Melanjutkan Resolusi Sehat Tahun 2019 Dengan Yang Alami dan Organik

by - January 03, 2019

Halooo, selamat tahun baru 2019. Apa kabar resolusi teman-teman?
Kalau resolusiku di tahun 2019 ini ga muluk-muluk. Simpel, pake banget.  Mau lanjutin resoulsi 2018 yang ternyata masih banyak yang bolong karena belum tercapai semua.  Salah satu dari targetannya ya itu punya badan yang lebih sehat.

Wait, wait. Are you okay? 
Sure. I am fine. Cuma yaaa, masalahnya tuh pola makannya masih ngaco. Beberapa waktu lalu sempat  jalanin diet FC alias food combining. Trus punya iman yang cukup teguh menfilter godaan cheating dalam hal makan huehehe. Ditambah lagi umur ga bisa boong, ya. Jadinya kudu lebih aware. Kalau bukan kita sendiri yang merhatiin kesehatan siapa lagi, coba?
resolusi sehat tahun 2019 dengan yang alami dan organik

Imannya sekarang lagi goyah, ya?
Ya, begitulah. Mau balikan food combining kok ya susah banget buat komit, hihihi.... Walau soal sea food  sih udah tegar, kuat  menolaknya. Gara-gara salah makan jerawat bisa meradang parah dan sembuhnya kayak nyembuhin patah hati. Lamaaa... Makanya nih,  begitu dapat hidayah buat benerin pola makan, ya udah bulatin tekad.  

resolusi sehat tahun 2019 dengan yang alami dan organik



Jadi sejak Desember 2018 kemarin tuh aku mulai rutin lagi mengonsumsi green juice, alias smoothie.  Kalau disayur aja kadang kalau masak suka nyisa, atau malas makannya. Nah kalau udah buat smoothienya, mau ga mau langsung glek. Dibiarin lama-lama ya kan rusak nantinya karena teroksidasi. Awal-awalnya masih perlu adaptasi sih, tapi ga pake lama. Selow aja gitu mengonsumsinya.

Sayuran aja yang suka dibuat smoothie?
Paling gampang sih pakcoy dan bayam. Karena ini paling mudah ditemukan di pasar tradisional. Kadang-kadang pake sosin gitu. Biar variatif. Untuk sayuran lain kayak selada air atau kangkung belum tertarik tuh buat nyobain.  Sisanya kalau kebetulan pas lewat supermarket, mampir ke rak buah dan sayur. Bayam merah, caisim atau kale bisa jadi alternatif lain. Biar ga bosen juga.

Langu? Awalnya sih. Nih,  tips biar smoothienya enak. Bisa dicampur mangga (ini tuh favoritku banget) biar teksturnya creamy. Dari sisi budget ya lumayan sih ya hahaha... Bisa dikasih pisang juga, nanas, perasan jeruk nipis dan buaha-buahan lain.

Kalau mau irit dan tetap enak kasih aja air kelapa yang udah dibekukan. Dawegan (serpihan kelapa mudanya itu) masukin aja. Tanpa gula, smoothienya enak dan seger, lho. Setidaknya jadi lebih banyak makan makanan organik lewat minum smoothie ini. Ini sekalian motivasiin diri sendiri biar istiqomah dengan smoothienya hahaha.... Jadi sebenarnya makan makanan organic itu banyak cara dan pilihannya, sih.

Nah, ngomong-ngomong  soal yang organik,  jadi mau cerita nih di Bandung ada toko yang peduli soal gaya hidup sehat dan peduli lingkungan juga.  Namanya Toko Organic. Selain maksain diri rajin konsumsi smoothie lebih sering, dalam waktu yang bersamaan aku tuh juga mulai rajin minum larutan cuka apel campur madu yang bisa didapatkan di toko Organic ini. 
resolusi sehat tahun 2019 dengan yang alami dan organik

Pangling. Itu kesan pertama pas datang ke toko barunya yang beralamat di Jalan Cimanuk.  Soalnya ini tempat yang baru. Taunya aku tuh Toko Organic ini adanya di jalan Riau, bersebelahan sama sebuah FO.  

Yang di jalan Cimanuk ini sebenernya ga jauh dari kawasan jalau Riau juga. Cuma liat interiornya jadi lebih luas dengan koleksi yang lebih lengkap. Huhuhu.... gawat.karena bisa kalap dibuatnya hahaha....

Emang ada apa aja di sana? Banyaaaak... 

Suplemen Herbal Harian


resolusi sehat tahun 2019 dengan yang alami dan organik

Buat yang butuh produk herbal, ada banyak pilihan yang recomended. Dari cuka apel, madu sampai minyak esensial gitu. Aku sendiri kepincut sama herbal buat pencernaan. Selain cuka apel yang lagi ngehits, ternyata ada juga lho cuka nanas. Khasiatnya sih sama saja, cuma dari segi rasa, cuka nanas ini ga seasam cuka apel. Kalau belum siap dengan asamnya kehidupan eh asamnya cuka apel maksudnya, cuka nanas bisa jadi pilihan, lho.

Atau perlu 'doping' alami biar batreny on terus seharian selama beraktivitas? Nih, ada madu dengan kandungan royal jelly dan bee pollen.

Health Foodies

Mau ngemil hari gini tapi pengen sehat, badan tetap langsing itu cita-cita semuanya. Ya ga, sih? Tapi masalahnya cemilan sekarang itu banyak mengandung bahan pengawet, pewarna dan micin yang emang jadi semacam guilty pleasure.

resolusi sehat tahun 2019 dengan yang alami dan organik
Kalau seneng masak, bikin kue-kue dan sebagainya, bahan-bahan organic ini bikin mupeng buat diadopsi. Aku tuh ya ga jago masak, tapi liat ini jadi iri sama yang betah lama-lama di dapur mencoba resep ini itu. Duh, gimana ini?
resolusi sehat tahun 2019 dengan yang alami dan organik


Skin Care Alami

Pas terdampar di sudut ini, banyak produk skin care yang menawan (((menawan))) dengan packagingnya. Buat muka, badan, kulit normal, berminyak, kering atau sensitif   ada di sini. 


resolusi sehat tahun 2019 dengan yang alami dan organik

Mendukung Go Green Campaign

Suasana natur dengan sentuhan woody di toko Organic ini emang berasa banget. Apalagi di pojokan toko ada meja dan bangku kayak yang bisa kita gunakan buat istirahat sejenak. Numpang ngetik, atau sekadar ngobrol, ngecharge hp, reply email, cek notif dan sebagainya.

resolusi sehat tahun 2019 dengan yang alami dan organik


Biasanya tuh kalau belanja di toko kita suka dikasih kantung keresek buat wadah belanjaan, kan? Tapi tau ga sih kalau sekarang tuh udah ada perda soal pelarangan penggunaan kantung keresek digunakan oleh toko-toko? Ya sih, beberapa tahun kemarin sempat berjalan dengan pemberlakukan harga kantung keresek. Inget kan, kalau belanja dikenai charge untuk setiap keresek yang dipakai? Tapi kemudian balik lagi digratisin.

Baca juga https://www.catatan-efi.com/2016/03/tentang-kantong-plastik-berbayar.html

Nah, yang menarik di Toko Organic tersedia kantung plastik yang bukan sembarang kantung plastik. Soalnya ini terbuat dari serat cangkang singkong. Teksturnya lentur dengan warna yang bening. Aku malah jadi sayaaaang *ish* sama kantung ini. Kok lucu, sih?   Jadi pengen ngadopsi hahaha
resolusi sehat tahun 2019 dengan yang alami dan organik

Nyobain Produknya

Saatnya aku nyobain produknya nih.  Setelah galau milih mana yang mau dibawa balik, akhirnya memutuskan untuk mengadopsi cuka apel, madu, masker dan roll on buat mengusir mata panda.  Baru sekitar dua minggu lebih dikit sih pakainnya. Ada yang udah kerasa hasilnya, ada yang emang perlu progress. Ya namanya juga produk alami, jadi harus sabar nunggu hasilnya.  So far yang paling kerasa sih pemakaian cuka apel.

cuka apel untuk kesehatan pencernaan

Cuka apel tuh bagus banget buat membantu proses detoksifikasi pencernaan. Ga selalu harus buat yang diet, sih. Buat yang pencernaannya lagi eror juga bisa. Dianjutkan minum cuka apel dua kali sehari dengan dosis 2 sendok cuka apel dicampur dengan 350 ml air hangat. Baiknya diminum pagi hari saat bangun tidur dan malam sebelum tidur. Bisa dicampur dengan perasan jeruk nipis atau sesendok madu buat menetralkan asamnya.

Aku suka sama khasiatnya karena membantu melancarkan pencernaan. Ritual pagi alias BAB jadi lancar hehehe. Selain itu rajin mengonsumsi cuka apel membantu membuang toksin dan dianjurkan dikonsumsi secara ruti bau para penderita alergi, lho. Kalau toksin-toksin dari tubuh bisa terkuras, otomatis terlihat juga hasilnya di penampakan kulit yang sehat. Nah, ini yang jadi motivasi kuat buat merutinkan minum cuka apel.

Satu botol cuka apel berukuran 500 ml ini kurang lebih habis buat 3 mingguan dengan harga 78.000 per botolnya. Kalau diitung-itung sih worth it dibanding dengan kosumsi suplemen lainnya.

Bikin Toner DIY dari Cuka Apel

Sebenernya setahun kemarin udah pernah nyobain bikin dan pake toner dari cuka apel. Masalahnya waktu itu ga rajin pake dan mukaku emang lagi break out parah. Jerawat meradang di mana-mana plus bruntusan yang ga mau kalah pengin eksis. Makin parah akunya ga sabar, belum sebulan udah nyerah duluan. Yaelah, cemen amat, ya?

Trus sekarang penasaran dong pengen nyobain lagi. Kalau googling atau ngubekin tutorial soal DIY toner dari cuka apel. soal patokan komposisi cuka apel dan air yang dilarutkan bakal beda-beda. Ada yang 1:2, 1:3 dan 1:4.  Mungkin nih ya, waktu itu toner ala-alaku itu gagal karena komposisinya ga pas dengan kondisi kulit. Yaudah lah, hasilnya bikin kecewa.

Kali ini, buat komposisi cuka apel dan airnya, aku ngambil 1:2. Dengan wadah spray yang mungil gini, kalau ternyata takarannya ga pas kan bisa diubah ya heuheu....  Untuk satu botol kecil kayak di foto ini bisa habis buat 4 hari aja.

toner dari cuka apel

Hasilnya gimana?
Nah, ini yang aku suka. Bruntusan di muka ga kecentilan eksis di muka, walau masih suka bandel makan pedes terutama kalau udah makan gorengan dan cengeknya itu. Abis gimana, mereka itu duet maut buat ngemil :D

Walau punya kulit kering. tapi pori-pori muka lumayan gede. Keliatan banget kalau ngaca, duh... bikin minder dan kalau udah make-upan hasilnya jadi ga enak dilihat.. Ga smooth gitu.  Seminggu setelah pake toner dari cuka apel , pori-pori di muka mulai mengecil. Senengnyaaaa... Walaupun belum mencerahkan muka banget seperti yang diklaim oleh para biyuti-biyuti bloher yang udah nyoba. Katanya bisa meratakan warna kulit. Ya, karena belum sebulan ini, kan? Let's see gimana hasilnya kalau udah pake sebulan, ya. Nanti ku update, deh.

Cobain Skin Care Lainnya

Bekas jerawat dan suka pergi-pergian pake ojol bikin mukaku jadi lebih cepet eksotis *bilang aja item, kenapa?*

Ga harus putih kinclong sih karena dasarnya kulitku itu emang sawo kematangan. Toh Beyonce Knowless atau Tara Basro pun biar item tetep manis dan cantik, kan? Makanya pas liat masker Yellow Glow  yang ada di rak skin care,  hasrat mengadopsinya ga bisa ditahan.
masker kunyit untuk muka kusam

masker kunyit untuk muka kusam

Satu box masker ini isinya ada 10 pcs kantung  lengkap dengan essencenya juga sendok buat mengaduk sebelum apply ke muka. Tapi buatku tuh satu kantung maskernya kebanyakan. Jadinya satu kantun bisa dipake dua kali.

Wangi khas kunyit dan essence yang segar menyenangkan akan tercium saat adonan maskernya dioleskan ke muka. Sekitar 10-15 menitan lah maskernya akan mengering. Abis itu basuh deh muka dan lanjut dengan perawatan muka lainnya.

Mengusir Mata Panda

Nih, masalah lain dari mukaku juga adalah mata panda dan kantung mata. Apalagi kalau udah begadang. Keliatan jelas banget. Solusi yang efektif buat mengatasi mata panda sebenarnya dalah dengan cara operasi. Tapi yaaa duitnya ya, mahaaal.

Pake timun yang diteplokin ke muka pun pernah dijalanin. Cuma males dan suka mubazir. SUka nyisa di kulkas dan pas mau dipake kalau ga kelupaan ya busuk.  Nah, di Toko Organic ini ada Peek Me: No More Panda Eyes yang membantu buat mengatasi masalah mata panda.

resolusi sehat tahun 2019 dengan yang alami dan organik

Emang ga ujug-ujug jadi ngilangin sih. Tapi nih, ternyata aplikasi concealer di mata yang bikin gagal dan make up mata jadi cracky penyebabnya adalah area mata yang kurang mois alias lembab. Memutar secara lembut si imut Peek Me sebelum pake concealer ternyata membantu menyamarkan mata pandaku, lho.

resolusi sehat tahun 2019 dengan yang alami dan organik



Baru dua mingguan ini rutinitas alami buat merawat tubuh dari luar dan dalam yang aku jalani.  Kita lihat gimana perkembangannya di akhir Januari 2019 nanti, ya.  

Toko Organic
Jalan Cimanuk No. 6 Bandung 
Shopee: www.shopee.co.id/tokoorganic
Telp: 022-85880053 ext 118 (buka setiap hari jam 09.00-20.00)
WA: 081112188982-08112188983
IG: @toko_organic
Line: @toko_organic

You May Also Like

1 komentar

  1. kalau untuk hidup lebih sehat, aku memilih untuk mengurangi sambal di dalam setiap makanan yang masuk ke perut.
    Targetnya nggak muluk2, minimal 1 hari dari 1 pekan, aku gak makan sambal.
    semoga kuat iman =))

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.