Sunday 25 February 2018

Musola Mall The Series: Festival City Link Bandung

Setelah puas makan, ngobrol ngalor ngidul plus curcol,  agenda meet up dadakan gank teman SMA  yang namanya bisa bikin mual kalian (De Pirjin),  rasanya masih ada yang kurang. Apa coba? Iyes, jalan-jalan. Waduh, alarm  kacamata kuda saya jadi waspada. Jangan sampai tergoda. Soalnya baru aja tadi malam pas nge-review (halah) pengeluaran bulan ini. Bikin shock, karena saya over budget!

Yaaa,  tiap bulan juga selalu over budget sih hahaha. Cuma sekarang nominalnya mayan toyorable. Maksudnya pengen noyorin muka sendiri. Masih kacau nih saya ngaturin cash flownya.  
https://www.catatan-efi.com/2018/02/musola-mall-series-festival-city-link.html

Ya udah gapapa deh, saya manut aja. Tapi sebelum muter  mall buat window shoping, kami sepakat untuk salat dulu. Udah jam 4 sore, soalnya. Tau sendirilah, jalan-jalan di mall itu ga berasa.  kayak lagi ngukur mall tapi ga diitung udah berapa langkah kaki. Tau-tau sampe rumah kaki kerasa pegel. Eh, kalau keasikan bisa bablas waktu solat. Duh jangan sampai, deh.

Ah ya, hampir lupa. Tadi sore itu saya dan teman-teman ketemuan di Festival City Link. Lokasinya ada di jalan Lingkar Selatan. Cukup dekat dengan tempat tinggal kami. Satu lagi, kalau macet ga bikin baper amat dibanding mall lainnya. 

Musolanya Festival City Link  ada di lantai 3. Bisa pake eskalator atau lift. Musola atau masjid Darus Salam ini deket area food court dan cuma beberapa langkah dari eskalator menuju lantai 3A di mana ada cinema XXI di sana. Lokasinya gampang dijangkau. Buat saya area mall Fest Link ga terlalu luas. Gampang banget lah nemuin musala ini.

Sedikit intermezzo, kalau soal 'peta mall' saya suka payah. Sering ngelewat  toko sepatu Payless, misalnya. Tapi pas mau ke sana lagi lebih sering lupa di mana lokasi pastinya. Cuma beberapa toko  aja yang saya hafal betul, ini lokasinya di sini. Kalau mau nyari atm, deket sini,  mau ke toilet melipir ke sono. Sisanya? Otak saya loading lama. Kalau dihadapkan dalam situasi cerdas cermat atau kuis bisa keok hihihi.

Ih kok random? Kan lagi bahas musola, Fiii... 
https://www.catatan-efi.com/2018/02/musola-mall-series-festival-city-link.html

Iya. baiklah mari kembali fokus. Waktu kami datang, musolanya cukup ramai tapi ga sampai berjejal dan harus ngantri dapatin shaf solat plus pakai mukena. Begitu  juga dengan wudu. Cepet aja, saya malah bisa langsung wudu begitu mbak-mbak di depan saya baru saja beres membasuh kakinya.

Masuk ke area solat untuk pengunjung perempuan, saya juga langsung dapetin mukena. Oh ya tips saya, kalau musola lagi crowded alias penuh, terus ga bawa mukena sendiri jangan pasrah nunggu di belakang. Susah dapetinnya. Apalagi pas waktu solat yang rawan seperti Magrib. Kan,   waktunya benta banget. Saya selalu nyari celah buat maju ke depan buat dapetin giliran pake mukena lebih cepat. And... It's work hahaha.
https://www.catatan-efi.com/2018/02/musola-mall-series-festival-city-link.html

Nah sore tadi saya perhatikan mukena yang nganggur posisinya ada di depan, di pojokan tepat di belakang sekat pembatas jamaah. Ya udah, saya ambil dua pasang, satu buat saya, dan satu algi buat Dian yang baru selesai wudu.  Mukenanya bersih dan terawat. Nyaman makenya. Kadang kan, suka ada tuh musola  yang mukenanya pas-pasan, trus udah kudil,  dan di bagian mukanya lembab. Kalau nemu gini saya suka ga nyaman pakenya. 

