Saturday 31 March 2018

Tetap Wangi dan Nyaman Beraktivitas Ooutdoor Berkat Downy Baru

Satu hal menyenangkan tentang warna hitam dalam dunia fashion itu bisa menyamarkan body size. Bisa membantu menyamarkan timbunan lemak di perut hahaha. Beneran! Plisss, percayalah. Walau saya terlihat mungil, sebenernya perut saya rada ndut, ada lemaknya gitu. Ga pernah olahraga, sih :D

Di sisi lain, warna hitam itu elegan. Apalagi kalau datang ke pesta.  Untuk yang berhijab, no worry deh. Warna apapun bisa di-mix and matchkan. Jadinya tetep enak dilihat.

Tapi gimana kalau pake warna hitam untuk aktivitas outdoor?  Saya ketik ulang pake capslock, ya. HITAM. OUTDOOR. Udah kayak film horor aja. Bikin ngeri! Hitam itu menyerap panas. Selain bikin gerah dan bulir-bulir keringat lebih cepat merambat di punggung juga bikin  level kepercayaan diri turun beberapa strip. Bikin smelly alias bau badan. Padahal udah pake parfum yang konsentratnya udah level EDT. EDT, lho. Bukan cologne yang emang itungan menit aja udah menguap. 
Foto: Febryanti Rachma
Kok, bisa? Ternyata saya baru ngeh. Kandungan alkohol yang terdapat dalam larutan parfum itu bikin wanginya cepat pudar.  Hal ini saya ketahui pas ikutan acara gatheringnya Downy bersama Laudya Cynthia Bella yang juga jadi ambassadornya Downy Indonesia. 

Sebenernya, saya tuh paling males pake baju item kalau pergi jauh. Bandung - Jakarta sebenernya ga jauh amat. Cuma panas-panasan gitu ya lumayan juga bisa bikin luntur make up dan kepercayaan diri hahahaha.. Tapi karena exciting banget mau ketemu para Makmin dan beberapa blogger yang sebelumnya belum pernah ketemu atau lama ga ketemu,  saya belain dandan yang anggun.  Jarang-jarang kan, saya tampil kayak  foto di atas ini?  O, ya kenalin. Di sebelah saya ini namanya Dewi. Beliau aslinya orang Bandung. Karena udah nikah, jadi ikut suami dan tinggal di sekitaran Depok. Udah 3 tahun kami ga ketemu. Acara ini seakan jadi ajang tali kasih hahaha... So, kami sempetkan buat foto bareng di venue.

Siapa sih yang pede pergi ke luar tanpa pake parfum?  Pasti ga ada, kan?  Walaupun udah pake deodorant, tapi, kok, ya tetep aja rasanya ada yang kurang.  Pengharum pakaian yang sebelumnya sudah kita pakai sehari-hari, baik itu yang dicelup ke cucian sebelum dijemur atau disemprotkan ke pakaian saat disetrika wanginya kurang nampol. Sama kayak parfum, sebentaran aja bertahannya.

Untuk menjawab semua permasalahan itu, Downy hadir dengan memberikan solusi untuk kita semua. Iya, kita, lho. Solusinya asik karena dengan inovasi terbarunya ini,  Downy mempersembahkan pengharum pakaian yang tahan lama dengan kualitas premium tapi irit di kantong.

Hadir dalam acara  perkenalannya sebagai Brand Ambassador Downy Indonesia, Laudya Cynthia Bella  berbagi pengalaman dan ceritanya seputar aktivitasnya saat ini.Dengan iklim Indonesia dan Malaysia yang bersifat tropis,  tantangan terbesar yang dihadapinya adalah  pakaian dan hijab yang dikenakannya jadi berkurang kesegarannya karena beraktivitas di luar ruangan.

"Saya merasa bangga karena dapat menjadi bagian dari sekelompok wanita kuat yang memiliki semangat tinggi dalam berjuang meraih yang terbaik, sekalipun harus berhadapan dengan teriknya sinar matahari. Sebagai Ambassador Downy pertama yang menggunakan hijab, saya pun ingin menyebarkan kabar gembira mengenai kehadiran Downy baru dengan Teknologi Tahan Panas ini untuk membantu para wanita di Indonesia agar dapat beraktivitas lebih nyaman dan percaya diri dengan pakaian dan hijab yang kesegarannya terjaga sepanjang hari,”

And you know what? Berdasarkan survey yang dilakukan oleh AC Nielsen di 24 negara dunia (termasuk 4 benua( selama periode Juli 2014 - Juni 2015, Downy dengan formula parfum collectionnya  menjadi brand terdepan sebagai pengharum pakaian.   Wooohoooo, keren, yak?

