Top Social

Bring world into Words

5 Cara Simple Memanjakan Pengunjung Blog

Kamis, 05 Mei 2016
Tamu adalah raja, betul? Ini sebenarnya idiom yang bias gender. Harusnya ditambahkan, tamu adalah raja atau ratu. Ya, nggaaaak? Iya kan? Hihihi, mentang-mentang saya perempuan, ya. Ga mau kalah.

Padahal udah ada lho band yang punya nama Raja yang digawangi Ian Kasela atau Ratu duo yang personilnya selalu datang dan pergi. Tapi heran ya, kenapa mendiang Freddy Mercury punya nama band Queen? Ga King, gitu?

http://www.catatan-efi.com/2016/05/5-cara-simple-memanjakan-pengunjung-blog.html
Jangan gagal fokus  :D
Ah sudahlah, saya ga akan bahas soal itu, di sini. Jadi gini lho, sempat ga sempat pasti pernahlah kita melakukan blog walking yang lebih familiar dikenal dengan bw, atau pernah di-bw-in. Gitu biasanya kita nyebutnya. Ngomong-ngomong soal ngeblog atau bw, saya jadi pengen bahas ini. Masih berhubungan sih dengan soal raja dan ratu itu.

1. Buat artikel kekinian atau paling banyak dicari

Karena tamu kita di blog hadir secara virtual, ya ga bisa kita jamu atau disuguhi camilan, minimal cireng isi atau cilok :).
http://www.catatan-efi.com/2016/05/5-cara-simple-memanjakan-pengunjung-blog.html
maaf bikin ngeces :)
Makanya, yang bisa kita lakukan untuk menjamu tamu di blog kita yang tampilan blog dan kontennya, lah. Ga harus jadi seorang expert sebenernya kalau molesin blog kita biar kece tanpa badai. Ribet lho, kalau pakai badai, nanti pada berantakan ditiup angin. Dan soal konten? Jangan ngoyo juga kalau merasa ga bisa melempar topik yang punya potens viral atau diksi yang menyihir. Ini mah menurut saya soal waktu aja.

Kalau mau ngulik soal tips konten tulisan yang cihuy, cobain deh stalking ke blognya Mak Carra. Saya kadang suka kepikiran ide nulis abis ngintipin postingannya di sana. Ga usah pake sisipan disclosure lah, ya. Ini postingan gratisan, kok huehehe.

Biasanya sih, artikel yang banyak dicari itu artikel yang berbau tips atau tutorial. Atau bisa juga bikin postingan yang listicle. Ini juga punya bakat jadi tulisan yang viral dan banyak pemirsanya. Berkat ngobrol sama Nurul Wachdiah a.k.a Ulu juga, saya submit artikel yang listicle dan bisa nembus Vivalog. Yeeeaaa, itu rekor perdana saya, alias pecah telur. Thanks ya, Lu. *cipok basah*

Artikel yang nembus vivalog itu yang ini  lho :): 6 HAL MENARIK DARI PASAR LEGENDARIS CIHAPIT

Kalau suka drama Korea (but i'm sorry i don't) bisa juga dibikin postingan, Soal ini sih ada masternya yang bisa kita jadikan suhu, Erry alias Bibi Teliti. Selain menyalurkan hobi dan kebaperan dengan skenario cerita, Erry bisa goes to Korea dan ketemu Lee Min Ho. Tuh, gimana ga asik coba? Sekali merengkuh dayung, bisa nyampe ke Korea (peribahasa macam apa ini?)

Gimana kalau bahas film di bioksop? Ya boleh sih. Semacam Ada Apa Dengan Cinta yang sekarang lagi happening. But please, jangan spoil. Bisa juga kok bikin postingan yang sifatnya insight. Misalnya nih Kenapa Cinta harus menunggu Rangga 14 tahun, misalnya. Nanggung, 20 tahun sekalian, kek . :D

2. Tampilan blog yang eye catching

Don't worry be Epi eh maksudnya be happy :). Ga bisa bikin tampilan blog kece? Banyak tuh yang nawarin setingan template blog dari yang murah meriah sampai mihil dan semakin meriah. Sesuaikan aja dengan budget. Tapi kalau belum nemu template yang gue banget, atau lagi bokek pake aja template bawaan blog. Saran saya sih pilih font yang enak dibaca, jangan terlalu warna-warni karena bisa bikin sakit mata.

Sementara untuk latar blog, warna putih adalah warna sejuta umat, alias pilihan aman. Sisanya, bisa bikin widget di sidebar yang lucu-lucu juga, tapi hindari widget yang lebai. Semisal hujan salju, atau pop up muka kita yang nyapa pemirsa. Ga usah, deh. :) Selain itu kita juga bisa memanjakan pengunjung blog dengan navigasi yang memudahkan mereka untuk tetep stick around di blog kita. Kan asik tuh, bisa merampingkan bounce rate blog hihi.Yang ini bisa kita lakukan dengan memasang kategori/label atau memasang widget link within. 

Ah ya, hampir lupa soal kolom komentar juga. Saran saya, tampilkan pilihan komentar yang memudahkan pemirsa meninggalkan jejak biar bisa dikunjungin balik. Kalau ga mau kolomnya dipenuhi iklan atau pesan sponsor yang ninggalin jejak hidup, tinggal aktifkan aja opsi moderasi. Kalau blognya mengadopsi template dari wordpress, link hidupnya bisa kita edit jadi link mati atau ga muncul. Kalau blogspot sih belum ada pilihan itu. Gampangnya sih tinggal kirim ke spam atau delete aja.


3. Menjaga engagement alias keep in touch

Seneng dong kalau kita punya pembaca yang loyal? Meskipun kita belum se-femes JK Rowling, atau Dewi Dee misalnya. Indikasinya sih gampang, biasanya mereka ini rajin komentarin postingan teranyar kita.
http://www.catatan-efi.com/2016/05/5-cara-simple-memanjakan-pengunjung-blog.html
jangan lupa menjaga silaturahmi meski cuma di dunia maya
Meski ga menutup kemungkinan ada juga silent reader yang setia, alias rajin berkunjung tapi tidak meninggalkan komentar. Untung pemilik template bawaan blogspot bisa memasang widget follower agar pemirsa sesama penghuni komplek Blogspot Indah bisa saling tahu sama tau klau ada update-an baru.

Atau bisa juga kita pasang widget subscribe agar pengunjung yang ga punya blog atau blognya pake template wordpress tetep update dengan blog kita. Kalau puny waktu, sempatkan  juga buat blog walking, ya.  Ini salah satu cara untuk menjaga silaturahmi di dunia maya, meskipun niche blognya beda.  

4. Loading blog yang ringan

Maksudnya gini, kalau orang lain datang ke blog kita, browser yang kita gunakan, baik dengan chrome, mozila, my opera dengan komputer, lappy atau hp akan muncul dengan segera, ga pake lama. Ini sih ada hubungannya dengan pemilihan template yang SEO friendly. Jangan lupakan juga, soal widget yang udah saya bahas tadi, ya. Semakin banyak dan ga penting akan semakin membebani blog kita. Kasian, kan? *puk pukin blog*

5. Gambar, foto, video atau infografis pendukung

Ini juga penting. Ibarat makan di resto, tanpa dressing atau garnish rasanya garing dan ga mengundang selera. Begitu juga dengan blogpost, Kalau cuma tulisan aja rasanya kurang greget. Untuk yang satu ini bisa kita tambahkan foto/video milik sendiri atau sumber lainya yang mendukung. Saya pake kedua pilihan ini. Untuk foto bukan koleksi sendiri,

Siapa tau artikel ini juga helpfull: TIPS APLIKASI TEKS UNTUK FITUR FOTO DAN GAMBAR DI BLOGPOST

Saya paling seneng ngambil dari pixabay.com. Disamping punya kredit cco alias free, koleksinya bejibun. Selain pixabay, masih ada sih situs penyedia foto gratisan. Thanks buat Annisa Steviani yang udah kasih tau soal ini.

Kalau punya imajinasi keren dan kreatif, boleh tuh tambahin infografis yang kece. Untuk yang satu ini saya masih belum bisa :). Soal jumlah relatif. Bisa sedikit atau banyak, selama masih support ya, gapapa. Palingan risikonya semakin banyak effort yang dibutuhkan kalau item terakhir ini banyak yang akan dijembrengin di blogpost.

58 komentar on "5 Cara Simple Memanjakan Pengunjung Blog"
  1. mantep banget tipsnya mba Efi nih... , eh tapi aku agak susah untuk yang nomor satu nih, kadang pengen ikut bikin artikel kekinian tapi takut nggak masuk sama niche blognya ;p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener nih ya mba Zata, takutnya nanti malah terlalu menyimpang ya. Tapi bisa juga mungkin dijadiin intro aja kali ya biar seru hihihihi. Btw, aku mau tambahin nomor 6 ya.

      6. Disajikan makanan dan minuman hahahahahha *maunya (tapi dalam bentuk resep hahahahahaha) bakal betah deh ngga mau pulang - pulang.

      Hapus
    2. Hai Mbak Zata. Aku juga ga selalu nulis yang kekinian, apalagi yang potensial war-waran. Aku skip deh :) Nah yang netral juga kalau ga cocok ga aku tulis kayak K-Drama karena aku males jabaninnya hehehe. Aku punya blog yang niche tentang buku nah itu aku maasih review buku aja, belum kepikiran tulisan lain diluar review. *lah malah curhat*

      Hapus
    3. Sayangnya masakan ala-ala aku biasa aja, Roos hihi. DUh jangan lelepin aku, ga bisa renang nih *lho?*

      Hapus
    4. Padahal yang potensial war-war bisa naikin traffic blog juga kan ya Mbaaaak? Hihihi.

      Hapus
    5. Saya jg yg termasuk susah ikut yg kekinian. Sementara ini asal blog keupdate dulu. Tapi suka baca kalau ada postingan kekinian hehehe.

      Hapus
  2. Tipsnya mau dicoba Teh, terutama yg nomor 1 itu.. hihi betewe habis ganti template ya Teh, serasa ada penyegaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Ran, coba. Pasti bisa, deh. Udah ampir setaun ga ganti template. Tau aja, nih hehehe... Mudah-mudahan template baruku ga bikin sakit mata, ya.

      Hapus
  3. Dulu aku sukanya otak atik desain blog, warna warni, tapi ternyata itu membuat pengunjung blog sakit mata dan sekarang mah tampilan blognya sederhana saja ga macem2 hihih inshaa allah yang penting konten ya :D, makasih tips kece nya ya teh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Tian. Waktu awal-awal ngeblog dulu juga aku suka gonta-ganti template gitu. Baru nyadar setahun terakhir ini *ih kamana wae ya aku, teh*

      Hapus
  4. Keren abis dah tipsnya. Saya biasanya sih cuma beberapa poin alias segelintir aja yang dipraktekin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah sekarang waktunya praktikin ya, Patrick. Biar pengunjung blognya betah dan mau balik lagi berkunjung :)

      Hapus
  5. Wah ini mesti dicoba nih tips nya!! Teteh juara banget postingannya. Ada kritik nggak kalau blog aku kurang gmn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blogmu juga asik Uni, enak dibaca. Girly banget templatenya. Cocok dengan karakter Uni.Btw template kita rada senada, ya. Bedanya di warna-warna yang menghias (halah bahasanya) widget blog :)

      Hapus
  6. Bner banget, Tips yang kudu banget terapi gambar foto, aku pribadi aja penikmat blogwalking juga, kalau ada satu blog yg fotonya menarik dan banyak malah seneng balik lagi hhe

    www.leeviahan.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah koleksi foto pribadiku ga banyak dan ga semuanya matching sama tema tulisanku, Lee. Makasih udah berkunjung ke sini, ya.

      Hapus
  7. Asyik! Boleh nih coba dipraktikkan di blog sendiri #ihik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asik, selamat mencoba Mbak Andy :)

      Hapus
  8. asik..makasih tipsnya mak. No. 4 penting banget karena sering akses dari smartphone (dengan sinyal seadanya :D)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, Mak. Aku juga kalau lagi mobile suka bw pake HP. Rata-rata sih yang aku bw-in loading blognya udah pada bagus, ga pake lama.

      Hapus
  9. Tips dari mastah memang sangat membantu buat para nubie seperti sayah...
    Haturnuhun teh Efi.

    *fans

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halah, aku bukan mastah, Teh. Sama-sama belajar, kok. Banyak yang udah expert daripada aku. Kalau perempuan mungkin yang cocok, panggilannya Mbaktah, ya? *apaan sih*

      Hapus
  10. Makasiiih tipsnya, Mbak Efi. Jadi ingat blog saya dulu ada hujan saljunya dan berasa keren aja gitu. Hihihi... Masa lalu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. I was too, Mbak hehehe. Kalau inget kealayanku dulu sebagai blogger suka pengen ketawa.

      Hapus
  11. makasih sharingnya bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, Mbak. Jangan lupa praktikan, ya :)

      Hapus
  12. sering mampir ke blogger lain, biasanya traffic mereka tinggi karena punya artikel kekinian. Entar kapan2 saya terapin deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan ide mereka keren-keren, suk out of the box gitu, ya :) Selamat mempraktikan, mbak. Semoga trafik blognya makin ramai.

      Hapus
  13. Gimana ngadepin Blogger yang udah dibewein, tapi gak bewe balik sama kita?
    Mohon saran...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah itu mah kita ga bisa maksa orang lain buat rajin bw ke blog gitu. Bangun dulu engagement alias silaturahmi aja dulu, Teh. Aku juga cuek aja kok kalau yang udah aku bw-in ga bw balik :). Bisa jadi dia bw balik tapi ga ninggalin komentar. Tetep semangat ngeblognya ^_^.

      Hapus
  14. No 1 ga pernah, infografis ga bisa, otak atik blog males, #halah komplit banget yak :)

    Terima kasih sharingnya Teh Efi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang nomer 1 ga selalu aku praktikin mbak. Karena ga setiap saat aku ngikut kondisi yang lagi happening hehehe. Infografisku juga masih cetek :)

      Hapus
  15. Nuhun makmin kesayangan buat artikel kerennya... jd bljr lg. Mana batagor teh ?? :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai hai Makmins kesayanganku juga. Lah Irma juga keren, kok. Ciyus :)
      Long time no see nih, ya Irma. Tar kalau ada acara ke Jakarta lagi aku bawain Batagor Yunus yang endeus surendeus itu :D

      Hapus
  16. Aku mau koreksi lagi deh..udh memanjakan pengunjung blog apa belumm....tehhh..punten,ada beberapa yg typo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Cheila. Lama ya ga ketemu kita, ga di darat ga di dumay :) Makasih koreksiannya. Typonya udah aku benerin hehehe

      Hapus
  17. Masuk gambar yang menarik ke dalam post sangat efektif untuk mendapatkan pengunjung untuk datang dan mengunjungi situs web anda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagusnya pake gambar biar mata Hayati enggak lelah :)

      Hapus
  18. Tapi iya sih...postingan yg banyak gambarnya lebih asyik ketimbang baca yg full tulisan aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak. Ga semua orang betah baca postingan yang panjang. Kalau liat gambar apalagi bagus bisa lebih betah.

      Hapus
  19. dulu poin nomor 1 itu srg aku abaikan.. krn suka nulis ttg kuliner, apa aja kuliner yg aku coba pasti aku tulis.. itu dulu :D.. skr sih lebih milih.. kuliner yg rasanya biasa ato udh bnyk ditulis org, biasanya aku skip, ga ditulis lg.. jd cendrung yg msh jrg dan rasanya enak ato ga enak sekalian ;p.. biar bisa curhat sekalian :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi... Iya ya mak, kalau ditulis semua jadwal posting padat merayap. Kecuali postingan job ripyu (eh tapi kan itu juga kita udah milih mau datang atau enggak, ya).

      Hapus
  20. Klau artikelnya terlalu pnjang juga malahan pengunjung bosan membaca nya apalagi tidak menarik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mas. Tapi gimana gaya penulisannya juga. Ada yang artikelnya panjang tapi enak dibaca. Mostly sih emang yang panjang ga semua orang sanggup namatin sampai titik terakbir :)

      Hapus
  21. ngomong-ngomong soal tampilan blog, tampilan blog Mba Efi berbeda dengan yang sebelumnya yah? soalnya terakhir kali ke sini tampilannya belum seperti ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak. Aku ganti template. Penyegaran ceritanya. Udah ampir setahun ga ganti template blog soalnya. :)

      Hapus
  22. Nice info. Thanks tips dan triknya. Bisa langsung dipraktekin nih.

    BalasHapus
  23. teh ...tampilan blogku klo dibilang eye cacthing pasti dari skala 1-10 nilainya 3 ya teh akakkakaka

    akuhhh bingung klo ndesain tema n pewarnaan template, takut ga cocok rata kanan kirinya juga klo diversikan mobile dan kompyuter...ijin sedot ilmu dulu ahhh teh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soal selera sih itu mah, Nit. Saranku sih yang ga ada sibe bar di sisi kirinya soalnya kurang bagus buat optimasi SEO (Cmiiw). Yang enak itu ya latarnya putih trus warna dan ukuran fontnya ideal :)/ Ah, nilainya ga 3 kok, Nit hehehe. Cukup lah. Kalau mau lebih kece bisa beli template atau itu tadi, caari yang gratisan, hehehe.

      Hapus
  24. postingannya ngeabntu banget mba, ni q coba ngepraktekin, tapi masih halaman dua, hemmm, tapi lumayan lahhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lumayan Mas, dikit lagi sampe ke halaman satu *kibasin pompom* :)

      Hapus
  25. Efiiii, asyik banget ini semua tips-nyaaaaa :)
    Dan makasih udah di-link ke blog ku yaaaah muehehehehe...

    Aku jarang bikin postingan yang kekinian walopun udah pasti bakal menuai trafic, kata hatiku seringnya sih membisikkan untuk posting tentang curhat atau drama korea aja hehehe..

    Aku kurang fasih mainan infografis nih Fiii, tapi sekarang lagi seneng banget mainan gif, terutama gif aktor korea yang tampan2 itu lah hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Erry. Aku juga gaptek lah soal infografis, mah. Keburu nyerah duluan pas ngulik photoshop hehehe. Yang GIF juga belum bisa (ih meni watir :D) Aku bikin GIF cowok tampan versi mana atuh, ya? Da bukan penggemar K-Drama atau K-Film :)

      Hapus
  26. Ajib, bermanfaat banget nih bagiku yang newbie :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siiip. Jangan lupa praktikin juga, ya :)

      Hapus
  27. Bermanfaat sekali mbak, siap dipraktekan. Lagi belajar2 ilmu copywriting nih:D

    BalasHapus
  28. nah ini dia tulisan yang aku cari-cari, memang pengunjung itu harus dimanjakan biar blog kita bisa bagus di mata google

    BalasHapus

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.