Satu hal yang saya perhatikan di musola mall gini,  pengunjung perempuan cenderung solat masing-masing alias munfarid. Sementara kalau merhatiin di area laki-laki (dari celah pembatas suka keliatan)  ada aja yang berjamaah. Kalau di awal waktu selepas adzan,  satu area gitu bakal jamaah bareng. Kalau udah agak lama, saya sering merhatiin ada  aja kelompok kecil yang berjamaah. Entah itu Zuhur, Asar, Magrib atau Isya. Subuh? Ga ada deh, kan mallnya masih tutup :).

Selain posisi yang nyaman dan strategis, kebanyakan mall di Bandung sudah memfasilitasi musola dengan mukena yang layak pakai. Jumlahnya juga lumayan banyak. Contohnya, ya, kayak musola yang ada di Festival City Link ini. Walau di beberapa tempat, masih ada yang menyediakan mukena dengan jumlah yang terbatas. Biasanya berbanding lurus dengan space musalanya yang mungil.

Untuk area solat jamaah perempuan, musola di sini menyediakan space lebih luas. Di bagian luar,  malahan masih ada shaf perempuan, beririsan dengan zona parkir di P3 Festival City Link.  Sangat membantu kalau pas jam-jamnya rame.

Walau bikin cemas, takut solatnya mepet ke waktu berikutnya, Saya merasa bersyukur loh kalau masih banyak yang sadar untuk menjaga solatnya. Jangan sampai kelewat. Kalau dalam perjalanan,  saya masih oke menjamak solat. Maen di mall, terus solatnya dijamak?  Hmmm... ini prioritas saya paling terakhir. Alasan kejebak macet  dan pas nyampe mall udah lewat waktu atau memang lama nunggu giliran baru deh saya jamak. Tapi ini jarang banget saya lakukan. 

Khawatir sepatu ketendang-tendang terus tercecer atau ilang? Kalem aja. di sini ada penitipan sepatu yang tersedia.  Mau ditaruh begitu aja di luar atau lebih merasa nyaman dan secure dititip,  balik lagi sama pilihan sendiri. Kalau solat di sini saya suka random juga, kadang nitip kadang ditaruh di luar hihihi... Gimana moodnya aja.

Gimana kalau kebelet pipis? Sayangnya di musola dan toilet masih berjarak.. Ga deket, tapi kalau mau nyari pun ga jauh juga, sih.  Karena tadi  selesai solat saya ga kepengin pipis,  jadi lupa buat motoin toilet paling dekat dari musola.  Nanti kalau ke sana lagi saya update, ya. Ampun deh, kecerdasan spasial saya kudu di-upgrade, nih. 😛😛😛

Insya Allah saya bakal nyeritan pengalaman saya solat di musola mall atau tempat umum lainnya, ya. Cuma jadwalnya ga tentu, tergantung situasi dan waktu yang pas aja. :)  Sekali lagi, jangan lupa ya, maen di mall jangan keasikan sampai lupa atau melewatkan waktu solat.
https://www.catatan-efi.com/2018/02/musola-mall-series-festival-city-link.html
Here we are, gank  De Pirjin. Foto: Milah
Selesai salat,  kami sempat muter bentar. Dan bener aja saya tergoda beli  satu buku di Gramedia. Niatnya cuma nganterin, eh ya dasar emang tergoda. Godaan display baju, tas, sepatu atau counter kosmetik dengan mulus saya lalui. Melipir ke Gramed, saya ga tahan buat jajan buku 😅😅😅.

Share:

Thursday 22 February 2018

Staycation di Dafam Rio Sambil Ngangon Adik

Weks, judulnya awkward, ya? hahaha... Percaya ga, saya tuh tipe kakak yang  sayang adik? Percaya aja lah, ya. Biar cepet :D  Walau jarang dan nyaris ga pernah pamer foto kebersamaan di medsos.

Satu waktu saya pernah ketemu teman SMA yang nanya gini, "ini anakmu, Fi?"
Beuh, saya yang bibirnya udah manyun jadi pengen tambah manyun.  Kejadiannya udah cukup lama. Waktu itu, adik saya masih SD atau SMP lah.  Ceritanya saya ngajak Pipit buat nemenin ngaji MPI di Telkom Geger Kalong.  Kesel sih saya ditanya gitu, tapi kan ga bisa ngambek. Lah kan namanya juga sodaraan. Ya mukanya ada kesamaan. Ya udah lah,  saya bilang deh,  kalau bocah yang sekarang udah kuliah dan makin kenes itu beneran adik saya yang paling bontot. Mukanya mangut-mangut pas saya jawab gitu. Entah emang percaya atau biar cepet aja. 

Waktu jalan-jalan ke Bali, sekadar nonton atau belanja ke supermarket pun saya suka ngajak dia. Kalo lagi bokek kadang kami bayar masing-masing, atau saya jajanin seadanya, tapi seringnya saya dipalakin dia hahaha... Ya udahlah resiko sebagai kakak kan, ya? Masa iya saya yang malakin dia. Dih kakak macam apa, saya coba?

Beberapa waktu lalu saya nyeret eh koreksi, ngajakin lagi Pipit buat jalan. Tepatnya staycation di hotel Dafam Rio. Dasar emang anaknya doyan maen, ajakan saya disambut dengan girang hati. Saya seneng aja sih ada yang nemenin. Apalagi pas mama saya tau mau ngangon  (((ngangon)))  dia.  

So, on the day, tepatnya pada tanggal 17 Februari 2018 kemarin kami  check in buat nginep semalam di sana. Saya datang lebih dulu karena paginya ada acara di tempat lain. Males soalnya kalau balik lagi dulu ke rumah. Menjelang maghrib, Pipit datang dan menyusul saya ke kamar 208 yang jadi kamar tempat kami menginap. Anyway, seperti inilah situasi kamar kami. Enakeun, ih. Bikin betah. Bisa dicopas ga sih, setingan kamarnya ke kamar saya di rumah? Wkwkwk.... ngarep amet, ya.






Hoel Dafam Rio ini terletak di jalan RE Martadinata (atau Jalan Riau) nomor 160 Bangunan dengan 4 lantainya terdiri dari 36 Kamar, yaitu 23 kamar tipe superior, 10 kamar tipe deluxe dan 3 kamar tipe executive. Selain fasilitas TV LCD,  tersedia akses wifi  dan ac yang nyaman. Bagi kalian yang punya agenda meeting, Hotel Dafam Rio juga menyediakan fasilitas ruangan dengan kapasitas untuk 40-50 orang.

Kembali ke kamar, ya.
Selepas isya,  alarm biologis kami mulai berbunyi nyaring, alias lapar.  Bisa sih sebenernya nyari makan di luar. Sepanjang jalan Riau itu kan berderet-deret yang namanya kulineran. Dari yang tradisional sampai western. Mau murah atau mewah,  lengkap.  Tapi kami udah keburu lelah, ditambah mager. Akhirnya milih stay di hotel saja dan untuk  makan malamnya kami order via room service aja. Makin seneng pas tau ratenya murah. Saya pesan capcai, sementara Pipit dibuat ngeces pas tau ada tomyam.  Harga yang harus kami bayar masing-masing 25 ribu rupiah untukc apcai dan 35 ribu rupiah untuk tomyam. Itu udah  temasuk pajak. Murah, kan? Rasanya enak, porsinya pas. Kenyang banget, kami. So, ini dia menu makan kami malam itu.  



Setelah perut terisi biasanya bikin mata ngantuk kan, ya. Tapi saya dan Pipit malah masih melek. Iya, karena kami semacam manusia nocturnal. Jarang banget udah merem di bawah jam 22.00. Sambil nunggu ngantuk, saya buka lappy dulu sebentar, cekin beberapa pekerjaaan yang masih ngegantung. Pipit asik ngoprekin channel tv terus berceloteh gini, "Makasih ya, Teh. You made my day."


