Top Social

Bring world into Words

Manfaat Minum Teh Chamomile Untuk Tubuh dan Kulit

Rabu, 20 Januari 2016
Pernah merhatiin  ga beberapa iklan teh seduh yang wara-wiri di tv?  Pengamatan saya nih, biasanya iklan teh ini selalu bernuansa  yang santai,  rileks dan  bisanya ga jauh-jauh  dari suasana keluarga.  Kalau ditanya, sebenarnya buat saya  sensasi  ngeteh itu lebih dapet  feelnya ketika kita nyeduh teh (baik yang  serbuk atau sudah dikemas dalam tea bag) dibanding teh instan   dalam kemasan tetra pack atau botol  gitu.  Rasa orsinilnya lebih dapat,  meski ga pake pemanis.     

Ngomongin soal  manis  sebenarnya gampang, kok.  kalau ga berasa  ya tinggal bawa cermin aja trus minum tehnya sambil ngaca  hahaha  *narsis amat*

Nah beberapa waktu yang  lalu saya sempat  mengikuti  demo  peyajian teh  dari expertnya. Asik banget deh doi menyampaikannya sambil  menunjukkan alat-alat tea maker  yang ternyata banyak yang murah, lho. Mbak Ratna bukan cuma smart  berbagi cerita seputar tehnya itu, tapi juga dia sangat mencintai teh.  No wonder, udah cantik  kulitnya terlihat sehat. Bikin envy. Hasil yang  sepadan untuk hobi sehatnya itu.  Kalau  kepo cerita tentang beliau,  coba baca ini, ya

ngeteh yuk:)
Dibanding minum kopi, kebiasaan minum teh ini jauh lebih sehat. Sayangnya, kafe yang mengkhusukan menu teh juga susah nemunya. Kalau kafe  buat ngupi-ngupi cantik sih banyak. Gampang lah nyarinya. Masih banyak yang  nganggap kebiasaan  minum teh  ini ga ada gengsinya. 
Eh tapi di Bandung ada lho kafe  buat ngeteh. Meski tempatnya  mungilt api cukup cozy dan ownernya juga sangat mencintai teh. Saya sempat ngobrol  dengan beliau waktu nyambangin kafenya. Claire, begitu namanya  sangat exciting waktu saya sama temen saya, Dydie  ngborol soal teh.

Baca deh ceritanya di  Tren Sehat Minum Teh Bareng Kirbs 

 Minum  kopi ada batasannya karena efek kafein  dan sebagainya  yang ga bagus  buat kesehatan, seperti jantung berdebar (lah kalau berdebar karena deg-degan ketemu gebetan lain cerita, ya :D  *apaan sih*), insomnia  (efek  dari minum kopi yang reaksinya bisa sampai malam) dan  keluhan lainnya.  Paling aman satu gelas perhari  aja,  udah segitu.  Nah kalau punya alergi sama kopi,  mending jangan minum  sama sekali.
suka teh yang  mana?
Iya sih, minum teh juga ga bagus kalau berlebihan  apalagi kalau tehnya bukan teh dengan kualitas terbaik. Tapi secara umum, toleransi minum teh lebih  banyak dibanding minum kopi.   Dan seperti yang udah saya  bilang tadi,  efek positif dari kebiasaan minum teh dalam jangka panjang itu selain tubuh jadi sehat  karena kandungan antioksidannya yang tinggi  juga bikin kulit jadi sehat. Makanya, orang Jepang yang punya sejarah tradisi minum teh punya kulit cantik yang bikin envy.

Saya sendiri di rumah punya persediaan berbagai jenis teh. Dari yang dicelup, diseduh atau serbuk. Asiknya, saya jadi punya pilihan mau nyeduh teh sesuai selera. Kalau lagi males,  saya tinggal ambil teh yang tinggal diseduh itu, atau  kalau lagi rajin (cieeee rajiiiin....??!!!)  nyeduh teh serbuk gitu,  hahaha.

Manfaat Teh Chamomile
Nah, salah satu jenis teh kemasan  yang saya punya saat  ini adalah teh chamomile. Entah ya, mendengar kata chamomile  ini kok terdengar anggun,  seksi dan punya  taste  khusus.  Ternyata teh chamomile ini punya benefit keren,, lho. Diantaranya seperti ini:

  • Meredakan perut  yang kram
  • Mengatasi gangguan pencernaan
  • Efek rileksnya  baik untuk terapi mengatasi  insomnia
  • Mengobati  migrain
  • Meredakan kram ketika menstruasi  (hayo siapa yang suka ngalamin ini pas mens?)
  • Mengatasi inflamasi dan iritasi pada kulit termasuk meghambat gejala penuaan seperti keriput dan membantu menjaga kelembaban  kulit
  • kantong teh  chamomile bisa digunakan untuk mengompres  dan mengusir  mata panda
  • Perawatan rambut termasuk masalah ketombe
  • Meningkatkan imunitas
  • Treatment  untuk  mengendalikan penyakit diabetes
Wih, banyak, ya?  Mau dong punya tubuh sehat dan cantik? Salah satunya dengan minum teh. Saran saya, bikin sendiri tehnya dan  ga usah pake gula. Tetap enak, kok.   Beneran.


Warna Khas Teh Chamomile
Ada pengalaman lucu pas saya nyeduh teh celup chamomile ini.  Katanya  nih,  karakter  orang  juga bisa keliatan waktu dia bikin teh celup.  Sebenernya  ga usah dicelup-celup gitu. Woles. Tinggal biarin aja selama beberapa menit. Nantinya teh ini bakal  luruh sendirinya dengan air panas  dalam gelas/cangkir yang kita bikin itu.  Kalau mau cepat, dan biar uapnya ga kemana-mana bisa pake poci khusus  buat teh yang terbuat dari porselen. 

Kalau modalnya kenceng sih bisa tuh pake tea-set  merk  British  yang emang  punya gengsi keren. Hehehe... iya saya tau, mahal emang harganya.  Kalau belum kekejar  budgetnya (deuh kabur ke mana emang?). Bisa juga sih pake tea set biasa. Ga punya juga? ya udah jangan kayak orang susah, pake aja tatakan atau pisin kecil (ini padanan kata dalam  bahasa Indonesianya apa, ya? itu lho piring kecil yang satu set sama cangkir gitu)  buat nutupin.  

Nah warna yang dihasilkan teh itu  kan sebenarnya ga selalu  harus pekat.  Tiap teh punya karakter khusus. Sialnya saya lupa  soal ini.  Makanya udah 5 menit dibiarkan (ditutup pula pake pisin itu), dicelup-ceelupin eh warnanya  tetep aja segitu-gitunya.  Ah dudul, ya!   Eh tapi  biar warnanya  ga pekat, rasanya tetap dapat dan emang enak.  Suer!


Jadi kapan kamu mau ngeteh? Hayu atuh ih :)







10 komentar on "Manfaat Minum Teh Chamomile Untuk Tubuh dan Kulit"
  1. Iya aku juga suka, enak dan menenangkan

    BalasHapus
  2. xixixixixi....baru tahu teh chamomile
    hayuk kapan kita ngeteh bareng teteh cantik...^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuuu. Mudah-mudahan ada rejeki kita bisa kopdaran ya hehehe

      Hapus
  3. ngeteh itu udah membudaya di keluargaku..kalau belum ngeteh pasti deh dinyinyirin hahahah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hah, masa? Asik euy tradisi keluargamu. Di aku mah kayak minuman rekreasi, ga tentu gitu. Bisa awet satu pak juga hahaha pada ga doyan.

      Hapus
  4. di Bandung ada cafe khusus teh atau msh campur2 kopi juga kah? d jkt jg susah cari cafe khusus penggila teh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada, Mbak. Kirbs, di PVJ. Kalau maen ke Bandung aku temenin ke sana. Tempatnya mungil tapi propertinya lucu-lucu. Bikin betah.

      Hapus
  5. Aku juga suka teh
    teh yang manis
    dan hangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asik, Dija juga suka ngeteh. Kalau ketemuan kita ngeteh bareng, ya.

      Hapus

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.