Saat ini Downy hadir delam 6 varian pihan warna yaitu Mystique,  Sweetheart, Passion, Daring, Fussion dan Romance. Dalam kesempatan ngobrol-ngobrol bersama Bella (walaupun cuma bentar banget hiks hiks)  saya dapet bocoran kalau artis cantik istrinya Engku Amran ini menyukai varian Mysyique alias Downy dalam kemasan botol hitam.



Abaikan muka saya yang segitu terpananya, ya  hahaha....

Dalam kesempatan yang sama, hadir juga Louie Morante, selaku Regional Brand Communications for P&G Asia Fabric Care. Saya pikir ya orang yang levelnya udah kayak Louis ini ga bakalan nyentuh lagi yang namanya setrikaan. Ternyata saya salah. Duh maafkan saya. Sambil cerita beliau kangen dengan ibunya, Louie membuktikan kalau parfum Downy ini emang tahan lama.  Coba liat deh di video berikut, ya.


Jadi, saya ngerti deh sekarang kenapa baju yang udah disemprotin parfum malah pudar wanginya karena makin lama, wanginya ikut lepas bersamaan dengan  kandungan alkohol yang ada di dalamnya. Uniknya Downy ini justru karena semakin kena panas, aroma wanginya akan menguar secara perlahan.  Tuh buktinya kayak di video di atas.

Masih menurut Louie nih:
“Downy Parfum Collection Baru dengan Teknologi Tahan Panas ini memang diciptakan untuk merayakan semangat para wanitaIndonesia yang tak pernah padam dalam menghadapi suhu udara panas setiap harinya. Dengan wanginy yang tahan lama, rangkaian Downy Parfum Collection TM terbaru dapat melengkapi gaya hidup wanita Indonesia yang dinamis dan membuat pengalaman saat membersihkan dan menyiapkan pakaian terasa lebih menyenangkan."

Dengan wanginya yang tahan lama, beneran deh, mendukung semangat untuk terus beraktivitas meski saat cuaca sedang berat dan panas sekalipun. Tau ga, sih kalau ternyata Bella ini punya hobi maen sepeda bersama Alisya putrinya? Hmmm... sekarang panas-panasan ga usah worry. Buat muka udah  proteksi dari  sun block. Buat  pakaian?  Ada Downy.  Uhuy, senengnyaaa...

Gimana soal harga?
Kalem. Walau kualitasnya premium,  harga pengharum pakaian Downy ini affordable, alias terjangkau. Harga eceran yang berlaku untuk kemasan isi  ulang untuk semua varian isi  ulang masing-masing adalah sebagai berikut:
  • Isi Ulang 230 ml Rp 10.900
  • Isi ulang 800 ml Rp 28.500
  • Isi ulang 1500 ml Rp 51.900

Kan... kan... ga bikin bokek? So, alokasi belanja parfum bulan depan bisa tuh digeserin buat keperluan lain. Beli Skin Care, nambah koleksi lipstik, buat ngopi cantik atau ditabung aja?  Hayuuuk wae lah.



Share:

Friday 30 March 2018

Tentang Pengemudi dan Layanan Moda Transport Online

Hai hai.... tanya dong.

Ada yang belum pernah naik taksi atau ojek online sama sekali? 
sumber foto: http://cerita.picmix.it/

Kayaknya ga ada deh. Minimal sekaliii aja pasti pernah. Entah itu jalan sendiri (maksudnya ga sama temen) atau dua-duanya. Ya jadi penumpang ojek online atau taksi online. Saya sih seringnya pake ojek online kalau pas lagi butuh cepet. Bahkan  kalau lagi selow alias santai pun kadang saya masih pake mereka. Alasannya macem-macem. Karena males macet-macetan atau ngetem, faktor keamanan kalau pulang udah malem dan sebagainya.

Beberapa waktu yang lalu saya dan 3 orang temen blogger dari Bandung (Nchie, Mak Edelyn dan Teh Ida) ngebolang bareng ke Jakarta. Dari Bandungnya pake kereta dan finish di Stasiun Gambir. Dari Gambir ke tujuan berikutnya kami memutuskan untuk naik Grab bareng-bareng. Lebih murah karena urunan berempat dan ga panas juga, kan. Duh, ya ampun hari itu Jakarta rasanya hot banget. Gerah!  Orderan pertama via aplikasi di hp saya ternyata ditolak sama drivernya. Alesannya ga boleh berempat. Gitu katanya pas driver nanya saya sama siapa aja.

Hah? Kok ga boleh? kan bisa 1 di depan nemenin driver yang sedang bekerja dan 3 uyel-uyelan di belakang. Ya, kan? Body size kami standar, malah dua diantaranya mungil. Jadi sebenernya ga ada masalah. Tapi ya udahlah, males berantem dan ngomelin driver. Saya cancel pesanannya dan pesan lagi pake aplikasi grabnya Nchie hihihi. Kenapa ganti yang order? Ya gapapa, yang penting sampe, kan.

Kebetulan pas waktu itu lagi ada demo  driver ojek online online. Saya baru tau kalau Uber diakuisisi oleh Grab. Detail  yang jadi penyebab mereka unjuk rasa  ga akan saya ceritakan di sini. Silakan googling aja, ya. Saya jadi kepancing (ikan kali ah) buat cerita attitude pengemudi Uber yang 90%  positif di mata saya dan driver lainnya plus aneka  printilannya. Yang dari Grab dan Go-Jek juga mostly baik-baik aja, sih. Cuma kalau ada yang rese yaudahlah. Nobody, perfect *tsaaah* Kan, tinggal kita tambahkan di  catatan waktu kasih rating kinerja mereka di aplikasinya. 

So, seperti ini penilaiaan saya soal mereka.

Tarif

Saya punya semua aplikasi di hp. Bikin sempit memori, sih.  Wkwkwk... Tapi sangat membantu  dalam hal membandingkan harga.  Grab punya keunggulan di kode promo yang mana kalau kita masukin di pesanan lumayan membantu. Tapi pake saldo Grab Pay atau bayar tunai, tarif yang dibebankan sama aja.  Belakangan Grab udah ga bisa top up alias isi ulang saldo seperti yang biasa saya lakukan di mini market. Lumayan bikin rempong kalau lagi ga bawa uang pas. Jadinya, saya kerap minta drivernya mampir ke warung kecil dulu buat ngerecehin uang. Niat ngehemat pake kode promo jadi rada samar karena nambah alokasi buat jajan dadakan hahaha.... Saya seringnya pake buat beli air mineral buat ini. 

Sedangkan Gojek lebih enak kalau bayar pake Go Pay. Walau kok makin sini makin dikit aja selisihnya antara tarif gopay vs tunai. Tapi, kadang suka ada promo gitu yang dalam jarak tertentu malah kita jadi gratis pas pesen. Cuma suka kasian aja sama pengemudinya kalau ternyata kita jadi beneran cashless. Ga motong saldo pun. Kalian suka kasih lebihan ga sih, kalau pas dapet promo Gojek kayak gini?
sumber: http://wradio.com.mx
Gimana dengan Uber?
Uber ga ada fitur top saldo. Kecuali kalau kita dikasih bonus saldo. Mayan banget kan ngirit ongkos hahaha.  Kode-kodean promo juga ga ada. Cuma kalau pas lagi ada diskon, tarif yang dibebankan otomatis berkurang.  Saya jarang mudeng kalau ada promo diskon gini, kecuali pas iseng banding-bandingin.

Nah, Uber ini paling mahal kalau pas lagi hujan atau macet, karena sistemnya kayak argo  Jadi pas pesen di awal tarifnya  let's say kena 25 ribu, pas nyampe bisa jadi 30 ribu misalnya kalau terjebak macet. Grab di jam-jam tertentu suka berubah sedangkan Gojek relatif stabil. Tapi suka ga tega ya kalau ternyata lama di jalan karena macet terus bayarnya tetep. Saran saya, kasih lebihan sama drivernya, ya. Tapi fitur aplikasinya Uber itu keren. Selain ngasih rate, kita bisa baca testimoni dari penumpang lain dan para pengemudi juga bisa kasih rate sama penumpangnya. Adil, kan?

Navigasi

Navigasi Uber paling juara deh buat saya. Dibanding kompetitornya Uber ini yang paling duluan ksaih info waktu kedatangan driver dan  kapan kita sampai. Belakangan  Grab dan Gojek juga sudah menginformasikan berapa lama lagi driver/pengemudi yang mau pick up kita atau ngurus pesanan lainnya. 
sumber: lifehacker

Layanan

Kalau ditanya soal layanan, saya lebih suka Uber. Beberapa kali pake uber motor, kalau pas hujan, pengemudinya bakal menepi terus nawarin untuk pake jas hujan. Tadinya saya pikir ini SOP dari sananya gitu. Setiap pengemudi wajib sedia jas hujan. Iseng deh, saya nanya sama salah satu dari mereka. Ternyata ga ada kewajiban saklek seperti itu. Harus ada jas. Tapi mungkin dari sistem rating mereka menerjemahkannya seperti itu. Sedia jas sebelum hujan. Jas, ya. Bukan payung wkwkwk...  
sumber: http://mediaonlinecenter.com

Untuk driver Grab dan Gojek sepanjang pengalaman saya sih, ada aja yang ga sedia jas. Kalau ujannya gede,  ya udah pasrah minggir dulu, nyari tempat teduh. Kalau buru-buru atau mau balik ke rumah, saya suka nekat nyuruh nembus hujan aja. Yang konyol itu saya pernah mesen ojol trus drivernya cuma pake jas hujan yang dia pake sendiri. Ga ada basa-basinya kalau dia ga ada jas hujan lainnya, atau lupa?  Pengen noyor deh tapi mukanya polos amat hahaha... Pernah juga ada yang nawarin ngumpet di balim ponco yang dia pake. Nyebelin juga karena punggung saya jadi basah, berhubung ponco yang dipake daya 'coverage'nya kan jadi kecil. Sementara drivernya kering dengan mulus dong pas kami sampai di tujuan.  -_-.   

