Kota Populer Pencarian Rumah di Jawa Timur

by - June 26, 2019

Selain Jakarta, tau ga kalian kalau pembangunan infrastruktur di Jawa Timur juga ga kalah masifnya? Saat ini pembangunannya kembali dikembangkan. Sudah tau dong kalau sekarang ada pembangunan tol Trans Jawa yang menghubungkan Jakarta dengan kota-kota di Jawa Timur. Yang mau mudik ke Jatim atau ada perlu urusan lainnya jadi lebih mudah dan terbantu dengan keberadaan Tol Trans Jawa ini, dong. Ya, kan? 


Nah, dengan adanya tol trans ini, bukan saja membuat aktivitas perekonomiannya semakin menggeliat. Sektor properti juga mendapatkan efek positifnya, lho. Makanya ga heran kalau sekarang ini banyak dibangun perumahan yang segemen pembelinya membidik kalangan mulai dari kelas menengah ke bawah sampai elit di Jawa Timur. 
kota populer pencarian rumah di jawa timur

Eh tapi sebenarnya kota mana sih, yang paling banyak dicari rumahnya di Jawa Timur? Ternyata portal properti Lamudi sudah mngadakan survey pada beberapa waktu yang lalu mengenai hal ini. Dan ini hasilnya. 


Surabaya 

Surabaya menempati urutan teratas dalam survey ini. Setidaknya dalam satu bulan ada 4.200 orang yang berencana untuk mencari rumah di kota ini. Sebagai ibukota provinsi mejadi alasan utama kenapa begitu tingginya peminat yang mencari rumah di sini. Ditambah lagi dengan adanya sarana infrastruktur yang komplit seperti pendidikan, pusat pemerintahan, transportasi umum dan lain-lain. 

Alasan berikutnya adalah Surabaya kota yang cocok untuk menjalan bisnis. Dari datayang dirilis oleh Badan Pusat Statistik Surabaya, tingkat pertumbuhan ekonomi di kotanya para pahlawan ini bertumbuh 0,5% setiap tahunnya.
 

Malang 

Kota berhawa sejuk atau Malang menempati urutan kedua sebagai kota yang jadi favorit di Jawa Timur.  Ada sekitar 3.400 orang yang  tertarik untuk membeli rumah dijual di Malang.  Kebanyakan dari mereka, mencari rumah yang berukuran 90 meter persegi. 

Adanya fasilitas tol Pandaan - Malang (Mapan), yang  membentang sepanjang 38,48 kilometer persegi, juga kemudahan lainnya jadi alasan kenapa minat mencari rumah di Malang meningkat pesat. 

Sekarang ini harga rumah dijual di Malang ada di range harga 12 juta rupiah per meter persegi, Mahal juga, ya? Namun hal ini diimbangi juga dengan lengkapnya fasilitas umum yang tersedia. Misalnya saja rumah sakit, pusat pendidikan, mall dan lain-lain. Kalau dari rentang usia,  mereka yang berusia 25 - 35 tahun adalah yang paling banyak pencari  informasi mengenai  rumah di kawasan Klojen dan Blimbing. Ada yang punya minat yang sama juga?


Blitar

Kota ketiga berikutnya yang menyusul Malang adalah Blitar. Jaraknya hanya 80 KM dari barat daya kota Surabaya dan 80 kilometer. Blitar yang jadi kota dimakamkannya presidan pertama RI, IR Sukarno, memiliki luas 32.58 kilometer dengan tingkat kepadatan mencapai 4.100 km2 

Ada sebanyak 2.800 orang yang mencari informasi ketersediaan rumah dijual di kota ini, Soal harga lebih murah dari Malang, dengan range harga Rp 9 juta per meter persegi. Makanya ini juga yang jadi alasan para peminat rumah di Blitar karena rentang harga rumah di Blitar lebih murah dari dua kota sebelumnya. 

Gimana, sudah memutuskan mau pindah dan beli rumah di mana? Surabaya, Malang atau Blitar?

You May Also Like

0 komentar

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.