Thursday 5 April 2018

Melinda Fest, Bukan Sekadar Ajang Pencarian Bakat

Dentingan piano yang dimainkan gadis berbaju merah menarik perhatian saya. Entahlah, suka aja. Saya buru-buru mendekat ke sisi panggung walau harus 'bersaing' dengan penonton lain yang juga ingin memotretnya dari dekat. Belakangan saya baru tau nama dari gadis berusia 10 tahun ini adalah Sarah Maria Panggabean. Siswa kelas 4 SD Kristen Yahya, Bandung. Ga lama setelah itu, Sarah naik ke panggung lalu cas cis cus menyapa penonton dengan bahasa Inggrisnya yang lancar dan fasih. Ternyata bener aja tebakan saya. Sarah terpilih jadi juara pertama untuk kategori SD dalam acara Melinda Festival pada akhir pekan kemarin yang berlangsung di atrium Festival City Link, Bandung. 

Akhir pekan kemarin, saya dan 8 teman-teman Blogger Bandung menghadiri acara Melinda Fest yang diselenggarakan Melinda Hospital Group yang berkolaborasi bareng The Queen Maker Production. Hunting bakat-bakat ini dimulai pada Januari 2018 dengan cara melakukan kunjungan ke sekolah-sekolah yang memang sudah memiliki bakat-bakat potensial. 



Pencarian bakat juga dilakukan dengan cara audisi umum dan melalui jalur yang didukung oleh Dina Pendidikan Kota Bandung. Kurang lebih ada 720 murid yang ikut audisi (terdiri dari siswa TK dan SD). Dari proses seleksi, kemudian tersaring sebanyak 154 orang ke babak final dan berlanjut ke babak final yang diikuti oleh 50 orang, terdiri dari 15 murid TK dan 35 murid SD. 

Kalau dari kategori SD ada Sarah yang terpilih, Kimberly Michelle Olivia (4 tahun) memenangi kategori TK. Murid dari TK Bintang Mulia ini mengunjukan bakat Catwalk dan Sulapnya di depan juri. Lucu deh liat posenya yang udah siap dijepret kamera. Saya dan teman-teman tertawa geli mendengar jawaban polosnya saat sesi tanya jawab. 



Sarah sudah cukup lama lho belajar pianonya, tepatnya sejak berumur 3 tahun! Gadis manis yang juga menyukai matematika dan taekwondo ini tidak  merasa terpaksa untuk menekuni piano. Sempet tuh saya tanya, apa pernah merasa bosan? Jawabannya enggak. Emang karena udah suka, sih ya. Jadi enjoy aja. Dari arahan kedua orangtuanya, Sarah kemudian memilih musik klasik sebagai passionnya. Kalau Singapura  punya ikon musisi klasik Vanessa Mae dengan biolanya, Indonesia bakal punya Sarah dengan pianonya, nih. Semoga, ya.  

Untuk terus mengasah bakatnya, setidaknya Sarah  latihan main piano di rumah, minimal satu jam saja setiap hari. Selain itu ia juga mengikuti les sekali dalam seminggu. Ga ada bakat yang ujug-ujug gitu kan, ya? Nih contohnya Sarah. 

Penilaian dalam ajang Melinda Fest fokus pada sisi intelektual (IQ), emotional intelligence (EQ), dan pengetahuan anak yang berhubungan dengan dunia kesehatan, pendidikan dan pengetahuan umum. Makanya, Melinda Fest ini tidak akan selesai dengan pengumuman juara dan pemenangnya dikirim mewakili Indonesia ke Bangkok untuk jadi duta Indonesia di ajang “Internasional Kids of The Year 2018” di Bangkok, Thailand. Nantinya mereka juga akan dilibatkan sebagai ikon untuk kampanye isu-isu yang berkaitan dengan dunia mereka seperti pendidikan dan kesehatan. 

Rencananya, Melinda Hospital Group akan menjadikan ajang ini sebagai event tahunan, dimana mereka juga percaya jika ajang ini bisa memperdalam hobi dan juga bakat serta nilai kreativitas anak-anak. Selain penampilan piano yang dimainkan Sarah atau Sulap an bakat catwalk yang dilakukan oleh Kimmy, saya sempat melihat anak lainnya mempertontokan baaktnya seperti menyanyi, menari dan juggling. Jadi envy deh, jaman saya masih bocah event kayak gini kan jarang ada, ya? 

Wow, keren, ya? Kecil-kecil udah moncer gini bakat dan prestasinya. Semoga bisa mengharumkan nama Indonesia di Bangkok nanti, ya, Sarah. 

Anyway, berikut ini adalah daftar pemenang dari  masing-masing kategori. 

Juara Kategori SD

JUARA 1 : Sarah Maria Panggabean - SD Yahya - Piano

JUARA 2 : Michael Geraldo - SD ST Yusuf Cikutra - Nyanyi

JUARA 3 : Sonia Putri Nur Illahi - SD Plus Araffah Rancaekek - Jaipong

JUARA FAVORIT :  M. Davenzsky N - SDN 113 Banjarsari - Sepatu Roda / Inline Skate

JUARA HARAPAN :
  • Mishkan Jubilee Manurung - Temasek International School - Make Up Artist
  • Chelsea Aurelia Adellyne Kustiawan - SDK 1 BPK Penabur - Wushu
  • Hikmah Amalia - SD Pasir Pogor - Dance Modern ( Mario Bross )

Juara Kategori TK

JUARA 1 : Kimberly Michelle Olivia -TK Bintang Mulia - Catwalk dan Sulap

JUARA 2 :  Adven Gideo- TK Yos Sudarso- Wushu

JUARA 3 : Arimbi Putri Naderli - TK Iklashul Amal- Jaipong

JUARA FAVORI : Jacob Tanusanjaya - TKK 246 BPK Penabur - Nyanyi


Siapa tahu di event tahun depan yang jadi pemenang berikutnya adalah adik, keponakan atau teman-teman. So, nantikan ajang ini tahun 2019 nanti, ya.
Share:

7 comments:

  1. Keren, suka kagum sama bakat dan kepercayaan diri anak-anak kecil aku mah. Aku yang segede ini aja masih malu2 meong kalo dilihat banyak orang.

    ReplyDelete
  2. Aahh..aku suka sama Sarah dan Kimi, mereka kereen..abis

    ReplyDelete
  3. Ajang penghargaan kaya gini bisa banget buat melatih bakat dari anak anak yaa tteh. Anak anak yg hebat.

    ReplyDelete
  4. Untung Sarah peserta terakhir yah Fi, jadi kita sempet nonton dia :))

    Trus kan aku tanya judul lagu yang dia mainkan, trus dia jawab judulnya panjaaaaaaaang bener, kagak inget deh gue-nya muahahahaha.

    ReplyDelete
  5. masih cile cile udah go internasyenel ya mantap keren ih teh

    ReplyDelete
  6. Keren anak-anak jaman now mah pedenya udah kebangetan kalo ikutan ajang bakat, nggak kayak aku jaman dulu masih shy shy cat :))

    ReplyDelete
  7. Keren-keren ya, anak-anak itu. Masih kecil sudah memiliki prestasi melalui bakatnya masing-masing

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.