3 Cara Melelehkan Marshmallow

Katanya nih, mereka yan suka makan makanan yang manis punya tipikal kepribadian yang friendly,  simpatik, mudah tersentuh dan ehm.. manis.  Kalau dipikir-pikir, dari sekian banyak makanan yang dianggap punya efek mood booster juga sebagian besar punya rasa manis.  Selain cokelat yang sudah kita ketahui  bagus buat meningkatkan hormon endorfin si hormon pencetus bahagia itu,  marshmallow juga termasuk incaran (((incaran))) buat mengusir bad mood.

Makanan yang enggak gurih (kan manis, gimana sih, Efi) tapi enyoy ini pun dengan mudah kita dapatkan. Baik di toko-toko  konvensional alias luring maupun secara on line alias daring. Soal harga? Variatif.  Mulai dari yang paling murah sampai  level mahal.  Ada.  Tinggal sesuaikan dengan anggaran yang kita punya, tentunya di samping selera, ya.  Ada harga, ada rupa. Beberapa prang malah menjadikan marshmallow sebagai pendamping unik untuk acara ngopi. Hmmm...  lucu juga, ya.  Cobain ah, nanti. 

Eh tapi, ya selain dikonsumsi bareng minum kopi tadi ternyata marshmallow juga bisa dinikmati dengan cara di bakar. Buat  para foodies yang doyan nguplek di dapur kadang menjadikannya bahan campuran atau lapisan untuk kue dengan cara dilelehkan.  Duuh,  saya jadi ngiler sendiri bayanginnya.  

Nggomong-ngomong soal melelehkan marshmallow ada beberapa cara untuk melelehkannya.  So, stay di sini aja, yea. Ga usah keluar dari postingan ini lalu googling.  Udah, stay tune aja.  Let me  tell you how.   Gini nih...

    Cara Melelehkan Marshmallow Murah dengan Kompor:

    Untuk cara standar ini kita  membutuhkan  double boiler alias pengukus ganda. Tentu saja selain kompor, ya. Siapkan  panci besar yang  sudah diisi oleh air terus masukan lagi panci kecil ke dalamnya. Itu dia kenapa disebut double boiler. 

    Hasil akhir dari double boiler alias tim ini  berupa pasta gula atau saus celup. Sebelum membuat lelehan marshmallow ini siapkan dulu spatula karet yang dengan  food spray. Ini akan membantu agar spatula tidak rusak dan  lengket saat mngaduk marshmallow. Langkah selanjutnya untuk melelehkan marshmallow murah dengan menggunakan kompor adalah sebagai berikut:
    1. Masukkan marshmallow (bisa dipotong dulu agar lebih cepat meleleh).
    2. Masukkan air dengan perbandingan  2 sendok makan air untuk 400 gram marshmallow. 
    3. Kalau  marshmallow yang akan dilelehkan berwarna  putih, bisa tuh, ditambahkan pewarna makanan sesuai selera atau kebutuhan. Bisa juga menambahkan satu sendok teh ekstrak vanili atau sirup buah. Bebas deh, suka-suka.  Jangan lupa aduk adonan sampai merata.
    4. Nyalakan kompor dengan dengan api kecil, taruh wadah marshmallow tadi di atas kompor.
    5. Agar marshmallow tidak lekas  kering dan gosong, bisa ditambahkan dua sendok makan  air.
    6. Segera angkat setelah adonan benar-benar meleleh.

    Melelehkan Marshmallow dengan Oven

    1. Letakkan wajan besi berukuran 8” atau setara  dengan kurang lebih wajan berukuran 20,32 cm. Kalau tidak ada bisa memanfaatkan piring khusus oven yang ukurannya kurang lebih sama . Pastikan panasnya mencapai suhu suhu 232 derajat celcius.
    2. Potong marshmallow jadi dua  bagian, sisihkan.
    3. Jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan  untuk mengambil wajan. Lelehkan butter yang akan kita gunakan untuk melapisi permukaan wajan.
    4. Letakan marshmallow di mana  bagian  yang lengket menghadap ke bawah.
    5. Diamkan dalam oven selama kurang lebih lima sampai tujuh menit.  Pastikan kalau tidak ada bagian marshmallow  yang gosong.
    6. Angkat dan diamkan sampai dingin.

    Melelehkan Marshmallow dengan Cara dibakar. 

    Marshmallow murah yang beli di minimarket atau supermarket atau di toko online pun bisa kita lelehkan dengan cara dibakar.  Nah, kalau ini saya juga baru tahu.  Jadi kalau kapan-kapan camping atau outing dan pengen menikmati marshmallow,  ga usah itu rempong bawa wajan, kompor mini atau oven segala.  Ribet. Terus gimana caranya?  Begini nih;
    1. Siapkan dulu tempat pembakaran atau bisa juga memanfaatkan  api unggun. Bisa juga menggunakan pembakaran gas.  Pastikan suhunya sudah diatur dari  suhu sedang menuju panas. Gunanya agar lelehan  marshmallow jadi terasa renyah,  eye catching dari luar tapi tetap lembut dan lengket di dalamnya.
    2. Manfaatkan tusuk sate, atau kalau ada bisa juga  tusuk besi yang  panjang, agar tangan kita terlindungi dari kontak yang dekat dengan api saat proses pembakaran.
    3. Saat membakarnya jangan lupa untuk membolak-baliknya agar tidak lekas gosong. Jika ada jilatan api pada bagian marshmallow, tiuplah dengan perlahan sampai apinya padam.
    4. Tunggu sampai matang, angkat. 
    5. Taraa...  Marshmallow bakar siap dinikmati. 
    Lebih suka melelehkan marshmallow dengan cara yang mana?  Apapun caranya,  jangan lupa ajak saya buat icip-icip, ya.  #ehgimana?

    Efi Fitriyyah

    Blogger mungil asal Bandung. Penggemar musik 90an dan easy listening music yang juga senang nonton bola, apalagi kalau jagoannya Persib dan Liverpool bermain. Pembawaannya kalem tapi bisa mendadak jadi mahluk yang cerewet. Penyuka fiksi, dan referensi berbau sejarah. Kontak via email efi.f62@gmail.com

    2 komentar:

    1. Marshmallow leleh belum pernah nyoba, tapi kayaknya enak deh.

      BalasHapus
    2. Fiiiii, jadi pengen nyobain euy!

      BalasHapus

    Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.