Saturday 30 May 2020

Destinasi Main Ke Jogja Setelah Pandemi Covid 19 Usai

Kalau saja ga ada wabah Covid 19, harusnya April kemarin itu saya dan beberapa teman  udah main dan bercerita pengalaman jalan-jalan ke Jogja. Pepatah manusia hanya berencana tapi Tuhan punya kehendak lain ternyata saya alami juga.  Sempat berharap kalau wabah ini akan usai setelah Ramadan berlalu.

Tapi ternyata masih jauh dari bayangan.  Walau beberapa daerah memang ada yang sudah dinyatakan hijau dan bisa melonggarkan pembatasan sosial berskala besar. Tapi nanti dulu ah. Saya belum sepenuhnya merasa aman untuk ketemu orang banyak. Seandainya wabah ini usai, maka jalan-jalan ke Jogja bakal masuk top list yang mau saya wujudkan. Destinasi wisata yang selalu dikangenin. kayak liriknya lagu KLa Project. Saya pernah beberapa kali ke sini tapi pengen balik lagi dan lagi.

Pas banget ya lriknya yang satu ini:
"Izinkanlah aku untuk slalu pulang lagi

Bila hati mulai sepi tanpa terobati"
Beberapa tempat udah pernah saya kunjungi kayak Malioboro, ikonnya Jogja yang legend itu, pernah singgah juga keraton, belanja tipis ke  Pasar Beringharjo , dan beberapa tempat lainnya. Tapi masih banyak tempat yang belum saya kunjungi. Jadi pas jalan ke Jogja ini saya mau jabanin lokasi yang belum saya datengi tapi juga ada yang mau saya tengok lagi. Semacam melepas kangen gitu (halah).

Candi Prambanan dan Borobudur

Ini  bakal jadi itenerary wajib buat saya. Ga boleh dilewatin. Bukan saja panoramanya yang cantik buat mengejar sunset sekalian  menyusuri candi lain di sekitarnya. Misalnya nih,  ada Candi Boko, Candi Plaosan dan Candi Ijo yang  konon posisinya paling tinggi (357-395 mdpl) yang punya panorama ga kalah memesonanya. 

sumber gambar: tripadvisor

Biar puas, saya juga pengen nyaksiin Sendratari Ramayana petang harinya di tempat ini. Saya sempet lihat vlognya Kevin Hendrawan yang cerita dengan excitingnya soal pertunjukan ini. Fix deh, saya mau nonton.  Selain seting panggung dengan lightingnya  apik, kostumnya yang keren juga performa  para penarinya yang all out alias totalitas. 


Pose mereka selama nari itu luar biasa effortnya. Kalau ga bersungguh-sungguh ya mana kuat bertahan dengan satu dalam adegan tertentu. Bisa pegel nan gempor buat yang ga terbiasa atau ga serius berlatih. 

sumber: bumn.go.id

Sebenarnya sebelum ke Prambanan, baiknya ke Candi Borbodur dulu karena di Candi Prambanan kan bakal ngabisin waktu sampai malam. Kalau ngomongin Candi Borobudur, saya jadi malu. Ikon 7 keajaiban dunia yang ada di tanah air ini belum saya kunjungi. Duh ke mana aja ya? :D

Momen terbaik dateng ke sini adalah pagi hari saat matahari beranjak dari peradua, pagi-pagi banget. Akses masuk buat nyaksiin sunrise  selepas subuh (jam operiasonal dimulai jam 6 pagi) secara langsung hanya bisa via hotel Manohara dan harus bayar 350 ribu.  Memang mahal,  setara tiket balik kereta api. *ya udah balik aja ga usah liat sunrise :P* 
Foto: tirto.id
Kalau sayang budget, bisa diakalin liat dari Punthuk Setumbu. Cuma bisa liat dari jarak agak jauh. Dari yang saya baca-baca sekitar 4 km. Kalau mau foto-foto di sekitar stupa ya turun deh samperin candinya. Sayang aja sih, udah hampir deket gitu kan. Kayak udah deket sama gebetan tapi ga nyapa saking gugupnya *sungguh analogi lebay*   


Bonusnya kalau mampir ke Punthuk Setumbu bisa nyaksiin panorama Gereja Ayam. Itu loh  yan jadi spot scenenya film AADC 2. Tau kan? Nah sebelum tengah hari baru deh lanjut ke Prambanan, maen sampai malam. Begitu sih yang kepikiran saya saya. 

