Tips Belanja Online Esktra Hemat Selama Ramadan di Tokopedia

by - May 11, 2018

Tiap mendengar atau membaca kata ekstra biasanya sih yang suka terbayang sama saya itu  konotasinya positif. Yekan ada juga yang ekstra yang rasanya ga enakeun hahaha. Ini apa coba bahas soal enak ga enak.  Maksud saya gini: Ekstra bonus, ekstra pulsa, esktra diskon dan sebagainya. Ekstra yang ga ngenakin? Ekstra hukuman, ekstra berat, ekstra lembur.  

Trus nih, sebentar lagi kan mau masuk bulan Ramadan.  Ternyata di Ramadan ini juga bakal ada ekstra. Kalau ekstra pahala ibadah udah jelas. Ekstra gaji berupa THR sebagian besar juga Insya Allah dapet, deh. Kalau saya yang freelancer gini  ya udah lah ya, ga usah mimpi ngarep THR hihihi kok malah curhat, sih. Tapi yang namanya rejeki ga bakal ketuker, kok. Seriusan, deh. Ada aja jalannya. Yang perlu kita lakukan ya ekstra usaha, jangan mengestrakan tidur. Pahala sih emang kalau tidur di bulan puasa. Tapi masa mau seharian terus hibernasi? Hei, kita kan manusia, bukan beruang! 

Banyak kok caranya agar Ramadan kita kali ini jadi lebih bernilai. Banyakin ngaji misalnya. Syukur-syukur bisa khatam 30 juz. Terus bisa juga tuh, banyakin ibadah lainnya semacam sedekah, salat tarawih, nyimak kajian yang menambah khasanah pengetahuan, banyakin silaturahmi juga. Kan, biasanya suka ada acara bukan bersama, alias bukber. Bisa sama teman lama, relasi atau klien, sodara atau siapa pun.  Tapi inget ya, kadang dalam nuansa bukber yang seruuu banget itu kadang suka ada jebakan, jebakan CLBK lah, jebakan balas dendam sama makanan, jebakan ngelewatin solat. Nah, lho. Kataya bulan menahan diri. Kok remnya blong? ini sih ekstra catatannya malaikat yang ada di sebelah kiri kita, Malaikat Atid. Jangan, dooong. Jangan bikin pahala pusa kita ikutan tekor. 

Baca Ini juga ya : Plus Minus Kegiatan Buka Bersama

Ah ya jangan lupa, kadang suka kelewat atau ga nyadar sama yang satu ini. Jebakan lapar mata alias belanja. 

Ya sih, ada anceran THR yang bisa jadi salah satu sumber tambahan belanja. Tapi balik lagi sama tadi. Masa cuma berujung di WC atau perintilan lain yang nilainya bakal menyusut secara ekonomis?Saat orang ramai-ramai menyerbu mall buat belanja aneka fashion dan aksesoris untuk bulan puasa, kadang bisa jadi jebakan  juga buat kita mengalami kebocoran dompet. Tau dong ya, dianggarin belanja let's say abis sejuta, eh pas itung-itung billing ternyata abis 1,5 juta misalnya. Belum biaya lain semacam ongkos ngangkot, jajan makanan yang ga kepikiran untuk masuk dalam list pengeluaran, dan keabisan waktu di jalan. Fiuuuh....

Baca Juga: Tradisi Menjelang dan Selama Ramadan


Belanja secara daring alias online adalah salah satu cara yang bisa kita lakukan. Ya hemat waktu, ya hemat biaya juga. Seriusan! Nih saya kasih tips biar belanja secara daring, dompet tetap aman sentosa. Sini sini... merapat. jangan buru-buru melipir, ya :)

Selalu Survey Harga

Dulu waktu SMA saya suka protes saat menemani Mama belanja di supermarket. Dengan jenis barang yang sama, Mama selalu membanding-bandingkan. Yang ini lebih murah sekian rupiah, yang itu ada bonus piring atau gelas, yang ini beli satu dapat dua. Jadinya lamaaaa. Ini yang bikin saya bete nungguin. Dih, anak macam apa sih, ga sabaran amat? 

Lama-lama kemudian cara ini suka saya terapkan, terutama kalau belanja online. Belanja konvesional saya sih masih males banding-bandinginnya hehehe. Eh tapi ya, kalau survey harga pas belanja di olshop atau market place ini , lumayan banget lho selisih harganya, Bukan cuma seribu dua ribu perak. Kayak ditoko-toko online yang ada di Tokopedia alias Toped (next saya bilang Toped aja biar gampang, ya) dengan jenis barang atau merk yang sama ternyata dijual dengan range harga yang selisihnya mayan banget. Bisa buat beli pulsa, nonton film, jajan di food court, dan subtitusi lainnya. Hmmm, ternyata gitu ya moral story yang saya dapatkan dari prinsip ngirit saat belanja ala Mama. 

Makanya, saya kasih sarah nih kalau belanja di Toped sabar dikiiit, aja. Cek toko sebelah deh, ga lama kok. Pas kita masukan kata kunci di kolom pencarian, tampilan di layar gadget kita akan menampilkan toko-toko apenyedia produk tersebut lengkap dengan detil harga.


Lokal, Kenapa Tidak?


