Top Social

Bring world into Words

Belanja di Akhir Bulan?

Senin, 22 Februari 2016
Tanggal berapa sekarang? Ah, iya. 22.  Tanggal tua  hehehe.  Ya buat sebagian orang sih, mungkin ga ngaruh.  Bisa jadi  emang  uangnya banyak  (((banyak)))  atau  emang tanggal gajiannya beda dari yang lain.  Yang lain tanggal  1 atau akhir  bulan,  ini mah gajiannya tanggal  belasan, misalnya. Atau  bisa jadi  sebenarnya dapat  jadwal gajian di tanggal yang standar itu  eh tapi pertengahan bulan kemarin dapat  arisan atau pencairan hadiah, misalnya.  Wohooo asiiik, ya!
http://www.catatan-efi.com/2016/02/belanja-di-akhir-bulan.html
tanggal tua = bokek??
Eh pernah ngalamin  dong tanggal-tanggal cekak, alias  bokek.  Buat bertahan sampai  gajian nanti salah satunya harus ngirit. Sebisa mungkin  sih  ga ngutang  biar  nanti terima  uangnya utuh.  Ya, ga? Rasanya sukagimana gitu  gajinya ga terima utuh.  Eh tapih utang mah  kudu dibayar, atuh.

Makanya  di saat  uang di dompet udah nipis dan saldo atm udah ga bisa diapa-apain, biasanya kita kudu nahan diri, nyimpan kelebihan uangnya buat  jaga-jaga.  Mau jajan? tahan dulu. Mau belanja? butuh apa pengen?  Meski sebenarnya  antara  butuh  dan pengen itu bedanya tipiiiis  banget.  

Akhir  bulan ini saya memutuskan untuk pasokan lemon  perasnya diganti dengan lemon lokal aja. Lebih murah, meski soal rasa  lebih suka  lemon yang kuningnya menggoda itu. Rasanya juga lebih segar.  Untuk persediaan sampai akhir  bulan udah aman.
Tapi ternyata godaaan itu datang juga.
Hush, jangan negatif thinking. Bukan godaan  yang macem-macem. Cuma satu macem aja.  Godaannya dari lemon aja.

Hari minggu kemarin, sehabis menghadiri sebuah acara di gedung Rabbani, Cimahi, saya melipir  ke  Yogya  Cimahi. 

Lho, katanya bokek?

Ssstttt....  jangan komplain dulu. Tadinya gitu.  Tapi kebetulan ada rejeki  tak terduga. Lumayan, lah hehe jadi boleh dong memanjakan diri dikit.  

Kebiasaan saya belakangan ini kalau belanja ke supermarket, kalau bukan cari kebutuhan bulanan saya bakal melipir ke rak buah atau sayuran. Camilan mah skip. Palingan  saya cari kopi kemasan gitu, sih. Pandangan mata saya langsung tertuju ke satu  sudut.

What? Murah banget! Serius? (meski  ga pake  ngucek-ngucek mata sih, lebay banget :P)
Seperti ini penampakannya.

http://www.catatan-efi.com/2016/02/belanja-di-akhir-bulan.html
Tuh, murah, kan?
Nah, siapa yang ga tergoda coba?  Oke, saya inget di rumah, persediaan lemon di kulkas masih cukup.  Tapi kan....  (cari pembenaran ini)  bisa saya selang-seling buat bikin lemper  alias lemon peras. Atau  buat nambahin  resep smoothie. Kan ceritanya lagi mendetoks badan.  Ga apa-apa kali!

Kalau dibanding  dengan harga spesial yang di  hari senin kamis  yang suka dapet diskon untuk daging, ikan, sayuran dan  buah pun harganya  jauh lebih murah. Pengalaman selama  peminum rutin lemper  alias  lemon peras, lemon  yang dijual  ini paling murah, masih segar  pula. Ga keliatan tanda-tanda  busuk.
  
Oke,  fix. Saya ambil kantung plastik pembungkus buah dan ngambil beberapa  butir lemon!  Ga banyak *evil green*.

