Friday 13 October 2023

Uji Strategi dan Kejelian Lewat Permainan Mortgagecalculator

Saat serba digital lagi rame-ramenya dan membuat kita memilih online shop, saya termasuk yang menikmati belanja secara offline untuk kebutuhan bulanan. Semisal pasta gigi, sabun mandi, tissue dan printilan lainnya, termasuk jajan cemilan hehehe. Seneng aja menikmati prosesnya. Mulai dari milih barang sampai nunggu giliran bayar di kasir. 

Bagian bayar di kasir ini biasanya di tanggal muda atau seasonnya gajian atau  weekend ga jarang saya menjumpai antrian yang mengular. 
Jangan salah fokus sama senyum kasirnya ya :)

Kalau udah aware ya enjoy aja. Tapi kadang suka lupa saat kita belanja itu ternyata emang masanya lagi banyak yang dateng ke supermarket. Biasanya mainin hp adalah cara untuk membunuh kebosanan itu. Ya, kan? Apalagi kalau lihat di depan kita ternyata trolinya pada numpuk dan kaya mau tumpah. Rasanya kayak lagi duji kesabaran. 

Kalau pembeli bisa resah gelisah karena nunggu giliran bayar, bisa dibayangin ga, gimana caranya kasir biar tetap tenang? Dah pasti ini jadi pressure tersendiri buat mereka saat  trafik toko lagi rame. Jangan sampai salah itung atau salah membayar kembalian. Oh no, jangan sampai kena sanksi untu nombokin.

Kepikiran buat trial nyobain buat main simulasi ini? Saya punya rekomendasi play role ini secara virtual. Gratis dan ga kena sanksi kalau salah wkwkwk. Ternyata seru lho.

Saya nemu permainan ini di mortgagecalculator.org/money-games. Berikut ini adalah contoh pengalaman saya.

Cashier Simulator

Pembeli pertama datang menunjukkan belanjaannya. Kebetulan untuk proses input harus menggunakan scanner barcode. Jadi kita harus menarik pemindainya untuk menginput harga ke mesin kasir. 

Sementara untuk item lainnya, saat input harga yang harus kita lakukan adalah mengisinya secara manual. 

Eits, jangan salah menghitung jumlah atau memasukan nominal harga. Salah dikit aja bakal muncul notifikasi tetooot yang nyuruh kita buat memperbaikinya. 

Temen-temen mungkin pernah lihat kejadian kayak gini dan kasirnya manggil supervisor untuk melakukan koreksi dengan memasukan kode tertentu. Sesekali salah ya wajar. Tapi kalau keseringan bisa jadi perhatian untuk performa kasir. 

Jika sudah selesai, nanti kita diharuskan memilih metode bayar. Klik pay jika tunai atau card jika bayar dengan kartu debit atau kartu kredit.

Selain cara input atau metode membayar, challenge di sini yang ga kalah seru adalah bagaimana memberikan kembalian. Jangan sampai siwer dengan satuan angka. Kalau bener ngasih kembalian, pelanggan bakal seyum senang. Kalau salah ya bakal cemberut.  Hayo lho, paling malesin kalau dicemberutin, kan?


Semakin tinggi levelnya semakin rumit tantangannya. Misal dalam satu kali transaksi item pertama diinput dengan cara memindai barcode, item kedua diinput manual dengan mengalikan jumlahnya. Paling seneng kalau kita udah dapat notif seperti ini. Yeay! 

Tertarik buat menjajal? Klik aja ke simulasi kasir ini ya


Game Literasi Keuangan Lainnya
Selain game simulasi kasir ini masih ada game yang menantang kecerdasan kita dalam mengelola keuangan seperti Idle Pet, Cash Back, Treze Coins atau Idle Farming Bussiness


Untuk permainan ini kita harus mengumpulkan sejumlah cash agar bisa menambah koleksi hewan peliharaan lainnya. Sebenernya tantangannya  ga berat. Hanya membutuhan kesabaran kita mengklik spot hewan yang di-highlight sampai terkumpul sejumlah cash untuk membuka kunci di kotak selanjutnya.


Simulasi Perencanaan Kota Pakai Lego

Selain permainan yang berkaitan dengan literasi keuangan ada juga permainan yang menguji taktik dan strategi kita misalnya aja membuat perencanaan kota dengan ilustrasi lego. Ini asik dan menantang kita saat mengumpulkan item tertentu sesuai stagenya juga membuat pengelompokan seperti darerah pusat kota mabu dibuat seperti apa, pinggiran kota mau bagaimana atau misal posisi supermarket mau disimpan berdekatan dengan gedung apa yang sekiranya pas dan strategis. 



Agak sebel pas lagi ngumpulin item tiba-tiba muncul masalah semisal ada kebakaran di bangunan tertentu yang harus  ditangani kayak gini. 

Selain permainan simulasi kasir tadi, permainan Lego City  Adventures Build and Protect adalah permainan dengan challenging lainnya yang saya suka. Bisa lupa waktu nih hehehe

Teman-teman juga bisa menjajal tantangan petualangan lego ini  secara gratis dengan mengakses situsnya baik via pc/laptop atau dari hp.  

Berbayar? Nggak dong. Gratis selama ada akses internet di gawai kita. Saya udah nyobain nih. Giliran teman-teman buat mencobanya juga. Jangan lupa, masih ada games-games lainnya yang akan ditambahkan di sini secara berkala juga, lho.  Kalian bisa mainkan yang sudah jadi favorit kalian atau menjajal games lainnya. It's gonna be much fun. 

Yuk,mainkan!
 


Share:

16 comments:

  1. Suka deh gim ringan tapi lumayan melatih fokus begini. Bisa bikin kita putar otak tapi tetap relaks

    ReplyDelete
  2. game bukan sembarang game ya ini, bermain sambil berpikir, mengasah konsentrasi dan uji strategi

    ReplyDelete
  3. Main simulasi kasir harus jeli ya ... kalau saya kayaknya gak bisa tahan main lama2 hihi padahal semakin banyak umur harus semakin mengasah otak juga, bagusnya dengan game seperti ini.

    ReplyDelete
  4. Wah, ada tempat main game gratis untuk uji strategi dan konsentrasi di Mortgagecalculator juga.
    Penasaran ingin memainkan salah satu game simulatornya.

    ReplyDelete
  5. Nge-game tu salah satu me time andalan selain makan mie instan pedes cabe 10. Hahay
    Jadi aku mau coba game ini ah, seru deh ni kayaknya, disamping itu juga aku suka sama game yg ada unsur nyusun strategi gitu. Makasih infonya teh Efi

    ReplyDelete
  6. Seru banget yang permainan kasir2an itu mbak, Melatih keteltian juga ya. Simulasinya bener2 mirip aslinya ya. Bahkan untuk input harga dan alat pembayarannya pun bisa macem2. Udeh kek beneran punya toko aja :D

    ReplyDelete
  7. eh kok stimulasi, maksudku simulasiiiiii hahaha ya ampun

    ReplyDelete
  8. Asik banget nih bisa main game minimarket dan kasir. Keponakanku seneng banget nih kalau main game tentang minimarket dan kasir. Game ini bisa membantu mengasah kemampuan kita menjadi seorang kasir ya, Mbak.

    ReplyDelete
  9. Asik banget nih ada game kasir jadi bisa belajar jadi kasir kan ya siapa tahu suatu saat nanti punya toko sendiri ya, Mbak.

    ReplyDelete
  10. Bagus ya game simulasi tentang literasi keuangan semacam Cashier simulator di Mortgage Calculator ini. Cuma mayan juga mikirnya pas ngitungin kembalian. Masih sering salah aku euy.

    ReplyDelete
  11. mengenal games-games ini buat anak-anak jadinya bisa sekalian punya gambaran minat dan bakat mereka bakalan ke mana ya. Kayak watu daku kecil demen main kasir2an eh udah gede pernah kerja jadi Teller, wkwkwk

    ReplyDelete
  12. belum ppernah main game ini, tapi klo aplikasi mortgage saya tau nih. Wah kok aku blm dpt ya dari intel. Keren mba

    ReplyDelete
  13. Gamesnya seru-seru yaaa... aku suka loh yang main kasir-kasiran gitu. Tantangan kalau pas ngasih kembalian hehehe.. apalagi klo pake mata uang asing, mikir banget untuk kembaliannya pake dollar dan sen.

    ReplyDelete
  14. wah asik ini.. anakku juga bisa main nih game nya.. tapi tetep harus didampingi aku sih, takut ketagihan main malah berabe aku :)) makasih infonya ya

    ReplyDelete
  15. Suka juga nih me time dengan memainkan game dari mortgage calculator ini. Seru permainannya dan paling suka main game di sini karena gratis ya, bisa langsung main tanpa perlu log ini dan bebas iklan juga

    ReplyDelete
  16. Emang bener sih, main game bisa menghilangkan kegabutan dan kejenuhan. Apalagi pas belanja nunggu antrian kasir yang harus bikin sabar double. Alhamdulilah ada Mortage Calculator yang variasi permainannya banyak, bebas milih mau yang mana dong.

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.