Top Social

Bring world into Words

Mona Lisa dan Rahasia Senyum

Minggu, 10 Januari 2016
Pernah liat  lukisan Monalisa yang katanya lagi senyum? Dan pasti pernah juga dong  lihat poster filmnya  Julia Roberts  buat filmnya  Monalisa  Smile.  Sekarang saya tanya dong,  senyum siapa yang paling cantik?
Siapa yang lebih Cantik?
Kalau menurut saya sih cantikkan Julia Roberts. Setuju, ga? Siang tadi, penyiar  radio  yang lagi saya dengerin  muterin  lagunya band klasik, Bad English. When I See you smile.  Makanya saya jadi pengen bahas soal ini.


Laughter  is Best Medicine
Katanya sih, senyum itu  obat  awet  muda. Mereka yang sering senyum lebih awet muda dan panjang umur. Meski menurut saya ga gitu juga, sih. Lebih pas dibilang harapan hidupnya  lebih baik  karena dengan senyum  membuat tubuh lebih rileks  dan membantu melepaskan hormon endorfin, hormon bahagia.  As we  know, mereka  yang bahagia  lebih kecil terkena risiko  sakit. Makanya,  mereka  yang lagi sakit  berat sangat dianjurkan untuk diberi  support  untuk selalu  merasa bahagia, jauh dari stres  karena  itu adalah terapi  manjur untuk meningkatkan  harapan sembuh.
senyum  obat yang mudah

Senyum Paling Tulus

Buat saya,senyum paling manis dan paling tulus itu senyumnya  bayi.  Entah gimana  mereka  belajar,  tau-tau mereka udah bisa senyum dan selain jeritan senangnya  kalau udah dikasih mainan,  diajak ngobrol  atau  interaksi lainnya,  senyum mereka bisa bikin melting. Bahkan ketika mereka  lagi bocan alias  bobo  cantik, tetap aja  mereka bisa tersenyum. Eh kalau bayi cowok masa bobo cantik sih? Bobo  ganteng?  Err...  eh tapi  sound weird,ini.  Ada istilah  yang lebih cocok, ga, sih? Let me  know.
Senyum  bayi s  uka bikin melting
Kategori Senyum
Nah, kalau yang udah gede,  senyumnya  sih  lain lagi. Bisa berjuta makna (mulai dalem deh). Ada yang emang senyum tulus, senyum misterius, senyum kw alias senyum  palsu, senyum  malu-malu kucing, senyum sinis (contoh paling gampang, coba liat  deh senyum  aneh artis sinetron yang lagi ngomong sendiri, sambil  ngangkat-ngangkat alis), senyum kepaksa dan entah senyum apalagi.  Konon, sampai ada 19 kategori senyum. Coba deh  ngaca  dan ekspresikan beberapa senyum, Kira-kira bisa ga bikin 19  ekspresi senyum  ini? Kalau udah bisa senyum sebanyak  belasan itu, kasih tau saya, ya.

Woman Are Better
Katanya sih,  perempuan emang lebih manis  kalau tersenyum. Trus saya coba inget-inget juga  lagu  tentang  senyum. Selain Bad English,yang bahas  soal senyum  perempuan juga ada  All  4 one  yang punya lagu Smile Like Monalisa, dan Smile-nya Nat King Cole  yang dinyanyiin  dengan versi lainnya oleh banyak penyanyi lain seperti  Mendiang Jacko,  Eric Clapton, Diana Ross, Barbra Streisend,Celinne Dion sampai  Michael Buble.  Kayaknya lagu  Smile  ini  yang paling  banyak disukai, meski  saya sendiri lebih suka versi  Bad English, sih.   Tapi Smile  jadul ini emang klasik  banget sampai  banyak  yang suka.  Liriknya dalem  juga sih.

Nah ngomongin  whose better soal senyum,  kata  lifehack.org  wanita lebih baik  senyumnya dibanding pria.  Maksudnya  gini,  kalau diukur dalam  skala yang sama, perempuan  itu lebih menarik kalau lagi senyum buat pria, even lagi ga pake  make up,  dibanding ketika pria tersenyum sama   wanita  yang emang niat lagi tepe-tepe  atau tebar pesona.  

Jadi  bahasa ringkasnya mungkin pria lebih cool  kalau terlihat misterius gitu, ya?  Ah kalau menurut saya mah senyum  mah proporsional aja kali, ya.  Soalnya kalau terlalu diobral  nanti dikira  ada 'kabel' yang putus di dalam sana.  Buat saya sih soal prefrensi  ini mah. Semisal saya yang ngefans sama Maher Zain (teuteup)  bakal terpesona liat senyum charming  (asal  ga berlebihan) dibanding orang  lain.

