Thursday 5 April 2018

Cara Mudah Menentukan Paket Internet yang Tepat [Sponsored Post]

Siapa coba yang merasa ga butuh koneksi internet? Boong banget deh kalau di gadgetnya minimal aja ada aplikasi chat semacam WA atau Line gitu trus ngakunya ga butuh internet. Yakiiin? Walau pengguna internet kebanyakan ada di segmen anak-anak milienial dan mereka yang ada di perkotaan, rasanya internet udah masuk dalam sembako kalo boleh. Eh tapi ga bisa dimakan, sih, ya hahaha…. 

Kalau ga percaya nih saya kasih data dari badan statistik. Makin ke sini bukan ke sana atau situ (apa sih), kalau pemakaian internet terus mengalami kenaikan. Ya ini mah makanan empuknya para provider, ya. Alias peluang manis untuk menawarkan paket internet bagi masyarakat. Bukan hanya berlomba untuk menawarkan harga yang murce marice alias murah, tapi juga diimbangi dengan layanan koneksi dan kecepatan saat berselancar di dunia maya. Apalah gunanya kuota murah kalau pas dipake malah payah. Ya, kan? Pertanyaannya, gimana caranya biar tau atau ga keliru memilih provider yang cocok? Nah, lho. Ada yang masih bingung? Jangan bingung, berat. Biar yakin aja #terDilan yang maksa :) 

Wait. Kita petaakn dulu kebutuhan internet. Mulai dari kebutuhan pekerjaan, bisnis, sekolah bahkan buat hiburan juga butuh internet. Hayo siapa yang suka liat vlog biyuti bloher? Tutorial DIY? Resep masak dari Chef yang praktis endebra endebre.

Karena emang butuh banget, bahkan kayaknya telat makan gapapa asal kuota selalu ada. Sekali lagi kita kasih high light kalau kebutuhan internet itu jangan salah milih dalam memenuhinya. Karena kayak saya bilang tadi, koneksi payah itu bikin susah. SOo, kalau mau melirik paket atau provider lain, mending perhatikan dulu hal-hal berikut ini: 

Seperti Apa Kebutuhan Internet Kita? 

Iyes, karena pemakaian internet setiap orang ga akan sama. Ada yang butuh sekian giga, ada yang belasan giga aja cukup buat sebulan. Eh tapi dengan paket yang sama udah abis saja dalam seminggu. Selain itu jangan lupa untuk ngecek masa aktif paket. Sayang lho, masih sisa banyak tapi udah abis. Terus ga bisa diakumulasikan. Hiks hiks…. Atau nih dengan nomimal yang sama, kita galau milih paket yang ditawarkan oleh provider. Makanya, penting banget untuk tahu kayak gimana sih pemakaian internet kita dalam sehari, seminggu sampai sebulan. Nah kalau udah tau, lebih yakin deh nantinya mau beli paket yang mana. 

Pilih Operator yang Tepat dengan Kondisi Lokasi di mana Kita Berada 

Jadi jangan latah hanya karena temen kita pake provider warna ini kita ikut-ikutan pake juga. Karena belum tentu provider yang sama bakal punya sinyal yang kuat di daerah yang berbeda. Ga percaya? Coba deh uji kecepatan operator yang berbeda di tempat yang beda pula. Nanti bakal ketauan mana sih yang lebih unggul. So, pilih deh provider yang emang koneksinya kencang di sekitaran tempat tinggal kita. Kita, ya. Bukan yang lain. 

Pilihan Harga yang Terbaik. 

Iya, harga juga pasti pentin lah, ya. Bisa sih harganya murah trus kuotanya guide, pake banget. Bikin ngiler. Tapi balik lagi sama kenyataan. Kuat ga sinyalnya di sekitaran tempat tinggal kita? Ya mubazir lah murah tapi ga kepake. Murah atau mahal bukan ukuran dalam hal memilih provider yang sinyalnya ga megap-megap alias koneksinya lamban. 

Perhatikan Daya Dukung HP/Gadget 

Nah ini jangan sampai kelewat. Iya sih, ada bonus paket 4G yang menggiurkan. Eh HPnya udah support di jaringann 4G, belum? Percuma aja kalau HPnya cuma mentok di jaringan 3G. Bunosnya ga bisa dipake. Solusi gampangnya kalau mau kuota 4Gnya kepake ya ganti HP hahaha…. Saran macam apa ini? 

Cek Masa Aktif 

Karena pemakaian kuota juga dibatasi masa aktif. Ada paket yang cuma berlaku seminggu, ada juga yang sebulan. Kalau tiba-tiba ga bisa dipake internetan padahal pemakaiannya biasa aja mungkin karena masa aktifnya udah lewat. Ya murah, sih trus kalau lagi urgent dan sialnya ga bisa dipake internetan gara-gara masa aktifnya lewat gimana, dong? Jangan sampai tugas atau pekerjaan jadi molor. Apa ga bete tuh diomelin dosen atau klien? Atau ikutan lomba dan setorannya cuma selisih dikit aja dari deadline tapi tetep aja dianggap gugur. Nangis, nangis, deh *pukpukin* 


Gimana, sekarang udah kebayang, kan mau seperti apa belanja kuota internetan yang pas sesuai kebutuhan tapi ga jadi mubazir? Jangan lupa juga, untuk pemakaian HP, tablet dan modem ternyata beda, lho. Kalau pengen dapat paket yang lebih mudah, bisa tuh belanja di olshop yang juga menyediakan paket-paket internetan dari semua provider. Mulai dari 50 ribu udah dapet tuh.
Share:

2 comments:

  1. saya beli di e-commerce teh, kuota internetnya lebih murah dibandingkan di toko sebelah wkwkkw

    ReplyDelete
  2. Saya bisa uring-uringan kalau internet mati hahaha

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.