Tebing Brexit

Maen ke sini karena ya karena lokasinya deketan sama Candi Prambanan. Tebing Breksi baru dibuka sekitar 5 tahun lalu atau tepatnya bulan Mei tahun 2015. Tadinya lokasi ini adalah bekas penambangan yang ditelantarkan. Lalu kemudian dikelola jadi kawasan wisata yang jadi potensi wisata yang unik. Lihat deh penampakannya. Kayak sisa-sisa puing purba gitu. Ya, ga?
sumber: garasijogja.id

Keraton Jogja

Sebenarnya saya pernah menjejakan kaki di sini, tahun 2013 tepatnya. Waktu itu main ke sini sekalian maen sama temen-temen ke acara Blogger Nusantara di penghujung tahun, tepatnya bulan November.  

Saya bareng tiga teman lainnya dateng ke keraton cuma kayak transit gitu aja karena diburu waktu harus segera sampai ke stasiun. Jangan sampai ditinggalin kereta karena si ular besi ini ga kenal toleransi. Telat? Ya bye!


Ada satu spot yang menarik perhatian saya waktu mampir ke sini. Sebuah galeri lukisan yang ga terlalu luas. Seorang penjaganya cerita kalau 'mereka' yang ada di situ seneng saya dateng (waktu itu saya masuk sama  Anggi).

Saya bengong dong. Kan, cuma ada kami bertiga di situ. Saya, Anggi dan bapak penjaga ini. Trus mereka itu siapa?

Kemudian bapak penjaganya ngusapin telapak tangan dan nyuruh saya bergeser dan lihat ke foto yang ditunjuknya. Guys, you know what? Foto yang terpasang di dindingnya kayak hidup. Ada sepasang suami istri (lupa siapa, pokoknya foto dari salah satu keluarga keraton di masa lampau) matanya melirik gitu pas saya geser.  

Serrrrr... merinding juga sih hahaha. 
Kayak ada yang mengawasi gitu. Tapi karena penjaganya bilang gapapa dan malah mereka itu senang  dikunjungi, ya udah saya selow.  Keluar dari ruangan ini saya ketemu temen saya lainnya Ima dan Erry yang terpencar ke tempat lain. Waktu saya cerita soal ini, Ery ngomelin saya.  "Ih, loe ngapain ke situ?"

Ya mana tau? Saya cuma ikut aja kaki melangkah.  Kan saya ga bikin ulah apa-apa. Ga sompral kata urang Sunda mah alias jaga tingkah laku. Sayang euy, foto saya di ruangan ini hilang di HP Blackberry jadul saya. 

Ke Keraton lagi mau ngapain? Ya ngubekin sudut-sudut lainnya lah. Karena ya waktu itu kan saya maen ke sini waktunya terbatas. Sesederhana itu.

Masjid Kauman

Lokasinya deketan dengan keraton (ya emang karena masih satu kawasan). Mampir ke sini buat solat sambil ngadem. Waktu acara Blogger  Nusantara tahun 2013 (abis dari keraton juga) saya sama temen-temen mampir ke sini buat solat, bentar aja karena waktu keberangkatan kereta di stasiun Lempuyangan udah makin mepet. Jangan sampai ditinggalin kereta.

Foto: Wahyu Novian dan SIMAS Kemenag Republic Indonesia

Suasana masjidnya unik dan beda banget dengan kebanyakan masjid yang ada di Bandung atau masjid lainnya yang pernah saya kunjungi. Selain tiangnya yang banyak (total ada 36) juga suasananya yang ga bisa saya lukiskan. Hmmm gimana ya? Rada magis gitu. Usia masjid ini juga sudah tua tapi masih tetap kokoh. Masjid Kauman dibangun pada tahun 1773 saat Sri Sultan Hamengku Buwono I memerintah.


Gimana dengan kulinerannya? Ada  juga dong!


