Friday 29 December 2023

Rekomendasi Kombinasi Font di Canva

Salah satu hal yang cukup menantang tapi bikin kepala pusing saat mengotak-atik desain di Canva adalah pairing font, alias mengombinasikan huruf-hurufnya. Betul, ga?

Meskipun kita uudah tau kalau tema desain itu misalnya kasual/santai atau berbau formal. Ya tetep aja puyenghai alias pusing.


Saat melakukan pairing atau menggabungkan font, yang selalu saya pegang sejak kenal Canva lebih jauh adalah 2 cukup, 3 maksimal. Bukan, ini bukan kampanye keluarga bencana lho hehehe. Selain dari Syammas, temen-temen Canvaser Indonesia juga merekomendasikan hal yang sama/ Setidaknya panduan ini membantu saya biar desainnya ga terlalu rame dengan font yang macem-macem.

Pada blogpost kali ini,  saya punya 10 pasang rekomendasi buat teman-teman.

Vidaloka & Open Sans Condensed


Kombinasi hurufnya cocok buat desain yang formal. Kedua font ini juga punya kesan everlasting, jadinya ga terkesan jadul.

Black Mango & Quiche


Kalau lihat font jenis Black Mango ini saya kebayangnya cocok buat fot label brand/produk. Ada yang sependapat, gak?

Lovelo & Shrikhand

Font jenis Lovelo lucu banget nih kalau digunakan dalam desain infografis dengan nuansa fun tapi juga bisa dipakai untuk yang lebih resmi. Begitu juga font Shrikhand yang bulat.  By the way, serasa lagi baca cerita zaman pertengahan ga sih kalau baca  font jenis Shrikhand ini?

Brittany & Sunborn


Butuh font untuk kartu undangan? font Brittany ini lucu gemesin. Dikombinasikan sama font Sunborn tidak tetap lucu namun sayangnya font sunborn ini cuma tersedia versi uppercasenya saja alias all caps. Kalau ngirim undangan untuk atasan atau orangtua kesannya ga sopan. Namun kombinasi kedua font ini bisa kita gunakan untuk desain lainnya. Untuk label fashion misalnya.

Vintage Moon & Moonjelly

Konsep font Vintage moon yang klasik ini lucu buat desain undangan nikahan. Kombinasinya dengan font Moojelly bakal bikin gemes dan romantis. Bisa juga buat dipakai konsep cover buku.

Kaushan Script & Anton


Font Kaushan Script ini mirip-mirip font handwriting  Playlist Script. Sama-sama klasik ala orangtua kitu dulu. Akan tetapi pada font Kaushan Script, masing-masing hurup tidak tersambung satu sama lain. Kombinasinya dengan font Anton cocok terlihat klasik tapi sekaligus lebih mainly. 

Monkey & Akzentica Semibold


Kalau suka dengan konsep tulisan tangan di buku catatan sekolah zaman dulu, font monkey ini lucu dan jadi terlihat manis dan menarik kalau digabung dengan font Akzentica Semibold. 

Sailors & Moon Th


Satu lagi kombinas font uppercase  dengan font lainnya, Moon Th yang terlihat girly. Tetap terlihat manis dan serasi, kan?

Blueberry & Glacial Indifference


Beberapa waktu lalu, font ala Blueberry sempat populer dan banyak disukai. Sampai saat ini font Blueberry masih relevan dipakai dan tetap menarik. Kombinasinya dengan font Glacial Indifference membuat keduanya jadi enak dibaca.

Ghisella & Monstserrat

Kesan saya buat kombinasi ini, classic, oldies dan elegan.  Gimana pendapat teman-teman kalau font jenis handwriting ala Ghisella dan Montserrat ini?
 
Semua font yang saya pakai adalah font yang tersedia di Canva pro. Jadi kalau digunakan pada desain Canva dengan versi gratis, saat  diunduh akan muncul tanda air alias watermark. Sayang banget kalau jadi merusak keindahan.

Saran saya, agar lebih leluasa untuk memilih font di Canva, gunakan Canva yang pro dan legal, ya. Sekarang murah-murah kok, kok. Dulu sebelum pandemi saya harus membayar 75 ribu untuk langganan Canva per bulan, sekarang saya pake Canva per grup cuma 25 ribu aja per bulan. Jauh lebih hemat. Tenang aja, Canva yang sayang saya pakai aman dan legal kok. Bagi teman-teman yang baru join, feenya naik dikit jadi 38 ribu aja. Naik dikit tapi masih worth it

Font yang saya buat di atas adalah ukuran font 50 dan font keduanya berukuran 35. Walau secara ukuran lebih kecil tapi beberapa font  dimensi lebarnya hampir sama dengan font di atasnya. Teman-teman bisa mengatur atau menukar posisi font yang di atas dengan yang di bawah dengan beberapa kombinasi berbagai ukuran atau cetak tebal dan miring misalnya.

Namun selain kasus font yang cuma tersedia versi uppercase, pada beberapa font tidak bisa dicetak miring.

Selamat berkreasi

Share:

Saturday 23 December 2023

Indonesia Mendongeng Bersama Rumah Zakat: Santri TPQ Cinta Sesama dan Semesta

"Kalau makannya ga habis nasinya nanti nangis, lho!"

Waktu kecil dulu saya sering mendengar ucapan seperti ini. Teman-teman mungkin pernah atau sering dengar juga, kan?  Walau sebenernya nasi ini bener-bener ga nangis, petuah ini melekat banget dalam ingatan saya. Rasanya berdosa sekali kalau tidak sanggup menghabiskan nasi.

Lalu beberapa lalu saya menemukan instagram reel yang berisi pemaparan Profesor Surono Danu, seorang pakar pertanian di Indonesia. Dalam video itu, salah satu hal yang beliau jelaskan soal konsumsi nasi di Indonesia. 

Begini katanya: 
"Jika kita menyisakan 1 butir nasi dalam 1 piring  dan terkumpul 50 butir nasi  setara dengan 1 gram beras. Satu kilo beras akan setara dengan 50.000 butir."
Bayangkan jika 1 butir saja dikalikan dengan jumlah penduduk Indonesia dengan asumsi 200 juta ini setara dengan 4 ton beras yang terbuang dalam sekali makan.  Hitung lagi  dalam jangka waktu sebulan sudah berapa ton beras atau nasi yang tidak termakan atau terbuang.


Saya jadi teringat dengan krisis pangan yang terjadi di Palestina sebagai dampak dari serangan Israel ke wilayah Gaza dan wilayah lainnya. Rasanya sedih sekali karena akses bantuan pangan yang tertutup (belakangan memang sudah dibuka namun dengan batasan tertentu atau kendala lainnya).  Saya masih bisa makan apa saja walau sederhana. Sementara mereka di sana harus menahan perut lapar berhari-hari bahkan untuk minum pun mengandalkan air hujan.  

Kisah cerita beras yang saya ceritakan di awal tadi adalah salah satu contoh untuk memberikan edukasi pada anak untuk mensyukuri nikmat yang sudah didapat sekaligus menghadirkan empati sejak dini.