Hah, maksudnya? Saya mendadak bingung. Jadi keingetan qoute teman saya, Dydie. "Lapar galak, kenyang bego," hahaha... eh tapi pas sorenya sebelum makan, saya ga galak, kok. Tetep kalem, sekalem tampang saya, hohoho....

"Ya, kan, bosen di rumah melulu. Kan, asik wiken sekarang nginep di luar," terusnya sambil nyoba-nyoba kamera buat selfie.  Hayah, punya adik yang kadar narsisnya over dosis emang gini resikonya.  Saya nyengir sok kalem (eh tapi emang ga usah sok segala, emang udah kalem, kan?).


"Ah dasar kamunya aja doyan ngelayap," gitu cetus saya. Padahal saya juga sering ke luar, ya?  Cuma emang kalau acara pake nginep  gini  ga sering amat, sih sebenernya. 

Jelang jam malamnya Cinderela ngandang (tengah malam maksudnya), baru deh kami bener-bener ngantuk. Ritual malam semacam cuci muka dan gosok gigi sudah tertunaikan. Waktunya tidur, dong. Zzz.... kami tidur pulas sampai waktu subuh.  
booth foto ini  wajib di coba, ya. 
Memulai hari di waktu pagi dengan senyum? Yakin kuat? Gak lah. Kecuali senyum meringis menahan lapar. Waktunya sarapan, kami berdua turun ke Rio Cafe. Posisinya tepat di bawah kamar kami. Buat turun ke sana bisa pake lift atau pake tangga. Mayan, olahraga ngebakar kalori - walau dikit, sih, ya - untuk menyumpal cacing-cacing di perut yang minta dikasih makan. Eh iya, susana cafenya hommy banget. Bikin betah. Nah template di ruangan ini juga pengen banget deh saya teplokin ke rumah *ngayal lagi ini mah*








Kalau nginepnya berdua di sini,  ga ada charge untuk sarapan. Nah, semisal sekamarnya bertiga, ada charge tambahan yang dikenakan.

Ah ya, hampir lupa. Untuk fasilitas kamarnya ada mini bar  yang menyediakan teh atau kopi. Semisal masih pengen leyeh-leyeh di kamar dan belum siap untuk sarapan,  bisa tuh nyeduh minuman favoritnya di sini.  Jangan lupa kalau mau turun sarapan, mandi dulu, ya. Biar seger. Jangan zalim menebar aroma smelly sama mereka yang sarapan bareng. Kecuali kalau pede emang kitanya ga bau. Setidaknya ga ada jejak iler yang tertinggal dari sisa semalam.


Sarapan selesai.  Karena sudah mandi sebelum sarapan tadi, kami tinggal packing saja lalu check out dan ngurusin administrasi lainnya di front office.  Terimakasih untuk kenyamanan dan hospitalitynya Hotel Dafam Rio.




Share:

Jalan-jalan Gratis dengan Modal Resi JNE

Saya tertawa ngikik waktu memperhatikan mukanya sahabat saya. Let's call her Mpok. Panggilan sayang (((sayang))) gank saya dan temen-temen saya kuliah dulu. Mukanya tiba-tiba pias. Udah mah aslinya putih, mukanya makin putih aja. Diantara kejaimannya sebagai ketua HIMA Jurusan, saya menemukan sisi lain dari dirinya. Ternyata parno dengan ketinggian, padahal cuma setinggi jembatan penyebrangan yang ada di depan masjid Ukhuwah itu, lho. 

"Berisik ah, Fi," protesnya waktu saya ga berhenti ketawa. Ya abis, waktu itu saya mikirnya doi ini ga takut ketinggian. Eh, belasan tahun kemudian saya merasakan sensasi kaki saya kayak mau lepas dari sendi-sendinya waktu nyobain zip bike di wahana The Lodge. Sampai kembali ke titik semula dengan selamat, sih. Deg-degan plus tengsin karena dilihatin orang banyak soalnya. Tapi kan mereka ga kenal, ya? Cuek aja, lah. Kecil kemungkinan kalau ketemu lagi bakal inget hahaha... siapa elu? 

Sudah ke sini, belum?  Camping Asik di Lodge Maribaya

Terus saya mikir gini, kalau diajak naik gandola yang alasnya bening dengan ketinggian belasan, atau puluan meter apa saya bisa selow? Di lain waktu saya ngikik lama waktu Pak Aam dalam ceramah mingguan di MPI, cerita soal ini. Dasar, ya. Kok doyan ngetawain derita orang? #eeh. Eh tapi saya berani lho menjajal Tamah Race di TSB sana, hahaha... bangga, dong! *belagu*

Ngomong-ngomong soal nyali dan ketinggian, beruntunglah kalian yang ga punya masalah ini. Karena nih siapa tau kalau rajin ngirim paket via kurir JNE bisa punya kesempatan naik helikopter, gratis.

Hah, seriusan? Eh tapi itu doang? Ga seru aaah.

Eits. tenang. Saya ceritain dulu sampe tuntas, ya. Naik helikopter gratis itu cuma salah satu asiknya jadi pelanggan jasa kurir JNE. Sisanya? Masih buanyaaak. 

Kamis pekan kemarin, tepatnya 15 Februari 2018, saya dan temen-temen blogger Bandung yaitu Erry, Nchie, Tian dan Yasinta menghadiri ceremony penyerahan hadiah untuk para pemenang program JLC Draw dan JLC Race. Acara ini berlangsung di Ambrogio Resto, Jalan Banda no 26, Bandung. Waktu membalas email konfirmasi acara, saya masih blank soal acara ini. JLC (JNE Loyalti Card) itu apaan dan gimana benefitnya? Apa aja syaratnya kalau mau jadi member, terus awardnya itu award gimana? Kan bukan award ala-ala penghargaan insan musik atau film gitu kan, ya? Daripada lieur sorangan alis bingung sendiri (mana ada yang mau diajak lieur barengan) ya udah, saya cus aja ke tkp.  Biar tau.

Diantar babang ojol yang tau jalan pintas memangkas waktu di tengah lalu lintas Bandung yang makin macet, saya tiba seperempat jam lebih awal di tkp. Sok duduk manis di beranda Ambrogio Resto, ceritanya nungguin yang masih di jalan. Eh, Erry dan Nchie teriak-teriak manggil saya di WA. Beuh, saya kalah cepet nge-race sama duo emak ini :D. Ya udah lah, saya segera nyamperin ke lantai 2. Di sana juga sudah ada Teh Kurnia yang lagi ngobrol disusul oleh Tian dan Yasinta yang datang tidak lama kemudian.


Jadi nih, ceritanya JNE itu punya program untuk mengapresiasi para pelanggan setianya dengan adanya JLC itu tadi. Di akhir tahun 2017 kemarin sudah berlangsung program JLC Lucky Draw dan JLC Race bagi para semua membernya. Hadiahnya? yaitu tadi, bukan cuma bisa naik helikopter secara gratis tapi juga ada hadiah lain yang gak kalah bikin ngilernya. Ada voucher nge-trip ke Eropa, trus mobil mewah dan hadiah hiburan berupa kamera, iPad atau sepeda motor. Nah, lho. Udah mulai ngeces, kan? *sodorin tissue buat ngelapin iler*




Ngomong-ngomong soal membership, para member dari Bandung ini ternyata jumlahnya paling banyak kedua setelah Jakarta, lho. Kurang lebih ada 9.500 member JLC yang berdomisili di Bandung dan rara-rata memang para pelaku ekonomi digital alias olshop. Pantesan aja ya, ada yang dalam sehari bisa kirim paket sebanyak 700 pcs. Ckckck.... keren amat. Jangan bayangin semua itu dilakukan sendiri. Saya jamin dalam itungan pake jari tangan dan kaki pun kita udah pegel dibuatnya. Syukur-syukur kalau ga sampe kapalan atau pingsan hahaha... 

Menurut Murah Lestari selaku Head of Regional Jabar, JNE akan selalu berupaya memberikan manfaat dan nilai lebih untuk para pelanggan setianya, terutama bagi puluhan ribu member JLC yang setia menggunakan produk layanan dan fasilitas dari JNE untuk pengiriman aneka paket. 

Akurasi waktu pengiriman paket oleh JNE pun akan semakin terbantu jadi lebih cepat karena sudah dibukanya akses tol ke wialayah timur, karenanya pengiriman paket dari Bandung ke Surabaya pun sudah memanfaatkan fasilitas transportasi jalur darat. Lebih murah dong, ya. Untuk memantau alias tracking pengiriman paket pun, JNE sudah mengaplikasikan mobile device untuk update pengiriman paket. Ga usah takut paketnya bakal nyangkut ke alamat yang salah.


Yang menarik dari acara ini adalah sesi sharing para pemenang race dan award tempo hari itu. Sungguh deh, saya dibuat kepo. Gimana caranya mereka bisa dapet? Kerennya ga nanggung, nih karena baru join bulan Juni tapi poinnya bisa terkumpul banyak. Fokus. Itu resep yang diberikan oleh Pak Bustomi sebagai salah satu pemenang yang berbagi di hari itu.

Ya sih, belum setahun gabung, tapi dengan memilih fokus dan konsen pada bidangnya, usaha online yang dimilkinya berjalan dengan lancar. Beliau ini cuma ngurusin soal marketing, sementara sisanya dikerjakan oleh tim adminnya, termasuk tim admin untuk sosmed yang sudah da 8 orang. Engagement di dunia virtual emang penting, ya. Mabok deh kalau follow up ini itu dikerjakan sendiri. 
sharing session bersama para pemenang JLC Award
Sebagai bocoran, 1 poin yang terkumpul dalam JLC Race dikonversikan dari nominal sebesar Rp. 25.000. Kalau ada yang sampai punya 5.000 poin kayak si Akang ini, itung sendiri dia udah punya berapa resi yang terkumpul? Hayo, itung sama jari, ya. Jangan pake kalkulator. Gampang, kan? Iya berapa gampang itu? :D Ngitungnya gampang, nah ngumpulin poinnya perlu effort yang konsisten dan kesabaran. Eh tapi, bisa kok terwujud.
Para pemenang dari Bandung dalam JLC Award

Jadi siapa bilang mengenyahkan fobia ketinggian itu cuma buat jaga imej? Siapa tau kan, someday bisa jalan-jalan gratis ke Eropa hanya dari ngumpulin resi pengiriman paket via JNE ini. Pastinya jalan ke sana pake kapal terbang, lah. Lebih secure, ga usah merem melek lihat ke bawah. DI pesawat mah tinggal duduk manis sampai landing di tempat tujuan. Jangan remehin resolusi, apalagi kalau sedang merintis bisnis olshop Siapa tau taun depan gilirannya kalian yang mendapat apresiasi dari JNE buat jalan0jalan ke Eropa. Ya, kan?
Nah kalau ini para Blogger Bandung yang mupeng hadiah plus jalan-jalannya :D

Eh ya hampir lupa. Kalau mau bergabung sebagai member JLC,  gabung aja dengan cara mengakses jlc.jne.co.id.  Kalau menang terus nyari temen jalan-jalan,  boleh ajak saya, ya. :)
Share:

Tuesday 20 February 2018

Aplikasi Terbaru Paytren 5.0 Mendukung Ekonomi Mikro

"Teh, jadi ini alamatnya di Buahbatu, ya?" begitu tanya drvier ojek online yang saya tumpangi. Duh saya bingung pas ditanya gitu hahahaha... Modal saya sih biasanya ngandelin GPS. GPS aplikasi (walau kadang-kadang ngaco) atau kalau kata Erry, GPS dalam arti Gunakan Penduduk Sekitar. Terkadang saya ngambil patokan alamat dari nomornya. Walau kadang di beberapa tempat, masih ada  yang absurd atau asal ngasih nomor yang neplok (((neplok))) di depan rumahnya. Sialnya, di sepanjang jalan Sukarno Hatta saya nemu beberapa rumah atau gedung yang alamatnya ngaco. Ya , masa  sih, di kanan kirinya masih nomor 600an, dia udah udah 700 sekian? Kan ngaco,  bikin bingung pula.