Tempo Gelato

Terakhir kali ke Jogja saya pernah mampir ke Gelato ini. Tempatnya cozy dan asik buat ngadem.  Lumayan rame dan harus rada sabar nunggu. Tapi ga lama amat juga sih.  Jogja yang panas jadi terasa lumer deh kalau udah nyicipi  Tempo Gelato ini.

foto: pribadi

Sate Klatak

Gara-gara Rangga sama Cinta reunian jadi deh abis nonton AADC 2 saya mupeng penge nyobain sate klatak. Kesampaian walau  venuenya beda.  Kalau Rangga sama Cinta ke Sate Klataknya Pak Bari, waktu maen ke Yoga bareng Dydie, Uwien dan Ika saya mampirnya ke Sate Klatak Pak Pong. 

foto pribadi
Lumayan rame juga dan banyak yang ngantri. Tapi tetep kok masih worth it buat ditunggu. Ga sampe salatri alias keburu ilang laparnya karena lama nunggu. Entah bakal mampir lagi ke Warung Sate Klataknya Pak Pong, ke Pak Bari atau yang lainnya. Sesempatnya aja. Yang pasti Sate Klatak ini termasuk yang saya kangenin buat dicicipin.

foto pribadi

Warung Kopi Klotok

Pengen ke sini karena saya 'teracuni' sama video pasangan youtuber yang bahas tempat ini.  Kalau lagi jalan-jalan paling enak emang nyamperin kuliner lokalnya. Murah iya. Tapi yang paling penting kapan lagi bisa menikmatinya? 

Balik ke Bandung kan ga ada franchisenya. Yang paling bikin ngiler itu goreng pisangnya lho. Walau lidah saya cenderung menyukai rasa makanan yang salty atau gurih tapi buat goreng pisang yang manis saya selalu ga bisa nolak.

sumber foto: Pontas.id
Makin kepincut buat datang ke sini ya pas diceritain suasananya yang sejuk di tepi sawah walau antriannya kayak permainan ular naga yang panjaaang sekali.  Ini pasti enak. Konon setiap orang dibatasi porsi pemesanan pisang gorengnya. Saking banyak yang minat, biar semuanya kebagian. Kalau abis harus nunggu rada lama lagi. 
Foto by Hipwee

Kulineran di Malioboro

Waktu jalan ke Jogja sama Dydie, Uwien dan Ika Malioboro ini ga kami lewatkan.  Bukan buat foto-foto tapi hunting pecelnya di sini. Dipikir-pikir nyesel juga. Kenapa sih ga sekalian foto-foto di sepanjang jalan Maliboronya, ya?  Suasananya difoto. Sayanya enggak nih hahaha...


foto pribadi

Makan pecel di Malioboro ini murah meriah. Ga sampe 15 ribu udah kenyang. Saya harus selektif milih menu biar ga lapar mata. Abis semuanya tampak enak. Padahal saya harus membagi kapasitas di perut dengan makanan lainnya hihi. Jadi bijak-bijak ya nyicip makanannya,
foto pribadi
Duh banyak banget sih maunya saya, ya?  Pasti harus siapin budget yang cukup. Jangan sampai menguras tabungan dan bikin saya tekor.  Untuk perjalanan, saya dan teman-teman udah memutuskan pake kereta api ekonomi aja.  Meski kelas ekonomi udah nyaman.   

Yang harus dipikirkan selain transportasi (dari dan ke Jogja juga selama di sana) adalah penginapannya.

Buat saya, hotel di Jogja untuk nginep ga usah yang mahal-mahal. Toh cuma numpang tidur dan kayak nitip barang gitu kan. Bukan mau staycation. Cukup yang nyaman buat istirahat malam saat tidur. Soal harga mesti yang bersahabat. 


Untungnya saya nemu solusinya lewat aplikasi Red Doorz lho.   Pas saya cek pilihan hotel yang dekat dengan tujuan wisata nemu rekomendasi hotel murah di Jogja dengan  harga yang bersahabat. Saya bisa milih penginapan dengan kapasitas yang sesuai.  Bahkan kita bisa dapat penawaran kamar penginapan mulai dari rate  99 ribu rupiah saja per malam!


Teman-teman juga bisa lho menentukan sendiri penginapan yang sesui dengan kebutuhan.  Sendirian atau mau urunan dengan teman-teman dan opsi layanan lainnya.  

Walau harga yang ditawarkan relatif murah, garansi yang diberikan tetap mengutamakan kenyamanan kita selama menginap. Layanan Wi-Fi, hiburan tv satelit , ketersediaan air mineral di penginapan juga fasilitas lainnya seperti sprei, kamar mandi yang bersih dan perlengkapan mandi berupa  sikat siat gigi, pasta gigi, sisir, shampo, sabun dan tas mandi. Lumayan meringankan ruang di tas atau ransel yang kita bawa atau kelupaan karena ketinggalan ga usah worry lah ya.

Kalau teman-teman mau jalan ke mana sih setelah wabah ini usai?

Share:

29 comments:

  1. Aku bolak balik ke Jogja dan belum coba sate klathak
    Puingiiinn banget cuss ke sana!
    Semoga ada rezeki kita bisa plesiran ya Teh.

    ReplyDelete
  2. Haduh2 jadi kangen makan pecel hehe.
    Sebelum pandemi tu kami rencananya mau ke Yogya mak, krn anak2 rencananya udah mau masuk sekolah semua kan, sekalian mau mengunjungi rumah saudara yg baru pindah dr LN ke Yogya, eh ndilalah situasi kyk gini.
    Wes ikut doa aja semoga problem ini lekas usai yaa dan kita bisa ke Yogya lg aamiin. Nginepnya lbh gampang krn ada reddorz yaaa

    ReplyDelete
  3. Smg covid ini segera berakhir yah, jadi kita dah leluasa mau traveling kmn2.

    ReplyDelete
  4. Mau ajak anak2 main kemana aja mrk Mau deh fi...
    Ke YK naik kereta jg kayaknya seru sekalian nostalgia

    Anak2 blom pernah traveling naik kereta yg jauh kyk ke YK gini.
    Pasti seru deh

    ReplyDelete
  5. Aku pengen ke Dieng mba klo wabahnya ilang. Kangen aku liat alam yang hijau...trus udara yang sejuk...

    Semoga Corona ya segera teratasi ya mba. Jadi acara ke Jogjanya bisa segera terealisasi...

    Mampir boleh mba... Klo mau ke Borobudur, lewat jalan samping rumah kok :-D

    ReplyDelete
  6. Wohoooo dari beberapa destinasi diatas, yang belum ke tebing brexit, sate klatak dan warung kopi kelotok nih.. emang udah kangen banget ingin ke jogja.. pasti pas ke jogja nanti semakin betah lama lama deh disana.. saking kengennya sama jogja..

    ReplyDelete
  7. Ya Allah, daku juga kangen banget sama Jogja Teh, pengen ajak bocah ke sana lagi nginap di hotel budget. Merinding baca cerita di keraton, bisa begituuu..huhu..

    ReplyDelete
  8. Aku belum pernah nih mampir ke Tebing Brexit sama sate klatak dan kopi klotok hihihihi..namanya mirip2 gitu yak. Kurasa kelar corona orang tumpah ruah di mana2 pada gelar wisata sama keluarga. Ibarat burung keluar dari sangkar ya teh :D DI Malioboro aku mau makan satenya ah sama wedang jahe enaaak banget.

    ReplyDelete
  9. aku pengen main ke jogja tapi belom sempet keburu ada covid hikz

    ReplyDelete
  10. Aku mau jalan kemana yaa? Kayaknya mau ke rumah kakak dan adik, lalu ke rumah uwa di Bandung. Kangen rasanya ingin melukin mereka semua.

    Btw suamiku pernah nginap di hotel red doorz yang di puncak. Lumayan juga katanya sih fasilitasnya. Saya jadi pingin juga dong hehe

    ReplyDelete
  11. Destinasi wisata di yogya memang tiada habis-habisnya utk di explore ya Mbak. Oia, untuk candi Borobudur sebenarnya ikut Jawa Tengah (magelang), tapi memang banyak yang berasumsi kalau Borobudur masuk wisata yang ada di Yogya. (saya pun baru ngeh ketika tinggal di yogya ini)

    ReplyDelete
  12. Duh, jadi kangen jogja... Banyak kuliner jogja yang belum dicoba nih...

    ReplyDelete
  13. Wah iya.. masih banyak banget t4 yg harus dieksplore nih di jogja. Mau main ke borobudur lagi ah, waktu itu ajak anak2 zizi malah ga mau mendekat... oiya tebing brexitnya epik juga ya teh..

    ReplyDelete
  14. Kalau main ke Jogja, sekalian mampir ke Solo dong, Mbak Efi. Deket lah, cuma sejam perjalanan naik prameks, tiket keretanya juga cuma 8 rb.

    ReplyDelete
  15. Udah pengen jalan-jalan ya mak. Sama aku pengen pulang kampung huhuhu
    Pengen juga ke jogja ke tempat dekete suami. Semoga covid segera babay ya mak

    ReplyDelete
  16. Rencana kita mirip2 teh Efi klo ga covid saya dan keluarga d Bandung tadinya mau halan2 ke Jatim (kampung halaman ibu) mampir ke Yogya tapi apa daya ...semoga klo pandemi selesai rencana bisa dilaksanakan ya

    ReplyDelete
  17. Teteeeh....bawa aku bersamamuuu kalo travelling lagi, hahaha...
    Aku juga merinding iih...kalo diliatin sama lukisan gitu.
    Langsung lariii kayanya...heuu~
    Gocik aku mah anaknya.

    ReplyDelete
  18. Aku udah main ke semuaaa tempat iniii mba Efi dan asli Jogja memang bikiiin kangen. Apalagi banyak temen blogger di siniii

    ReplyDelete
  19. Nah soal sate klathak ini, tadinya aku underestimate looh. secara yaaa aku kan ga suka daging kambing. Eee ternyata cara memasaknya oke banget, ga kerasa prengus dan bisa empuuukk banget. Dimasak macem-macem jenis, sampe ada yang berkuah juga enak semua.

    ReplyDelete
  20. kangen ma jogja, pernah kesana dan akh suasanya emang beda ya, ngangenin, belum pernah ke tebing brexit, semoga pendemi segera berlalu biar bisa jalan jalan, nginepnya di red doorz murah fasilitasnya oke ya mba

    ReplyDelete
  21. Aku malah pengen ke Bandung, Efi, pasca pandemi ini. Hahahaha, terbalik ya, tukeran kali kita ya.
    Yogya memang bikin kangen ya, kami saja yang tinggal di Yogya merasa everyday is holiday :)

    ReplyDelete
  22. Ya allah baca ini aku jadi kangen Jogja. Padahal tahun ini saya sudah berencana ke Jogja sekalian mengunjungi adik ipar. Tapi sayang ada Covid dan rencana harus dibatalkan T_T Semoga setelah pandemi berakhir bisa mengunjngi semua list yang mbak efi tulis ya ^_^

    ReplyDelete
  23. segala tentang yogya bikin aku mupeng kembali lagi mbk, kangen belanja dan suasananya yang tenang dan nyaman. yogya selalu di hati deh pengen kembali deh

    ReplyDelete
  24. Aku kangen pulang ke kampung halaman ibu dan suami di Yogya. Moga pandemi usai sehingga tahun depan bisa ajak suami dan anak-anak ke Yogya aamiin

    ReplyDelete
  25. Berkali-kali ke Jogja belum pernah coba sate klathak..kalau kopi klothok pernah coba. Ada cabangnya di jalan mau ke Semarang.

    ReplyDelete
  26. semoga ya mba, pandeminya cepet usai. soalnya aku udah dari lama pengen ke jogja. malah sempet rencana abis skripsian buat kesana, tapi apa daya keadaan begini ;( semoga setelah ini bisa travelling untuk cklist wishlist yang kita punya, aamiin

    ReplyDelete
  27. Kalau jadi ke Jogja lagi setelah pandemi covid19 hubungi Rental Mobil Jogja CahyaTransport ya buat Wisata keliling Jogja dan sekitarnya, wisata ke Dieng dri Jogja juga bisa 😂 nice info. By http://sewamobilljogja.blogspot.com

    ReplyDelete
  28. dulu sering banget pulang kampung ke Yogya tapi udah hampir 3 tahun ga pernag pulkam ke Yogya
    kangenn
    kangen segala hal disana terutama destinasi wisata nya

    ReplyDelete
  29. ke jogja selalu menarik ya, sayangnya situasi di jogja sampai saat ini belum cukup kondusif, tapi pelan2 sudah akan masuk masa transisi

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.