Terus saya juga pernah dapet  pengemudi yang minta maaf karena saya basah kehujanan sementara dia cuma pake jaket biasa juga.  Saya minta dia jalan terus karena buru-buru. Beberapa kali dia nanya mastiin kalau saya baik-baik aja *beuh emang cuma Ratu yang bisa baik-baik aja?* 

O iya hampir lupa, Dulu masih ada yang suka nawarin pake masker. Sekarang udah jarang. Entahlah kenapa.  Kalau pas ditawarin saya terima aja. Buat apa? Buat gaya dong. Eh enggak ding,  menghargai penawarannya aja. Siapa tau kan dia modal sendiri, udah ga disubsidi lagi dari kantor.


Obrolan

Kadang saya suka nanya duluan, atau dia nanya duluan. Kadang juga diem-dieman. Bisa karena drivernya pendiem atau sayanya cape/males ngobrol hahahaha....  Eh tapi saya masih inget beberapa obrolan sama driver. Misalnya nih, Ada yang pinter SEO dan asik diajak ngobrol, ada yang fotografer wedding,  ada yang pernah kuliah S2 di Jerman dan balik ke tanah air karena pengen ngurus ortunya yang udah sepuh. 
foto: trivia.id
Pernah dapet pengemudi mantan bankir yang ga mau lagi nerima gaji dari uang riba (begitu alasannya), curhat soal  penumpang atau pekerjaan, cerita anak/keluarga,  sok akrab ngobrol pake aku kamu, pernah ada yang ngasih saya cemilan keripik karena dikasih banyak sama penumpang sebelumnya, daaaan.... yang paling epik itu beberapa ada yang modusin saya buahahaha..... Saya cuekin, ah. 

Mobil/Motor yang dipakai

Umumnya motor atau mobil yang dipakai standar sih. Tapi beberapa ada yang datang pake motor yang ga biasa. Motor gede semcam  Ninja, Tiger, motor trail gitu atau motor model Yamaha Vario yang joknya lebar bikin penumpang yang duduk di belakangnya makin ngangkang.

 Alhamdulillah, pas dapet pengemudi yang motornya gede ini sopan-sopan.  Mereka jalaninnya dengan kecepatan normal. Kan ada tuh motor tertentu yang katanya lebih enak dijalankan dengan kecepatan di atas rata-rata. Saya makin kencengin doa kalau udah dibonceng adik yang motornya model-model gini. Ga bisa jalan dengan kecepatan biasa katanya. What The..... Antara panik dan sebel saya ngomel-ngomel selama di jalan.  
sumber: http://wradio.com.mx
Balik lagi ke Ojek online kalau pas dapet motor gede, emang effort saya jadi lebih ekstra buat naik. Sebagian udah terbiasa dan tau triknya tapi kadang masih fail hahaha.... Sepatu wedges saya pernah lepas,  di lain waktu saya pernah minta motornya merapat ke samping trotoar, jadi saya dapet pijakan yang lebih tinggi buat naik. Nah yang epik itu ada pengemudi yang nawarin saya pegang pundaknya. Biar gampang naik katanya. 

Hah? Enak di situ, dong. 

Ya mungkin niatnya baik, ga ada maksud apa-apa tapi bisa saya akalin tuh. Dan sampai sekarang sama siapapun drivernya saya ga pernah pegang pundak atau pinggang. Lepas tangan aja, palingan saya pegangan ke behel motor atau pinggiran jok. No way, deh kalau harus pegangangan meski pengemudinya ganteng dan wangi *eh gimana?*