"Udah deh, Pak. Lurus aja kita patokan pake nomer," saya berspekulasi. Mudah-mudahan ga nyasar hahaha... 

"Baik, Teh."

Nah, si bapaknya manut aja saya suruh lurus terus mengikuti alur Jalan Soekarno Hatta. There we go. Saya sampai dengan selamat di Jalan Soekarno Hatta nomer 693. Ga ada drama muter-muter karena nyasar. Yeay, senengnyaaaa. *loncat-loncat girang*

Gedung The Suites Parahyangan Business, tepatnya blok D6-D7 di mana merupakan lokasi kantornya Paytren sudah ramai dengan hilir mudik orang. Cukup nanya sekali sama satpam di depan pintu masuk,  saya sudah tiba di venue.  Wiiih, rame banget. Warna orange mendominasi pelataran parkir yang jadi venue acara. Sesekali terlihat warna hijau, dari  atribut pengemudi motor Grab  yang ada ada di sana.  Beberapa motornya terlihat keren. Gaul pisan. Bikin saya gagal fokus. 



Iyes, ga salah, kok. Soalnya hari itu ada acara peluncuran Program PayTren Drive bersama Grab Indonesia. Selain menghadirkan foundernya Ustad  Yusuf Mansyur,  hadir juga Hari Prabowo, SE selaku direktur utama yang memimpin Paytren, yang berkantor pusat di Bandung,   Ridzki Kramadibrata, Managing direcroe Grab Indonesia, Kaesang Putra Pangarep, kreator aplikasi Madhang dan beberapa pegiat digital kreatif lainnya yang turut hadir dalam acara hari itu.

Sebelum berganti nama, dulunya Paytren masih mengusung nama VSI sampai tahun 2015. Aplikasi yang digagas sejak tahun 2013 ini sudah mempunyai 2 jutra mitra, di mana 500 ribu diantaranya berada di luar negeri, termasuk negeri jiran Malaysia. Ngomong-ngomong soal Malaysia, salah satu mitranya bela-belain datang, lho.  Keren, ya. 

Saya taunya Paytren ini cuma aplikasi untuk memudahkan pembayaran semacam listrik, telepon, atau pulsa. Tapi ternyata Paytren sudah berkembang pesat dan bertransformasi menjadi  perusahaan finansial berbasis tekonologi  dengan segmen yang sudah mendunia. Salah satunya, ya, acara tempo hari itu.   Paytren menandatangani kesepakatan dengan Grab dan diwujudkan dengan diluncurkannya aplikasi Paytren 5.0. 

Selain membuka peluang kerja bagi 3 juta pengusaha mikro (1 juta diantaranya mitra Grab), aplikasi Paytren terbaru ini juga membantu meningkatkankan kesejahteraan karena adanya sedekah yang sudah terintegrasi dalam sistem. Dalam acara kemarin yang juga turut dibacakan surah Ar-Rahman secara berjamaah, dilaporkan kalau realisasi sedekah yang sudah terkumpul malah sudah bisa membangun masjid, lho. Padahal cuma dengan membayar sedekah  Rp. 2.00, 00 saja dalam sehari. Keren, ya?

Ngomong-ngomong soal Grab, saya termasuk pengguna yang sangat terbantu dengan adanya aplikasi ini. Bandung yang semakin macet dan estimasi di perjalanan yang rada susah diprediksi membuat saya lebih memilih aplikasi ojek online biar ga kesiangan menuju acara atau janjian. Saya ga suka nunggu dan merasa bersalah sekali kalau sudah bikin orang nunggu. Sebisa mungkin untuk selalu on time atau syukur-syukur bisa datang lebih cepat. Ya kalau balik ke rumah sih, ga masalah naik angkot, walau risikonya lebih lama di jalan. 


Dalam acara kemarin, Ridzki Kramadibrata menceritakan pengalamannya waktu 'nyamar' jadi penumpang. Entahlah, driver yang ternyata seorang ibu separuh baya ini ga menyadari kalau yang jadi penumpangnya itu adalah bosnya hihihi.... Mungkin kalau tau,  bakal lain ceritanya, ya.  Moral storynya kadang kala kita tidak harus selalu tau dalam setiap hal.  Ibu separuh baya ini  meladeni obrolan dengan Ridzki dan sempat meminta izin ketika ada panggilan masuk ke hp-nya.  Sesuatu hal yang jarang kita temui juga lho, di mana  lawan bicara kita meminta izin dalam situasi seperti ini. Reminder juga buat saya untuk melakukan yang sama.

Singkat cerita, si ibu masih bisa memelihara bounding dengan anaknya, walau sedang berada di luar  rumah untuk mencari nafkah. Sambil mengemudikan kendaraan, ia masih bisa menjadi pendengar yang baik untuk anak remajanya yang ingin curhat.   Setelah obrolannya selesai, obrolan ibu driver dan Ridzki berlanjut sampai di tujuan, dan beliau masih tidak menyadari siapa penumpang spesialnya hari itu.
By the way, bukan hanya bermitra dengan Grab, Paytren juga berkolaborasi dengan Madhang. FYI, Madhang ini adalah aplikasi yang diinisiasi oleh Kaesang Putra Pangarep. Bekerja sama dengan dedek-dedek mahasiswa tim pengembang dari  Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang. Aplikasi ini membidik pelaku bisnis rumahan untuk dipasarkan secara digital.  Walau bisnis rumahan,  ga ada yang membantah kan kalau makanan rumahan itu paling juara enaknya, ngangenin dan ini nih, murah.  Yang pernah kuliah pasti sering kan beli makan siang atau makan malam di warung nasi sekitar kampus atau kos-kosan? Saya aja kangen sama makanan warung nasi deket kampus dulu. Murah dan enak.  Saking merasa terbantunya, Kaesang sempat mendapat cipika-cipiki dari seorang ibu yang terbantu.  Sambil tersenyum tersipu, Kaesang yang digoda oleh Ustad Yusuf  Mansur hari itu menegaskan yang ngasih cipika-cipiki ibunya, bukan anak gadisnya hahaha.... saya dan pengunjung hari itu dibuat tersenyum dibuatnya.

Kembali lagi ke aplikasi Paytren terbaru, di sana ada juga fitur aplikasi pariwisata  yang bisa kita manfaatkan. Sssttt... baru-baru ini Indonesia diundang ke Praha, Cekoslavakia untuk mempromosikan wisatanya. Nah, fitur baru ini juga jadi lahan baru untuk memperkenalkan wisata yang ada di Indonesia. Dengan adanya kerjasama dengan Grab akan memudahkan mobilitas di daerah wisata  yang dipromosikan.  Bagaimana kalau lapar dan pengin cari makanan? Lah, kan ada Madhang,  yang sudah bermitra. Komplit, kan?

Diharapkan di akhir tahun ini, adanya aplikasi Paytren 5.0 bisa menghidupkan 5 juta pelaku ekonomi mikro. Ke depannya, Paytren akan terus bermitra dengan pengusaha-pengusaha lokal yang ada di Indonesia  untuk mengatasi masalah pengangguran. Siapa tau di antara kita  bisa jadi pelaku percepatan pertumbuhan ekonomi yang sudah serba digital. Prinsip saling tolong menolong dan sedekah yang sudah terintegrasi di sini  insya Allah bisa terwujud. Aminkan, ya.

Share: