Serunya Nonton Film Along With The Gods di 4DX CGV Paris Van Java

Januari 16, 2018

Selama ini saya baru merasakan kursi yang saya duduki ikut berguncang ke samping depan atau belakang pas maen-maen di wahana bermain macam Dufan atau TSB Itu juga itungannya menit aja. Nah kalau film, lebih seru. Bisa sampai 2 jam,  lebih puas, deh. 

Pengalaman pertama nonton film dengan fasilitas 4DX ini saya dapatkan waktu nonton film Along With The Gods: The Two Worlds. Film produksi Korea Selatan bergenre fiksi fantasi dengan banyak sentuhan CGI alias Computer Generated Imaginary plus visual efek dan seting lokasi penggambaran alam akhirat sana yang mengingatkan saya dengan film-film macam Lord of the Ring.
Foto ngambil dari idmybookshow
By the way, 4DX itu apaan dan kenapa harus mencoba?

Jadi gini, lho, 4DX ini adalah auditorium yang didalamnya dilengkapi dengan properti 4DX. Kalau kita nonton di sini rasanya kayak berada di dalam film. Yang jelas ga bisalah ikutan makan atau ncolek-colekin muka-muka kinyis-kinyis atau ngegemesin pemainnya, ya. Misal ketika layar memvisualkan si aktor lagi terbang atau tersedot lorong waktu, kursi yang kita tempati akan menyesuaikan ikut begerak seirama dengan pergerakan yang dialami oleh penonton. Begitu juga kalau ada angin yang lembut atau kencang bertiup, kita pun ikut merasakannya. 

Teknologi 4DX ini berasal dari Korea Selatan yang diinisiasi oleh grup CJ CGV. Pas banget ya, saya menjajal tekonologi 4DX ini dengan nonton film produksi Korea pula. Kalau dijembrengin, fitur-fitur yang ada di ruang 4DX CGV itu seperti ini: 
  • Motion
Kayak yang saya bilang sebelumnya, kursi yang kita duduki menyesuaikan pergerakannya persis dengan gerakan/visual yang kita dapati di layar. 
  • Light
Nah, pendaran cahaya yang munculdilayar feelnya bakal lebih dapet dibanding kalau nonton di bioskop konvensional.
  • Scent alias Aroma
Ini juga seru, ketika ada aroma khass yang menguar dalam film, kita juga akan ikut menciumnya, Mudah-mudahan kalau pas film horor ga ada aroma khas yang muncul di filmya. Hihihi... parno deh kayaknya kalau ada. 
  • Wind, atau Efek Angin
Hembusan angin bakal kita rasakan dalam beberapa scene tertentu sesuai dengan yang muncul di film. Hembusan angin ini bisa datangnya dari atas atau dari bawah kursi. 
  • Water
Kadang dalam adegan tertentu juga mukakita rasanya kayak kena cipratan air. Pengalaman temannya adik saya pas abis nonton film yang banyak adegan cipratannya ini, bikin make upnya luntur hihihi. Bisa ditouch up lagi sih itu mah. Siapin aja properti make upnya, ya. Apalagi kalau yang alisnya tipis, wajib banget bawa pensil alis.

Foto: Teh Dini 

Selain di Jakarta, bioskop CGV yang ada 4DXnya ini baru ada di Bandung, tepatnya di Paris Van Java, Bandung. Untuk yang di Bandung sendiri rate 3D pada hari biasa alias weekdays adalah Rp.80.000 dan dan Rp 120.000 untuk akhir pekan/weekend. Sementara untuk 4DX 2D, rate yang berlaku adalah Rp. 70.000 dan Rp. 100.000,masing-masing untuk weekdays dan weekend.

Yang perlu diingat, adalah ga semua film  bisa kita saksikan di auditorium 4DX. Buat gampangnya  kepoin aja jadwal filmnya yang sedang tayang di CGV  terdekat. Nah,  kalau sudah dapat waktu yang pas tinggal booking via online atau bisa juga beli tiket on the spot.

Gimana pengalamannya waktu nonton film ini dengan fasilita 4DX di CGV? 

Rasanya saya kayak ikutan Kim Ja Hong (Cha Tae Hyun) semisal waktu tersedot pusaran kayak angin gitu ketika berpindah ke akhirat.  Ceritanya Ja Hong ini  adalah seorang petugas pemadam kebakaran yang gugur dalam tugasnya.   

Umur siapa yang nyangka sih, ya? Bahkan ketika mengakhiri hidupnya dengan amai kebaikan  ternyata belum cukup meyakinkan para 'officer'di akhirat untuk mengijinkan Ja Hong menjalani reinkarnasi berikutnya dengan happy ending alias menjalani kehidupan baru yang lebih baik atau harus tereliminasi.  Ada intrik dan persaingan sengit  di antara para malaikat buat menentukan ending kayak gimana yang layak buat Ja Hong.  

Sementara di dunia fana sana,  Mamanya Ja Hong yang ga bisa ngomong alias tunawaicara  begitu merananya meratapi kematian putra sulung yang disayanginya.  Ja Hong yang belum bisa 'nerima' kematiannya pun direcokin kesedihan lainnya di mana ada roh lain yang mendendam dan menghalangi  proses pengadilan yang harus dihadapinya.

Beberapa sensasi adegan yang ga kalah serunya juga saya rasakan ketika gondola yang dinaiki Ja Hong dan kedua malaikat pendampingnya tiba-tiba talinya hampir putus dan nyaris terlempar ke jurang.Bunyi Krek dan tali yang penahan yang akan putus lumayan bikin deg-degan semakin berasa dengan nonton di auditorium 4DX ini. 

Di part film lainnya, ketika  berada di padang pasir, salah satu dari 7 pengadilan neraka yang dilalui Ja Hong juga memberikan pengalaman lain.  Ya ikutan ngeri,  ya amaze  juga dengan visual kerennya seperti ketika Ja Hong tercekat mendapati visual wajah ibunya di situ.  Dramanya bikin nyesek. Beberapa teman yang nonton dibuat nangis. Sementara di part film lain juga  dibuat tertawa atau ikut menjerit ketika kursi  bergoncang.   

Kalau punya nyali cukup, jangan lupa  buat mencobanya, ya. Saya udah juga nih. Giliran kalian  buat menjajalnya.
Foto: Teh Dini

You Might Also Like

8 komentar

  1. Pengen ah cobain 4DX tapi kayaknya gak mau yang 3D. Sampe sekarang belum merasa nyaman nonton 3D. Masih suka pusing :)

    BalasHapus
  2. Fiiiii,
    Seru banget nonton film korea sambil diguncang-guncang gitu yah, jadi perasaan lebih menghayati hahaha.

    BalasHapus
  3. Asa mimpi teh Efi nonton film Korea. Aku aja belum nonton film Along with God ini. huhuhu, belum ada kesempatan. Itu teh Erry juga udah nonton, ya.. huaaa.

    Aku jadi pengen ngerasain nonton di situ deh. Pasti lebih kerasa seru dan menegangkan.

    BalasHapus
  4. Wah penasaran banget nih, semoga nanti bisa nonton 4d juga

    BalasHapus
  5. Lagi nyari pelem yang lebih menantang, nontonnya di 4DX, Waktu itu nonton Thor di sini, haiyaah seruuu pisan,

    BalasHapus
  6. Jadi....kapan kita nonton di CGV? XD

    BalasHapus
  7. seru bangettttttt pengen huhuhu

    BalasHapus
  8. Belum pernah nyobain 4D.
    Wajib nyoba ini mah.

    BalasHapus

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.