Attitude

Pernah dapet driver yang misuh-misuh ga jelas, ugal-ugalan, atau mukanya bete pas jalanin motor atau mobilnya? Di lain hari saya pernah dapet pengemudi yang baru jalan 5 menit terus saya diturunin dan disuruh cancel perjalanan. Alesannya dia lupa mau jemput anaknya. Sebel udah jelas. Karena perjalanan udah dimulai diaplikasi, saya jadi ga bisa cancel perjalanan. Konsekuensinya saldo saya tetep kepotong. Sementara dia (via chat) memelas, takut kena suspend. Kesel, kan?  Ya udah saya ikhlasin aja deh saldo kepotong. Ratenya ga saya kasih jeblok. Kasian euy. Cuma di chat saya omelin dulu. Next, kalau mau jemput anak jangan ambil orderan. Tapi mungkin yaaa, istri atau siapalah yang tadinya mau jemput anaknya mendadak ga bisa. Ya, siapa tau, kan?
sumber foto: RRI
Kelakuan nyebelin driver juga ketika tau saya pake promo minta dicancel. Padahal dari beberapa obrolan dengan pengemudi,  nilai yang mereka terima tetep. Ga dikurangin. Misalnya gini. Kalau tarif normal nya 20 ribu terus saya pake promo jadi 15 ribu, tarif yang tercatat di akun mereka tetep 20 ribu. Jadi komisi yang mereka terima sebenarnya tetep sama, mau pake promo atau enggak.  

Kalau dibanding-bandingin sih, ga ada yang unggul mutlak  salah satu atas yang lain. Palingan soal tarif yang paling kerasa dan layanan personal dari pengemudi.  Untuk pesan makan atau antar barang saya masih memilih Gojek. Soal lainnya semisal kebetulan dapat mobil/motor yang wangi, terus pegemudinya bersih, cakep dan rapi ya itu mah bonus hahahaha. Kalau Soal pelayanan, saya yakin deh tiap manajemen udah punya standarnya.

Tips

Nah buat yang jarang pesen Ojol atau mungkin sebelumnya ga kepikiran  untuk beberapa hal, saya kasih tips berikut:
  • Pastikan punya uang pas kalau di menu pesanan kita milih pembayaran tunai
  • Pastikan kalau pesen, jarak dia nunggu kita ga kelamaan. Misal baru siap pergi jam 9 pagi jangan pesen jam 8.30. Kelamaan nunggu walau dalam waktu tertentu bisa jadi kita yang  harus nunggu lama. Bisa jadi karena macet atau emang sistemnya menghubungkan kita dengan driver yang lokasinya cukup jauh. Kalau emang beneran perlu cepet, ngomong baik-baik sama mitra pengemudi alasannya. Walau belum tentu sih bakal dapet lagi yang lebih cepet. Kecuali kalau sedang di tempat umum yang mana kumpulan drivernya mudah ditemui. Misalnya kalau di Grab ada fitur Grab Now. Tinggal samperin aja drivernya dan pesanan langsung diproses.
  • Kasih detail alamat atau pick up poin yang jelas biar ga lama nyarinya.  
  • Jadilah penumpang yang peka. Kadang suka ada driver yang nawarin buat top up saldo. Mungkin kita baru aja isi saldo tapi di sisi lain mereka perlu cash money karen belum waktunya cash out alias narik uangnya dari atm
  • Siap selalu parfum, karena  bisa aja kebagian ojol yang helmnya smelly. Atau bisa juga nanya dia bawa penutup kepala, ga? Biasanya suka ada, sih sepaket sama masker. Lumayan kan, biar bau dari helmnya ga langsung kena ke rambut atau hijab kita.
  • Kalau pas cuaca hujan/mendung, ga ada salahnya siapkan jaket. Siapa tau kita kebagian driver yang ga bawa jas hujan
  • Kasih tip? Kenapa tidak? kalau ternyata dia melayani kita dengan sangat baik. Misalnya mau disuruh nunggu, atau mampir dulu sebentar karena harus ke atm atau ke toko


Share:

Thursday 29 March 2018

Royal Kashimura: Resto Jepang yang Berani Kasih Murah

Sedikit rasa masam dari Sushi, yaitu kepalan nasi yang dicampur dengan beberapa bahan berupa daging atau sayur ternyata memang ada kaitannya dengan namanya itu sendiri.  Rasa masam dari sushi ini dihasilkan dari cuka beras, asam dan gula.  Konon nih, dulunya di Jepang sana Sushi tergolong makanan yang mewah. Profesi pembuat Sushi yang profesional pun membuat  strata sosialnya jadi lebih bergengsi dengan salarynya yang hmmm... bikin ngiler. Sama ngilernya dengan citarasa yang dihasilkan dari Sushi itu sendiri.


Beberapa waktu yang lalu, saya dan teman-teman Blogger Bandung mendapat undangan untuk mencicipi restoran makanan Jepang yang baru dibuka, Royal Kashimura beralamat di jalan Lombok no. 45, Bandung.   Pemberian nama ini cukup unik, Royal tapi murah. FYI Nama Kashimura ini memang plesetan dari maksud kasih murah.   Kenapa begitu? Karena dengan membayar IDR 109 K, pengunjung bisa menikmati menu spesial shabu dan BBQ sepuasnya. Tuh kan, murah?

Sebelum mencicipi menu utama berupa shabu dan bbq, sushi jadi pilihan pertama saya untuk  dicicipi. Rasanya pengen nambah lagi, deh kalau ga inget harus menyisakan space untuk shabu  dan bbqnya hihihi.... Dengan aneka pilihan menu shabu dan bbq yang terhidang di counternya bisa memancing lapar mata. 




Untuk kuah shabu, Kashimura menyediakan pilihan rasa original, tomyam, spicy, paitan, sukiyaki dan soybean. Total jendral ada 6 varian. Hari itu saya mencicipi kuah  original. Rasa manis sedikit asamnya segar. Cocok buat menghangatkan perut. Kebetulan hari itu lagi hujan cukup deras,. Keinginan saya buat cheating makan makanan pedas bisa teralihkan karena suah tercover oleh nikmatnya rasa kuah shabu yang saya cicipi itu.



Eh tapi,  saking excitingnya saya mencoba aneka shabu di buffet counter, entahlah shabu mana yang saya cicipi jadi mengundang jerawat muncul di muka. Padahal setiap mau makan di luar,  saya selalu alert  soal makanan pedas atau makanan yang ada sea foodnya. Kalau makan makanan pedas saya masih berani nekat, makan makanan yang ada sea foodnya saya  mikir dua kali.  Efek jerawat dan bruntus yang hadir sesudahnya itu menyebalkan. Semacam kenangan, susah banget hilangnya wkwkwk.... malah curcol.

Salah saya sih, maen comot aja,  ga nanya-nanya dulu sama waiter di sana. Next time saya atau kalian yang baca juga tulisan ini dan punya masalah sensitif sama beberapa jenis makanan terutama aneka ikan atau sea food, mending nanya-nanya dulu, ya. Malu bertanya sesat di jerawat hahaha...

Sudahan dulu curhatnya. Jadi seperti ini penampakan shabu yang saya nikmati hari itu.


Nah kalau ini, kuah shabu rasa tomyam punya Dydie. Kuah-kuah lainnya ga sempet saya fotoin karena sibuk berusaha menghabiskan shabu hahaha.  Tanggung jawab ah, berani ngambil harus berani ngabisin.

Gimana, habis?
Habis dong, makanya saya anteng makan sendiri , cuek ga celingukan ke meja lain. Tadinya sih pengen sok 'ngoloan' buat cicip-cicip tapi ya itu tadi aneka bakso, tofu, jamur dan sayuran yang saya pilih ternyata too much alias kebanyakan. Belum lagi sambil nunggu ngantri di buffet counter saya sempat ngemil (((ngemil))) dua biji karaage yang gurih dan enak banget. Nah karaagenya lupa ga kefoto, maaf :D

Eh, ngantri? Lama dong nunggunya? Sebenernay ga segitu lamanya buat nunggu. Lagi pula Kashimura punya space yang luas. Tersedia 81 meja dengan seting 2, 4 dan 6 orang, plus venue gazebo, so kurang lebih ada 397 kursi yang ada di sini. Karena konsep all you can eatnya ini, di Kashimura ga ada layanan delivery order atau kurir semacam go-food gitu. Gimana mau makan sepuasnya kalau dipesenin gitu, kan? Kasian kurirnya kalau harus milihin,. Rempong.


Selain shabu,  bbq dan sushi masih ada salad, puding dan aneka minuman (ocha, orange juice, thai tea, dan infused water) yang bisa kita nikmati di sini. Saya suka sama ochanya. Sampai-sampai refill beberapa kali. Seger, deh.

\

Selain tersedia playground bagi keluarga yang membawa anak-anak, area parkirnya luas plus layanan vallet parking. Jangan khawatir kalau mau semisal mau membawa rombongan keluarga atau reunian di sini, karena ada aplikasi untuk booking seat yang bisa diunduh dari google play dan apple store. Tentunya kita bisa booking seat ini untuk kedatangan selama  jam operasional, yaitu dari jam 10.00-22.00. Di luar jam itu kalian jangan maksa pesan seat, ya. Ga  akan dilayani soalnya :D


Jangan khawatir bagi  yang akan stay berlama-lama di sini sambil membereskan pekerjaan. WiFi yang kencang plus musola yang nyaman juga tersedia. Sambil membawa laptop membereskan pekerjaan sementara anak atau keponakan bisa asik bemain di playground.

Selain menu all you can eat, di Kashimura juga tersedia paket promo shabu seharga  85 ribu saja. Paket ini hanya berlaku dari jam 10 pagi sampai jam 5 sore, maksimal untuk 2 plate beef.

So, kapan mau ke sini? 

