Kenalan dengan Aplikasi Virtual Meeting #CloudXbyTelkomsel

Lagu lamanya Kris Dayanti mungkin paling ngena untuk suasana yang kita rasakan saat wabah Covid-19 saat ini,

 “Menghitung hari....
detik demi detik...
Masa ku nanti akankah ada…” 

Kapan sih pandemi ini akan selesai? Tak ada yang tahu. Rencana liburan sepertinya harus dijadwal ulang. Kerja kantoran mungkin tidak bisa setiap hari atau rencana sekolah tatap muka yang maunya kita mulai di awal tahun 2021 pun belum tentu terwujud dengan situasi seperti ini. Semua masih harus serba online, apa-apa harus virtual meeting dan video call-an. Dan tagihan kuota internet mau nggak mau meningkat. Pengeluaran pun semakin besar, ya. 

Adaptasi Kebiasaan Baru 

Tapi yang jelas kita harus beradaptasi. Salah satunya dengan memindahkan aktivitas yang biasa kita lakukan di luar jadi pindah ke rumah. Work from home alias bekerja dari rumah atau school from home alias PJJ alias BDR sudah jadi rutinitas baru buat kita semua. 

https://www.catatan-efi.com/2020/12/kenalan-dengan-aplikasi-virtual-meeting.html

Saya mau cerita nih soal kebiasaan meeting online yang jadi bagian adaptasi kebiasan baru kita semua. Keponakan saya yang masih sekolah SD aja paling sering membuat gurunya kagum. Saat gurunya sampaikan materi ketika hadir di kelas Zoom, keponakan saya mengganti background tampilannya menjadi lebih berbeda. 

Sementara saya juga udah biasa sama yang namanya kegiataan meeting online. Mulai jadi peserta sampai jadi host. Pokoknya kegiatan tatap muka dengan menggunakan aplikasi virtual meeting sudah jadi kebiasaan. 

Di awal Desember ini setiap pagi keponakan saya lebih sering numpang di laptop saya untuk ‘setor muka’ saat mengerjakan Penilaian Akhir Semester (PAS) dari sekolahnya. Wajib absen dengan menggunakan aplikasi virtual meeting dengan space layar yang lebih besar. Kebetulan dua keponakan saya ini barengan sekolahnya. Setor muka di depan layar HP tak mungkin dong. 

Untungnya kebijakan sekolah ini membolehkan keponakan saya yang masih kecil ikut ‘setor muka’ di room kakaknya. Jadi tak harus rebutan pinjam layar hahaha… Absen adiknya nitip sama kakaknya yang lebih besar. Begitu terus sampai selesai Penilaian Akhir Semester (PAS) nanti. Demi pakai laptop saya buat sekolah, akhirnya ponakan saya sering banget numpang ke kamar saya. 

Kira kira kenapa yaa pada numpang di kamar saya? 

Karena kebetulan sinyal paling bagus ya di kamar saya. Lokasinya deketan dengan modem di ruang tengah. Di tambah kalau ngerjain di kamar mereka tak akan fokus karena ada adiknya yang tak bisa diem dan suka merecokin. 

Semenjak pakai CloudX jaringan Telkomsel selalu aman, jadi saya nggak harus selalu dikamar demi mendapat sinyal.

Awal Mula Virtual Meeting dengan CloudX 


By the way, ngomong-ngomong soal aplikasi meeting online, saya pengen banget ada aplikasi virtual meeting yang bisa punya waktu lama dan bisa ngumpulin orang banyak dalam satu layar. Saya cari tahu dong ada nggak aplikasi selain Zoom yang bisa memuat banyak orang tapi jaringannya tetap lancar dan nggak boros kuota. 

Akhirnya saya baru tahu lho ada aplikasi selain Zoom, namanya adalah CloudX. Saya tahu tentang CloudX dari salah satu teman saya yang terbiasa menggunakan #CloudXbyTelkomsel untuk kegiatan kerjanya sehari-hari. 

https://www.catatan-efi.com/2020/12/kenalan-dengan-aplikasi-virtual-meeting.html

Pertama kali dikasih tahu adanya aplikasi ini, saya juga punya pikiran sama dengan teman-teman. Apa itu CloudX? Bagaimana cara menggunakan CloudX? Apa saja keunggulan menggunakan CloudX? 

Berhubung sehari-hari saya berkutat dengan dunia maya untuk kerjaan, saya semakin penasaran untuk tahu tentang CloudX. 
https://www.catatan-efi.com/2020/12/kenalan-dengan-aplikasi-virtual-meeting.html

Jadi, aplikasi CloudX ini bisa diakses dari ponsel atau laptop, loh. Yang mau puas lihat tampilan layar, enaknya ya buka di laptop. Saya suka males buka meeting di ponsel karena dimensi layarnya yang sempit hehehe. 

Untuk bawaan juga sudah support berbagai sistem operasi. Bisa dari ponsel berbasis Android, iOS, atau kalau di laptop bisa dibuka dari perangkat yang sistem operasinya Windows sampai Mac. Komplit lah pokoknya. 

Saya juga nggak kesulitan saat pertama kali menggunakan aplikasi ini. Soalnya nggak ribet. 

Paket Langganan CloudX 


Di aplikasi CloudX ini, ada paket langganan dengan harga terjangkau yakni Rp250 ribu (sudah termasuk pajak) dengan masa aktif 30 hari. Oh ya, penawaran paket CloudX ini hanya berlaku bagi seluruh pelanggan prabayar Telkomsel yaitu simPATI, KARTU As dan LOOP. Dengan hanya membayar Rp250 ribu, sudah bisa melakukan meeting online yang dapat diikuti hingga 100 partisipan meeting. Seneng dong saya bisa ngumpulin banyak orang dalam satu layar hehehe. 

Kuota khusus aplikasi CloudX ini pun hingga 30GB. Tapi kalau kuota khusus aplikasi CloudX habis, kita dapat membeli kuota conference atau akan mengonsumsi kuota utama pelanggan. 

Dengan memilih paket CloudX Rp250 ribu, kita bisa menikmati layanan online video conference dengan berbagai macam fitur, seperti share screen, whiteboard, dan on-room chat. 

Setelah data-data yang diperlukan sudah disubmit, kita akan mendapat panggilan masuk dari operator untuk melakukan verifikasi. Kita akan ditanya nama, tanggal lahir, alamat email, serta pencocokan nomor HP yang didaftarkan. Oiya ditanyakan juga nama meetingnya apaan. Dan ga sampai sejam, saya udah nerima notifikasi di email. 

Kalau sebagai host wajib punya nomer Telkomsel untuk menjalankan acara meeting CloudX, maka untuk audiens ga diwajibkan harus punya. Jadi kalau teman-temannya tidak punya nomer Telkomsel cukup install aplikasi ini saja dan masukan nomor id untuk bergabung. 

Kalau akses masuk untuk host seperti ini tampilannya 

https://www.catatan-efi.com/2020/12/kenalan-dengan-aplikasi-virtual-meeting.html

Nomor dan email yang dimasukan harus sesuai dengan data yang masuk saat kita registrasi. Pastikan juga password-nya tak lupa, biar nggak kelabakan pas mau login. Jangan sampai meetingnya gagal gara-gara lupa sama passwordnya. 

Sedangkan akses masuk untuk peserta meeting ini berbeda. Jadi bisa langsung masukkan nama tampilan dan ID pertemuan yang sudah di-share atau klik aja langsung klik tautan yang sudah dikasih oleh host meeting. 

Setelah mencoba CloudX, saya berpikir untuk melakukan pertemuan keluarga menggunakan CloudX. Kebetulan, akhir tahun ini kami sekeluarga besar akan melakukan pertemuan. Tapi karena wabah pandemi ini, tampaknya pertemuan online dan menggunakan CloudX adalah pilihan yang tepat. 

Saya pikir keluarga saya akan dengan mudah juga menggunakan aplikasi #CloudXbyTelkomsel ini. Saya aja nggak kesulitan. Telkomsel CloudX emang begitu praktis digunakan. 

Kelebihan Aplikasi CloudX 


CloudX ini bukan cuma user friendly tapi juga dari sisi dana untuk membeli paket yang disiapkan juga hemat. Bukan cuma tak perlu CC untuk metode pembayaran paket bulanan, tapi juga cara pembayarannya fleksibel karena paket CloudX bisa dibeli dengan pulsa Telkomsel atau LinkAja. 

https://www.catatan-efi.com/2020/12/kenalan-dengan-aplikasi-virtual-meeting.html

Gimana, praktis, kan? Langsung aja download dan gunakan aplikasi ini, ya. Dan temukan berkomunikasi tatap muka secara virtual yang menyenangkan dengan telkomsel CloudX ini.

25 Comments

  1. Halo, Mbaaa Efi.
    Wah, seruu ini nambah lagi apps kita buat meeting online dan nonton drakor berjamaah :))))
    Apalagi bisa 100 orang, mayan kan bisa ngumpulin tim nam dosan sama tim han ji pyeong XD

    harganya juga masih affordable apalagi kalo buat corporate yaa.
    Nice sharing, Mbaa :)

    ReplyDelete
  2. Wah untuk berbagai fitur menarik, hrganya terjangkau banget yaaa.. harus direkomendasikan ke suami nih barangkali sesama guru butuh aplikasi meeting :)

    ReplyDelete
  3. Wow, bisa sampai 100 orang nih virtual meeting pakai CLoudX? Awesome asiknyaaa :) Harga juga terjangkau ga bikin cekak, meeting berjalan lancar tanpa kendala deh. Aku kan pakai Telkomsel nih. Trus ID nya nama kita sendiri atau gimana? TFS teh Efi.

