Wednesday 6 January 2016

Ide Ngeblog Ketika Blank atau Gagal Fokus

Postingan  ini sih sebenarnya  ditujukan  buat  saya.  Suka ada aja deh  ngalamin ketika  semangat mau posting  atau update  blog  lalu begitu  layar terkembang  eh terpampang  tiba-tiba.... BLANK!  Cuma menatap  bengong dia  yang ada di depan mata  (layar maksudnya). What can I write?
Pernah ngalamin kan?
"Padahal  tab  sosmed sudah klik silang. Posisi HP udah dibalikin, Notif  BBM, dan WA di-silent.  Tetep  aja clueless"
Pernah ngalamin  ini?  Ah pernah lah... cari teman niiih  :D.

Maunya sih one day one post.  Tapi ternyata susah, ya. Kebiasaan  saya nih,  90% kalau posting  blog itu suka main hajar. Maksudnya  ga didraft dulu. Ketik-ketik  di  word biar ga ilang kalau tiba-tiba  sesuatu terjadi, baru deh salin ke blog. Sisanya baca ulang,  nyontek press realase kalau nulis review acara,  cari gambar  atau  foto buat diunggah.

Pernah sih  ngonsep  kayak  kalau ikutan  lomba tapi  kadang gitu juga, maen hajar  karena males  mikir  atau emang udah mepet  DL. Setelahnya, nyesel. Karena  ga maksimal, lalu minder liat tullisan urang lain yang kece badai. :P

Boys and girls,  do not try this at home!
Tapi  kemudian pas Desember kemarin saya mulai keteteran. Ah,  something wrong ini.  Ada yang harus saya benerin dengan cara kerja saya.  Sempat ngos-ngosan dan kurang tidur  sementara PR nulis banyak dan sayanya kebanyakan ngelayap (baca: jalan)  bikin jadwal  nulis saya berantakan, ada lomba yang mau diikuti keburu lewat DL, belum lagi dihubungi editor  yang gak mau kasih toleransi  DL  setor  naskah  karena  udah kelamaan ngendap , hehehe.... Duh ampun dah,  Ga lagi-lagi!

But any way, ga ada kata terlambat  buat sesuatu, kan? Nyesel? Dikit,tapi  kalau di awal kan  mana ada penyesalan. itu mah namanya registrasi, atau early bird   *makin ngaco*  Termasuk soal  ini. Jadi mari bikin jadwal  yang lebih rapi. Selain ga kelabakan  ngatur ini itu, juga membantu  untuk ngatur prioritas.  

Jadi gini  yang saya buat.

BUAT JADWAL
Coba buka excel dan bikin matrik/kolom tanggal-tanggal selama 1 bulan.  Misalnya tanggal sekian jadwalin nulis  pr  postingan dari acara  atau review  produk  (jarang-jarang sih).  Kalau berternak blog, jadwalin juga  blog ini   diupdate  kapan, blog itu kapan gilirannya  (nah blog saya yang  lain seperti  smoothieslover.com, akunbuku.com  atau  akun saya di  kompasiana,com  juga udah saya atur lagi jadwal update-annya biar  ga lumutan. Coming up, will be  update soon), cek DL  lomba blog  yang mau diikuti,  kira-kira kalau mau ikutan, kapan mau posting,  Ga mau deh jadi Deadliners lagi terutama di last minutes. Riskan dan mengganggu jam tidur.

Biar ga jadi beban,  saya ga maksain diri juga buat posting tiap hari.  Maunya sih gitu. Tapi ya itu tadi, Mas Idenya suka ngabur pas saya butuh dia. Akhirnya saya biarin ada hari  yang kosong jadwalnya.   Yang ini berguna  buat saya  pas  lagi  jalan-jalan  atau keluar  kota, ga baper atau merasa bersalah  mikirin 'utang' nulis.  
jalan-jalan dulu  Credit: Nchie Hanie

DRAFT KASAR
Kadang  Mas Ide  tiba-tiba nongol, tapi sekejap sebelum  pergi lagi. Ah, Mas Ide emang suka gitu. Biarin aja hahaha.  Biar ga buntu, saya mulai deh nulis draft kasar semacam poin-poin yang mau dikembangin. Bisa di draft blog atau buku 'kopean'   yang isinya emang random tapi saya jamin, di sana ga  ada curhatan soal hati. *haish*

KUMPULIN BAHAN TULISAN
Ngomongin soal bahan nulis sebenarnya ada banyak  yang bisa kita posting. Selain curhat atau ripyu-ripyuan, bisa tuh tulis soal  film atau serial tv yang baru kita tonton,  buku yang baru khatam dibaca,  artis  atau  sudut pandang lain yang mau kita tulis abis blogwalking,  iklan  yang ternyata ga selama ngebosenin. Kayak di youtube  tuh, banyak  iklan yang keren  dan punya pesan yang dalem. Bisa juga lho ditulis. Atau bisa juga cerita pengalaman atau sesuatu yang kita amati  atau mungkin koleksi foto  yang kalau dishare di FB atau instagram takut dikira nyepam karena kebanyakan? Ya udah diceritan aja di blog.   