Saya menepati janji,  kok.  Ga melipir  ke rak lainnya.  Soalnya emang suka lapar mata. Tadinya sempet ada  yang dadah-dahin saya. Ga jauh dari kasir tempat saya membayar, ada rak  gelas dan piring keramik yang lucu-lucu.  Bisa dipastikan saya bakal memboyong beberapa pcs  dari mereka kalau ga cuek  hehehehe.   Saat  itu saya  berhasil  melaluinya.  Next time aja, deh  belanjanya.  Lagian saya bukan kuda lumping  yang bakalaan sakau kalau ga ngunyah barang pecah  belah gitu  :D.

Pernah  ngalamin hal kayak  gini  juga ga,sih? Pernah atuh lah....  *cari temen*





50 komentar on "Belanja di Akhir Bulan?"
  1. pake kartu kredit mb.. kan bayarnya sebulan lagi :)

    BalasHapus
  2. harga lemon bener2 lagi turun banget ya
    biasanya di 6000an per 100gram. aku jg merhatiin si harga lemon ini. bukan belanja di akhir bulannya sih :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin lagi panen raya jadi stoknya melimpah banget ya, Mbak. Eh tapi beda swalayan bisa lumayan beda harganya. Pengalaman aku yang suka ngebandingin, sih.:)

      Hapus
  3. akhir bulan itu suka bikin gregetan ya mak efi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ketika hasrat pengen belanja tidak didukung dompet dan rekening ya, Mak :D

      Hapus
  4. Sering, sih. Tapi ga kuat nahan. Ujung2nya ngutang. *jangan dicontoh*

    Salam dari, agenrizal.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, ngutang itu paling nyesek aps gajian kudu bayar. Eh tapi awas jangan sampai ga dibayar :D Makanya nahan diri aja nunggu tanggal muda.

      Hapus
  5. aku kalo belanja akhir bulan suka perhitungan,, Bener2 mikir urgensinya beli sesuatu apakah memang dibutuhkan atau bisa disubstitusi dgn yang lain..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe sebagai menteri keuangan jangan sampai neraca rumah tangga defisit ya, Mak.

      Hapus
  6. Akhir bulan yang dibeli kopi instan hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tinggal melipir ke warung sebelah kalau mau kopi ddoang mah ya, Cici :D

      Hapus
  7. Lalaki mah, ada barang bagus & dui cukup.. Hajar bleeehhh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu kahsnya lalaki. Isuk mah kumaha engke hehe

      Hapus
  8. yang saya sebelin tuh kalo pas tanggal tua, stok buah atau bahan makanan si kecil habis, uang buat belinya mah ada, cuma godaan di supermarketnya itu yang kudu banyak2 baca ayat kursi biar gak gesek hahaha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan lupa bawa kacamata kuda biar ga lirik rak di kanan kiri, Mak. Jadi fokus sama list belanjaan. :D

      Hapus
  9. betul banget, semua pasti pernah merasakan "penyakit bulanan" seperti ini.tanggal tua, uang sudah menipis, gajian masih jauh..hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mari saling pukpukin lalu melingkari hari di kalender *tragis amat, ya? :D*

      Hapus
  10. huahahahaha.... samaaaaaaaaaaaaa.... sialnya diskon tuh suka nongol pas duit lagi cekak.... Antara perlu gak perlu sih.... Apalagi kl liat buah-buahan yg diskon....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Godaan terbesarku sekarang kalau ke Supermarket itu rak buah-buahan, Mbak. Padahal buah-buahan kan ga cukup beli satu biji *dikeplak pramuniaga*

      Hapus
  11. Kalau saya malahan menyengaja Mak, buat belanja pas tengah bulan. Pas diceki ceki ternyata kalau tengah bulan itu diskon di supermarket gedeee benerrrr. Pernah atit ati gara2 udah belanja eh pas tengah bulan harga barang tsb turunnya jauh dari woro2 diskon akhir bulan. Hiks...jadilah sekarang pindah jadwal belanja hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku belanja buah-buahannya seminggu sekali biasanya. Iya ya, kadang-kadang tengah bulan suka ada aja diskon gede. Mungkin pengunjung dikit dan ngabisin stok terutama produk yang ga tahan lama.

      Hapus
  12. Iyaaa, susah lempeng kalau udah di supermarket. Sekalian jalan maksudnya eh tahu-tahu habis banyak.:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba bandingin daftar belanja sama struk. Jarang yang sama, ya. Suka ada tambahan :D

      Hapus
  13. Kalau lg mau irit ga berani dl ke supermarket hahhaah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum ngongkosnya ya, Innayah :D Banyak godaannya emang

      Hapus
  14. sering mbak,kalo ada diskonan mah lupa sebentar..kalo dah di rumah baru deh...xixixixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pernah ngambil tumblr lucu ga merhatiin merk. Kirain yang biasa aja dan pas baayr di kasir baru nyadar itu dari Lock & Lock. Jiahaha... pantesan gede banget selisihnya dari perkiraan. Gara-gara lapar mata, ini.

      Hapus
  15. emang banyak godaannya..makanya harus baca doa dulu ketika masuk pasar..baru aja 2 mgg kmrn belnja di pasar modern utk keperluan arisan, pengen beli ini dan itu pdhl yg dicatet mah beberapa, biasa belanja di tukang sayur :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, aku pernah baca soal doa ini. Setan di mall malah lebih cerdik menggoda,ya.

      Hapus
  16. Tahan godaan yah teh epiii,pdhl bnyk yg dadah2 ituuu yaah hehe.. biasanya pas lg diskon, trus pas jg harus hemat..zonkkk aku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu, pas lagi banyak duit juga banyak godaannya cuma masih punya uang jadi ga merasa masalah. Pas lagi bokek itu, hadeuh...

      Hapus
  17. lemonnya muraahhhh.. kalo pas cekak lemon aku ganti jeruk nipis mbak heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Muraaah banget, kan? Hehehe Toss dulu ah Ayu.

      Hapus
  18. kalau tanggal tua jauhi ke toko, supermarket dan sejenisnya, andalan saya di tanggal tua tukang sayur langganan ajah, murah meriah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi kalo cuma butuh camilan mah, ya. Big no. Padahal belanja di tanggal muda sama tukang sayuran juga harus diperbanyak. Bantu ekonomi mereka, ya.

      Hapus
  19. Supermarket bikin laper mata teh, padahal uang tinggal segitu. Belanja di warung sebelah aja :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ke warung hasrat belanja ini itunya lebih tertahan. Rata-rata bawa uang secukupnya atau lebih dikit aja, ya.

      Hapus
  20. pernh bgt lah mba ;D namanya cewe hobby shopping ;p tp memang sebisa mungkin ga bablas lah... secukupnya, yg ptg keinginan belanja tersalurkan ;) ..biasanya klo tgl bokek gitu, pake Credit card lah blnjanya ;p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tuh, kan. Hihi awas tagihan kartu kreditnya bikin shock. Suka jadi guilty pleasure.

      Hapus
  21. Saya udah terbebas dari lapar mata teh, jarang belanja dan sudah bisa menahan diri hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ish keren. Ajarin nahan supaya ga lapar mata, Lis hehehe.

      Hapus
  22. Iya tuh mbak, makan lemon yang murah aja dulu, gak kasian sama dompetnya :p

    Lemon nya buat saya tergoda juga mbak, aah di jus enak tuh :p

    kanker oh kankerrr, kantong kering hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dompet tipis itu memang menyedihkan hehehe. Jadi pengen bikin jus lemon nih ah, Afif. Sabar. Bentar lagi tangga muda, kankernya akan sembuh lagi. :D

      Hapus
  23. Kalo gw demen nya malah melipir beli buah2 ama snack yg ngak penting. Padahal di rumah masih banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asik! Beli buahnya banyakin dong, trus kirim ke saya hahahaha

      Hapus
  24. ternyata ada juga yang senasib yak...tanggal tua tapi tawaran big sale menggila mak... *big sale minyak, pampers, buah...hehehhee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mari keukeupin dompet erat-erat hehehehe

      Hapus
  25. Tapi kalau ada harga yang murah ga nahan kali ya buat beli...

    Tapi bagusnya direm dulu deh, kalau tanggal tua.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya gitu, suka jadi execuse. Makanya tanggal tua kalo lagi boke jangan deket-deket swalayan, mall atau buka olshop. :)

      Hapus

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.