Enggak selalu lho yang lokalan itu kualitasnya ga bisa bersaing sama prudk luar. Kalau bisa dapet yang murah dengan kualitas yang worth it, kenapa, tidak? Setuju? Nah ecommerce yang ada di Toped ini menyediakan pilihan yang lengkap mulai dari merk lokal sampai interlokal eh maksudnya iternasional. Inget-inget prinsip menahan diri saat berpuasa. Jangan bikin acara belanja kita bikin atm jebol. Ga banget itu!


Cari Toko Online Paling Dekat


Wait. Pas dapet produk yang harganya super duper murah, jangan langsung iyes iyes aja proses pembayaran. Printilan alias komponen lain saat berbelanja di market place gini yang gak boleh dicuekin adalah ongkir. Ya sih di toko ono harganya paling murah. Gilirn proses pembayaran kok ujung-ujungnya berasa tekor? Yaelah pantesan aja, belinya lintas pulau! Ya iyalah, ongkir jadi bengkak (((bengkak))). Makanya kalau bisa fokus deh nyari di toko yang jaraknya ga jauh-jauh. Di Toped ini kita bisa banget kok ngecek domisili toko alias penjual yang paling dekat dari kota tempat tinggal kita. Syukur-syukur bisa dapat harga yang paling murah, eh sekota juga. Ini namanya jodoh (((jodoh))) hahaha....

Ssst.... Cara pembayaran Juga Jangan Dicuekin


Paling seneng kalau lagi belanja daring gini karena cara pembayarannya yang cashless. Selain via transfer, kita bisa memanfaatkan saldo dompet digital (yang suka belanja di Toped mesti ngeh soal ini) yang bisa kita dapatkan dari bonus cash back yang didapatkan setiap transaksi. Selain membayar lunas, ada juga lho, toko-toko yang memfasilitasi pembayaran dengan kratu kredit atau secara angsuran bagi yang tidak mempunyai kartu kredit. Ah iya kita bisa juga bayar via mini market untuk transaksi di sini. Saya pernah tuh bayar di  mini market untuk membayar tiket kereta karena pas ngecek saldo di atm untuk transfer ga nyampe alias kurang hihihi..... Intinya cara pembayaran di Toped ini gampang, dan fleksibel. 

Pilih Cara Pengiriman Paling Efisien


Oke, cek harga ceklis.  Pilih lokasi toko ceklis juga. Cara pembayaran beres. Gimana dengan metode pengiriman? Dulu pilihan paling banter via kurir/logistik gitu. Kalau lagi  butuh cepat, bisa banget pake cara pembayaran via transportasi online semacam Go-Send atau Grab Send. Kalau ga buru-buru memanfaatkan jasa kurir udah cukup, tuh. Nah, giliran dikejar waktu, maka jasa transportasi  online ini adalah penolong pertama pada kepepet :)

Eits, Masih Ada Promo dan Diskon


Boong banget kalau ada yang bilang ga butuh atau ga suka promo atau diskon. Ini sih cara ke sekian kalinya yang bisa kita manfaatkan untuk menghemat pos belanja. Biasanya, suka ada kode-kode promo yang bisa kira masukan saat memproses pembayaran. Untuk membayar tagihan seperti listrik, air, internet atau pulsa saya terbantu banget dengan adanya kode promo. Dari sini saya suka dapet cash back berupa saldo digital yang bisa dipake untuk pembayaran berikutnya.
Kalau diskon udah jelas lah, ya. Potongan harga langsung yang bisa didapatkan. Yang harusnya kita bayar 100 ribu misalnya eh karena ada diskon jadi cukup bayar 85 ribu aja misalnya. Senengnyaaaa....  Anyway, Toped juga akan tetap memberikan fasilitas promo dan diskon selama bulan puasa nanti, lho.  Bakalan ada  rangkaian promo selama bulan Ramadan nanti. Sayang banget kalau diabaikan begitu saja.

Last But Not Least

Tunggu dulu. Jangan lupa untuk ngecek aplikasi atau webnya Toped pada tanggal 25 Mei 2018 nanti. Soalnya bakal ada kejutan yang bakal membuat Ramadan Ekstra jadi lebih Ekstra! Kalau bingung dan ga ngerti, ini semacam program  festival belanja online serupa “Black Friday” gitu lho. Tau dong, ya! 

Penasaran kan, kayak gimana sih kejutan  belanja online di bulan Ramadan Ekstra bersama Toped jadi terasa  lebih special? Ya udah, tandain kalender, bikin reminder di laptop atau HPnya. Anything deh, biar event ini ga terlewatkan. Balik lagi kayak yang saya bilang di awal tadi, selisih harganya bisa kita manfaatkan buat banyak hal. Nambahin ongkos mudik,  ngasih THR buat ponakan, atau bisa ditabung but keperluan lainnya. Ramadan Ekstra di Toped emang ekstra happy-nya, ya!

You May Also Like

4 komentar

  1. Akoo Butuh Banget kalo Diskon, namanya juga Emak MoDis, hahahaha...
    Siap2 lihat Toped ahh

    ReplyDelete
  2. Ga tahan pengen cepet belanja online di tokopedia dengan Ramadan ekstra nya nih, hihih udah ada shopping list nya nih wkwkwkwk

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.