Saya kembali diingatkan kalau kisah/cerita yang disampaikan pada anak seperti memahat pada batu, sesuatu hal memberikan kesan yang membekas dan tidak mudah lupa. Tujuan mendongeng yang disertai edukasi pada anak ini juga yang menjadi gagasan Rumah Zakat menghadirkan kegiatan Indonesia Mendongeng yang sudah berlangsung sejak tahun 2013.

Awal mulanya agenda rutin ini ini digagas dari kegiatan Rumah Zakat  bersama LKG TPQ Solo Raya lalu  pada tahun-tahun berikutnya berkembang menjadi kegiatan nasional yang diselenggarakan rutin setiap tanggal 25 Desember.

Setiap tahunnya kegiatan ini mengedepankan tema-tema yang edukatif, mengajarkan hal-hal yang baik pada anak Indonesia. Selain itu melalui kegiatan ini mengajarkan semangat untuk berbagi kepada saudara-saudara yang membutuhkan.

Memasuki satu dekade kegiatannya, pada tahun ini Indonesia Mendongeng mengajak anak-anak untuk peduli pada anak-anak di Palestina. Pada tahun ini akan diselenggarakan di 57 titik se-Indonesia yang tersebar di 29 Kabupaten/Kota di 17 Provinsi Indonesia dengan menghadirkan 30.000 anak dan terbuka untuk umum dan menghadirkan para pendongeng yang berkompeten (memahami dan menguasai ilmu pedagogi). Tahun ini kegiatan pusat akan diselenggarakan di Taman Ragunan Jakarta yang akan melibatkan 1.000 anak. 

"Santri TPQ Cinta Sesama dan Semesta" menjadi tema kegiatan Indonesia Mendongeng tahun ini.

Setiap program Rumah Zakat selalu berusaha memenuhi 3 ruh dalam programnya. Yang pertama adalah Membahagiakan baik para penerima manfaat juga bagi donaturnya. Hal ini sejalan dengan ajaran Islam, barang siapa yang membahagiakan orang lain akan mendapat pahala yang berlipat. Hal sederhana paling terkecil adalah senyum yang tulus dicatat sebagai sedekah.

Ruh yang kedua adalah memberdayakan. Apa pun yang dilakukan harus berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Penyaluran donasi selayaknya bisa mentransformasikan dari mustahik menjadi muzaki. Dana yang didapatkan bisa berputar dan meningkatkan taraf hidupnya.

Ruh yang ketiga adalah menyelamatkan. Dengan menyelamatkan, Rumah Zakat berupaya menanggulangi ancaman/bencana alam. Misalnya kegiatan penyaluran dana untuk para korban bencana alam di Cianjur pada tahun lalu.


Kegiatan Indonesia Mendongeng menurut Al Razi Izzatul Yazid selaku Kepala Divisi Humanitarian Rumah Zakat merupakan usaha dari Rumah Zakat untuk merealisasikan ruh yang pertama yaitu Membahagiakan baik secara lahir maupun batin. Dalam kegiatan press conference kemarin, beliau juga didampingi oleh Chief Program Officer Rumah Zakat, M Sobirin yang turut menyampaikan informasi kegiatan yang akan segera berlangsung serentak pada hari senin ini.

Pada kegiatan Indonesia Mendongeng ini juga diharapkan akan lahir jiwa empati pada anak-anak. Konten-konten edukasi yang akan disampaikan tentunya akan dekat dengan kehidupan sehari pada anak-anak. Salah saru contohnya adalah bagaimana kebiasaan anak-anak yang suka menyia-nyiakan makanan. Padahal di saat yang sama anak-anak (juga penduduk lainnya yang dewasa) di Palestina mengalami krisis pangan. Keberadaan makanan menjadi sesuatu yang langka dan sangat berharga.

Jangan khawatir, kegiatan mendongeng yang berkaitan dengan Palestina akan menceritakan porsi yang sesuai untuk porsi mereka. Misalnya saja sejarah Palestina sejak zaman Nabi Ibrahim as, lalu berlanjut pada masa Rasulullah saw, lalu isah yang tak kalah heroiknya kisah Sultan Salahudin Al Ayubbi 

Rencannaya, semuan kegiatan yang sudah berlangsung ini akan dirangkum dalam sebuah buku tematik yang berisi dokumentasi kegiatan setiap tahunnya.  

Bantuan untuk Palestina

Hingga saat ini Rumah Zakat sudah menyalurkan bantuan 32671 paket makanan siap saji, 1515 paket obatan-obatan ke RS Gaza, 2472 paket food basket, 180 pakaian musim dingin, 207 Hygiene kits, 3640 kaleng kornet Superqurban, 3  truk kontainer bermuatan full logistik dari Cairo-Gaza, 3.500.000 liter air bersih, dan ⁠2 titik desalinasi air laut.

Untuk pekan 3 dan 4, Rumah Zakat akan menyalurkan 10.000  makanan siap saji, 1000 food basket, 2400 sandang musim dingin, 2 titik Aksi siaga sehat, 1 unit Ambulance, dan 2 unit Desalinasi Air Bersih.


Keren, ya? Terimakasih Rumah Zakat yang selalu menghadirkan inspirasi dan kebahagiaan

Share:

Tuesday 14 November 2023

Derpotivo Palestino Wakil Diaspora Palestina di Liga Sepakbola Chile

Ramainya berita tentang masifnya serangan Israel ke Gaza Palestina juga di lini masa saya di Instagram yang sering dapat rekomendasi tentang bola (karena ini salah satu minat saya) mengantarkan pada rekomendasi sebuah postingan tentang klub Deportivo  Palestino.

gambarnya dari https://thisweekinpalestine.com/

Sekilas namanya mengingatkan saya sama klub Spanyol Deportivo La Coruna.  Kalau terdengar familiar, tentus aja wajar mengingat Chile dulunya adalah salah satu wilayah jajahan Spanyol.

Deportivo  Palestino adalah salah satu partisipan liga utama di Chile. Nah, ngomongin Chile bikin saya inget sama mantan pemain Juventus asal Chil di tahun 2000an juga, Marcelo Salas. Umur ga bisa boong ya :)

Ada hal yang menarik kalau lihat lambang klub Deportivo  Palestino yang desainnya menyerupai perisai. Komposisi warnanya senada dengan bendera Palestina dan dari namanya juga emang udah nunjukin Palestina banget, Deportivo La Palestino, begitu juga dengan kostumnya. Palestina banget. 

Selain komposisi warna kostum dan logo klub, kaffiyeh juga menjadi salah satu outfit  yang kerap melekat dengan para pemainnya.  Berjarak ribuan kilometer dari tanah kelahiran tidak membuat mereka sungkan untuk menunjukkan identitas diri mereka.  

Dari sejarah pendiriannya, klub yang bermarkas di kota Santiago Chile ini sudah ada pada tahun 1920, jauh sebelum peristiwa Nakba yang terjadi di tahun 1948.  

Meski klub ini didirikan pada tahun 1920, tapi ide nama ini sudah tercetus 4 tahun sebelumnya atau pada tahun 1916.Dulunya mereka punya slogan Mens Sana In  Corpore Sano. Sementara itu istilah Deportivo merujuk pada kata sport, sporting atau sports. Mungkin secara simplenya Deportivo Palestino ini berarti klub olahraganya orang Palestina.

Gimana ceritanya orang-orang Palestina ini bisa sampai ke Chile? Dari literatur yang saya baca, pada akhir masa  kesultanan Ottoman, para imigran  yang berdiaspora ke Chile ini dipicu oleh keinginan untuk mencari perekonomian yang lebih baik. 

Mereka dikirim ke Chile oleh keluarganya. Sesampainya di sana mereka berbaur dengan penduduk setempat dan kemudian muncul istilah Chilestinian. Diperkirakan populasi mereka saat ini mencapai sekitar 450.000-500 ribu orang tersebar di berbagai kota selain di Santiago (ibu kota Chile). Yang unik, dari setiap desa bisa ditemukan 1 orang polisi, 1 orang pastor dan 1 orang Palestina.

Sebagai informasi, para diaspora Palestina di Chile mayoritas beragama Kristen Ortodox dan Katolik Roma. Tidak semua warga keturunan Palestina di sana beragama muslim.  Bahkan populasi mereka di Chile hanya 0,3% saja atau kurang lebih 4.000 orang. Akan tetapi perbedaan agama tidak menjadi penghalang nasionalisme di antara mereka.

Tahun 2020 lalu, klub ini merayakan ulangtahunnya yang ke-seratusnya. Bukan saja menyalurkan minat olahraga tapi Deportivo Palestino jadi representasi timnas kedua bagi orang Palestina. 

Klub yang sekarang bermain di liga Primera  Chilea ini juga  pernah meraih juara liga pada tahun 1955, 3 tahun setelah promosi dari liga amatir (Primera B). Untuk musim ini (pas saya nulis artikel ini) Deportivo Palestino berada di posisi keempat klasemen sementara. Lumayan, bisa masuk zona Libertadores meski harus lewat babak play off (kualifikasi) dulu. 

Pada awalnya klub Deportivo Palestino ini didukung oleh para pemain berdarah Palestina namun seiring dengan bermainnya mereka di liga profesional. klub memberi kesempatan kepada pemain lain. Untuk komposisi pemain saat ini, Deportivo diisi oleh skuad dari pemain Chile dan Argentina. 


Gimana sama prestasi mereka di level benua? Ga jelek amat, kok. Pada tahun 2014 mereka bermain di Piala Libertadores (liga Championsnya klub-klub di Amerika Selatan) meski harus menyerah kalah saat melawan grup Boca Juniors dari Argentina.

Satu lagi prestasi dari klub ini adalah menjadi klub yang tidak terkalahkan pada piala Chile di tahun 2018 setelah 40 tahun bermain tidak meraih gelar juara. Saking berartinya gelar ini, Presiden Palestina Mahmoud Abbas  bilang gini, 

"Kemenangan Palestino membawa kebahagiaan besar bagi rakyat kami. Palestino mewakili kebesaran negara kami juga mewakili kemerdekaan, keadilan dan perdamaian. Palestino, sama halnya dengan tim nasional kami, mewakili rakyat Palestina. Loyalitas untuk rakyat kami, baik di tanah kelahiran juga di tempat diaspora menunjukkan eksistensi Palestina. Palestino lebih dari sekedar tim sepakbola."

Liga Indonesia juga pernah punya pemain Chile berpaspor  Palestina yang bermain untuk klub PSIS Semarang yang kemudian pindah ke klub PSS Sleman, Jonathan Cantillana. Sayangnya, karir Cantillana tidak berkembang dan saat ini berstatus free agent.

Sumber:

https://thisweekinpalestine.com/palestinians-in-chile/

https://thisweekinpalestine.com/club-deportivo-palestino/

https://www.wlrn.org/americas/2023-11-08/latin-america-arab-palestinians-israel-hamas-war

https://www.wlrn.org/americas/2023-11-08/latin-america-arab-palestinians-israel-hamas-war

https://www.foxsports.com/soccer/palestino-team-standings

Share:

Tuesday 31 October 2023

5 Pemain Asia di Liga Primer 2023-2024

Kalau ingat hasil pertandingan Tottenham vs Liverpool rasana gimana gitu. Gemes banget walau ada rasa bangga. dengan skuad 9 lawan 11 orang waktu itu gank Anfield bermain sangat membanggakan. Tragis, ya. Kalah mengenaskan karena own goal di last minutes.

Faktanya Liverpool memang harus pulang tanpa angka. Kali ini saya mau ceritain salah satu pemain dari Tottenham yang bermain gemilang. Son Heung Min juga teman-temannya sesama pemain dari Asia. They're amazing!

Sebenarnya bukan pas musim ini saja Son bermain cemerlang. Di musim sebelumnya pun bermain dengan sangat baik. Situasi Tottenham yang sekarang lagi memuncaki klasemen membuat  orang semakin menyadari kontribusi Son untuk klub yang bermarkas di London Utara itu.

Terlepas dari kekalahan Liverpool kemarin, sebagai orang Asia performa Son adalah sebuah kebanggaan. dan selain Son, masih ada pemain-pemain Asia lainnya yang berjaya di liga Inggris lho. Yuk, kita kenalan.

Takehiru Tomiyasu (Arsenal)

Skuad timnas Jepang kayaknya ga pernah kehabisan amunisinya yang meramaikan liga Inggris dan liga lainnya.  Sama seperti Son, Tomiyasu juga bermain dengan baik di musim kemarin meskipun Arsenal mulai kehilangan ritme jelang akhir musim dan harus rela memberikan gelar juara untuk Manchester City.

Takehiro berasal dari Fukuoka. Ia lahir pada tanggal 5 November 1998. Wah bentar lagi ulang tahun nih. Akankah match ke-11 nanti jadi hadiah istimewa buat cowok dengan postur 187/70 kg ini?  Saya juga seneng lihat permainan Tomiyasu yang lincah di lini tengahnya Arsenal alias The Gooners ini. 

Sebelum bergabung dengan Arsenal di musim 2021-2022, Tomiyasu merumput bersama Bologna di liga Calcio (Italia) pada musim 2021-2022. Ia pindah klub ke Arsenal pada jendela transfer di bulan Januari 2022 lalu. Dalam waktu  setengah musim itu, Tomiyasu cepat beradaptasi dengan skuad asuhannya Arteta dan segera mendapatkan posisi starting XI alias pemain utama. Wow!

Kaoru Mitoma (Brighton & Hove Albion)

Mitoma adalah definisi benci dan kagum yang ada pada satu orang buat para fans Liverpool. Tiap Liverpool ketemu timnya Mitoma, yaitu Brighton, mesti lah cowok yang satu ini yang paling nyusahin. Apalagi kalau udah ngacak-ngacak sayap kanan Liverpool. Entah itu Trent Arnold atau Gomez, dibuat kepayahan. 

Sama halnya dengan Tomiyasu, Mitoma belum lama bermain di liga Inggris. Sebelum hijrah ke liga Primer 2022-2023, Mitoma merumput bersama klub Belgia yaitu Royal Union Sain-Gilloise. Nah lho belibet ga tuh nyebut nama klubnya?

Adaptasinya di liga Eropa pun luar biasa. Macam anak akselerasi yang loncat kelas. Pada tahun 2020, Mitoma masih merumput di J1 League bersama Kawasaki Frontale.  Fun fact tentang Mitoma adalah dia seorang sarjana yang tesisnya membahas tentang dribling.  Dari tugas askhirnya ini Mitoma bisa menerapkannya ketika berkarir di klub pertamanya itu, Kawasaki Frontale.  Mitoma ini bukan cuma jago teori tapi dia sungguh-sungguh menerapkannya sebagai pemain bola.  