Senyum  itu  Bisa Menular
Sekarang bayangin, kalau kita naik bus  atau angkot atau apalah,  trus  si drivernya moody, grumpy ga jelas,  misuh-misuhin siapalah  yang kita  ga kenal dan ga ada  urusan pula kitanya.  Lagi asik-asik  buka  gadget balesin komen atau buka buku atau ngobrol  tapi ga sengaja  denger si pengemudi  mendadak jadi Eminem wanna be  (maksudnya ngomel) kan sebel juga. Atau lihat temen sekantor/atasan yang ujug-ujug uring-uringan yang bikin alarm siaga 1,  lihat  kasir jutek  dan orang lain yang mungkin lagi ngalamin  bad day kok ya kitanya  ikutan ga enak. "Are you okay?"  pengennya  ngomong gitu, tapi takut kena semprit  hehehe...  Sebaliknya, kalau lihat temen yang lagi seneng karena dapat hadiah, promosi jabatan, atau lagi fall in love  (uhuk) atau alasan lainnya ya kita ikut seneng  juga, dong. Apalgi karena saking senengnya itu kita jadi ditraktir.  Makin  tinggi tingkat penularan kebahagiannya.  


Ada kalanya sih  sesuatu  yang berat ternyata rada  susah dicairkan dengan senyum.  Susaaaaah banget narik lengkung garis bibir di wajah. Dipaksa-paksain senyum juga  tetep aja  raut muka ga bisa boong.  Makanya Daniel Powter sempat bilang gini:

You had a bad day The camera don't lie
You're coming back down and you really don't mind
You had a bad day
Sometimes the system goes on the blink, and the whole thing it turns out wrong
You might not make it back and you know that you could be well, oh, that
Strong
And I'm not wrong

Kadang ada juga orang yang pinter melucu tapi sebenarnya  dia  menyembunyikan sesuatu  dibalik senyumnya itu.  Kayak waktu kuliah dulu  saya punya temen yang super gokil dan candaannya sukses  bikin ngakak.Satu hari teman saya yang lain cerita, kalau di rumahnya, teman saya  ini  pendiem banget dan takut sama ortunya  yang galak yang saya ga ngerti dan ga kepikiran but kepoin  kenapa.

But anyway,  lebih seneng  ya kalau lihat orang senyum, meski  ga kenal. Ya ga? Saya juga suka diprotes  katanya  jutek,  padahal  kalau udah  haha hihi  bisa berisik :)  Aih  kenapa  ujung-ujungnya jadi curhat begini?




15 komentar on "Mona Lisa dan Rahasia Senyum"
  1. Senyum itu ibadah...jika melakukannya dengan ikhlas kita akan mendapatkan pahala ibadah insya Allah

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi inget lagunya Raihan nih, Mbak. Senyumlaaaah senyum dari hati tanda keikhlasan :)

      Hapus
  2. mungkin mereka salah mengartikan antara "kalem" dan "jutek" padahal tipe-tipe seperti ini memang sebetulnya juga sama dengan orang lain bisa cekakaan juga [ngomongin diri sendiri]

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener tuh, Mak. Alinya aku tuh kalem dan pemalu, bukan jutek hehehehehe berasa dibelain, nih.

      Hapus
  3. Hihi senyum bikin mood jd membaik ya teh klo misal lg rempong :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, salut juga sama orang yang jago becandain temennya biar bisa senyum lagi. Ga gampang lho mengubah mood orang, apalagi kaalo bad moodnya udah level 10.

      Hapus
  4. saya suka sama julia roberts, jadi pasti senyum dia yg paling manis hehe
    dan lagu bad english berjudul when I see you smile, suka bangeet hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tosss dulu ah,Mak. ^_^ Udah tuir tapi masih cantik ya, doi.Perawatannya dia mihil ga,ya? Hehehe

      Hapus
  5. El canape arcon madera bronce de la gama Ultimate de
    Flex te dejan aprovechar al máximo el espacio ademas de contar con un atrayente diseño gracias a sus actuales formas
    y materiales.

    Also visit my web-site ... canape b flex

    BalasHapus
  6. aaahhh senyummu manis sekali... kaboooorrr bisi dijutekin hahaha....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aih teteh, segitu kita udah berapa kali ketemu.Masa sih masih dibilang jutek?

      Hapus
  7. Untungnya senyuman bukan penyakit ya. Gak kebayang deh kalau banyak yang tertular.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi iyaa, jangan sampai senyum musnah dari peradaban :)

      Hapus
  8. senyum bikin awet muda, tapi senyum saya sepertinya tidak manis hehe.
    kunjungi http://ptbanyakcerita.blogspot.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya harus banyak-banyak makan yang manis biar senyumnya jadi manis :)

      Hapus

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.