    ReplyDelete
  4. wah nambah lagi nih pilihan aplikasi buat virtual meeting, CloudX punyanya telkomsel ya. Tapi kenapa cuma bisa buat yang kartu prabayar ya. Yang langganan Halo apa mesti beli kartu prabayar gitu

    ReplyDelete
  5. CloudX ini cocok buat yang sering meeting online ya, harganya cocok dan cara bayarnya pun mudah.

    ReplyDelete
  6. Saya juga udah nyobain CloudX ini dan emang simpel banget pakenya. Bayarnya pake pulsa doang, ga perlu ribet pake CC. Biarpun harus di rumah, tapi kerjaan dan silaturahmi tetap bisa jalan terus...

    ReplyDelete
  7. aku punya no telkomsel teh, jadi bisa ya digunakan setelah install aplikasi cloudx ini.. penasaran akutuh.. tapi aku yakin sih soal jaringan telkomsel ini pasti bikin meeting virtual no ngebrezee alias gangguan sinyal

    ReplyDelete
  8. Aku udah pakai aplikasi cloudx ini mba. Asik bisa rencana meeting bareng teman-teman pastinya :)

    ReplyDelete
  9. Di masa pandemi ini aplikasi meeting sangat dibutuhkan berbagai kalangan ya mbak, tak coba kasih tau ke suamiku ah siapa tau dia cocok dengan aplikasi meeting ini

    ReplyDelete
  10. klo masih memgandalkan kuota lumayan banget nih pake cloud X secara, masa pandemi rapat makin banyak. jadwal zoom meeting padat merayap...blom lagi PJJ bocah2

    ReplyDelete
  11. Wuih, bisa ngumpulin 100 orang untuk meeting online ituh juaraaa..Apalagi sinyal dari Telkomsel udah jaminan stabil ya..Cucok banget deh..

    ReplyDelete
  12. wah ada aplikasi virtual meeting lainnya ya, mantap makin banyak pilihan ya mbak
    kan pas pandemi seringnya meeting online

    ReplyDelete
  13. Waah bagi yang sering meeting atau event online patut dicoba niih. Kayaknya lebih simpel ya metode bayar juga mudah.

    ReplyDelete
  14. Pasti senang banget ya teh, keponakan bisa belajar dengan tenang dan lancar. Beneran lho kesel kalau jaringan putusputus. Mengganggu konsentrasi belajar. Alhamdulillah ada cloudx yang bisa diandalkan ya teh

    ReplyDelete
  15. Aplikasi ini cuma bisa diinstal di provider Telkomsel ya? kalo di desktop gitu bisa gak?
    Dan lebih proper mana dengan aplikasi zoom yang biasa kita gunakan?

    ReplyDelete
  16. Wah lebih terjangkau ya biayanya buat meeting online teh bisa banyak peserta juga..Telkomsel juga jaringannya bagus..

    ReplyDelete
  17. Wah lebih terjangkau ya biayanya buat meeting online teh bisa banyak peserta juga..Telkomsel juga jaringannya bagus..

    ReplyDelete
  18. bagua ya mba sekarang jadi difasilitas untuk meeting juga apalagi sinyal telkomsel emang terkenal jangkauannya luas ya jadi bisa banyak yang memanfaatkan.. Kalau pakai teknologi cloudX sepertinya gangguan sinyal ga masalah lagi ya teh

    ReplyDelete
  19. Hahaha...jadi markasnya ponakan ya, Mbak. :D Btw, aku pengguna Telkomsel, nih. Tapi belum pernah nyoba pakai ini. Hihihi.

    ReplyDelete
  20. jadi ingat ternyata di kantor saya meeting virtual udah lama dilakukan selama bertahun-tahun sudah terjadi, soalnya kami meeting sama supplier dan customer yang beda negara. Tapi untuk kantor sendiri sesama pegawai malah nggak pernah sama sekali soalnya selalu ketemu di kantor. Tapi ya gitu sih meeting virtual beda negara itu timbul tenggelam banyak gangguan. Usulin ah nanti pakai aplikasi virtual meeting ini.

    ReplyDelete
  21. Senangnya ya sekarang semakin banyak pilihan untuk platform meeting online. Apalagi kalo fiturnya lengkap dan mudah diakses

    ReplyDelete
  22. Wah aplikasi virtual meeting baru nih. Bikin penasaran deh. Kepengen tahu kelebihan dan bedanya dari yang udah ada. Ceki-ceki infonya dulu aaah

    ReplyDelete
  23. Jadi lebih mudah yaa...teh, kalau memiliki Telkomsel.
    Karena ada CloudX by Telkomsel yang memfasilitasi kita semua untuk bertemu secara online

    ReplyDelete
  24. CloudX by Telkomsel kayanya cocok untuk jadi alternatif virtual meeting tools buat timku. Selama ini aku masih dalam pencarian media virtual meeting yang cocok dengan kebutuhan, dalam artian nggak gampang ngadat kalo lagi susah koneksi. Cocok nih Mak buat dicoba!

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.