Share:

Tuesday 27 March 2018

Mengenal Alur Sistem Payroll

Sudah akhir bulan, yang dompetnya rada-rada megap-megap sebentar lagi akan menemukan hilalnyaI. Iya, hilal gajian. Bahkan ada juga kan ya, yang emang gajiannya di tanggal 20an. Hayo, ah jangan sampai numpang lewat aja. Sudah mengalokasikan budgetnya buat nabung, belum? *ngomong sama bayangan di kaca* 

Ngomongin soal gaji, (gaji, ya. Bukan gajih, karena ini artinya lemak), kalau yang pernah atau sekarang kerja di perusahaan pasti familiar deh dengan yang namanya payroll. Bagian payroll ini pastinya jadi bagian kesayangan semua karyawan hihihi… Ya iyalah. Penting banget. Di sisi lain yang bertanggung jawab dengan sistem payroll ini juga perlu kecermatan ekstra. Jangan sampai ada yang miss, terus bikin gaji yang diterima oleh karyawan jadi ga sesuai dengan seharusnya. Iya, kan? 

Sementara ini sudah jelas juga kalau setiap perusahaan harus memiliki tools lainnya dalam sistem penggajian yang sesuai dengan undang-undang ketenagakerjaan, BPJS, sampai perpajakan dalam proses perhitungannya. 

Siklus Payroll (Penggajian Dalam Perusahaan) 

HRD payroll jadi aktivitas yang siklusnya berulang setiap bulan untuk memroses data dalam sistem penggajian karyawan. Pergantian karyawan, potongan cuti (kalau ada), pinjaman, reimburse, asuransi bulanan karyawan juga jadi data penting yang diolah. Kurang lebih seperti ini urutan aktivitas yang berlangsung di bagian Payroll. Cari tau yuuuk. 

  • Update File Master Payroll 

Misalnya ada anak baru alias karyawan baru atau menghapus data karyawan yang resign, kenaikan/penyesuaian gaji, dan printilan lainnya akan selalu diupdate agar nantinya nilai yang ditermia setiap karyawan memang sudah benar. 

  • Update Pajak dan Pengurangan Lainnya 

Enaknya jadi karyawan perusahaan itu salah satunya ini. Ga usah pusing-pusing mikir berapa bayar pajak dan gimana bayarnya. Biarkan saja bagian payroll yang mengatur. Karyawan atau staf mah tau beres. Sementara itu staf Payroll akan mengupdate terus data atau informasi terkait pajak. Baik itu bila ada kenaikan tarif atau pengurangannya plus kalau ada tagihan lain sepeerti asuransi kesehatan dan ketenagakerjaan bulanan. 

  • Validasi Absen Karyawan 

Di beberapa perusahaan yang namanya absen berpengaruh besar terhadap nominal gaji yang diterima. Berapa kali kesiangan atau bolos akan memengaruhi jumlah gaji di akhir bulan. Beberapa perusahaan akan memotong gaji karyawannya yang kesiangan, walau sedikit. Tapi ada juga perusahaan yang memberi toleransi untuk karawannya dengan kondisi tertentu. 

  • Mempersiapkan Penggajian untuk Karyawan 

Nah, untuk yang satu ini ada panduan yang digunakan untuk perhitungan gaji. Pertama adalah data jam kerja yang tersedia. Kemudian informasi gaji yang diproleh dari data master payroll dan yang terakhir, orang yang bertanggung jawab mempersiapkan pembayaran gaji tidak bisa menambahkan data atau informasi baru pada file tersebut. 

  • Membayar Gaji Karyawan 

Umumnya sistem pengajian sudah dilakukan otomatis dengan cara transfer ke rekening masing-masing. Namun beberapa perusahaan ada yang masih memberikan gajinya secara konvensional alias tunai. 

  • Menghitung Tunjangan dan Pajak 

Hampir semua perusahaan sudah mendaftarkan staf atau karyawannya sebagai peserta jaminan social, baik ketenagakerjaan, kesehatan dan bahkan asuransi swasta. Nah, poin ini juga termasuk dalam penghitungan. 

  • Bayar Pajak Penggajian dan Pengurangan Lainnya 

Tadi saya bilang soal pajak kan? Nah setelah dihitung dan dibayarkan, tugas bagian payroll berikutnya adalah membayarkan pajak yang sudah dipotong itu tadi. Termasuk juga kalau ada perhitungan lainnya yang harus dibayarkan secara kolektif. 


