Friday 1 May 2020

Belanja Ke Supermatket di Masa PSBB

Pagi tadi Mama nyuruh saya ke ATM buat ngambilin uang pensiunannya sambil sekalian belanja keperluan rutin di supermarket dekat rumah.  Sebenernya saya males buat keluar. Apalagi pas tanggal baru gini.  Walaupun lagi masanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), udah kebayang bakal rame di supermarket. Tapi ya situasinya emang urgent.  Makanya biar ga boros air (halah) saya cuma gosok gigi sama cuci muka aja. Mandinya nanti abis balik dari luar. Ga usah mandi dua kali hahaha

Bener aja, pas dateng ke B***a pengunjungnya udah rame, banget. Satpam yang jaga di depan pintu masuk udah siap dengan tools tempurnya: termo gun. Tadi itu saya jalan sama adik (ga kena cegat polisi dan kalau iya juga ga masalah, karena alamatnya samaan) aman aja, boleh masuk. Saya sama adik berpisah, fokus dengan list belanjaan masing-masing. "Tar janjian di depan aja, aku ga ada kuota" kata adik.
ilustrasinya dari https://www.which.co.uk/

Di beberapa lorong terutama yang sifatnya kebutuhan harian seperti bumbu, makanan dan toiletris lumayan crowded. Jangan harap bisa dapet space yang jaraknya sesuai rules. Fiuh sudahlah. Bismillah. Selain pake masker saya juga pake kacamata buat melindungi mata.  Di sebuah lorong saya sempet lihat seorang ibu muda bareng anaknya yang masih batita.  Selewatan saya denger ibu muda ini nawarin anaknya buat menyingkap sedikit maskernya. "Eungap (sesak) ga?" 

Hadeuh daripada saya bertanduk, buru-buru deh jalan ke lorong lain. Di lorong berikutnya ada seorang ibu yang sambil jalan nyari sesuatu, santai jalan sambil netein anaknya.  Gemes dan geli. Yang dewasa pada pake masker, anak-anak malah dilonggarin.

Karena kebetulan supermarket ini lumayan besar, sekalian aja saya jalan ke lorong peralatan rumah tangga. Lumayan sih, di sini kerumunan massanya ga sepadat di bagian lain. Saya nemu mangkuk kecil cap ayam kayak tukang bakso itu, sumpit  yang lucu, cobekan kayu (minus ulekan ga tau kenapa)  buat nambah properti foto dan hanggar yang tinggal ditempel pake double tape gitu. Pas kebetulan butuh ini, sementara saya males getok-getokin paku pake palu. Repot, dan rentan cedera kalau salah mukul wkwkwk.....

Keluar dari lorong yang lokasinya di ujung saya ngelewatin rak minuman di lemari pendingin terus disapa SPGnya. "Ayo Bunda, ada promo yogurtnya. Buy one get one"

Rada kesel sebenernya saya disapa Bunda meski usia emang udah lebih dari cukup disapa gitu. Tapi sinyal naluri perempuan saya  yang suka denial sama usia lagi kenceng-kencengnya. Mungkin faktor siklus bulanan,  hahaha. Untungnya bisa saya rem. Kebetulan, saya pecinta yogurt juga sih.  Ya udah, sekalian sambil jalan keluar nambah stok cemilan juga, kan. Saya ambil satu aja (tentunya berikut bonus juga dong).  Abaikan deh sapaan bundanya. Mungkin semuanya dia sapa gitu *ngibur diri*

Di bagian makanan saya ketemu lagi SPG. Dari O**o. Kalau SPG  yang ini teknik marketingnya lebih ngena. Siapa coba yang ga seneng disapa Kakak? Rasanya jadi ga butuh krim antiaging. 

"Kak, ada promo  nih. Buy 2 get one"

Bagaikan adegan di film kartun, saya yang lagi jalan ngerem terus jalan mundur *lebay*

"Boleh campur, ga?"

Iya varian biskuit yang suka dijilat terus dicelupin ke susu, dijadiin toping puding dan hidangan lainnya (ini pasti udah pada tau sih, terus kenapa saya sok-sokan dibintangin gitu merknya :D) semuanya saya suka.

"Ga bisa, Kaka," sahutnya. Masih ramah juga.

"Yaudah ada apa aja?"

Terus saya ditawarin yang double stuff, yang selainya dobel itu. Pluk. Masuk keranjang.

"Makasih ya, Kakak.  Nanti mesin di kasirnya udah otomatis kok ngitung bayarnya cuma dua," imbuhnya.

Saya angguk aja. Kesannya sepele, tapi SPG kayak gini lho yang bikin seneng. Selain manggil "kakak" ya informasinya itu juga. Ga usah tanya udah inisiatif kasih tau duluan.

Sebelum menuju kasir, saya inget ada beberapa toiletris saya yang harus dibeli. Meski malesin lihat banyak orang di lorong kebutuhan yang satu ini saya jabanin aja dan buru-buru menyingkir. Sampai ke kasir, antriannya lumayan panjang.  
ilustrasinya dari https://laist.com/

Jam operasional supermarket jauh lebih lama  tapi tetep aja siang tadi itu yang belanja rame aja. Ya mungkin kalau udah lewat salat Ashar banyak yang lebih fokus  masak buat persiapan buka puasa.

Waktu lagi ngantri, staf yang kebetulan posisinya lagi deket saya nawarin saya buat bayar di kasir fashion yang lokasinya di sebelah supermarket (cuma terhalang dinding kaca). "Biar ga ngantri," katanya sambil mempersilakan 5 orang pengantri (termasuk saya) buat geser ke lokasi kasir yang dimaksud.

Waktu ngantri tadi, ada pasangan suami istri yang ngantri.  Istrinya yang bawa jinjingan, paksunya ga bawa apa-apa. Pas masuk ke sebelah, saya balapan jalan sama sese-bapak itu dan kalah cepet. Sebel saya dibuatnya. Begitu sampai di antrian, yang antri itu adalah istrinya. Dia kelur terus bilang "aku nunggu di luar aja".  Duh nih orang nagajk gelut alias berantem wkwkwkk.... Untung saya lagi jinak. Silakan deh. 

Di bagian fashion ini pengunjungnya ga sebanyak yang belanja di supermarket. Kalau ada yang mau belanja juga ditanya dulu mau beli apa. Mungkin antisipasi manajemen toko, ya. Karena walaupun pake masker misalnya, kan ga tau juga tangan pengunjung yang belanja beneran bersih atau enggak. Colek ini, pegang itu, coba yang sana, timang-timang di sini eh belanjanya mah kagak :D.  Hayooo ada yang suka gini, ga?
ilustrasinya dari  https://inreallife.my/
Saat ngitung belanjaan saya, kasirnya sempet salah nginput. Saya perhatiin dia langsung koreksi. Yang bikin saya apresiasi teteh kasirnya ini dia  ngasih tau mana yang dikoreksi, terus kalau ada yang lagi promo diskon yang mana aja.  "Yang ini tadi saya salah input, tapi udah dikoreksi di sini. Terus kan ada diskon, nah ini juga udah dibenerin. "

Saya angguk-angguk. Sebenernya ga akan nanya, tapi sekali lagi saya apresiasi banget, lho.  Oya setiap bagian kasir di sini dikasih tirai buat membatasi pembeli dan kasir. Padahal kasirnya udah pake shield pelindung wajah itu, lho. Mereka juga tetep pake masker.   Begitu juga dengan keresek belanjaan. Walau uah dipisah mereka mengemasnya dengan apik. Pake distaplesin segala.  Jadi keliatan rapi. Sukaaa deh.

Saran dari saya nih. Kalau emang harus belanja ke supermarket, siapkan juga uang tunai secukupnya. Jangan terlalu tawakal sama debit card. Soalnya gini, tadi waktu nyodorin debit card BCA ternyata EDCnya lagi ganggunan. Kebayang ga kalau udah cape-cape belanja ini itu ga jadi bayar karena ga bawa uang tunai dan debit cardnya ga bisa dipake? Ya emang ada ATM di area parkiran, tapi pengalaman saya perputaran uang di ATM ini lagi tinggi-tingginya. Cepet abis. 

Lagi masa PSBB gini emang kita harus membatasi mobilitas. Seperlunya aja kalau keluar, tapi beberapa sektor harus tetep menjalankan operasionalnya agar kebutuhan masyarakat umum terpenuhi.

Hari ini saya belajar tiga hal. Pertama, menyenangkan orang lewat sikap yang ramah dan profesional. Yang kedua, kalau orang lain ga bisa jaga jarak, kita aja yang fleksibel mengatur jarak. Ketiga, keep woles. Jangan gampang bete kalau lihat situasi yang bikin kesel.   Sampai ke rumah saya segera mandi dan ganti pakaian dengan  baju lain yang bersih. 

Perasaan (((perasaan))) belanjanya bentar aja, taunya sampai rumah udah mau dzuhur. Ini rekor mandi saya yang telat selama masa pandemi gini. Biasanya sebelum jam 9 pagi udah beres mandi hihihi. Eh tanya, dong. Selama ini kalau mandinya telat , sampai jam berapa? Plis jangan bilang mepet sampe jelang buka puasa, lho *tutup idung*.


PS: Walau  bawa HP, situasinya ga mendukung buat moto jadi pake foto laen yang ilustrasinya kurang lebih sama
Share:

1 comment:

  1. Wahahahaha masa psbb gini, kemana-mana rasanya was-was. Bahkan ke supermarket atau tempat perbelanjaan buat menuhin kebutuhan :D

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.