Ngomongin soal acara, saya pernah  bikin tulisan tentang Hanin Dhyia, juara 2 RSI atau  Jessica Bennet, salah satu kontestan   Indonesian Idol  jagoan saya  yang duet bareng Patty, dan menang!  Postingan saya tentang mereka  ternyata  cukup  ngehits dan nyumbang trafik di blog  saya. Tuh, kan!

NGEDIT FOTO
Posting di blog  ga kece dong kalau ga ada foto. Dan ternyata utak atik foto  itu ga gampang. Lumayan makan waktu juga. Jadi sejak beberapa minggu  ini mulai deh saya punya kebiasaan baru. Pas lagi nunggu,  pa lagi di angkot atau gojek  (teuteup), atau nonton tv, kadang suka saya manfaatin buat  milih foto, edit dikit, kasih kredit  dan sentuhan  lainnya (deuh bahasanya)  dan save. Jadi pas posting di blog  udah  tinggal upload aja.  




Gimana, punya ide lain biar fokus  ngeblog dan  ga ngeblank?

Share:

26 comments:

  1. seringnya yang ke dua, teh. gagal fokus pake banget! gara-gara wa, gara-gara fb, gara-gara laper wkwkwkwk. Jadinya yg ulu lakukan cuma bikin judul buat drat. itu aja tok :))) parah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... gara-gara lapar lainna meunang ide, kalahka bye bye nya :D

      Delete
  2. Cerita Teh Efi yang di atas hampir sama dgn aku, suka nulis diendapin ngga taunya udah nggak up to date, haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan yang bikin nyesek itu kalau draft lomba yang mau publish keburu lewat deadline. Udah cape-cape riset,begadang dan segala macam :D

      Delete
  3. hahayy,,_
    toss dulu,,_
    ternyata bukan cuman diriku yang main hajar ketika publish :)

    ReplyDelete
  4. waaah...kereeeen pisan tulisannya Neng Efi... cocok buat emak-emak seperti saya, ide dan manfaatnya besar... Praktekin ah .. nuhun ya Neng

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mangga, Teh. Nuhun kalau bisa bermanfaat. :)

      Delete
  5. Pas lagi rajin ya rajin. Pas dateng Mas Hoream, saya lemah --"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha... Suka gitu emang,paslagi menggebu semangat dan banyak yang pengen ditulis. Giliran males malah clueless ya, Nufira.

      Delete
  6. kalo saya nambah 1 poin lagi : Nulis di cafe.. biar berasa kek Carry Bradshaw, hihihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kalau pergi ke kafe siapin budget buat jajan yang banyak. Bawaannya suka pengen makan banyak hehhehe

      Delete
  7. Iya mbak, saya juga demikian. memang suka main hajar2, langsung di posting aja gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, nambah satu lagi yang ngaku hehehe *nambah temen*

      Delete
  8. Gaaak, ga pernah...
    *djitakin ama Efi*

    ReplyDelete
  9. setujuuuuu...aku juga begitu..biasanyaa penuuuh dengan draft di sana-sini hehehe..tapi it all started with that and why not :). yang penting semangat nulisnya adaaa yaaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, setidaknya ide yang ngendap di draft kapan-kapan bisa dikembangin lagi :)

      Delete
  10. Matur nuwun, mbak atas artikelnyaa. Bahkan beranjak buat bikin jadwal di excel aja malees. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi ayo mbak, semangat. Kalau daft udah terpublish itu sesuatu kepuasan buat kita.

      Delete
  11. Sering nge blank mbak...kadang ada ide nulis, tp godaannya bnyk * ngantuk, hp dipinjem anak nge game....pas ada waktu luang nulis, udah lupa...tadi idenya apa..ha..ha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe dilema emak-emak yang punya annak melek gadget, ya.

      Delete
  12. terima kasih buat sharing pengalamannya dalam menulis. Sangat bermanfaat tips-tipsnya.

    ReplyDelete
  13. Blank atau tiba tiba kosong dalam benak sudah sering saya alamui. Bahkan dalam suatu masa saya merasa berada di titik kebingungan karena ada "burden" atau "beban" atas niche blog saya yang fokusnya ke Travel Blog. Bukan hal mudah mengisi konten blog travel bagi asya sekarang ini. Makasih atas ide dan pencerahannya. Saya akan pelajari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kalau travel blog selain pengalam perjalanan mungkin bisa berbagi tips, insight atau story behind story. Jadi dari satu perjalanan bisa dapet beberapa tulisan, Mas. :)

      Delete

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.