Kalau dikerjakan secara manual pastinya ribet dan memakan waktu. Dengan adanya sistem digital yang semakain berkembang saat ini, proses pengerjaan jadi lebih mudah dan cepat dengan mengaplikasikan Software Payroll Selain leboh efisien juga membantu proses pengerjaan jadi lebih akurat. Jangan sampai Staf Payroll jadi sosok public enemy di perusahaan karena ada kesalahan.
Share:

Monday 26 March 2018

Rebo Nyunda: Makan Siang Sundaan di BWP Bandung

Kalau ngomongin Rebo Nyunda, biasanya  ga akan jauh-jauh dengan Bahasa Sunda atau dress code Sundanese berupa pangsi atau kebaya.  Tapi kayaknya kita lupa kalau yang berbau Sunda juga ada kulinernya. Kalau ditanya apa saja  kuliner Sunda apa yang kebayang? Tahu gejrot? Ikan peda kabar? Ampas kecap? Apa pun  lah, ya. You name it. Banyak! Dari A sampai Z kalau dijadikan menu harian selama sebulan kayaknya  bakal ga bosen.  Ah ya, jangan lupa juga kuliner khas Sunda itu ga bisa lepas dari sambal dan lalap. Udah sepaket,  ga boleh dipisah.  Makanya, kalau makan siang di lembur dua hal ini selalu ada. Ya, kan?

Beberapa hari yang lalu, saya diundang untuk mencicipi menu baru di Hotel Best Western Premier La Grande, Bandung.  Pas dikasih tau bakal nyicipin menu Rebo Nyunda, sudah terbayang kalau yang bakal saya cicipin hari itu ya makanan Sunda. Tapi yang ga kebayang sama itu ternyata sambal ala urang Sunda itu ada banyak. Bukan cuma sambal tomat, sambal terasi, sambal goang atau sambal leunca. Selain sambel yang citarasanya nyunda banget, ada juga sambel lainnya yang dihadirkan dari penjuru nusantara lainnya. Bahkan sudah langka, seperti sambal picung.  Kurang lebih ada 20an sambel yang tersaji setiap rabu di sini. Hayo, bingung ga, mau milih yang mana?

 Sebenarnya program  Rebo Nyunda All You Can Eat Buffet Luncheon  bukan kali pertama di tahun ini. Sebelumnya tahun kemarin, program serupa juga digelar di hotel yang lokasinya berhadap-hadapan dengan mall terkenal di Bandung, BIP.  Gampang deh, nemunya.


Hanya dengan membayar nett 99K, kita sudah bisa menikmati semua sajian di sini, mulai dari hidangan pembuka sampai penutup selama  3 jam (11.30-14.30). Untuk menu utamanya tersedia  dengan 3 pilihan nasi (nasi putih, nasi goreng & nasi liwet) yang juga bisa kita nikmati. Sebagai pecinta salad, siang itu saya membuka makan siang dengan salad dulu.  Hmmm.... awal yang baik untuk membuka makan siang. Yummy!


Selesai mencicpi salad saya ga buru-buru menuju menu utama alias nasi dengan segala lauk pauknya. Tahu gejrot, cireng dan mie kocok begitu sayang untuk saya abaikan. 



Karena porsinya ga banyak, masih ada lah space buat nasi plus hidangan penutup hihihi. Ya kaan namanya all you can eat. Walau ga bisa semuanya masuk ke perut, sih. Diatur-atur aja ya porsinya.  Lagian kan saya tergoda pengen nyicipin nasi liwet, ampas kecap yang udah lama ga saya cicipin dan itu tadi, aneka sambelnya. Sampe pusing mau milih yang mana, karena banyak banget. 



Saya menjatuhkan pilihan untuk mengambil sambal mangga dan sambal hijau.  Paduan yang pas, pedas dan segar.  Sementara itu masih ada beberapa sambal lainnya yang bisa dipilih juga semisal sambel leunca, sambal goang, sambal tomat hijau, sambal tauco, dan sambal-sambal lainnya.






Kalau masih ada space luas buat melanjutkan makan-makan, jangan lewatkan aneka dessert seperti aneka kue, puding, cilok bumbu kacang sampai es goyobodnya. 





Gimana, udah cukup bikin ngiler, kan?

Menurut Chef  Saryono, selaku Chef Executive di sini,  yang paling istimewa adalah sambel picung. Sambel yang sudah langka ini adalah sambel yang bahan utamanya klewek alias black nut. Setiap rabu berikutnya, beberapa menu-menu Sundanese ini akan dirotasi untuk menghadirkan kuliner sunda lainnya  yang belum sempat disajikan.  

Rencananya  program Rebo Nyunda All You Can eat Luncheon ini akan berlangsung sampai akhir tahun namu akan dijeda dulu saat memasuki libur puasa. Chef yang ramah dan akrab disapa dengan Chef Yono ini juga menyatakan keinginannya kalau Rebo Nynunda Lunch Buffet ini akan jadi trade mark Hotel Best Western Premier La Grande.


Share: