Top Social

Bring world into Words

Tips agar Smartphone Tidak Mudahku Hang

Rabu, 20 Juli 2016
Tanya dong, dalam setahun berapa kali sih ngalamin HPnya ngehang?  Pasti pernah, kan? *sok tau*  Syukur-syukur sih kalau ga ngalamin. Sekitar dua bulan yang lalu HP saya sempat ngehang. Ga bisa diapa-apain. Bete, sih. Tapi mau gimana lagi? Mau ga mau saya reset factory aja dengan konsekuensi file foto di galeri yang tersimpan di HP terhapus. Hiks hiks

http://www.catatan-efi.com/2016/07/Tips-agar-smartphone-tidak-mudah-hang.html
Sebenarnya ga mesti bete gitu kalau semua file foto saya simpen di memory card. Tapi yasud lah, salah saya juga lupa ga balikin setingan penyimpanan memori foto dari internal ke eksternal. 

Setelah direset, HP saya jadi tampak kinyis-kinyis, kayak baru unboxing gitu muahaha... Performanya jadi wusss wusss. Iya lah, karena  aplikasi yang bukan bawaan dari vendornya terhapus. Makanya memorinya luas pake banget.  

Setelah install ulang  ngebalikin aplikasi andalan kayak Phonto, PicsArt, Hawa, Spotify, Uber Twitter dan beberapa lainnya termasuk aplikasi chat, beberapa grup di WA dan Telegram pun muncul lagi.

Nah, ngomong-ngomong soal grup chat,  kadang yang satu ini juga bisa jadi pencetus HP jadi ngehang. Apalagi kalau grup chatnya super duper aktif.


Ada cara lho untuk menyelamatkan HP dari tragedi hang yang nyebelin itu. Setelah kejadian ngehang nan menyebalkan, saya mulai insaf dan lebih rajin melakukan beberapa hal.

Clear chat

Saya punya banyak grup chat dengan karakter penghuni (((penghuni))) yang bervariasi. Ada yang grup chatnya biasa aja, ramenya kadang-kadang atau bawel warbiyasah kayak grup chat teman-teman SMP.
Kirain setelah reunian bakal hening. Taunya tetep aja rame, terutama malam karena siangnya sebagian besar kerja. Tapi tetep aja di jam-jam tertentu notifikasinya cukup riuh juga.
   
Ceritanya ada di sini Reunian di Grup Chat

Entah kenapa, di grup chat teman-teman SMP itu saya sering jadi objek becandaan. Jadi suka gatel buat melakukan revans  hehehe... Pundung? Ga lah, tetep bales dengan cantik dan elegan. Pernah ditinggal setengah aja sudah meninggalkan  hampir 100an chat. Atau teman yang lain pernah off dulu koneksi internetnya dalam dua hari. Saat dinyalakan lagi, muncullah 1600 chat. Ga bapak-bapak, ga ibu-ibu di dalamnya pada bawel :D  So, secara berkala saya suka melakukan aksi bersih-bersih. HP pun bisa kayak Hayati yang lelah dibebani memori yang tersimpan.

Backup Chat

Gimana kalau ada chat yang penting?  Untuk yang satu ini,  nge-back up via email. Jadi setelah chatnya  disave via email, saya bisa leluasa dan santai aja untuk menghapus chatnya. Pernah tuh beberapa waktu lalu  mengikuti kelas belajar bahasa Inggris via WA. Karena ada beberapa materi penting yang sayang banget terhapus, makanya kudu diamankan.
http://www.catatan-efi.com/2016/07/Tips-agar-smartphone-tidak-mudah-hang.html

Berbeda dengan grup chat, kalau chat personal one on one kan bisa langsung didelete langsung tanpa menghapus teman dari daftar kontak. 

Cek Galeri

Salah satu hal yang bikin memori HP jadi sempit dan jadi lemot adalah terlalu penuhnya file yang tersimpan. Kalau udah gini, selain bikin lemot HP, pas update aplikasi juga bisa gagal. Coba deh cek, galeri di folder grup Whatsapp. Gambar atau foto yang dishare di sini juga bisa menuhin memori.

Kalau ada yang penting, amankan dulu fotonya dan pindahkan ke tempat lain. Bisa ke google drive, usb, atau laptop. Paling sering foto yang saya minta itu biasanya buat diunggah ke blog atau medsos lainnya.

Sementara itu foto yang berasal dari grup Telegram sih aman-aman aja. Dia ga bakal ngabisin ruang di memori HP atau memory card karena secara otomatis tersimpan di cloud. Baru menuhi HP kalau kita tap fotonya agar tersimpan di HP. Sisi asik lainnya Tele, ukuran aplikasinya ringan tapi emang bikin nafas batre cepat kelar :D. Well, nothing perfect
http://www.catatan-efi.com/2016/07/Tips-agar-smartphone-tidak-mudah-hang.html
Dibalik foti kece ada cerita pose-pose gagal yang malesin kalau dishare hehehe makanya hapus aja, ga usah mikir lama. 
Selain folder folder foto yang berasal dari chat, jangan lupa juga cekin folder foto atau video dari kamera, share blue tooth dan sebagainya. Kalau saya nih, dibalik setiap foto-foto yang suka saya unggah ke medsos kayak facebook, path atau ig, mesti ada foto atau pose lain yang fail, ga share-able banget lah.

Kalau lagi santai pasa cekin memori yang mulai sempit, saya buru-buru buka folder kamera dan mengahpus foto-foto yang enggak banget. Semacam pose yang sayanya merem (sementara yang lainnya posenya kece), anglenya ga pas, ngeblur lah atau ini nih... udah kece maksimal tiba-tiba teman di belakang kita memasang dua tanduk di belakang kepala. Kesannya kayak demon gitu :D 

Last but not least, kalau ada aplikasi yang ga penting dan jarang banget dibuka mending hapus aja. Sayang aja dipiara tapi ga pernah dibuka. Kasian, dia jangan diphpin karena ga pernah dicolek :P.

Saya juga udah ngehapus aplikasi game. Selain biar memori lebih luas juga udah ga mau addict. Waktu jaman-jamannya Farm Ville sama Candy Crush ngehits, saya suka keasikan nguplekin dan membuat pekerjaan lain jadi terbengkalai. Halah, kok curhat, sih?

Ini cara saya agar HPnya aman sentosa dan terbebas dari ancaman ngehang yang ngeselin. Cara kalian gimana?




34 komentar on "Tips agar Smartphone Tidak Mudahku Hang"
  1. Aku jg hapus bbrp app yg kira2 kurang terpakai, klo clear chat ni suka lupa hapusnya hahaha..

    BalasHapus
  2. Hapeku juga nih sering banget ngehang, memorinya mau habis padahal bagian galeri udah aku hapus-hapusin. Kalo back up chat makan memori gede nggak teh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cek pengaturan hpnya, terus liat pengaturan umum --> penyimpanan --> cache. Biasanya sampah dari aplikasi cukup gede. Aku aja pernah hapusin cache yang ukurannya sampai 1 giga, Wi.

      Hapus
  3. saya nih, sering ngalamin hp nge-hang. biasanya saya reset aja deh... padahal chat di grup WA udah saya delete, foto2 juga udah berkurang :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setingan ukuran fotonya munkin gede-gede. Apalagi kalau resoulusi kameranya dimaksimalin.

      Hapus
  4. Wah, pas ini. Memori hape ku Hampir full. Jangan sampe ngehang gara-gara kepenuhan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bermanfaat ya, Mak. Jangan sampai ngalamin kayak aku. Kalau ada file penting ilang itu nyesekin :)

      Hapus

  5. Aku kalau sering ngehang gitu biasanya aku uninstall beberapa aplikasi yang nggak guna wkwkw
    Tapi masih sering hang juga :' mungkin hapenya sudah tua wkwk

    BalasHapus
  6. hpku sering hang, diapain juga masih aja begitu ... dari sebelum lebaran udah niat mau ganti hp baru, coming soon deh beli, nunggu honor cair hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. HPnya jelmaan Hayati ya, Mak hehehe. Asiiik dong beli HP baru. Nanti rajin-rajin dimaintain juga ya Mak bair ga cepet ngehang.

      Hapus
  7. Aku sih ga instal game hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selain makan memori emang makan waktu ya, kan, Nay? :)

      Hapus
  8. Betul banget teh, kebanyakan sih yang membuat memori hape cepat penuh dan hape ngehang gara-gara aplikasi-aplikasi chatting. Ya solusinya adalah clear chat yang udah lama/gak diperlukan lagi. :)

    BalasHapus
  9. terimakasih tutorialsoal hp yang nghang nya soalnya dalam sebulan ini ngehangku udah duakali, masa kudu nunggu nghang yang ketiga kalinya, coba?

    neng di folbek atuh ih blog butut sayanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduh Mang fotona tijungkir gitu? Hehehe. Nah besok-besok yang rajin bersihin chatnya ya. Iya nanti blognya difollow.

      Hapus
  10. Saya sering banget bge hang teh. Tips lainnya mungkin jangan terlalu banyak foto di galeri. Pindahin ke HD aja :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kadang suka lupa bersihin foto yang ga kepake. Makanya foto-foto gagalnya juga jangan lupa dibuang, biar ga ngagokin :D

      Hapus
  11. gak pernah ngalamin henpon nge hang mba, jangan sampe deh.. aku kalo main game gak dihenpon. punya wa juga isinya cuma segelintir orang hehehe.. yang penting ichat, skype, sama mail aku mah (gitu orang nya) :D plus selfie

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asik lah kalau ga ngehang. Iya jangan sampai, bisa bikin galau :D
      Kalau Skype aku malah jarang banget, itu juga baru 2 kali sama temen di Abu Dhabi.

      Hapus
  12. Ga pernah ngeheng,seringnya ilang, palingan kebanyakan potooo aja hahahhaa...

    Mulai pindah2 ke hardisk eks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Secara Nchie sangat sadar kamera dan aware kalaua da spot kece, pastilah memorinya penuh :D *peace*

      Hapus
  13. Kadang lupa hapusin chatting pribadi. Sadar2 udh banyak aja chat nya haha. Btw eta fotonya keceh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kadang aku juga suka lupa clear chat. Pas update aplikasi ga berhasil, foto ga bisa disave atau hp jadi lemot buru-buru cekin chat sama galery :D

      Hapus
  14. Saya bangad nih, malah sering hang. Belakangan ini baru saya coba hapus file-file nggak penting, cache atau sampah karena sering buka internet lewat handphone, termasuk chat juga di hapus kalau info di dalamnya sudah nggak penting.

    BalasHapus
  15. Pantesaaaan... hpku melambat, terutama pas buka IG, ga muluuus.. makasi infonya teh efii

    BalasHapus
    Balasan
    1. SAma-sama, Teh Shona. Semoga HPnya sekarang ga lelet lagi, ya.

      Hapus
  16. karena keseringan hang, hapeku malah sekarang udah mati total haha, kasian tu hp.. ternyata begini yaa tips biar hp gk hang. Entar kalau udh punya hp baru dipraktekin ah. thanks infonya mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asik mau beli HP lagi. Nanti kalau udah punya yang baru janngan lupa bersih-bersihin chat, foto di galeri yang udah ga kepake dan sebagainya ya, Mbak.

      Hapus
  17. Ngesavenya gimana sih? Hihiiii... Biasnya kalau ada yg penting aku screenshot.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada di sudut kanan atas, Mbak. Duh kalau cerita di reply ga bisa kasih liat screenshot ini :)

      Hapus

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.