Solusi Sakit Maag Untuk Penggemar Kopi

by - Kamis, Oktober 04, 2018

Solusi Sakit Maag Untuk Penggemar Kopi Sekitar dua malam yang lalu saya sempet ngobrol sama sahabat saya, Yasinta  yang jago moto. Curhat receh (((receh)), gimana caranya bikin hasil foto yang nyeni dan bagus secara teknis.  Udah punya kamera mirroless hampir setahun tapi belum keulik semuanya hahaha... Plis jangan ketawa, ya. 

Trus Yasinta ngasih  tau qoute dari Henry Cartier yang nonjok. Nonjok bukan secara harfiah, dalam arti saya ditonjok gitu, tapi bikin saya nyengir dibuatnya. Kata Om Henry (situ ponakannya, Fi?),  Sepuluh ribu foto pertamamu adalah yang terburuk atau redaksi aslinya kayak gini:  "Your first 10.000 photographs are your worst".   Malam itu saya mikir, kira-kira hasil jepretan saya udah sampe sepuluh ribu gitu belum, sih?  Kalau udah lewat 10.000 masih aja goreng patut, alias jelek atau minimal biasa aja, berarti ada yang salah di prosesnya. Ga mau atau males  ngulik.

solusi sakit maag untuk penggemar kopi

Terus apa hubungannya sama judul tulisan saya kali ini?  Gini lho. Senin, tanggal 1 Oktober 2018, tepat di hari kopi sedunia saya ikutan acara talkshow bareng  Muhammad Aga di Noah's Bar Cafe, Jalan Dayang Sumbi, Bandung.  Let's call  him Aga. Aga ini adalah juara satu dari kompetisi Indonesia Barista Championship (IBC) 2018.  Abis acaranya, saya jadi kepoin IGnya. *Kepo IGnya apa kepo orangnya? :D*  

Dalam salah satu postinganya di IG, Aga cerita soal prosesnya memulai karirnya sebagai Barista profesional. Sudah banyak  waktu dan pengorbanan yang dihabiskannya.  Ada ratusan gelas kopi yang sudah dibuat dan dicicipi. Bahkan dalam sehari pun setidaknya bisa sampai 16 gelas sehari nyeduh kopi, dan itu belum termasuk manual brew. Entahlah, Aga kira-kira sempet ngitung ga ya berapa gelas kopi  yang  dihabiskan sejak memutuskan terjun (((terjun))) ke dunia kopi dan jadi barista? Duh kebayang, ya apa kabar lambungnya itu? Untuk solusi sakit maag ini, Aga udah  punya kunciannya.  Promag, obat yang pas  buat yang sering sakit maag.  

Satu waktu, saya pernah ngobrol sama seorang barista kopi juga yang cerita kalau ada temannya yang malah sembuh setelah minum kopi. Nah lho, bingung, ga?  Katanya kopi itu salah satu penyebab sakit maag  tapi malah sembuh? Kalau gitu yang salah itu bukan kopinya, dong? Tapi gimana caranya kita menikmati kopi. Yekan?
solusi sakit maag untuk penggemar kopi

Ternyata  nih, apa-apa juga kalau ada ilmunya mah bakal  lebih mudah untuk dijalani.   Sebenarnya penyebab sakit maag itu bukan kopi aja, tapi juga ada faktor x yang berpengaruh. Selain makanan pedas, atau minuma berkafein dan bersoda, stres  juga bisa memicu kopi. 

Nah, soal stres-stresan, untunglah saya ga dibuat desperado soal teknik moto. Bisa diulik, lah. Sementara itu, untuk solusi sakit maag sendiri sebenarnya bukan hal yang susah dan mahal. 

Ironisnya,  pada tahun 2012 WHO,  merilis kalau  40,8 persen  dari penduduk dunia  memiliki maag. Selain itu Maag juga ternyata  termasuk dalam 10 penyakit terbanyak pada pasien rawat inap di rumah sakit di Indonesia.  Daripada menghabiskan uang buat berobat, mending uangnya dipake buat ngopi *eh gimana?*

Beberapa ciri sakit maag kambuh bisa kita kenali dari gejala berikut:
  • Rasa panas pada perut bagian atas
  • Cepat merasa kenyang ketika makan dan rasa kenyang berkepanjangan setelah makan
  • Mual
  • Kembung pada perut bagian atas (ini paling sering saya alami)
  • Refluks (kembalinya makanan atau cairan dari lambung ke kerongkong)
  • Sering bersen­dawa
  • Muntah
  • Nyeri ulu hati atau rasa panas dan nyeri di tengah dada (kadang-kadang terasa sampai punggung dan leher) yang muncul ketika atau setelah makan
Siapa sih, yang suka atau nyaman harus terkapar gara-gara sering sakit maag? Direcoki kembung, gara-gara telat makan pun sempat membuat saya dua hari  ga bisa ngapa-ngapain. Lain waktu,ketika jalan-jalan ke Sukabumi, saya malah ga bisa menikmati kulinernya dalam perjalanan pulang.  Saya malah bolak-balik ke toilet, karena mual pengen  muntah dan ga sanggup ngabisin nasi ungu yang sebenernya menggugah selera. Yeh, mbaknya malah curhat ini :D. 

Ya udah balik ke topik, ya. 
Terus gimana tips menikmati kopi agar tetap aman tidak terganggu sakit maag? Menurut Aga yang pernah jadi cameo di film Filosofi Kopi 1, ada beberapa cara mengatasi sakit maag yang bisa kita lakukan.  

solusi sakit maag untuk penggemar kopi

Cari kopi yang tingkat keasamannya paling rendah

Ini penting banget karena minum kopi apalagi saat perut kosong bisa memicu produki asam lambung. Untuk jenis kopi, Aga menyarankan untuk memilih kopi arabica daripada robusta karena kadar kafeinnya lebih rendah.  By the way, soal kafein ini sebenarnya ga adil kalau cuma nyalahin kopi *puk-pukin kopi*  

Kenapa? karena kandungan kafein sebenarnya bukan hanya ada pada kopi saja. Teh, cokelat atau minuman berkarbonasi semacam cola gitu pun ada kafeinnya. Hanya saja  masing-masing punya kadar yang berbeda. Kalau minum minuman ini ga bikin masalah dengan lambungnya, sebenarnya kopi itu aman-aman saja untuk dikonsumsi. Ya pastinya jangan berlebihan juga. Apalagi kalau udah malam diatas jam 20.00an. Skip aja.

solusi sakit maag untuk penggemar kopi

Teknik Penyajian

Jangan buru-buru kalau mau menikmati kopi, apalagi kalau kopinya yang baru saja disangrai.  Kalem atuh, santai aja. Kopi yang baru disangrai ternyata kadar keasamannya masih tinggi, sangat tidak baik dan bisa memicu munculnya ciri-ciri sakit maag kayak yang saya bilang tadi. 


Kalau di rumah punya alat brewing seperti V60 pun, ada tekniknya, lho. Saya dibikin amaze waktu Aga nunjukin gelembung-gelembung yang meletup saat ia mendemonstrasikan teknik menyeduh kopi.  Gelembung-gelembung yang terlepas ke udara ini ternyata yang bisa menyebabkan sakit maag muncul kalau kita buru-buru minum kopi yang baru diseduh.
solusi sakit maag untuk penggemar kopi

Alat ini ternyata bukan saja berfungsi membantu proses penyaringan kopi tapi juga memastikan aman di minum setelah gelembung-gelembungnya hilang. Hoooh, kalau ngobrol sama expertnya mah obrolan apapun  jadi berfaedah.

solusi sakit maag untuk penggemar kopi

O, ya, ada tips juga dari Aga untuk komposisi alias takaran kopi dan air yang pas. Kata barista yang udah punya coffee shop sendiri sejak tahun 2015 - Coffee Smith Jakarta Coffeeshop & Roastery.  Perbandingannya adalah 1:15. Artinya, 1 gram untuk kopi, diseduh dengan  15 gram air. Tinggal itung aja. Perlu berapa gram air dengan sekian takaran kopi? 

solusi sakit maag untuk penggemar kopi

Sedia Promag selalu

Kalau lambungnya memang rewel, sebaiknya jangan biarkan perutnya dalam keadaan kosong sebelum minum kopi. Pastikan juga selalu sedia promag di rumah atau di tasnya agar ritual (((ritual)))) menikmati kopi tidak terdistraksi sakit maag yang mengganggu.
solusi sakit maag untuk penggemar kopi

Kenapa Harus Promag?

Udah terbukti  sih emang kalau  promag ini tetap eksis. Dari sejak saya masih bocah,  se-usiaan anak SD aja, tagline dari jingle iklannya udah terngiang-ngiang:  

"Mual mules, perih kembung.... Promag obatnya"
Kalau udah gini, saya jadi inget teman saya,  Dydie, yang status-statusnys suka menjebak saya buat ikutan menyanyikan potongan tulisannya buat dinyanyikan. Duh, Dy, kamur racun banget, sih?


Kandungan hidrotalcite, magnesium, hydroxide dan simetichone di dalam Promag ampuh mengatasi sakit maag seperti mual, mules, perih kembung dan nyeri ulu hati.

Jangan khawatir kalau kalian termasuk tipe orang yang parno atau ga biasa ngunyah obat tablet, entah karena ukurannya yang mengintimidasi atau karena ga terbiasa dengan rasanya.  Promag tersedia dalam 4 varian lainnya yang bisa kita pilih. 


  • Promag Cair
  • Promag Fruity
  • Gazero 3
  • Promag Double Action
Gimana? komplit kan? Iya, dong. So, sekarang kalau mau ngopi ga usah was-was lagi karena sudah ada solusi yang tepat buat mencegah timbulnya sakit maag.  
solusi sakit maag untuk penggemar kopi

Ngopi? Siapa takut? Apalagi kalau bareng kamu *uhuk*
Mungkin nanti kalau nemu waktu yang pas dan ngobrol santai soal foto-foto (sambil praktik juga pastinya), kopi bakal jadi minuman wajib ada. Mudah-mudahan ga harus menghabiskan 10.000 jepretan foto buat tau di mana letak kekurangan saya mengeksplorasi teknik memotret yang baik dan benar. 


Sekilas Kalbe

Ternyata usia Kalbe Farma sudah lebih dari setengah abad, lho. Tepatnya sejak tahun 1966, Kalbe sudah malang melintang di dunia farmasi terdepan di Indonesia. Kalbe menjadi perusahaan farmasi yang memiliki 4 divisi, yaitu Obat Resep, Produk Kesehatan, Nutrisi dan Distribusi and Logistik. Di pasar internasional pun perusahan Kalbe sudah wara wiri di di negara-negara ASEAN, Nigeria, dan Afrika Selatan, dan jadi perusahaan produk kesehatan nasional yang kompetitif di pasar ekspor.

Dengan dukungan sekitar 17.000 karyawannya, Kalbe tumbuh sebagai penyedia layanan kesehatan terbesar di Indonesia. Kalbe memiliki keunggulan keahlian di bidang pemasaran, branding, distribusi, keuangan serta riset dan pengembangan. Selain menjadi perusahan farmasi yang terbesar di Indonesia, Kalbe Farma juga jadi perusahaan produk kesehatan publik terbesar di Asia Tenggara. Pada akhir tahun 2017, tercatat memiliki nilai kapitalisasi pasar Rp79,2 triliun dan nilai penjualan Rp20,2 triliun.

You May Also Like

23 comments

  1. Uhuk ngopi bareng barista ternama ya..?

    BalasHapus
  2. Sakit maag, obatnya minum air hangat. Aman deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau air hangat aja rasanya kurang, Mas huehehe

      Hapus
  3. Kalau aku biasanya pilih kopi dengan biji yang bagus dan biasanya setelah perut terisi

    BalasHapus
  4. Boleh nih ngopi bareng Mak Efi. Dibawain Promaag pastinya kan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuuu. Kopinya dari Nurul, aku siapin Promagnya, ya hehehe

      Hapus
  5. Habis baca ini jadi ga khawatir nyeri lambung lagi deh waktu ngopi.. Btw abang nya cakep. *ehh

    BalasHapus
  6. Pantesan kayak pernah lihat mas Barista ini ternyata di iklannya Promag. Saya pun termasuk yang menhndari kopi karena maaf. Tapi habis baca ini jadi tahu kopi bukan satu-satunya kafein yang nggak cocok untuk lambung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah sekarang udah tau kan triknya bair minum kopinya tetap aman dan nyaman, ya

      Hapus
  7. kopi mengingatkanku pada deadline hahahha

    aku bukan penggemar berat kopi, tapi ya suka aja gitu. untung ya mb ada promag yang jadi sahabat setia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, solmetnya para deadliner, ya. Nah, setelah sedia kopi, jangan lupa Promagnya juga disediakan selalu, ya

      Hapus
  8. asyik, lambung tetap aman biar minum kopinya agak sering

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awas ah, biar udah ada Promag tetep jaga minumannya. Yang berlebihan tetep aja ga sehat

      Hapus
  9. Ngopi itu enak banget tapi kalo pas maag gak enak eh tapi kalau aku biar aan juga ngopinya pas panas-panas ga dingin kalo dingin ya itu kadang sakit perut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku malah lebih suka yang dingin sih kalau ngopi hehehe, tapi biar beda selera soal penyaijan kita udah tau triknya biar ngopi tetep enak, ya

      Hapus
  10. sekarang mah alhamdulillah kalau mau ngopi ga khawatir lagi karena sudah ada solusi sakit maag

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes, bener nih Tian. Kuy ah, kita ngupi

      Hapus
  11. Kalau tahu ilmunya, minum kopi jd ga khawatir maag lagi ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Li. Apa-apa kalau ada ilmu mah jadi enak dan aman buat dijalanin (((jalanin)))

      Hapus

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.

Followers