Top Social

Bring world into Words

Golongan Darah dan Karakter, Ada Hubungannya Gitu?

Rabu, 24 Desember 2014
Gegara  heboh sebuah status  di facebook  teman eh mantan teman  hehehe.  Iya, abisnya saya didelete,  karena yang punya status  ga terima dengan komentar saya. Baiklah untuk meredam kekepoan  yang nantinya bakal komen di posting  ini saya kasih penjelasan singkat dulu. Intinya, saya  hanya memberikan masukan (dengan bahasa santun pastinya)  kalau  kita tidak bisa mengeneralisir  atau mengotak-ngotakan  karakter  orang  hanya berdasarkan  golongan darah.
Golongan Darah dan Karakter, Ada Hubungannya Gitu?
sumber: myfuturesobright.com

NTMS,  sebijak apapun pilihan kata  yang dipilih, mending ga usah  komen  aja. Soalnya kalau lagi  gemes  level dewa,  kita cenderung susah menerima  masukan.  Sama seperti  yang curhat,  biasanya  ingin teman  yang dicurhatin itu ada di pihak yang pro, bukan kontra.

Saya  jadi kepo buat cari tahu soal  karakter  golongan darah.  Saya lahir dari ayah ibu dengan golongan darah O. Otomatis  semua golongan darah di keluarga saya adalah O.  Saya jadi inget pelajaran bilogi waktu SMP kelas 2 dulu. Waktu kelas 2 dan kelas 3,  guru Biologi saya, namanya Bu Ari. Orangnya cantik, tegas,  tapi cara mengajarnya asik, dan runut. Ga suka  becanda, makanya ketika kami terkikik geli saat  membahas  reproduksi pada manusia, Bu Ari manyun  karena  kami norak dan lebaynya minta ampun. Ah, maklumi saja ya, Bu. Namanya juga  ABG.    
 
http://www.catatan-efi.com/2014/12/golongan-darah-dan-karakter-ada.html
sumber: parentsindonesia.com
Waktu kelas 2  ini, bu Ari  ngajarin  juga soal  golongan darah. Beliau  ngajarin kami soal  kombinasi golongan darah  yang mungkin terjadi  dari ayah ibu.Golongan darah O dari ayah ibu  yang sama  menghasilkan anak-anak dengan kemungkinan golongan darah O saja. Sementara kombinasi golongan darah yang lain menciptakan kemungkinan-kemungkinan yang unik. Yang seru kalau ayah dan  ibunya   punya kombinasi A dan B. Bisa komplit tuh  golongan darah  yang ada di rumah kalau nanti  punya anak. 

Seingat saya, waktu SMP dan SMA dulu,  saya  ga pernah tuh dikasih  pelajaran golongan darah memengaruhi karakter. Ups, CMIIW kalau saya salah, ya.  Saya coba kepoin dengan kata  kunci  karakter berdasarkan golongan darah.  Bahkan  untuk  sumber  dengan domain dot com aja saya masih sangsi. Ah, hari  gini buat mutasi  domain dari wordpress atau blogspot dan penyedia blog gratisan lainnya  kan gampang dan murah (eh tapi saya perlu semalaman buat utak-atik setingan, bikin saya frustasi hahaha).

Oke,  lanjut ke topik. Saya coba lihat bahasan  karakter yang katanya berdasarkan golongan darah. Ada beberapa sifat dari golongan darah O yang cocok dengan karakter  saya, tapi ada yang jauh beda. Ga puas sampai di situ, saya iseng coba cari karakter  golongan darah B.  Nah, di situ ada karakter golongan darah B yang saya ngerasa itu gue banget. Misalnya nih dari golongan darah O yang enggak banget. Katanya  yang golongan darah O itu punya percaya diri yang kuat. Iya gitu? Saya  justru tipe  deman panggung. Kayak waktu jadi model dadakan di acara  Srikandi Blogger, kalau aja tau gimana gugupnya saya. Meski akhirnya berhasil pasang muka cuek (pengaruh  brand  sama makee up kali, ya).  Untunglah waktu itu ga kejadian keserimpet atau insiden  yang bikin tengsin.  Terus katanya yang golongan darah O itu  ngotot. Ah, saya ga merasa tipe orang yang keukeuh  (hihihi  jangan noyor saya). Saya juga ga kreatif,  karena payah kalau disuruh menggambar dan paling jago ‘menyumbangkan lagu’.

