Wednesday 24 April 2024

Pinterest, Gudang Ide dan Inspirasi yang Bikin Betah

Rasanya aneh aja kalau ada yang tidak tau apa sih itu Pinterest? Dulu waktu pertama kali tau tentang media sosial ini saya dibuat terpesona. Visual cover design yang posting di Pinterest ini vibesnya bikin betah. Malah saya sempat bilang sama seorang teman kalau Pinterest ini lebih cakep dari feed instagram.


Cuma sayangnya Pinterest ini memang secara tampilan ga seluwes IG dalam memfasilitasi interaksi penggunanya dan memang minim komentar. Apa memang sistem algoritmanya beda kali, ya?

Bisa dibilang nih kalau  Pinterest ini semacam gudang ide untuk ngonten , desain dan whatsoever life hack yang kita butuhkan. Ga percaya?

Coba ketikan di kolom pencari inspirasi OOTD muslimah berbadan mungil

Eh dia udah kayak google aja, dalam sekejap, berbagai postingan dan ide yang terkait dengan pencarian yang kita tanyakan akan muncul. Memang hasil pencarian yang ditampilkan bukan dalam bentuk kumpulan artikel tapi tetep aja secara visual ini bikin betah untuk terus stay. 

Kayak gini, nih


Inspiring, kan?

Nah, platform yang satu ini ternyata berawal dari ide sederhana. Mari kita telusuri asal mula dan penggagasnya yang inspiratif:

Pada tahun 2009 ketika Ben Silbermann, Evan Sharp, dan Paul Sciarra, ketiganya mantan karyawan Google, berkumpul untuk mendiskusikan ide untuk platform online baru. 

Dari hasil diskusi terutama dari  Silbermann, yang dikenal dengan kecintaannya pada koleksi, tercetus ide untuk cara yang lebih baik untuk mengorganisir dan berbagi informasi visual.

Tentang Pinterest

Silbermann  sebagai penggagas utama sangat terinspirasi oleh cara orang menggunakan katalog untuk menemukan dan menyimpan ide. Ia juga melakukan riset pada emailbagaimana orang menggunakan email untuk bertukar gambar dan informasi. 

Selain itu Silbermann dan Sharp juga terinspirasi oleh scrapbooking, sebuah hobi yang melibatkan pengumpulan dan menempelkan gambar dan informasi.

Akirnya pada  bulan Maret 2010, Pinterest diluncurkan dalam versi beta. Awalnya, platform ini cuma bisa diakses melalui undangan. Namun, popularitasnya dengan cepat melonjak, dan  bisa diakses oleh semuanya pada tahun 2011.

Sepertinya di Indonesia ini Pinterest belum sepopuler Instagram, Tiktok, Facebook dan twitter di mana para usernya terbiasa saling berkomentar pada sebuah postingan atau thread.  

Mungkin memang tipikal usernya yang bukan seperti itu. Mereka butuh ide dan langsung eksekusi setelah menemukan referensi yang sesuai. 

Kalau buat saya sebagai referensi ide, Pinterest memang lebih ringkas dan to the point dibanding mesin pencarian google. Saya sendiri suka mencari ide di Pinterest untuk tulisan blog, postingan sosmed atau desain untuk produk jualan saya muehehehe... Mampir ya ke digishopbyefi.

Lanjut. 
Ini nih, 5 alasan kenapa Pintrest saya referensikan sebagai rujukan buat nyari ide, inspirasi dan sejenisnya.

1. Gudang Inspirasi Unlimited
Pinterest bagaikan lautan inspirasi tanpa batas. Di sini, kita bisa menemukan berbagai ide kreatif untuk berbagai hal, mulai dari desain, resep masakan, dekorasi rumah, DIY, fashion, hingga tips kecantikan. Apapun yang kita cari, pasti ada di Pinterest.


2. Visual yang Menarik dan Menggugah Selera

Ini yang udah saya bahas di awal. Berbeda dengan platform lain yang fokus pada teks, Pinterest lebih berfokus pada visual. Gambar-gambar yang ditampilkan di Pinterest menarik dan berkualitas tinggi, sehingga mampu menggugah selera dan membangkitkan rasa ingin pengunjung. Kadang saya suka minder dibuatnya sama desain-desain di Pinterest tapi di sisi lain jadi memacu saya untuk berusaha lebih kreatif hihihi.

Tuh, kan? Gimana ga bikn betahd an penge klikin satu-satu dari postingannya coba?

3. Pengorganisasian yang Mudah dan Efisien

Pinterest memungkinkan kamu untuk mengatur ide-ide  dengan mudah dan efisien. Kalau misal ada satu pin yang kita sukai, besok lusa ga usah khawatir atau panik mau nyari lagi pin yang sama, lho ke mana? 

Pinterest memfasilitasi kita  dengan membuat papan pin (board) untuk berbagai kategori. Tinggal kita kasih nama saja misalnya foodish, DIY, Fashion Hack, Ide Blog dan sebagainya. You name it as you want. 

Kalau misal naksir sama postingan ini, tinggal simpan saja. Nanti tinggal kita kategorikan penyimpanannya agar lebih mudah saat kita mau mengaksesnya lagi.

4. Komunitas yang Ramah dan Aktif

Pinterest memiliki komunitas yang besar dan aktif berbagi. Kita bisa mengikuti orang lain yang memiliki minat yang sama dan berinteraksi dengan mereka. Bukan sebagai follower saja, kita juga bisa  juga bisa berbagi ide dengan orang lain. 

5. Update Trend Terbaru dengan Cepat

Pinterest adalah platform yang tepat untuk mengetahui tren terbaru dengan cepat. Sat ide mentok dan ga tau mau ngapain lagi, saya mencarinya d Pinterest. Misal kita mau nyari sepatu yang lagi happening dan modis, bisa juga lho hahaha. 

Dari sini, kita tinggal nyari aja di e commerce untuk check out. Pengguna Pinterest  emang pada aktif mengunggah gambar dan ide-ide baru. Jadinya kita terbantu untuk selalu update dengan tren terbaru di berbagai bidang.

Gimana, udah mulai 'teracuni' untuk ekspor Pinterest?




Share:

0 Comments:

Post a Comment

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.