, kita masih bisa menyimpan barang di depan, masing-masing di baris kedua dan ketiga. And the good news is, punya New Ertiga serasa dibekali kulkas, lho Soalnya ada Ventilated Cup Holders yang bisa menjaga kaleng atau botol minuman tetap cool. Macet-macetan, bukan saja tenggorokan tetap cool, pikiran juga. Penting banget ini.
mobil keluarga idaman

gambar: https://philkotse.com


Perlindungan dari Benturan 

Fitur lain yang tidak kalah pentingnya dalam memilih kendaraan adalah faktor keamanan. Suzuki New Ertiga memiliki teknologi Side Impact Bem dimana fitur ini bisa memberikan perlindungan untuk penumpang kalau terjadi benturan dari samping. Kalau perlindungan dari depan sih udah pasti ada juga, dong.  Selain itu suspensinya bisa meredam guncangan ketika mobil melalui rute yang jalannya tidak rata atau bergelombang plus tetap stabil saat melewati tikungan.  Jadi inget nih, Mamah meski lebih tenang dari saya, tapi kalau udah melalui rute macam gini suka terlihat panik dan sibuk baca doa agar tidak terjadi apa-apa. Saya? Ya sama sih, sama aja. H2C. Duh, ngeri kan kalau sampai gimana-gimana?

mobil keluarga idaman

Kalau saat ini teman-teman masih bingung mau memilih mobil keluarga yang cocok, udah deh Suzuki New Ertiga adalah pilihan yang pas. Bahkan saat menjelang lebaran ini, stoknya  juga ready. Ga usah lama-lama nunggu serah terima kunci.  Mudik pun aman dan nyaman. Tinggal cuss aja ke show room. Untuk tipe GA, Suzuki New Ertiga dilepas dengan harga Rp. 197.5 juta, dan Rp. 215,5 juta untuk tipe GL manual. Sedangkan untuk mendapatkan tipe GX manual, kita cukup megeluarkan uang Rp. 225,5 juta dan harga tertinggi dimiliki oleh GX manual, yaitu Rp. 236 juta. Tersedia 7 pilihan warna yaitu: Black, Lylac, Red Burgundy, Graphite Grey, Radiant Red, Silky Silver, dan Pearl/Snow White. Mau yang  mana?

mobil keluarga idaman



You May Also Like

2 komentar

  1. Aku favorit banget nih mbak sama semua produk dari Suzuki. Dulu pakai swift puas dan nyaman banget, cuma karena sudah kelamaan upgrade ganti merk lain.asli nyesel, gak senyaman dulu pakai Suzuki. Ertiga baru ini Kece banget ya, mupeng aku..

    ReplyDelete
  2. kalau masalah irit masih kalah sama Sienta. 1 liter bisa untuk 19.3 kilometer di jalan bebas hambatan.

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.