Oke, sementara ada karakter dari golongan darah B yang saya ngerasa, ih kok gue banget, sih? Seperti ini, nih.  Ga suka  yang rumit dan beberapa karakter lainnya yang katanya tipikal si B, ternyata mirip dengan pembawaan saya. Itu baru golongan darah  B aja. Masih ada  dari golongan darah  yang A  atau AB  yang ciri-cirinya ada  yang mepet-mepet dengan karakter saya. Jadi mana yang bener, coba?

Dengan golongan darah  yang sama  juga, adik-adik saya punya karakter berbeda. Ada yang usilnya minta ampun, ada yang absurd,   ada  tipikalnya perasa dan serius,  ada  yang anteng dan asik sendiri  (nyebelin kan ga ngajak rame-rame) lalu ada  juga mood-moodan.  Padahal  golongan darah  yang mengalir dari ubun-ubun  sampai  jempol kaki  kami itu sama, lho.

Hasil  kekepoan, menggiring saya  untuk stalking   ke sana  ke mari, tentu saja  ga sembarang situs. Ada  link dari  bbc (mudah-mudahan  valid, ya)  yang bikin saya  pengen baca  sampai tuntas. Yang menarik nih,  ternyata  masyarakat  di Jepang  sangat  peduli soal golongan darah!  Buat mereka, golongan darah  itu penting,  dan  memengaruhi  urusan  karir,  cinta dan hidup. 

Masih menurut  link yang sama ternyata  saat  wawancara  kerja,  golongan darah  ditanyakan.  Katanya sih,  menurut orang-orang Jepang sana, mereka  yang punya golongan darah A  punya pembawaan sensitif,  perfeksionis dan bisa bekerja sama dalam tim  tapi suka cemas berlebihan. Sementara  yang O  bawaannya kepo,  dermawan dan keras kepala.  AB punya jiwa seni, tapi misterius dan ga  bisa ditebak. Sementara B  pembawaannya ceria, nyentrik,  individualis dan egois.

Ada sekitar 40% populasi di  jepang dengan golongan darah A,  30% golongan darah O,  20 % B dan hanya 10% golongan darah AB. Mereka disini langka.  Jadi pengen teriak manggil Echa. Holaaaa,  dirimu  sangat  spesial,  limited edition ternyata di mari.

Makanya ga heran, 4 buku  yang bahas  golongan darah di jepang ini laris manis tanjung  kimpul. Ga kira-kira, sampe  4 juta copy! Sedap  ya! Oke lanjut,  jangan panas  dulu, ya wkwkwk.....

Orang-orang Jepang  juga sangat peduli soal golongan darah. Acara tv, koran, media sering banget  membahas soal ini. Sampe-sampe urusan  ngedate, produk-produk juga diklasifikasikan  menurut  golongan darah. Misalnya saja  permen karet.  Soft drink  dan alat kontrasepsi. Ckckck..... segitunya!

Padahal  para  ilmuwan  berusaha membantah  teori  yang udah terlanjur populer di Jepang ini. Ketertarikan  orang-orang Jepang dimulai ketika  tahun 1970, Masahiko  menulis  buku tentang  golongan darah. Padahal, Masahiko  ga punya latar belakang medis. Eh ternyata  Toshitaka  bikin teori  golongan darah  ini makin rame aja dengan menulis buku dan mendirikan the Institute of Blood Type Humanics. Tapi nih,  tujuan Toshitaka  ini bukan untuk  menjudge atau mengotak-ngotakan orang, melainkan untuk  menggali bakat dan memperbaiki  hubungan manusia.

Sebagai golongan minoritas,  ternyata  golongan darah B dan AB jadi objek bully-an, hubungan  yang  tidak  happy ending dan  kehilangan pekerjaan. Hmmm, apakah Nobita  punya golongan darah B atau AB, ya? Entah lah. :D Entah dengan di benua lainnya, tapi FB dan beberapa  situs sosmed di Asia  memungkinkan  kita  untuk mengganti  informasi golongan darah di info pribadi.  Penting gitu, ya? Buat saya penting pas urusan  donor darah, sih.  Buat sebagian orang urusan golongan darah  penting buat  status  anak. 
Golongan Darah dan Karakter, Ada Hubungannya Gitu?
info  golongan darah  ada juga di FB
Ada  Professir  Terumitsu Maekawa dari  Tokyo's Asia University. Menurutnya tidak adil kalau  mengeneralisir  orang dan menilai karakter  hanya karena  golongan darahnya.  Iya, Prof. Setuju saya. Lah kita mana tahu bakal punya golongan darah A, B, O atau AB, kan? Ga milih  juga terlahir di  Indoesia, bukan di  Kanada, Spanyol atau apalah. Professor Maekawa sendiri ternyata bergolongan darah B, yang kerap dikritik inividualis dan egois. Dia cuma ketawa dan  ga tersinggung, soalnya  ga ada bukti yang ilmiah.

Terakhir  ini ada  Masako, gadis dengan golongan darah AB yang minoritas  tapi rajin buat mendonorkan darahnya. Padahal populasi AB di sana  cuma 10% aja. As we know, golongan darah AB itu adalah kelompok penerima  donor darah terbesar, bukan pendonor  mayoritas. Masako cuek aja pas dibilang  orang aneh. Kalau  mau  baca bahasan  komplitnya,  silahkan baca di http://www.bbc.com/news/magazine-20170787.  Mari kita woles aja  kayak Masako  atau  Maekawa,  yang  ga ambil pusing soal hubungan golongan  darah dan karakter.Anggap saja itu cuma  cocok-cocokan, ok? 


56 komentar on "Golongan Darah dan Karakter, Ada Hubungannya Gitu?"
  1. Kalau yang tabel goldar itu syaa percaya karena secara medis terbukti.

    Pernah baca juga ttg konsumsi makanan dihubungkan dengan goldar untuk alasan kesehatan, saya cukup percaya (walopun gak mempraktekan) karena bisa jadi kaitannya dengan medis ada.

    Tapi hubungan goldar dengan karakter, rasanya saya gak percaya. Saya juga punya bukunya, tapi sekedar saya baca aja. Pernah bbrp kali ikut talkshow parenting, para narsum selalu blg kalau salah selama ini banyak yang mengira karakter dan kecerdasan itu ditentukan oleg genetik. Faktor genetik paling cuma sekian persen, tapi yang terbesar adalah faktor lingkungan.

    Kalau genetik gak begitu pengaruh, berarti saya rasa goldar pun tidak. Saya percaya kalau karakter seseorang itu dipengaruhi oleh lingkungan mulai dari keluarga dan lain-lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku kepengin jitak sama pencetus teori pertama soal golongan darah, mak. Asli gemessss :D

      Hapus
    2. Maksudnya teori hubungan goldar dan karakter.

      Hapus
  2. Memang betul kok, golongan darah mempengaruhi karakter. Aku sih belum pernah merasakan ya cocok apa gaknya sesuai dgn hasilnya itu. Tp ada beberapa interview kerja yang menanyakan golongan darah kita saat psikotes.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rasanya lucu ya kalau psikolog /HRD percaya golongan darah berkaitan dengan karakter.

      Hapus
    2. Seingatku waktu wawancara kerja di beberapa perusahaan aku ga pernah ditanyain goldar. Fiuh, syukurlah ga semua perusahaan punya standar gini, ya :)

      Hapus
    3. Aku percaya dan setuju kalau goldar berhubungan dg karakter. Tp bukan berarti menjugde slh satu goldar jelek karakternya. Apalagi sampe merasa goldar yg satu lbh hebat dr goldar yg lain. Semua ada positif dan negatifnya. Dan aku percaya Tuhan menciptakan sesuatu berbeda krn sesuatu itu saling berguna satu sama lain.

      Hapus
    4. Ya mak, pasti ada hikmahnya. Hidup ga asik kalau satu warna aja, ya.

      Hapus
  3. Golongan darahku AB (dari ibu A dan ayah B)
    Karakterku mirip dg cerita di atas: berseni (sedikit), misterius dan ngga bisa ditebak serta sering dibully T.T
    Mungkin yg nulis contohin aku kaleus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ambil yang asik aja, yang ga asik jangan dipercaya hehehe

      Hapus
    2. o, iya. Aku O, tapi pernah ngalamin dibully waktu kerja di sebuah perusahaan, lho.

      Hapus
  4. Dan saya pernah dapat info dari dosen saya, kalau di Jepang orang paling bodoh itu yg bergol darah B. Itu di Jepang lhooo yaaa.. beda lagi di Indonesia. Saya yg bergol B langsung mbesengut e tiba2 dosen saya berkata, Tenang, saya juga goldar nya B. Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. AIh teori yang ngehe. Hehehe bodoh aja bisa jadi dosen, ya. :D

      Hapus
  5. ga ada ceritanya karakter dihubungkan dengan golongan darah. Sepanjang kuliah psikologi, ga ada teori yang menghubungkan karakter & golongan darah :), dan aku ga pernah percaya itu, kebetulan saja dari populasi yang diteliti cocok dengan teori :). Setiap manusia pada dasarnya unik, jadi rasanya ga bisa dikelompokkan hanya ke dalam segelintir kategori saja :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kesimpulannya itu adalah teori cocokologi ya, mak :)

      Hapus
  6. ya ampuun.... golongan darah aja sampe seribut itu ya mak.... woles aja keles hehehe....
    kyknya saya juga gak percaya kalo karakter dihubungkan dgn golongan darah, sepertinya gak bisa di generalisir kayak gitu deh ya mak....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak. Kalau ada yang keukeuh sama teori itu sungguh terlalu...

      Hapus
  7. Goldarku B, sama dengan Papa dan anakku dua2nya goldar B. Gak ada yg ikut Ayahnya goldar O. Karakternya? Hehehe B itu unik2 agak ajaib gitu deh, pemikirannya emang suka beda dibanding orang kebanyakan ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi kebetulan ya, mak. ada karakter dari O yang bener, tapi yang jelek ga aku percaya eh salah ga semua cocok ding hehehe :D

      Hapus
  8. sangat menarik memang kalau membahas hubungan antara golongan darah dengan karakter.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sayangnya soal validitasnya masih meragukan. Saya lebih percaya kajian psikologi soal menilai karakter :)

      Hapus
  9. darahku B mbak,ceria,horeeee heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Horeeeee, keliatan kok dari postingan blognya :D

      Hapus
  10. Sempet denger keriuhan soal goldar...tp gak nyimak :)))
    *saya cuex bebek, pas gak dgn karakteristik golongan darah saya yg A * :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi status yang ngehits banget, ga nyangka bakal heboh. Akhirnya keluarlah postingan ini, mbak. Kalau bagus dan cocok ambil, kalau ga cuekin aja hahaha :D

      Hapus
  11. Aku AB mak... tapi ya, kadang ada yang ga sama sih, entah teori mana yang ak pake ya, biasanya dr meme2 gitu...
    Yang dulu juga heboh, diet golongan darah mak, kalo itu aku ga mau tau... soalnya banyak yang disuka ga boleh dimakan. hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samaaa, aku juga masa bodoh sama diet. Ga kan kuat sama pantangannya hahaha.. padahal ini kadar kolestrol udah warning. Yang ada juga makan seingetnya :D

      Hapus
  12. sebenernya ada beberapa hal kan yang menentukan karakter kita gimana? goldar menurut saya salah satu yang menentukan karakter dasar, tapi selebihnya masih dipengaruhi lingkungan, gaya pengasuhan yang didapet sejak kecil, dan banyak hal lainnya, hehe *sokserius*

    menurut saya sih gak salah juga kalo ada orang yang menentukan karakter berdasarkan goldarnya. tapi yang perlu digaris bawahi, itu cuma karakter dasar yang "mungkin" ada di goldar tertentu. kita gak tau lingkungannya membentuk dia seperti apa, bisa yang bertolak belakang banget kaya dirimu gini ya mak :)

    jadi, saya juga woles, tapi tetep percaya juga kalau karakter bisa dipengaruhi oleh goldar ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin memang bisa dipengaruhi ya, mak.Tapi bukan satu-satunya. Apalagi kalau karakter buruk dilekatkan sama golongan darah tertentu. Iya, saya juga setuju faktor lingkungan itu pengaruhnya gede banget. :)

      Hapus
  13. Hehehe... saya sih yang beginian suka untuk lucu2an. Banyak klop nya tp ada yang gak klop juga. Seru aja nyocok2in karakter.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak. buat lucu-lucua aja. Tapi kalau ada karakter yang cocok dari goldar beda itu, ga mungkin kitu punya kombinasi goldar lain ya,hihihi ngarang.

      Hapus
  14. Bisa ditebak kalo golongan darahku B...
    pendiam (kalo lagi bobok) pemalu (kalo abis kentut di tengah keramaian) dan ..... gak egois ama makanan (kalo dah kenyang)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samaaa, aku juga gitu kok :D pendiam kalau lagi cicingeun, shy shay smaug (malu-malu naga) kalau kentut dan ga maruk kalau kenyang wkwkwk...

      Hapus
  15. Nyocokin karakter dengan goldar sih buat fun aja sama hal nya membaca horoskop, buat saya sih gitu. Karakter setiap org beda sih, jangankan goldar sama, sama emak bapaknya aja bisa beda tuh karakter anak :D , hihih

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu, anak kembar aja ga menjamin sama persis kelakuan, ya. :)

      Hapus
  16. Baiklah saya ikutan dan sudah mudeng....hihiii aku konsen banget soal goldar, aku tanya dulu pasanganku godarnya apa..kan seru misalnya dia beda, berarti anak kita nanti ini dan ini.

    Tapi soal karakter yang ditentukan oleh goldar? anak kembar saja karakternya beda jeew?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau buat urusn lain gpp, tapi kalau udah mendakwa (aish) duh enggak banget, ya Mak.

      Hapus
  17. Saya juga ga percaya mak goldar mempengaruhi krakter..saya percaya setiap orang itu istimewa..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jasi inget lagu penyanyi Malaysia dulu, Najib Ali yang judulnya Kerana Kita Oonik :)

      Hapus
  18. Entahlah yah Fi,
    Dari dulu aku selalu berusaha untuk gak mempercayai yang kayak gitu, baik itu golongan darah lah, zodiak, shio, atau apa lah itu...

    Soalnya karakter seseorang itu kan kompleks yah dan gak bisa pukul rata begitu aja...
    tapi itu sih aku lho yaaah :)

    Tapi kalo ada yang percaya dan meyakini sih silahkan aja, asal gak perlu nge judge kita yang kurang percaya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe tadi aku colek dirimu pengen tau aja, katanya orang-orang Korea suka ngenalin nama plus goldar. Secara aku ga ngeh sama budaya Korea.

      Hapus
  19. saya sih percaya gak percaya ya mak,, secara goldar saya AB tapi sebagian besar ada yang bener ada yang engga. tergantunglah siapa yang mau percaya siapa yang engga. hihihihi

    BalasHapus
  20. Ramalan kepribadian berdasarkan golongan darah ya. Sering lihat bukunya di Gramedia. Dan pernah baca juga pinjem punya teman. Yah sama seperti ramalan bintang atau zodiak lah mbak, cocok cocokan aja. Dari sebanyak itu orang yg memiliki golongan darah yang sama, ga mungkinkan semuanya sama persis. Mungkin ada yg dominan, ada pula yg tidak sesuai.. tapi yang saya baca juga begitu sih, di jepang orang2 sampai didiskriminasi jika memiliki golongan darah B (dianggap pembangkang) dan AB. Well~ beruntung di Indonesia tidak. Kalo iya mah bisa bisa saya dikucilkan juga :)))

    Btw gak cuma di jepang, di seluruh dunia golongan darah AB memang minotitas. Apalagi yang rhesusnya negatif. Sangat sedikit sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak, aku malah baru ngeh kalau bisa segitunya diskriminasi di Jepang. Padahal mereka melek teknologi, ya. Apa aku yang kelewat atau memoriku mulai payah, lihat Dora Emon atau Candy-candy (aish) ga disinggung soal ini.
      Soal golongan darah AB minoritas emang dimana-mana ya, mak. Eh tapi unik juga di Jepang, yang dominan O, bukan A.

      Hapus
    2. errr maksudku yang dominan A bukan O, kebolak ini :D

      Hapus
  21. Aku ga percaya golongan darah menentukan karakter. Btw, Efi, tampilan blognya ngepinky, ya. Udah lama ga mampir dimari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak. Akujuga ga percaya. kalau emang goldar menentukan karakter, ngapain susah-susah kuliah psikologi, ya. Iya nih, templateku ganti jadi pinky ria gini. :)

      Hapus
  22. Hihiiii baru sempat komen disini. Pokoknya siapapun yang bisa menilai saya berdasarkan goldar siap2 tak tabok hahahaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mau nilai karakter dari goldar mah buat sendiri aja, ya, mak? Eh kalau mau nabok orang yang nilai karakter dirimu berdasarkan goldar aku boleh ga ikutan? hehehe*mulai keluar tanduk*

      Hapus
  23. sampai sekarangpun aku nggak tau golongan darahku apa mbak...hehehe

    BalasHapus

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.