Penampilan Mitoma membuat dirinya jadi salah satu etalase yang mempesona dalam deretan bintang Brighton Shop alias deretan pemain yang bikin klub lain naksir berat. Walau bete karena dia suka nyusahin Liverpool (bahkan menyingkirkan Bang Ipul di FA Cup musim lalu) saya sih ikut seneng dia bisa memperpanjang kontraknya bersama Camar FC itu. Bukan ga mungkin sinarnya akan meredup kalau dia pindah ke klub besar. 

Wataru Endo (Liverpool)

Wataru Endo jadi pemain Jepang kedua yang bermain untuk Liverpool, si Unggas Merah dari kampung halamannya The Beatles itu. Banyak yang memprediksi kalau Wataru (dia lebih seneng dipanggil gitu btw) bakal jadi penghangat bangku cadangan aja. Sekadar pemanis target pasar jerseynya Liverpool di Asia setelah Minamino.


Salah ga, sih? saya tadinya berpikir khawatir gitu. Meskipun Minamino selalu brmain bagus bahkan jadi kunci kemenangan Liverpool di beberapa pertandingan termasuk FA Cup (musim 2021-2022) tapi ada faktor lain yang bikin Minamino ga dapat tempat utama di tim, fator bahasa. 

Minamino kayaknya paham betul kendala dia  di klub yang  bermarkas di Anfield ini. Saat ini d klub barunya, AS Monaco doi sering mendapat posisi di starting eleven dan bahasa Inggrisnya semakin meningkat. Andai dia dulu ngeh buat improve Englishnya, ya? Eh tapi mungkin Wataru Endo mungkin ga bakal pindah ke Liverpool dong hahaha. By the way, Wataru bisa berbahasa Inggris. So, dia ga ga  punya masalah buat komunikasi dengan teman-temannya di tim.

Balik lagi ke Wataru, dia didatangkan dari klub Jerman, Stuttgart di last minute jendela transfer akan ditutup. Dibanding pemain lainnya seperti Szobo atau Mac Allister, wataru memang agak susah mendapat posisi inti di liga. 

Ada yang bilang  juga Wataru ini terlalu sopan makanya buat bersaing ini dia banyak  ngalah. Gitu kata analisa sebagian orang. Tapi jangan salah, Klopp ngasih dia kepercayaan saat Liverpool main di FA dan UEFA yang suka diledekin liga pocong atau liga malam jumat. Muahaha biarin deh, biar lengkap tuh koleksi trofi Liverpool.

Pada pertandingan kemarin, cowok yang juga jadi kapten timnas Jepang itu mencetak gol untuk Liverpool, lho.

Soal kedatangan Wataru ini ada yang berharap bakal mengulang sejarah Liverpool menjadi juara liga Primer dan Champions, hal yang didapatkan Liverpool waktu masih punya Minamino. Jimat? Saya ga mau percaya tahayul. Jangan lupakan etos kerja orang Jepang yang selalu all out. Inget kan penampilan impresif mereka di Piala Dunia 2022 kemarin? That's our Samurai Blue. Cahaya  Asia! Timnas yang selalu eksis di setiap Piala Dunia lho mereka terlepas bagaimana hasil akhirnya, tapi mereka sudah punya pembinaan yang terstruktur untuk jangka waktu lama.

Fun Fact:  Wataru sudah punya bestie di Liverpool. Ibou yang tergila-gila dengan komik dan animasi Jepang seneng banget punya temen ngerumpi setelah ditinggal Minamino. Kira-kira mereka bakal ngonten yang bahas seriesnya One Piece ga?


Son Heung Min (Tottenham Hotspur)

Inilah salah satu cowok Asia yang suka bikin susah Liverpool muehehe. Jangan sampai dia satu klub sama Mitoma. Ampun dah, bisa awut-awutan Liverpool.

By the way, teman-teman merhatiin ga sih, selepas ditinggal Harry Kane, cowok yang selebrasinya khas itu jadi makin cemerlang? Kayaknya dia lebih leluasa bermain. Tambahan lagi selain bestienya si cowok drama Richarlison, dia dapat dukungan dari Maddison di lini tengah yang membuka ruangnya jadi lebih mudah.


Dari segi usia, karir striker timnas Korea Selatan kelahiran Chuncheon 1992 ini mungkin lagi klimaks. Tapi jangan terburu-buru untuk menyebutnya akan meredup karena faktor usia. Saya meragukannya kalau lihat permainan Son yang selalu jadi pilihan pelatih Ange Postecoglou. Mirip Mo Salah di Liverpool. Makin berumur malah makin cemerlang.

Fun fact tentang Son, dia adalah tipe pemain setia. Sebelum berlabuh ke White Hart Lane  pada tahun 2015, dia bermain untuk klub Bayer Leverkusen (2013-2015) dan Hamburg SV selama satu musim saja (2012-2013). 

bestie yang attitudenya kayak bumi dan langit. bisa gitu, ya?

Sepertinya Bundesliga adalah batu loncatan yang baik untuk pemain-pemain Asia sebelum berkarir d liga Inggris.

Hwang Hee Chan (Wolverhampton)

Dibanding koleganya sesama pemain Asia, Chan mungkin termasuk yang kurang beruntung bermain di klub yang dibilang B aja kalau ga mau disebut gurem.

Tapi jangan alah, Guardiola dibuat terkesan sama dia lho. Pep mungkin lupa namanya, tapi waktu timnya dikalahkan sama Wolves, Pep langsung nyebut dia "The Korean Guy!"

Sebuah prestasi membanggakan buat Chan dan teman-temannya sebagai menjadi klub pertama yang menumbangkan favorit juara. Apalagi Chan menjadi pencetak gol dalam drama yang berakhir 2-0 untuk klub yang logonya ngingetin saya sama brand lem aibon itu.

Entah emang lupa atau agak ribet nyebut namanya. Saya sempat ngira Chan ini adalah cowok yang lahir dan bermain untuk timnas China. In fact dia adalah team-matenya Son di timnas Korea, lho.

Perjalanan Chan untuk merumput di liga Primer agak panjang dibanding yang lainnya. Ia memulai akrirnya di FC Liefering (liga Perancis) pada musim 2014-2015. Nama yang  ga famliar ya? Lalu ia bergabung dengan Salzburg pada musim berikutnya lalu direkrut oleh Hamburg SV pada musim 2018-2019. Sebelum berseragam Wolverhampton mulai musim 2021-2022, Chan sempat balik ke klub Salzburg (2019-2020) dan mampir ke Leipzig di musim 2020-2021.

Perjalanan yang panjang, tapi usaha ga mengkhianati hasil.  Bukan ga mungkin di musim yang akan datang, The Korean Guy akan dilirik klub-klub besar. Please jangan reunian sama Son dan Mitoma, ya. Ngeri hahaha





Share:

Friday 13 October 2023

Uji Strategi dan Kejelian Lewat Permainan Mortgagecalculator

Saat serba digital lagi rame-ramenya dan membuat kita memilih online shop, saya termasuk yang menikmati belanja secara offline untuk kebutuhan bulanan. Semisal pasta gigi, sabun mandi, tissue dan printilan lainnya, termasuk jajan cemilan hehehe. Seneng aja menikmati prosesnya. Mulai dari milih barang sampai nunggu giliran bayar di kasir. 

Bagian bayar di kasir ini biasanya di tanggal muda atau seasonnya gajian atau  weekend ga jarang saya menjumpai antrian yang mengular. 
Jangan salah fokus sama senyum kasirnya ya :)

Kalau udah aware ya enjoy aja. Tapi kadang suka lupa saat kita belanja itu ternyata emang masanya lagi banyak yang dateng ke supermarket. Biasanya mainin hp adalah cara untuk membunuh kebosanan itu. Ya, kan? Apalagi kalau lihat di depan kita ternyata trolinya pada numpuk dan kaya mau tumpah. Rasanya kayak lagi duji kesabaran. 

Kalau pembeli bisa resah gelisah karena nunggu giliran bayar, bisa dibayangin ga, gimana caranya kasir biar tetap tenang? Dah pasti ini jadi pressure tersendiri buat mereka saat  trafik toko lagi rame. Jangan sampai salah itung atau salah membayar kembalian. Oh no, jangan sampai kena sanksi untu nombokin.

Kepikiran buat trial nyobain buat main simulasi ini? Saya punya rekomendasi play role ini secara virtual. Gratis dan ga kena sanksi kalau salah wkwkwk. Ternyata seru lho.

Saya nemu permainan ini di mortgagecalculator.org/money-games. Berikut ini adalah contoh pengalaman saya.

Cashier Simulator

Pembeli pertama datang menunjukkan belanjaannya. Kebetulan untuk proses input harus menggunakan scanner barcode. Jadi kita harus menarik pemindainya untuk menginput harga ke mesin kasir. 

Sementara untuk item lainnya, saat input harga yang harus kita lakukan adalah mengisinya secara manual. 

Eits, jangan salah menghitung jumlah atau memasukan nominal harga. Salah dikit aja bakal muncul notifikasi tetooot yang nyuruh kita buat memperbaikinya. 

Temen-temen mungkin pernah lihat kejadian kayak gini dan kasirnya manggil supervisor untuk melakukan koreksi dengan memasukan kode tertentu. Sesekali salah ya wajar. Tapi kalau keseringan bisa jadi perhatian untuk performa kasir. 

Jika sudah selesai, nanti kita diharuskan memilih metode bayar. Klik pay jika tunai atau card jika bayar dengan kartu debit atau kartu kredit.

Selain cara input atau metode membayar, challenge di sini yang ga kalah seru adalah bagaimana memberikan kembalian. Jangan sampai siwer dengan satuan angka. Kalau bener ngasih kembalian, pelanggan bakal seyum senang. Kalau salah ya bakal cemberut.  Hayo lho, paling malesin kalau dicemberutin, kan?


Semakin tinggi levelnya semakin rumit tantangannya. Misal dalam satu kali transaksi item pertama diinput dengan cara memindai barcode, item kedua diinput manual dengan mengalikan jumlahnya. Paling seneng kalau kita udah dapat notif seperti ini. Yeay! 

Tertarik buat menjajal? Klik aja ke simulasi kasir ini ya


Game Literasi Keuangan Lainnya
Selain game simulasi kasir ini masih ada game yang menantang kecerdasan kita dalam mengelola keuangan seperti Idle Pet, Cash Back, Treze Coins atau Idle Farming Bussiness


Untuk permainan ini kita harus mengumpulkan sejumlah cash agar bisa menambah koleksi hewan peliharaan lainnya. Sebenernya tantangannya  ga berat. Hanya membutuhan kesabaran kita mengklik spot hewan yang di-highlight sampai terkumpul sejumlah cash untuk membuka kunci di kotak selanjutnya.


Simulasi Perencanaan Kota Pakai Lego

Selain permainan yang berkaitan dengan literasi keuangan ada juga permainan yang menguji taktik dan strategi kita misalnya aja membuat perencanaan kota dengan ilustrasi lego. Ini asik dan menantang kita saat mengumpulkan item tertentu sesuai stagenya juga membuat pengelompokan seperti darerah pusat kota mabu dibuat seperti apa, pinggiran kota mau bagaimana atau misal posisi supermarket mau disimpan berdekatan dengan gedung apa yang sekiranya pas dan strategis. 



Agak sebel pas lagi ngumpulin item tiba-tiba muncul masalah semisal ada kebakaran di bangunan tertentu yang harus  ditangani kayak gini. 

Selain permainan simulasi kasir tadi, permainan Lego City  Adventures Build and Protect adalah permainan dengan challenging lainnya yang saya suka. Bisa lupa waktu nih hehehe

Teman-teman juga bisa menjajal tantangan petualangan lego ini  secara gratis dengan mengakses situsnya baik via pc/laptop atau dari hp.  

Berbayar? Nggak dong. Gratis selama ada akses internet di gawai kita. Saya udah nyobain nih. Giliran teman-teman buat mencobanya juga. Jangan lupa, masih ada games-games lainnya yang akan ditambahkan di sini secara berkala juga, lho.  Kalian bisa mainkan yang sudah jadi favorit kalian atau menjajal games lainnya. It's gonna be much fun. 

Yuk,mainkan!
 


Share:

Monday 2 October 2023

Patah Hati Sekaligus Bangga Sama Liverpool

 Apa itu artinya patah hati? 

Kalau googling bakal nemu banyak penjelasannya. Bahkan ada penjelasannya secara medis yang bikin ngeri. 

Tapi saya bukan mau bahas soal patah hati karena cowok. Tapi karena kekalahan tim kesayangan saya, Liverpool, muehehehe. Well, kalah dalam pertandingan adalah hal yang wajar. Sangat wajar bahkan kalau itu bikin  sedih dan kecewa. Dan sepertinya akhir pekan kemarin, The Kop sedunia kompakan untuk merasakan patah hati.

Biasanya kalau tim kalah, para fans akan menumpahkan kekesalan pada pemainnya yang bermain under form. Tidak sesuai ekspektasi. Beberapa nama yang sering jadi bulan-bulanan kekesalan sudah hengkang atau yang masih stay, pada pekan kemarin lagi ga main.

Pas aya lihat starting XI lawan Tottenham Hotspurs kemarin saya sebelnya bukan main lihat Curtis Jones. Meski di beberapa pertandingan dia ga jelek amat mainnya kok. Cuma seringnya dia ini menjelma jadi invisible man, ga kelihatan perannya. Ya mending ganti sama pemain lain, kan? 

Dengan skema 4-3-3 yang diadopsi Liverpool, saya lebih suka di tengah itu diisi Szoboszlai dan Alexixs Mac Allister sebaga gelandang sayap. Tengahnya Endo Wataru atau Ryan. Kalau mau pasang anak akademi ya Bajcetic boleh lah. Yang terjadi kemudian adalah Macca Digeser ke tengah berperan sebagai Defensive Mid Fieldet alias gelandang bertahan dan Curtis Jones di sayap kiri yang membantu serangan.

Untuk posisi lain saya ga ada masalah. Gomez dan Matip yang kerap diprotes atau dibully fans dalam beberapa pertandingan terakhir bermain baik, persaingan di lini belakang emang lagi bagus-bagusnya.

Lalu terjadilah sebuah insiden di mana Curtis Jones kena espuso alias kartu merah. Jujur saya pengen ngomelin dia. Tapi mengingat beberapa pertandingan lainnya saat down to ten men alias cuma bermain dengan sepuluh orang Liverpool malah bisa comeback, ya udahlah. Meskipun Son Heung Min lagi on fire, secara teknis permainan Tottenham masih bisa diimbangi. Paling saya sebel saja sama Udogie dan  yang doyan jatuh tanpa alasan yang jelas. Selain itu yang saya kasih high light bermain bagus dari Tottenham adalah James Maddison dan kipernya, Vicario.

Pas Liverpool ketinggalan dan bisa mengejar kedudukan jadi 1-1 harapan untuk comeback seperti match lainnya masih ada. Bisa sih harusnya kalau lihat pertandingan kemarin.  Tapi kemudian pola come backnya Liverpool harus berakhir pas Diogo Jota kena akumulasi kartu kuning kedua yang membuatnya harus keluar pertandingan di menit 69.

Yang luar biasa dan bikin bangga fans adalah meskipun turun jadi main dengan 9 orang pemain, Tottenham masih kepayahan untuk menggedor pertahanan Liverpool. Skor masih 1-1 setelah sebelumnya Claudio Gakpo berhasil menyamakan skor di menit 45+4 (additional time babak kesatu).

Soal pemain-pemain Tottenham yang doyan jatuh bisa saya abaikan andai saja Simon Hooper wasit yang memimpin pertandingan hari itu bisa ebrtindak tegas. Keputusannya banyak yang bikin kesel apalagi belakangan dari PGMOL (professional game match official limited) atau badan yang bertanggungjawab dengan perwasitan di liga profesional Inggris mengakui kalau gol Luis Diaz yang dianulir ternyata sah.

Rasanya pengen hih...!

Ya tapi gimana, dong? Ga mungkin pertandingan diulang atau misalnya skor berubah jadi 1-1.  Liverpool harus mengakui kekalahannya setelah Joel Matip membuat own goal di menit 90+6. Hiks nyesek. saya bisa merasakan sedih dan patah hatinya Joel Matip waktu tau bola yang akan dihalaunya malah masuk ke gawang sendiri.

Biasanya Alisson bakal ngomel-ngomelin temen-temennya kalau sudah terjadi kemelut di depan gawang yang membahayakan. Tapi yang terjadi malam itu, Ali membantu Matip untuk bangkit dan menghiburnya. So heart warming. Mungkin yang ga melihat pertandingan malam itu bakal kesel dan ngomelin Matip kenapa bisa seceroboh itu? 

FYI, di match ketujuh kemarin yang dimainkan di kandangnya Tottenham, Matip bermain sangat cemerlang. Mungkin kalau dia tidak bermain sangat bagus, Liverpool bisa kemasukan lebih banyak gol dan menelan kekalahan dengan skor yang lebih telak.

Kalau bisanya kita mengenal seri rasa kalah, malam kemarin saya merasa kalah rasa menang. Bayangin aja, ketika harus turun dengan 9 pemain. Jurgen Klopp memutuskan untuk menarik semua penyerangnya. Minus Gakpo yang cedera dan Jota yang kena kartu merah, Klopp juga menarik Salah serta Luis Diaz. Ibou, Endo Ryan dan Alexandor Arnold masuk untuk menjaga pertahanan. Jadi parkir bus emang hahahaha. 

Saya sempat berharap di antara mereka yang baru masuk ada Nunez yang dijadikan target man buat menambah gol. Praktis dengan memasang 5 bek dan 3 gelandang, Liverpool sepertinya mencoba realistis untuk mempertahankan kedudukan seri, sebelum terjadinya tragedi own goal itu tadi.

Sementara ini posisi Liverpool di klasemen turun ke peringkat 4 jadi di bawah Arsenal dengan selisih 1 poin saja. Kabar baiknya, masih tertinggal 2 poin dengan pemuncak klasemen, Manchester City yang kebetulan juga kalah di pekan ketujuh kemarin.

Meski kalah, saya ga ragu untuk menyebutkan pertandingan kemarin bikin saya bangga sama pasukan Si Merah ini. Mereka sangat heroik dan yang bikin makin meleleh adalah kekompakan mereka untuk saling menguatkan, ga ada yang dijadikan scape goat alias kambing hitam.





Share:

Monday 25 September 2023

It's Not Over Till It's Over

 Buat fans Liverpool momen come back di final piala Champions 2005 itu adalah salah satu momen yang memorable. Buat saya malah aksi come back terbaik.  Salah satu teman saya pernah bercanda. Mungkin waktu turun minum sebelum Rafa Benitez ngasih arahan ke pemain, tiba-tiba aja ada Lenny Kravitz masuk. Doi konser sebentar nyanyi lagu It's not over till it's over. Liriknya juga pas banget nih. Coba deh simak

So much time wasted
Playing games with love
… So many tears I've cried
So much pain inside
But baby, it ain't over 'til it's over

Ya, ga? Kalau ga tau, cari aja di Youtube ya hahahha

Mari kita kilas balik lagi dulu momen ini.

Pada partai final di Istanbul itu, setengah jalan pertandingan alias selesai babak pertama, AC Milan udah leading 3-0.

Tampaknya di sini Milan tinggal main santai aja. Kayaknya sih Liverpool bakal kesulitan mengejar ketinggalan. Sangat mungkin mentalnya udah drop dan setengah hati menjalani sisa 45 menit berikutnya. Belike, ya udahlah. Suka ga suka harus dijalani. Mari kita selesaikan. Begitu.

Nyatanya harapan itu mulai tumbuh. Dalam rentang waktu 6 menit saja Liverpool berhasi mengejar ketinggalan. Dimulai dari menit 54, 56 dan 60. Gerrard, Vladimir Smicer dan Xabi Alonso adalah 3 nama yang berhasil menjebol gawangnya Dida malam itu. By the way waktu final berlangsung waktu di Indonesia udah dini hari. Saya bela-belain begadang buat nonton ini lho. Di tahun itu sosmed belum rame walau udaha da FB. Media komunikasi yang ada baru SMS. Trus waktu itu kan ratenya masih mahal ya. 350/sms dengan jumlah karakter terbatas. Ledek-ledekan sama temennya ditahan dulu. Sayang pulsa soalnya hahaha

Pas turun minum rasanya lemes banget. Tapi kemudian berharap di babak kedua bakal ada keajaiban. And miracle do happen.  Setelah kedudukan sama-sama 3-3 ga ada lagi yang namamnya gol tambahan. Tapi bukannya pertandingan jadi monoton. Intensitas makin tinggi dan harus diakhiri dengan tos-tosan.  Aksi heroik Jerzy Dudek yang  juga jadi bahasan karena posenya yang lucu dan ga  biasa. Kayak mau senam SKJ ala-ala Indonesia di sini hahaha.

 Sisanya adalah sejarah yang terus dikenang fans Liverpool sampai saat ini. Momen yang bikin merinding.

Bertahun-tahun kemudian, Liverpool kembali ke setelan pabrik. Jadi tim penghangat kompetisi bahkan apesnya susah banget mau juara. Giliran pas juara bareng asuhan Jurgen Klopp pun masih aja ada yang bilang kalau ini adalah trofi giveaway gara-gara pandemi kemarin. Menyebalkan. Tapi biarin aja.Yang penting juara, kan?

Amunisi Baru di Tim

Musim 2023-2024 ini Liverpool kembali berbenah dan membuat banyak perubahan di formasi timnya. Ga banyak amat sih. Memang yang keluar itu banyak. Seperti Bobby Firmino, Sadio Mane, Origi, james Milner sampai sang kapten, Jordan Henderson  yang ikutan capcus.

Perubahan di lini tengah ga terlalu banyak kalau saya bilang. Kehadiran Dominik Szoboszlai, Alex Mac Allister adalah kunci kebangkitan Liverpool. kedua gelandang baru ini langganan starter sejak peluit musim 2023-2024 resmi ditiup.

 Meskipun ada Wataru Endo dan Ryan Gravenberch, tapi kontribusi yang menonjol  datang dari Macca dan Szoboszlai. Sisanya datang dari kontribusi ditambah dengan anak-anak akademi seperti Jarell Quansah atau Harvey Elliot yang makin moncer bermain. Cuma seri satu lai dan berlanjut lima kali menang beruntun sampai pekan keenam  sudah lumayan membuat fans berbangga dan berharap Liverpool kembali dalam perebutan juara,

Waktu saya nulis ini, liga Inggris memang baru masuk pekan ke-6. Masih ada 32 pekan yang akan dilalui dan masih banyak yang akan terjadi.

Doyan Banget Sama Skor 3-1

Sebelum pertandingan melawan Westham United, Liverpool juga meraih skor 3-1 ketika  melawat ke kandangnya Wolverhampton dan menjamu Bournemouth. Skor yang sama juga didapatkan ketika melakukan come back di UEL saat dijamu LASK pertengahan pekan lalu.

Sejujurnya saya ga puas karena Liverpool baru sekali melakukan cleansheet saat menghadapi Aston Villa dengan skor 3-0. Padahal kalau melihat perburuan gelar EPL, produktivitas gol penting banget dengan trengginasnya Manchester City. Selain harus mengantongi sebanyak-banyaknya poin penuh, selisih gol juga ga boleh dilewatin. 

Mudah-mudahan Jarell Quansah segera berkembang buat menutupi bolongnya pertahanan Liverpool yang mana bek-beknya suka latah ikutan nyerang dan keteteran pas lawan melakukan serangan balik. Memang Liverpool ini tim maju tak gentar majunya entar-entar hahaha

Jarell Quansah Bek harapan masa depannya Liverpool

Terlanjur Sayang

Buat para fans udah biasa memang menunggu keajaiban terjadi sampai menit-menit akhir. Tapi ga jarang juga kami di-php-in. Satu waktu saya pernah bela-belain nonton pertandingan Liverpool yang kebagian maen dini hari waktu di sini , udah pasrah aja bakal  kalah. Saya menumpahkan kegemesan di twitter. Kesel tapi gimana dong. Terlanjur sayang. Saya udah jadi suporter dari tahun 2002. bayangin, 21 tahun.

Nah di pertandingan itu tiba-tiba saja Liverpool melakukan comeback (saya lupa pertandingan lawan klub apa itu). Saya menumpahkan histeria lewat cuitan. Seorang temen yang udah nyerah duluan trus ngereply. ""Serius itu, teh?'

Serius dong saya bilang.  Dan dia nyesel ga nonton sampai akhir.

Moral story yang dipegang teguh oleh para fans adalah sekesel-keselnya sama Klopp atau pemain yang keras kepala, biasakan untuk nonton pertandingan sampai selesai.  Dan prinsip itu terbukti di beberapa pertandingan awal musim ini. Bukan cuma sekali.

Semoga next lebih tancap gas dan meminimalisir kesalahan ga penting. Masih ada partai lawan MU yang walaupun lagi lucu-lucunya ga bisa diremehin. Lalu ada Arsenal, Brighton, Tottenham Spurs dan Mpok Siti eh maksudnya Manchester Biru alias Manchester City. Pokoknya baik-baik ya, Pul.

Moral Story Buat Kita

Dari dulu saya adala penganut nonton sepakbola bukan cuam perkara 22 orang rebutan bola. Ada skill dibaliknya, ada strategi bisnis, ada pergulatan batin dan konflik-konflik lainnya yang menjadi pelengkap cerita setiap pemain atau klubnya. Masih inget kan dengan cerita berpindah tangannya Chelsea setelah pecahnya perang Rusia dan Ukraina? 

Saya termasuk yang menyayangkan Bos Abramovich yang harus melepas kepemilikannya walau Chelsea sebagai kompetitor ngeselinnya bukan main (terutama zamannya Mourinho jadi pelatih). 

Atau gimana sih rasanya Van Dijk, Gakpo atau Ryan satu klub sama Mac Alister yang nota bene pemain Argentina yang timnya mengalahkan negaranya di Piala Dunia kemarin? Nasonalisme dan profesionalisme klub jadi hal yang menarik baut dibahas.  Dari momentum balik alias come back seperti Argentina yang ga diunggulkan di Piala Dunia kemarin dan tiba-tiba jadi juara adalah salah satu contoh di mana kejaiban akan menyerah saat kita memutuskan untuk menyerah. 

Perjalanan masih panjang. Masih banyak kejutan yang akan terjadi. Sedap-sedap ngeri kalau membayangkan. Tapi ya udah lah, Sebagai fans jalanin aja dengan happy. Menang kita rayakan, Kalah jangan bikin mood kita berantakan. Ya, ga? 




Share:

Friday 22 September 2023

Rekomendasi Beli Laptop Bekas Murah Berkualitas di Bandung

Pernah ga, mengalamin lagi butuh banget laptop untuk mendukung pekerjaan tapi ternyata  laptop kesayangannya rusak? 

Sebel, sedih, gemes pasti campur aduk, ya.  Perasaan kita makin ga karuan ketika laptopnya mati, ga bisa diservis lagi. Ya kalaupun dibenerin biayanya kok hampir sama kayak beli baru?

Ok,  data-data bisa diselamatkan tapi selanjutnya yang harus dipikirkan adalah gimana nyari laptop baru segera dengan budget yang sekarang dipunyai.

Pake paylater dan sebagainya mungkin cara cepat. Tapi ga semua orang mau atau suka berutang. Lebih enak beli cash. Ga ada beban. Barang yang dimiliki beneran udah hak kita sepenuhnya. Betul?

Terus ada yang nanya gini:
Tapi.... kalau butuh spek tinggi dengan dana pas-pasan, gimana coba?

Inhale exhale
Jangan panik dan buru-buru ngutang. Bisa lho kita dapatkan laptop bagus dengan harga miring.

Serius?
Kalau bisa duarius atau tigarius sampai sagitarius muter-muter luar angkasa  dan seterusnya kenapa enggak? Hihihi bercanda. Tapi saya beneran ga main-lain kok.  Jawabannya adalah beli laptop second.

Kalau teman-teman masih sangsi dengan kualitas laptop second, sini deh. Saya kasih tau tipsnya.

Cari yang Trusted

Misalnya saja laptop bekas teman yang kita kenal banget track recordnya. Bukan saja kita tau orangnya ini apik tapi juga jujur dan dengan minus-minus laptop lungsurannya atau kalau beli ke toko yang emang sudah punya reputasi. . 

Bergaransi
Ga nemu temen yang mau jual laptop bekasnya (sebenernya ini jarang sih. Karena kebanyakan dari kita bakal geberin laptopnya sampai rusak, sampai layarnya ngeblank, tuts-tuts keyboardnya udah ga enakekun dipake, pokoknya diforsir sampai titik pemakaian terakhir) hahahaha. Ya terus mau dijual lagi juga kok ga enak atau ga tega? Paling dikanibalin atau diloakin aja. Makanya kita perlu banget tau dan ngecek (kalaupun kita awam bisa minta tolong temen yang lebih paham buat bantu ngecekin). Beberapa hal yang perlu dicek antara lain adalah


* Body Laptop

Kalau tampak mulus, ini adalah salah satu indikasi awal kalau pemilik sebelumnya sangat apik merawat laptopnya. Sangat kecil kemungkinan pernah jatuh yang biasanya meninggalkan jejak codet atau goresan.


* Layar Laptop

Pastikan pada layar laptop tidak ada bekas retakan atau bintik-bintik yang muncul saat dinyalakan. Cobalah buat mengeceknya dengan mengubah setingan layar dengan intensitas yang berbeda.

* Batre Laptop

Paling sebel kalau laptop baru dinyalain level batrenya cepet turun.  Apalagi saat ini hampir semua laptop yang beredar menggunakan batre yang sudah ditanam alias ga bisa dilepas pasang. Ganti batre baru? Hmmm.... lumayan banget harganya dan kalau saya udah ngalamin kayak gini mending mikir ulang buat beli batrenya. Akhirnya beli laptop pengganti adalah keputusan yang jadi opsi paling awal diambil.
Kamu bisa cek kondisi batre tanpa harus membongkarnya dengan cara berikut:


* Keyboard dan Touchpad

Siapa yang pernah ngalamin harus pake keyboard tambahan karena keyboard utamanya ga bisa berfungsi? Atau mungkin kita menggunakan keyboard virtual yang harus digunakan dengan bantuan mouse. Ya Tuhan, ini bener-bener menguras kesabaran. Mau dibanting sayang, mana dead line maki mepet. Dah lah, dilemanya makin nambah berlipat-lipat hahaha. Hal yang sama juga berlaku dengan touchpad. Meski masih bisa menggunakan mouse  tambahan, tapi tetep aja pake touchpad jauh lebih enakeun karena jari kita sudah reflek menggunakannya. Setuju, kan?

* ROM dan Prosesor

Layar oke, keyboard, touchpad dan batre  ga masalah. Tapi gimana kalau responnya lamban da dia ga bisa digunakan untuk multitasking atau membuka aplikasi yang ukurannya besar? Sebelum ini terjadi, pastikan kalau ram atau prosesor laptop yang akan dibeli masih prima. By the way udah tau kan apa bedanya RAM dan ROM?

Sederhananya RAM adalah komponen pada gawai (dalam hal ini laptop) yang berpengaruh pada kecepatannya saat  digunakan. Semakin besar kapasitasnya akan membuat performa laptop jadi  lebih cepat. Atau sebaliknya, jika kapasitasnya kecil, performa laptop bakalan jadi melambat alias lelet. Jangan sampai kesabaran kita habis karena gemes banget sama kerjanya RAM yang ga bisa diajak tancap gas.

Nah kalau ROM adalah komponen pada gawai yang berfungsi untuk menyimpan berbagai file kita. Baik file seperti dokumen, gambar atau video. 


* Komponen-komponen Lainnya

Selain fitur visual dan komponen utama lainnya pastikan juga audio dari laptop yang akan dibeli tetap bekerja dengan bak. Tidak saja untuk kepentingan hiburan semisal nonton/streaming tapi juga tidak bermasalah pas digunakan saat video confrerence/zoom dan semacamnya. Ga lucu kan pas bahas kerjaan ternyata suaranya ga muncul. Begitu juga dengan koneksitas lainnya seperti akses USB, HDMI dan yang tidak kalah penting port untuk nge-charge laptop.

Ke Mana Cari Laptop Second Murah dan Berkualitas? 

Keterbatasan budget membuat kita jadi menurunkan  spek laptop baru yang akan dicari. Tapi beda ceritanya kalau kita cuek mau pakai laptop murah meski pun kondisinya second atau pernah dipakai. Gimana kalau saya bilang kamu bisa beli laptop Lenovo Thinkpad X1 seharga 4 jutaan aja? Padahal harga asinya di kisaran 29 jutaan, lho. Bayangin, bisa hemat berapa persen tuh?

Kita bisa dapatkan ini di  Republic Laptop  yang beralamat di Jalan Perintis No1 Sarijadi Bandung. 

Selain datang langsung ke storenya bisa banget tuh cekin di ignya republiclaptop.id. Jangan sampai salah, pastikan  yang ada badaknya eh centang birunya, ya. 

Wait, wait. Ini no tipu-tipu, kan?
Tentu saja tidak. Karena di sini laptop yang dijual sudah melewati proses QC  sampai 3 kali oleh teknisi profesional. Pengecekan yang dikakukan meliputi cek fisik body, kamera, layar, port-port laptop juga baterai, keyboard dan speaker. Selain itu laptop yang dijual juga bukan laptop service-an atau refurbish. Selain harganya yang terjangkau, republiclaptop juga punya koleksi laptop berbagai merk seperti Asus, HP, Dell, Lenovo sampai Apple/Mac.


Mau cek ulang pas belanja? Bisa banget, kita bisa melakukan pengecekan bareng teknisinya biar lebih yakin. Kalau posisi kita di luar kota, pengecekan bareng bisa dilakukan via video call. bareng customer servicenya. Kita juga akan dikirimi video review sebelum barang dipack dan dikirim. 

Layanan Lainnya

Selain menjual laptop second, republic laptop juga menjual laptop baru, menyediakan sewa laptop, jasa service laptop serta melayani tukar tambah   jual beli laptop bekas milik teman-teman. Ini sih udah paket all in one. Komplit pake banget, ya?

Pokoknya kalau butuh laptpop mulai dari yang basic, keperluan office, desain sampai yang butuh spek  tinggi buat gaming,kita bisa dapatkan di sini dengan harga murah.

Jangan lupa kalau mau beli dengan harga lebih murah, kalian bisa gunakan kode referal berikut ini. 

KUPONBYEFI

Dengan memasukkan kode referal ini pas check out di webnya repuliclaptop.id teman-teman akan medapatkan diskon langsung Rp.100.000. Wih asik. Makin hemat aja

Teman-teman juga bisa ngobrol dulu sama cs/adminnya  di WA 0877-7770-8083 atau dm ke ignya yang udah saya sebutkan di atas tadi atau belanja di toko oren dengan alamat https://shopee.co.id/republiclaptop.id dan toko ijo https://www.tokopedia.com/republiclaptop01 

So. kuy. borong laptop kesayangannya.


 
Share: