Tuesday 23 April 2024

Cara Bikin Efek Glass Morphism di Canva

 Pagi ini di tempat saya lagi mendung dan hmmm.... enaknya ditemenin sama kopi hangat. Ya ga, sih? :)

Akhirnya jadi kepikiran buat bikin tutorial efek glass morphism pake Canva seperti ini.


Tenang aja, caranya gampang kok. Setelah ini saya yakin banget temen-teman bisa langsung praktekin.
By the way, glass morphism ini semcam efek ngeblur atau embun seperti pada pada kaca. Ya hasilnya seperti foto di atas.  Bikinnya juga gampang dan ga pake lama.

Ayo kita buat.

Pertama-tama buka dulu slide baru di Canva dan tentukan ukurannya. Misalnya kita mau buat ukuran seperti presentasi dan orientasinya memanjang ke samping alias landscape.


Setelah itu, upload gambar yang akan kita edit. Gunakan gambar dengan orientasi yang sama agar saat kita sesuaikan dengan latarnya tetap proporsional. Misal kita mau buat desain dengan orientasi portrait ya gunakan juga gambar atau foto dengan orientasi portrait begitu juga sebaliknya kalau dimensi slidenya adalah landscape seperti contoh yang saya buat.

Selanjutnya kita cari elemen frame untuk tumpukan gambar di atas slidenya. Kali ini saya pake elemen frame polaroid.

Nah, frame polaroid yang saya pake ini ada dua sebenernya. Yang belakang kayak efek tumpuk gitu. Saya tetep pake foto yang saya untuk diinsert ke dalam frame. Di bagian ini rada tricky emang karena posisinya dan ukurannya harus sama persis dengan yang dibelakangnya.


Biar ukurannya presisi, setelah fotonya diinsert pada frame, foto pada frame kita klik 2 kali nanti bakal muncul tuh bulatan putih di tiap sudutnya. Nah, kita tinggal tarik saja bulatan putih itu sampai bayangan foto pada frame udah pas sama foto di belakangnya. Kalau udah presisi, hasilnya akan seperti ini.


Selanjutnya kita tambahkan teks pada foto.  Misalnya Ayo Ngopi Dulu.

Untuk memberi efek pada teks, klik efek lalu pilih shadow. Untuk ukuran shadownnya saya fullkan pada bagian offset mentok ke 100. direction 77, transparencynya saya buat juga mentok sampai 100.


Untuk memberi efek warna yang sesuai dengan latar foto  klik tanda warna/color pada foto, nanti akan muncul tanda pipiet seperti gambar berikut.


Setelah itu tinggal tarik saja tanda pipet tadi ke atas gambar yang akan kita duplikasi warnanya. Kalau sudah sesuai klik oke.


Gimana, gampang, kan?

O, iya saya masih pengen ngasih sentuhan akhir dengan numpuk 2 tampilan font di mana sebagian teks tampak transparan. Seperti ini caranya adalah seperti berikut.

Klik teks dan salin (copy). lalu posisikan salah satu teks di belakang frame. Sedangkan teks lainnya kita kasih efek hollow. Pastikan ukuran teks yang sudah disalin tetap sama agar saat ditumpuk tetap presisi dan rapi, ya.


Next, kita bahas apa lagi, nih? Yuk, komentar, ya.



Share:

0 Comments:

Post a Comment

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.