Top Social

Bring world into Words

Jangan Lewatkan 7 Langkah Ini Setelah Update Blog

Selasa, 23 Februari 2016
Berapa kali sih,  frekuensi kalian ngeblog dalam seminggu? Setiap hari? Seminggu dua kali  seminggu tiga kali atau seminggu sekali saja?
http://www.catatan-efi.com/2016/02/jangan-lewatkan-7-langkah-ini-setelah-update-blog.html
Jangan Lewatkan 7 Langkah Ini Setelah Update Blog
Well, berapa kali pun  ngeblog dalam seminggu, pastinya bukan cuma klik publish, lalu shut down laptop/komputer atau gadget lainnya yang dipakai  kan? Ya, kecuali batrenya keburu abis dan lupa ga bawa adaptor laptop alias charger. Kan bisa tuh, sebenarnya ngeblog dari hp. Ga harus panjang kali lebar  sih. Pegel  soalnya  :D
Biasanya artikel  yang singkat dan ga perlu banyak printilan ini itu bisa kok update dari hp. Sedikit bocoran, kadang saya suka bikin postingan dari hape atau sekadar ngedraft hihi. Lumayan biar ga lupa atau nanti bisa diterusin pas buka laptop. Selesai bikin tulisan maunya kita postingan terbarunya ada yang baca, dong. Ga ada yang baca iu ibarat berteman dwngan jangkrik. Krik... Krik... Goes goes eh itu mah kring kring sepeda :D.

1. Cek Permalink
Caranya biar banyak yang baca,  dishare dong. Sebelum dishare, jangan lupa pastikan link yang kita share itu udah bener atau belum. Coba cek di sudut kanan draft blog kita. Judul yang kelewat panjang biasanya akan otomatis dipangkas.  Eh tapi,  bisa kok kita edit. Misalnya seperti ini (buat blog dengan platform blogpost).


2. Buat Shorten Link
Oke, permalink udah oke. Eh tapi kalau kepanjangan kadang ga efektif. Apalagi kalau dishare di twitter yang karakternya terbatas. Bisa sih pake uber twitter yang lebih toleran. Tapi kalau bisa, kenapa enggak? Ya, kan? Lagian kalau klik share di blog biasanya otomatis terhubung ke akun twitter yang  biasa. Untuk membuat link blogpost kita jadi lebih ringkas coba deh manfaatkan situs shortenlink. Misalnya goo.gl atau bit.ly. asiknya kalau pake bit.ly short linknya bisa kita customize, selama belum ada yang pake, lho. Kalau udah ada, coba kombinasi lain. Pemilihan huruf kapital dan tanda baca bisa ngaruh, lho.  Masih   bingung?  Gini  misalnya,  Untuk  postingan ini kan linknya puanjang, ya.  http://www.catatan-efi.com/2016/02/jangan-lewatkan-7-langkah-ini-setelah-update-blog.html Kalau  bikin short link di bit.ly bisa  kita buat jadi  kayak gini misalnya: http://bit.ly/setelahupdateblog  Atau  juga bisa di  goo.gl. Cuma  ga bisa dicustomize.  Kabar bagusnya  kalau bikin short link di  bit.ly , data klik dari FB yang diakses dari android juga bakal dihitung. Ini sesuai dengan kebijakan  baru dari FB soal  outbound  link dari android. Yeah! 
  
3. Share di Medsos dan G+
Punya  akun apa  aja? FB, twitter,  IG, atau   interest? Ayo share. kalau kebetulan tulisan kita berhubungan dengan hastag yang lagi trending coba cantumkan juga tagarnya. Nah, penggunaan short link tadi bakal kasih space tambahan buat nyantumin tagar. Misalnya berita Joey Alexander yang  dapat standing applause di acara Grammy Award, atau pembalap Rio Harianto yang akhirnya bisa pentas di F1.

Kadang akun komunitas blogger juga akan bersenang hati ngeretweet postingan kita. Misalnya KEB dengan tagar #updateemak, Warung Blogger atau akun twiter @updateblog dengan tagar #updateblog.
Yang ini biasanya ga pada lupa :)
Kalau di instagram  memang linknya  ga akan terhubung alias  jadi link mati. Bisa diakalin dengan mencantumkannya di bio  instagram.  Bisa tuh kalau diklik jadi terhubung.  kalau punya resep, tips  atau postingan blog yang cakep dengan infografis  share deh di Pinterest.  Saya naksir berat dengan postingan di sana.  Bagus-bagus.  Atau kalau suka masak bisa share di  Cookpanda.

Buat para blogger, wajib bin kudu punya akun G+. Selain share di akun pribadi G+ dengan seting publik, coba juga kirim ke grup yang ada di sini. Tapi inget ya, harus nyambung.

Kalau mau share tentang kuliner ya share lah di komunitas kuliner. Postingan tentang perjalanan yang share  di  komunitas travel, dan review buku di komunitas pembaca buku.

Jangan sampai share tulisan tentang kosmetik terbaru di komunitas olahraga misalnya. Ini mah ngajak ribut sama anggotanya. Selain emang  ga nyambung, bisa jadi dianggap  mengganggu aja karena ga sesuai dengan minat grup. Kecuali  ada  hubungannya. Misalnya tips memilih makeup yang tidak mudah luntur saat berolahraga  outdoor. 

4. Kirim link ke Google Web Master
Share di sosmed aja? Jangan atuh. Share juga tulisan kita di google web master.  Link yang kita daftarkan di google webmaster  akan dirayapi robot pencari  google dan peluang terindeks google lebih besar.

5.Ping di Social Boomark
Paling gampang sih, ping di  pingomatic.com dan di googleping.org Ga ada syarat harus login atau daftar. Tinggal daftarkan link, tunggu sebentar.  Selesai.  Sisanya kebanyakan mengharuskan  kita unuk daftar atau login dulu.  Kadang malesin alias ribet hehe. Sebelumnya juga sempat ada lintas.me.  Yang ini juga sebenarnya gampang banget cara daftarin link posting terbaru kita.  Tapi udah ganti jadi beritagar.id dan udah ga nyedian lagi  kolom nitip link' ini.  Hiks, sayang.

Mau ngeboost biar viral dan banyak  yang ngunjungin? Bisa  submit juga ke vivalog. Beberapa blogger medapat trafik kunjungan yang ramai alias viral setelah tayang di sini. Perhatikan gaya bahasa, dan topik yang kita share.  Syaratnya lumayan susah dan butuh perjuangan biar bisa nembus.

6. Balas Komentar
Oke,  setelah kita posting, dan share ternyata ga lama ada yang komen. Wohooo.  Asik, dong.  Ibaratnya kita lagi jaga stand di sebuah pameran dan ada pengunjung datang terus nanya ini dan itu.  Gimana, tuh? Dilayani, dong.
http://www.catatan-efi.com/2016/02/jangan-lewatkan-7-langkah-ini-setelah-update-blog.html
Jangan Lupa Balas Komentar
So, jangan lupa untuk membalas  komentar  yang sudah masuk. Saran saya permudah juga pengunjung untuk meninggalkan komentar. Meski  kadang saya ga ngerti  juga kenapa beberapa blog menerapkan captcha dengan puzle  gambar.

Kebanyakan sih, gampang buat mencocokkan  gambar dengan kata kunci yang diminta.  Tapi  kadang-kadang saya dapet zonk karena siwer alias kurang fokus hehehe. Ada yang fine-fine aja dengan sistem  ini tapi ada  juga yang baper, lalu males berkomentar.

Kalau mau menyaring komentar  yang masuk, coba seting denan moderasi.  Biasanya  ga akan dihadang teka-teki  atau tebak-tebakan gitu.  Cuma harus sabar aja menanti jawaban  eh  menanti komentar ditayangkan. Selama sopan dan ga aneh-aneh, sama pemilik  blognya akan ditayangkan, kok.   Kalau platform blognya menggunakan template dari blogspot, permudah juga dengan fitur  komentar yang bisa memfasilitasi  komentar  blog dari berbagai platform. Biasanya seperti  ini.
sediakan kolom komentar yang friendly

7. Blog Walking
Bahasa lainnya silaturahmi. Selain membalas  komentar, sempatkan juga untuk berkunjung balik  ke blog  yang sudah memberi  komentar. Semakin  ramai yang komentar semakin banyak  list yang sebaiknya kita kunjungi balik. Eh tapi, sesuaikan dengan waktu kita, ya.  Jangan sampai  kena tegur bos di tempat kerja  karena keasikan bw alias  blogwalk.  Atau anak  istri/suami mutung karena merasa dikacangin alias dicuekin.
http://www.catatan-efi.com/2016/02/jangan-lewatkan-7-langkah-ini-setelah-update-blog.html
Sempetin bw, biar lebih akrab
Yang udah komen dan belum dikunjungi balik, ya jangan cediih. Mungkin mbaknya atau masnya lagi sibuk atau alasan lainnya.  Kalau ada  yang belum saya kunjungi balik,  maafkeun juga ya hehehe. Sebisa mungkin saya bakal bw alias  ngunjungin balik.  Jangan lupa sediain camilannya  bua ngobrol cantik  :)
116 komentar on "Jangan Lewatkan 7 Langkah Ini Setelah Update Blog"
  1. Untuk membuat short link saya suka lupa haha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mulai sekarang jangan lupa ya, Tian :) inga... Inga... Ting! #modeiklanjadul

      Hapus
  2. Baru tau yg poin 4 dan 5, informatif banget nih postnya. Makasih sudah share Mak Efi ;)

    BalasHapus
  3. Ahhh... nomer 4,5,6 sering kelewat. Haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biar ga lupa, bikin sticky notenya depan lappy atau komputer terus praktekin ya, Mak :)

      Hapus
  4. baru tau tips no 5. Kirain ping sebatas hompage aja, ternyata per post juga bisa toh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa banget, sampai 500 submit link per bulannya.

      Hapus
  5. Thank you sharingnya Mbak.. Sangat bermanfaat nih, bisa langsung dipraktekking.. Hehe..
    Salam kenal.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga Mas Huda. Terimakasih suah mampipr ke blog saya. Selamat mempraktikan :)

      Hapus
  6. aplikasikan ahh.. thanks sharingnya ya mb.. :)

    BalasHapus
  7. nah itu dia mbak yang (kadang) suka bikin malas komentar cz ada captcha nya. kalau capcay sich enak ya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi yang punya blognya ga nyadar dia pasang captchanya gitu, mbak. Ah aku pun lapar juga, pengen capcay nih, Nadira :) Yuk beli aja biar cepet makan :)

      Hapus
  8. Kadang lupa bales komentar, thanks udah diingetin teh Efi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi karena sibuk atau banyak yang komen. Atau postingan lama baru ada yang komen lagi, ya. Sama-sama Mbak Prima. :)

      Hapus
  9. Hehee berguna bgt buat newbie kaya saya teh.. Thanks ya...

    BalasHapus
  10. Nomor 4 ngdaftarin k google webmaster itu gimana caranya mak? Hihi kuno bener saya :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus punya akun dulu di sana. Gampang kok. Fungsinya bukan cuma submit link, aja. Nanti deh aku bikin postingan tentang ini, ya. :)

      Hapus
  11. Duh beberapa hari ini koneksi lelet jadi gak bisa share dan bw. Jadi galau.
    Daftar ke webmaster juga belum. Huhuhu pantesan pengunjungnya dikit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Luamyan sih, ada pengaruhnya. Apalagi kalau pas kontennya banyak yang cari ditambah jago bikin kata kunci.

      Hapus
  12. Noted ^^ sodorin camilan utk ngobrol cantik hehe..
    Nuhun teh epi, mau nyoba yg sering kelewat..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pengen camilan yang real. Jangan ngambil dari captcha, ya :D *mendadak lapar*

      Hapus
  13. Artikelnya sangat bermanfaat
    kalau boleh point no 2, bgm ya cara bikin shortlink
    dan point no 4 kirim ke google master bgm caranya
    trimakasih matursuwun :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bikin short link tinggal masuk ke webnya. bit dot ly atau goo dot gl itu. Trus salin link yang mau dishort di sana. kalau di bit dot ly itu di sisi kanan ada kolom buat mengubah linknya dengan keyword atau judul pendek yang ingin kita buat. Nanti kalau sudah muncul linknya, itu yang dishare ke medsos. Gampang, kok. Untuk Google webmasternya nanti saya bikinin potingannya, ya.

      Hapus
  14. kalau adik, share google plus, ngomentar blog orang, balas komen pengunjung, sama kayak BW kayak gini ne :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah udah hampir semuanya dijalanin, ya. Ada cara lain yang Fajar lakukan selain yang udah dibahas di sini?

      Hapus
  15. sayangnya saya kadang melewatkan itu semua mbak :D
    paling sering cuma blogwalking dan share link aja
    selebihnya kebanyakan kelewat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah sekarang jangan skip lagi, Mas. Biar makin banyak yang baca blognya.

      Hapus
  16. Wah kalau saya ke 7 langka ini a pernah terlupakan, selalu jadi kewajiban abis update blog :D

    BalasHapus
  17. Wah yang poin 4 dan 5 ini baru tahu saya...

    Kudu belajar lagi... Thanks for sharing yah Maak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat mempraktikkan, Neng Nunung. Yuk sama-sama belajar lagi.

      Hapus
  18. nah no 6 eta.. kadang bingung mau balas komennya dengan kalimat apa. hahaha. Kalo masalah share enak pake aplikasi sharing otomatis sambil tutup muka lihat postingan sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi kalau komennya cuma nice post, Gan. kayak gitu, ya? Hehehe... Lah, kenapa mesti tutup muka, Rani? :D

      Hapus
  19. sama kek yg lain ternyata, poin 5 baru tau saya.. makasih sharingnya mak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Tia. Segera aplikasikan, ya :)

      Hapus
  20. Makasih banyak, Mbak Efi. Jadi tambah ilmu lagi nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama. Semoga ga puas biar terus ngulik dan cari tau dari yang lain ya, Mbak.

      Hapus
  21. Semua langkah sepertinya udah aku lakukan.....

    boleh dong saling follow blog

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip, Mas Ronaldi. Saya udah follow G+nya. Ga ada widget follower blognya, ya?

      Hapus
  22. Googlewebmaster itu, kita masukkan link ya, terus udah gitu aja mba, ga ada langkah lain lagi kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak. Gampang kok. Kalau masih bingung tunggu postingan saya soal ini, ya.

      Hapus
  23. ping di sox bookmark saya velum pernah,nyoba ah...makaish mak sharingnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayoo Mak,cobaiiiin :) Sama-sama, kembali kasih.

      Hapus
  24. wes mantap ini, tambahan lagi mba jangan lupa share ke sosial bookmark :D semoga bisa membantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi.Lagi nyari laman sosbook yang friendly dan ga ribet. Penennya kayak si lilntas dot me gitu :)

      Hapus
  25. nice share nih :D
    semua nya penting untuk meningkatkan traffic
    hehehe..
    cobain ahhh..

    mampir ya ke blog saya
    http://www.infolaten.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Mas Demi. Sip, nanti saya bw ke blognya, ya.

      Hapus
  26. 4 & 5 akan segera kucoba, Mak. Terimakasihhhhh :'D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba dan praktikan secara konsisten, ya Mak.

      Hapus
  27. Mau nyobain yg googlewebmaster ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cobain dan praktikan dengan kontinyu ya, Pit :)

      Hapus
  28. yang shorten link belom pernah nyoba :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau gitu sekarang saatnya untuk mencoba

      Hapus
  29. Masih banyak yang belum dilakukan. Googgleweb master gimana caranya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo praktikkan, Mbak. Yang Google Webmaster nanti saya ceritain di postingan terpisah, ya.

      Hapus
  30. utk blogwalking ini saya masih kewalahan... Utk yg permalink saya malah baru tau... duduls... Thanks ya mak ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, Mak. Buat blogwalk ini saya biasanya nyicil. Sama-sama. Nah yang pemalink bisa diedit biar ga kepotong lagi tuh, Mak.

      Hapus
  31. Gunanya edit permalink berpengaruh banget ke visitor ya teh? Aku biasanys males edit n pake link apa adanya huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biar ga kepotong dan terindeks dengan baik pas kita share, Nit. Ayo, ceki-cekilagi linknya biar ga kepotong :)

      Hapus
  32. Balasan
    1. Sama-sama, Kurnia Amelia. Apply segera, ya :)

      Hapus
  33. nice tips...baru ngelakuan 7,8 hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah,tinggal tambah yang 6 langkah sebelumnya, Bun :)

      Hapus
  34. No. 5 yg belum kulakukan, no7. Jarang banget dilakukan karna gak ada waktu. Mumpung sekarang ada waktu jadi mampir ke sini. Hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ihir :) Semoga setelah ini jadi bisa cari waktu buat apply langkah lainnya, terutama bwnya ya, Mbak :)

      Hapus
  35. Baru tau harus ke google webmaster. Tfs makkk jadi nambah nih wawasannya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Mak Ruffie. Semoga bermanfaat dan bikin postingan blognya makin rame, ya.

      Hapus
  36. Nomer 2 nya dobel Mbak #eh kenapa jadi bahas nomer yak :)

    Semua udah mulai di coba dan sukses bikin Alexa langsing. Dari 7jeti 3 mingguan jadi dibawah 2 jeti. Thanks sharingnyaaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha.. iya, aku baru nyadar Tarry. Eh tapi udah dibenerin. Makasih ya, koreksinya. Cieeee, semoga nembus sampai dibawah 1 juta dan seterusnya, ya.

      Hapus
  37. Kadang-kadang ada yang ketinggalan, untung diingetin begini. Thanks mba Efi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama. Mudah-mudahan abis ini ga ketinggalan lagi ya, Mbak.

      Hapus
  38. Mantab informasinya, kakak... terima kasih banyak buat ilmunya...

    Salam....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Mona. Jangan lupa praktikan, ya.

      Hapus
  39. nge test ah, Mba Efi konsekuen dg tips ke 6 & 7 gak?
    hehehe
    salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha... langsung nodong ini, Hari. Ini buktinya dibalas. Tunggu kunjungan saya ke blognya. Jangan lupa sedian camilan yang enak, ya. *lho*

      Hapus
  40. belum pernah coba ynag daftar di google webmaster, terima kasih sharingnya yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, blopost berikutnya jangan lupa sbutmit ke webmaster ya, Irai.

      Hapus
  41. aku kok susah ya.. kalo mau ubah permalink, ada kesalahannya gitu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masa, sih? gampang, kok. Perhatikan, jangan anda tanda baca di permalinknya.

      Hapus
  42. wah bagus nih infonya..tambah lagi artikelnya mba

    BalasHapus
  43. Makasih tips nya mbak... cukup membantu buat naikin traffic :) oiya saya sedang blogwalking nih :) salam kenal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mas Freddy. Salam kenal juga. Yuk praktekin tipsnya, ya.

      Hapus
  44. asekk..ade udah pinter deh..

    yuk ikutin terus langkah2 diatas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Kakak. Aku juga kan belajar darimu. :)

      Hapus
  45. Tipsnya bagus banget tapi kada blogwalking itu terkendala waktu dan kesibukan. Oh ya ada tipsnya ga nge-publish pada jam-jam tertentu dimana lbh banyak orang yang punya waktu untuk buka internet?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa disiasatin sih buat blogwalknya. Kalau lagi nunggu temen, lagi di kendaraan umum ngantri di bank atau nunggu ngantuk bisa tuh blogwalk dari hp. Biasanya jam-jam makan siang atau sore menjelang bubar kantor banyak yang lagi buka internet. Kadang malam setelah jam makan malam. Meski ga sebanyak yang siang, sih.

      Hapus
  46. Balasan
    1. Sama-sama. Silahkan praktekkan ya, Mak.

      Hapus
  47. Soal vivalog...minggu lalu aku sharw pertama di sana. Besokannya lgsg di reshare..alhamdulillah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wow, asik banget Innayah. Aku belum bisa nembus vivalog euy.

      Hapus
  48. Amazing sharingnya kakaaaa ok ok thanks ya cyynn, wah ada share masakan juga ya baru tau neh kebetulan skg kan eyke lg seneng ngblog cemilan hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, ada beberapa sosmednya. Yang aku inget yang cookpanda itu. Bagi-bagi camilannya dong eike.

      Hapus
  49. Wahaha ok kaka mari mampir sini ngemil - ngemil cantik hehe

    BalasHapus
  50. nuhun teteh.. ini mangfaat bangets buat akuh.. :D

    BalasHapus
  51. 4-6 aku ngga pernah praktekin. Wkwkwk
    Tip yang oke, Teh!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Idaaah, nakal, yaaaa. #cubitIdah
      Ayo, kudu dipraktekin sekarang.

      Hapus
  52. bberapa udh aku jalanin, tp ada jg yg belum :).. google webmaster yg blm ngerti caranya gmn :D..

    BalasHapus
  53. Praktekin yang belum ya, Fanny. Yang google webmaster nanti aku bikinin postingnya

    BalasHapus
  54. Terdampar di blog ini, dan nemu postingan yang bermanfaat.

    Salam kenal, Mbak
    Saya yang baru belajar ngeblog. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mbak. Salam kenal juga. Yuk, belajar sama-sama :)

      Hapus
  55. cihuy dapet ilmu lagi walaupun telat mampir hehe. balas komentar kadang suka lupa hehe. baru tahu judulnya bisa di edit di pemalink *duh. makasih teh ilmunya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cihuuy Gilang mampir ke sini hehehe. Nah sekarang bisa dong permaalinknya ga keputus :)

      Hapus
  56. Mak Efi ditunggu y postingan ttg webmaster hehehe. Salam kenal mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga. Udah kok, ada bahasannya di postingan tanggal 16 Maret, mak :)

      Hapus
  57. Wah baru tahu ada yang beginian mbak. Biasanya abis ngeblog langsung tutup, lalu berharap uda dibaca sama jutaan orang. Wkwkkwk

    BalasHapus
  58. Bkn cuma info baru, tp jg ilmu baru ni. Biasa saya cm share d medsos aja mbak.

    BalasHapus
  59. Yang paling gampang dari semua tips di atas adalah: blogwalking. Hihi.... (emak2 pemalas)

    BalasHapus

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.