Monday 7 March 2022

JNE Kurir Expedisi Andalan

 "Ada free ongkir, ga?"

Pertanyaan seperti itu sudah jadi hal umun tiap ada chat dari pembeli. Entah jualan di statu wa atau instagram.

Sementara belanja di market place bakal lebih mudah kelihatan di profil tokonya.  Bisa dibilang pembeli itu lebih suka belanja ada free ongkirnya (btw sekedar info, ongkir di sini itu maksudnya ingjos kirim) dari pada harga lebih murah tapi harus bayar ongkirnya. Apalagi kalau misalnya jarak tempuh pengiriman barangnya udah lintas pulau. Udah deh, auto belanja. Ya  kan? Hihihi

Tapi paling ngenes itu kalau barang yang kita incar itu cuma adanya di toko itu. Udahlah dilema sekali, ya.

Dulu saya memandang soal fitur free ongkir dari sudut pandang pembeli aja. Ga ambil pusing gimana urusannya sama penjual. Gimana margin yang diambil kalau mau kasih free ongkir atau misal dia naikin harga dulu buat  nutupin biaya ongkirnya itu.

Sampai kemudian saya akhirnya ngalamin juga ada di posisi penjualnya.

Kalau ga ada kebijakan dukungan ongkos kirim dati vendor, saya ga bisa bayangin deh. Walau ga semua temen, sodara atau kenalan yang belanja itu nanyain soal gratis enggaknya ongkos kirim itu.

''Jadi berapa totalnya?" tanya temen saya yang nanya berapa semuanya yang harus saya bayar.

Pas saya bilang seharga barangnya aja ada yang heran juga.

"Ga salah? Ongkirnya gimana?"

"Gratis," saya bilang.

Nah di situ kebahagiaan saya jadi dobel. Ya seneng karena closing ya seneng juga bikin orang lain hepi. Mirip dikit sama nama saya, hefi hihihi bukan, ding. Nama saya sih Efi, ga pake h.

Mudah²an bisa repeat order atau jadi rekomendasi ke temennya yang lain. Aamiin.

Komunikasi saya sama pembeli ga sampai di situ aja sih. Saya suka nanyain gimana kondisi barangnya.  Packingnya aman, ga? Terus kalau yang dibeli rasanyaa suka atau enak? Kalau barang saya juga nanyain cacat ga. Ukurannya pas (kalau baju/sepatu dsb).

Saya suka ngingetin para pembeli buat bikin video unboxing. Untuk vendor tertentu, mereka ngasih jaminan retur dan ganti barang. Tapi syaratnya ada video unboxing dulu biar bisa klaim.

Aman, suka!

Huaaaa love banget. Saya hefi eh happy jadinya. Satu hal yang saya pelajari sejak menekuni bisnis online ibu bukan sekadar urusan jualan saya laku atau enggak. Banyak yang beli atau seberapa besar profit yang didapat. Tapi gimana caranya bisa membantu mereka mendapatkan solusi dari kebutuhannya. Semisal butuh sprei yang pas buat anak yang suka berkeringat kalau tidur. 

Saya saranin tuh pake sprei x yang bisa menyerap keringat tapi ga bikin kainnya jadi basah atau gampang bau. Kebayang kan kalau harus ganti sprei tiap hari? Atau misal temen lainnya beli sweater unisex yang ukurannya pas dengan ukuran badannya.

Ga salah emang kalau JNE sebagai salah satu penyedia jasa expedisi punya tagline gini. Connecting Happiness. Yang jualan sama yang beli sama-sama happy. 

Itu juga yang jadi pertimbangan yang beli sama saya minta kurirnya JNE aja. Sejauh ini packingnya aman dan durasi pengirimn terhitung cepat. Untuk sesama Bandung aja cuma 1-2 hari dengan jenis pengiriman reguler. Seperti ini misalnya status pengiriman yang saya lacak.

Ga heran kalau di usianya yang ke-31 tahun JNE kembali mendapat penghargaan Indonesia Top Digital Public Relation Award 2022 untuk kategori Jasa Pengiriman. 
Penghargan yang didapatkan tahun ini adalah penghargaan yang diperoleh untuk  ke-3 kalinya secara berturut – turut sejak tahun 2020.


Karena situasi masih pandemi, jadinya penghargaan ini disampaikan secara daring dalam acara  Virtual Award Ceremony dilangsungkan pada tanggal 24 Februari 2022.  Penghargaan ini diberikan oleh Susilowati Ningsih, CEO Info Brand Group kepada Head of Media Relations JNE, Kurnia Nugraha. 

Sebagai infomasi, Indonesia Top Digital PR adalah sebuah penghargaan yang didedikasikan khusus untuk perusahaan-perusahaan yang pintar dalam memanfaatkan digital PR mereka dalam berkomunikasi, menjalin engagement dengan konsumennya untuk menciptakan cintra positif  pada produk perusahaan.

Adapun parameter yang dinilai adalah Media aspect, Social Engagemnet  dan digital mention aspect.

Penghargaan ini juga disyukuri oleh Eri Palgunadi selaku VP of Marketingnya JNE:

Mewakili seluruh karyawan dan manajemen JNE, kami mengucapkan terima kasih sebesar – besarnya kepada Tras n Co Indonesia dan Infobrand ID atas penghargaan Indonesia Top Digital PR Award 2022 kategori Jasa Pengiriman”. Sebagai penghargaan bergengsi, Indonesia Top Digital PR Award kepada merek-merek yang mendapatkan predikat "TOP".

Lebih lanjut lagi, Eri nemambahkan kalau penghargaan yang diraih  JNE jadi menjadi motivasi  seluruh manajemen dan karyawan untuk terus menjalankan performa kerja yang prima, dan melanjutkan komitmen untuk terus berinovasi dalam pengembangan bisnis dan memberikan manfaat bagi banyak masyarakat luas.

Sebagai pembeli dan penjual saya merasakan banget manfaat yang sudah diberikan JNE dan beneran menghubungkan kebahagiaan.Setuju?



Share:

0 Comments:

Post a Comment

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.