Tarik Tunai Tanpa Kartu ATM

August 12, 2018

Dua  hal wajib yang bisa membuat hari-hari terasa hampa kalau tidak ada di tas adalah  HP dan dompet. Hayooo, pernah ngalamin ga salah satu dari mereka lupa ga kebawa?   Kan suka kepikiran tuh kalau HP ketinggalan. Takut ada telepon atau chat/pesan penting.  Biasanya kalau masih deket dari rumah, kita bakalan segera putar balik ke rumah. Ngambil HP yang teronggok (((teronggok))) di sudut kamar.  Kalau udah jauh ya udah wassalam deh, pasrah aja dan menabahkan hati begitu balik ke rumah, mendapatkan deretan miss call atau pesan yang berjejal masuk disertai omelan hahaha.

Gimana kalau ketinggalan dompet? Masih bisa sih diakalin pake dompet digital buat bayar ojol atau taksol , atau pinjem uang temen buat beli makan ini itu, misalnya. Ya kalau  pas lagi bareng temen, sih. Kalau mau pinjem sama orang lain yang  ga begitu deket, kan segen mau pinjem, walau cuma 20-50 ribu misalnya.  

Kemarin itu saya baru aja ngalamin kejadian konyol, dompet sih bawa. Cuma ada 30 ribu uang cash yang ada di sana. Pas saya cek lagi, eya ampuuuun, kartu ATM ketinggalan. Gara-garanya saya lupa sehari sebelumnya untuk menyimpan kembali kartu ATM ke dompetnya. *Sigh -_-*
  
Siang kemaren rencananya saya mau nonton film dan butuh sedikit jajan. Buat ongkos aman sih, karena punya dompet digital buat bayar ojol (iyes, saya emang fans berat ojol hahaha). Lah gimana buat jajan? Masa bayar pake transfer atau M-Banking?  Sementara itu tiket nonton sih udah aman karena udah saya siapin sebelumnya heuheu....

Jadi gimana, atuh?
Saya ga keabisan akal, dong. Untunglah saya pernah baca artikel tentang tarik tunai di atm tanpa kartu. Iyes, beneran kita bisa narik uang dari rekening kita tanpa kartu. Bukan sihir, bukan ajaib (apa sih).  Just in case sewaktu-waktu kalian ngalamin seperti apa yang saya alami kemarin, boleh deh simak cara-caranya, ya.

Yang pertama harus kita lakukan adalah  membuka aplikasi m-banking.  O, ya ngomong-ngomong soal aplikasi digital dan tabunga, sebisa mungkin saya ga bawa-bawa token untuk memudahkan transaksi. Males aja kalau sampai ilang, jatuh dan kudu ngurusin minta gantinya. Kan ada kartu atm atau aplikasi m-banking itu, buat memudahkan transaksi perbankan lewat HP. Yekan?

Lanjut ke topik, yaaa....
Setelah masuk ke aplikasi m-banking, pilih deh menu Tarik Tunai, tap  TARIK TUNAI DI ATM, terus masukan nominal yang akan ditarik. Nanti akan muncul kode yang akan kita masukan saat ngambil di ATM nanti. Jangan sampai lupa. Kode ini hanya akan berlaku dalam 2 jam sejak kita mendapat notifikasinya. kalau kelewat, tinggal minta ulang aja kodenya.



Berhubung ga semua ATM  BCA punya fitur tarik tunai tanpa kartu, kita bisa minta bantuan VIRA (Virtual Assistant Chat  Banking BCA). Caranya buka aplikasi messenger FB di HP (kalau ga da install dulu), trus di menu search ketik BCA, nanti kita akan terhubung dengan akun VIRA. Selanjutnya bakal ada sesi wawancara muahahaha.... (((wawancara))) standar. Ini yang jawab adalah template sistem, bukan officer lho. So, jangan kepikiran buat ngobrol ga penting gitu. 


Berikutnya ketikan ATM terdekat dan pilih fitur ATM Transaksi Tanpa Kartu. Selanjutnya VIRA bakal nanya di mana lokasi kita. Untuk yang satu ini tinggal share lokasi terdekat. Jangan jawab dengan manual semisal aku di hati mu atau di BIP, di Jalan Sunda, karena jawaban semacam ini hanya akan bikin VIRA sedih *puk puk VIRA*

Setelah share location, nantiVIRA akan memberi tahu di mana saja ATM terdekat yang punya fasilitas Tarik Tunai Tanpa Kartu. Sesuai dengan lokasi yang terdekat yang sudah diarahkan VIRA, saya menuju ATM BCA di BTC (Bandung Trade Center), pas banget karena satu area dengan bioskop XXI. 

Begitu datang ke lokasi ATM, saya dengan percaya diri nyamperin ATM. Nah ternyata beneran di layar ada menu Tarik Tunai Tanpa Kartu. Setelah menekan menu yang dimaksud, saya mengikuti langkah-langkah berikutnya dengan memasukan nomor HP dan kode yang tadi sudah saya dapatkan.
Taraaaa...... beneran, uangnya keluar. Yeay, my day was saved!  Alhamdulillah.





Ga seperti tarik uang dengan cara biasa yang menggunakan kartu ATM, tarik tunai tanpa kartu ini ga bisa mencetak bukti transaksi seperti biasanya. Tapi jangan khawatir,  kalau pas cek di mutasi via internet banking atau cetak buku tabungan bakal keliatan kok, dan nominal yang tercetak emang sama (emang bakal lebih kecil yang tercantum di sana?).

Jadi, kalau kapan-kapan teman-teman lupa ga bawa kartu atm dan uang tunai yang ada di dompet segitunya mengharukan, ya udah, tinggal manfaatkan fitur Tarik Tunai Tanpa Kartu seperti yang saya lakukan, ya. Yang harus diinget, saldo di rekeningnya enggak lagi semaput atau minim :D

You Might Also Like

9 komentar

  1. aku sempet liat iklan ini di youtube, dan aku jadi merasa sekarang segala sesuatu dibuat mudah ya teh, even mau narik duit aja pake hape, keren banget deh

    ReplyDelete
  2. Wah aku baru tau loh BCA bisa kaya gini, dimudahkan juga ya sbg nasabah. Sayangnya baru BCA aja yang syariah belom ada ya..
    Jadi pengen beralih ke BCA konvensional juga nih hehe

    ReplyDelete
  3. Baru tau bisa begitu heu... Sekarang segala bisa jauh lebih mudah ya :)

    ReplyDelete
  4. Waaah praktis bener. Hanya BCA yah yg bisa begini ?

    ReplyDelete
  5. Semua serba praktis dan mudah ya teh skrg.. liat ini aku langsung keingetan mau urus m-banking. Karena selalu ngerepotin orang tiap belanja online hahaha

    ReplyDelete
  6. Wah canggih uy..teknologi memang semakin memudahkan kita yah..aku padamu bca

    ReplyDelete
  7. sempat liat poster2 promosinya. semakin canggih semakin mudah hidup kita

    ReplyDelete
  8. Wow, makasih tipsnya efi, bermanfaat banget nh buat nasabah bca kayak saya

    ReplyDelete
  9. Aku udah pakai BCA dari kapan tahun tapi belum pernah nyobain fitur ini. Tadi langsung ngecek di mobile banking. Thanks info cakepnya Teh Efi.

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.