Top Social

Bring world into Words

Fakta dan Mitos Seputar Menstruasi

Senin, 04 Januari 2016
Pernah denger ada  yang  ngomong gini, gak?

Ada  yang  percaya  sama 'gosip' eh mitos  kayak  gitu, ga? Saya  enggak. Simple  aja sih, semisal aturan jangan  keramas pas lagi mens. Duh, iya  kalau mensnya cuma 5  hari, misalnya. Masih woles  ga keramas. Secara tuh,  setiap orang itu kan beda banget  durasi menstruasinya. Kalau udah seminggu  mensnya belum  beres,  apa iya  keramasnya kudu ditunda? Kebayang ga sih itu ketombe  semakin merajalela  di kepala?  Hiiiy, gatel!

Dan mitos  yang bilang  kalau  mensnya telat  itu injek aja yang lagi mens  juga menyesatkan.  Saya pernah  tuh kakinya diinjekin sama temen yang mensnya telat, katanya  dia telat dan nginjek  kaki saya biar nular. Untungnya waktu itu  saya diinjek pake  sepatu flat, bukan high heel :D Sakitnya itu  di sini Jendral!  *nunjuk  kaki*

Errr....  mata kuliah yang saya pelajari waktu kuliah dulu  emang jurusan ekonomi, jauh banget deh sama urusan beginian. Tapi saya mikirnya cetek, itu nyambung di sebelah mananya? 


Jangan Lupa Dicatet
Setau saya, yang namanya siklus mens  setiap  orang beda-beda. Ada  yang  jarak mens  sekarang ke ke mens berikutnya pas  30 hari  atau  25 hari.  Jadi jangan panik dulu  kalau jadwal  kita ga sama. Biarr ga pusing, better  kapan kita mens dan kapan selesai  dicatet aja. Bisa nandain tanggal di kalender , tapi ini ribet  sih menurut  saya.  

Coba deh manfaatin gadgetnya. Cari aplikasi  untuk menghitung jadwal  mens kayak  yang saya install  ini.  Jadi setiap kita mens, tandain aja tanggal hari pertama dan hari terakhir. Nanti, si aplikasinya akan memprediksi bulan depan, kira-kira kapan kita dapat  mens?  Dulu  saya suka ngandelin ingatan  dan sukses  terlupakan hehehe. Makanya pas adik saya  udah mens  dan saya belum, suka panik. Tapi  itu dulu, sih. Sekarang saya  woles aja, tinggal lirik aplikasi dan emang beneran pas waktunya  dapet ya dapet.
ilustrasi  prediksi  periode menstruasi
Pertanyaan berikutnya kalau ditanya  kenapa mens bisa telat? ada faktor lain yang memicunya. Bisa karena stress, faktor hormonal, cape atau sakit.  Saya pernah tuh ngalamin telat sebulan dan bikin saya stres.  Kalau udah merit mah itu kan salah satu kemungkinan  punya  junior di dalam rahimnya. Lah,  buat yang belum merit, kan ga gitu. Panik dong, saya.  Jangan-jangan, ada indikasi  lagi sakit atau gangguan apa, gitu. Sempat gentar mau curhat ke Mama Dedeh, eh bukan  ke dokter.  FYI, sebelumnya saya pernah mengalami  kista dan sudah dinyatakan bersih.  Kok bisa ya , mensnya terganggu lagi?  

Dari penjelasan dokter, bisa juga ini diakibatkan  masalah anti aging.  Iya, catet, anti aging itu bukan cuma kulit keriput yang datang sebelum waktunya, kusam  dan masalah lainnya.  

Baca  deh soal anti aging  di postingan saya :  Kita Semua Adalah Korban Iklan 

Akhirnya  saya emang periode  bulanan saya lancar lagi,  itu pun saya tetap menjaga pola makan yang sehat. Meskipun belum sepenuhnya  makan yang sehat, kadang masih suka makan gorengan, misalnya  :D   

Masih seperti  yang dibilang dokter  tempat saya curhat soal kesehatan itu. Cantik  mah bonus.  Yang penting, perhatikan dulu kesehatan. 


So, beberapa  hal yang harus diperhatikan kalau sedang masanya  menstruasi adalah beberapa  hal berikut:
  • Rajin mengganti pembalut
  • Selalu membawa pembalut cadangan kalau berpergian atau simpan di di laci meja kerja  biar ga panik. Repot kan kalau tiba-tiba 'dapet' pas di kantor dan harus ke luar dulu  nyari ke warung atau supermarket terdekat.    
  • Tetep rajin minum  meski  konsekuensinya  kalau banyak  minum bawaannya jadi sering bolak balik  ke toilet. Biasanya  pas mens kita tuh paling males  buat pipis, ya. Eh tapi  nahan pipis  itu ga sehat, lho.
  • Tidur cukup itu perlu.  Jadi kalau  malamnya kurang tidur, ya jangan merasa bersalah buat mengompensasikannya dengan tidur  siang, asal  jangan kebablasan dan catet  ini, jangan tidur siang di kantor  kalau ga mau kena SP  :)
  • Selama mens  sebenarnya ga masalah buat berolahraga. Setiap orang punya  batasan sekuat apa dia berolahraga. Jadi ga bisa disama-rasa dan disamaratakan  kayak yang dianut kaum sosialis (deuh ini  quote  temen kerja saya dulu yang selalu terngiang).  Eh tapi jujur, saya itu paling pemalas  kalau disuruh olahraga  :D 

Swing Mood : Fakta atau Mitos
Ga tau  juga sih ini sebenarnya fakta atau mitos.  Ada pro  kontra soal ini.  Kalau pengalaman saya, bad mood  ga cuma dialami pas lagi kedatanga tamu bulanan  ini.  Kadang  pas masanya, saya happy-happy aja.  Kadang  juga saya bisa uring-uringan.  Bisa ya, bisa enggak.  Entahlah.  Tapi saya pernah tuh pas  lagi kebetulan dapat dan ada yang bikin saya kesel.  Mama saya  heran, "Kamu kenapa jadi moody,  gini?"

Dan karena males  cerita,  saya dengan entengnya  bilang "Duh, Mama, please ngerti dong,   lagi 'dapet', nih."

Tau ga, apa jawaban  mama saya?  

"Enggak ah, Mama ga percaya."

Hehehe...   Tapi  mama  waktu itu ga maksa buat cerita.  Akhirnya  emang mood saya balik lagi seperti biasa, sih. 

Kalau  lagi  bete atau ujug-ujug  ga puguh perasaan dan bawaannya pengen ngambek, coba deh  ambil jeda sebentar. Berhubung  kalau  yang muslim ga bisa salat  pas lagi mens,  coba ngaji  (ada juga yang berpendapat  ga boleh ngaji kalau lagi mens),  dzikir, ngambil makanan  atau minuman  yang bisa nge-boost mood jadi happy seperti cokelat, misalnya. Atau  cari sesuatu  yang bisa bikin kita  ketawa,  atau minimal senyum. Liat meme lucu di IG,  becanda sama temen atau nonton video stand-up comedy di youtube  misalnya.




22 komentar on "Fakta dan Mitos Seputar Menstruasi"
  1. dari sekian yang disebutkan diatas, mungkin hanya satu yang pernah saya dengar dan malahan melihat langsung yaitu menginjak kaki temennya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dibilang itu adalah contoh kekerasan sesama perempuan yang dilanda gelisah :)

      Hapus
  2. Ulu kalo PMS marah2 aja euy, Teh. Moody juga. Perempuan aslinya moody. Kena mens makin parah moodnya. Eh apa ulu aja yak heueuheuheu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heuheu aku mah ga harus mens dulu kalau kena moody mah, Lu. Tapi kalau lagi mens trus moody bisa jadi alibi buatku hehehehe *ampun dah*

      Hapus
  3. yang point nomor2 itu Mbak Efi, sempat ramai beredar baik di sms maupun bc di bbm, katanya gak boleh minum es saat mens karena akan menyebabkan pembekuan darah dan akhirnya akan jadi kista/kanker rahim (nauzubillah mindzalik)..saya sih gak percaya karena logikanya emang gak ada hubungannya antara rahim dan usus (mens-kan darahnya dari rahim sedangkan air es itu diolahnya di usus)
    trus point ke 4; jangan keramas, dulu waktu masih sekolah sih saya ikutin tapi setelah kuliah, kerja dan menikah saya mah masa bodoh dengan mitos itu, gak kebayang kalo mens-nya seminggu dan gak keramas juga selama seminggu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beda salurannya kan, mbak. Makanya, ga masuk akal buat saya.

      Hapus
  4. habis melahirkan... minum krating daeng ato sprite bisa bikin asi lancar
    ini fakta dan saya sdh membuktikannya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku belum coba yang ini, Mbak karena belum pernah melahirkan hehe

      Hapus
  5. Aku juga gk percayaaa sama mitos2 itu teh, hehee
    Oiya, aku juga pake aplikasi pemantau menstruasi, tapi beda apps nya, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pasang aplikasi setelah ngobrol soal ini sama Isti and Icha juga hehehehe. Tosss dulu Isti meski aplikasi yang kita pake beda.

      Hapus
  6. Jiahhh kenapa kita bisa sama bikin postingan ya aku bbrp hari yg lalu bikin ttg menstruasi juga hihi, btw mood swing itu sama dg PMS ga cyyn? Byk mitos ttg menstruasi ya tp sebenernya menstruasi hubungannya slalu sm hormon, nice share cyyn :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sehati kita, Cyiiin hehehe. Intinya mah gitu, banyak yang mengalami perubahan emosi pas mens. Faktor hormonal kali, ya.

      Hapus
  7. sama teh, saya juga pakai aplikasi khusus wanita untuk memantau waktu subur, menstruasi, dsb. banyak dari yg di list itu mitos, dan saya juga nggak percaya. tapi pernah coba nggak, pas lagi banyak2nya terus keramas. biasanya jadi dikit keluarnya, jadi seperti tidak tuntas. klo saya pikir mungkin ada pengaruh suhu tubuh yang berubah. jadi baiknya kalau memang harus keramas karena lepek, keramasnya pakai air hangat saja.. itu berdasarkan pengalaman aja. percaya nggak percaya sih.

    btw nice share teh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Na kalau aku pas hari 1-2 sih emang banyak, ke sananya berkurang perlahan. Ga kepikiran merhatiin itu hehehe.

      Hapus
  8. Betul teh, dicatet nih penting. Bawaannya asem klo lg haid mungkin juga karena pakai sesuatu yang mengganjal dan basah2 di celana, bikin ngga nyaman kaya biasa meski setipis apapun. Harus sering ganti pembalut, penting banget juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kadang kalau lagi mager atau malas gerak suka males ganti pembalut, ya.Masalahnya kalau udah tembus makin repot dan ribet. kalau udah mikir gitu, mau ga mau ngibrit juga ke toilet buat ganti sebelum bocor :)

      Hapus
  9. Wiiihh kalo saya susah teh mau dicatet juga karena emang kelainan hormon jadi paling setahun cuma mens dua kali, gampang diingetnya. Dulu saking pengennya mens, kaki sampe diinjekin berkali2 jg ngga mens2, haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah kalau soal ini emang lain cerita, Wi. Aku juga punya temen yang mensnnya ga bisa tiap bulan karena faktor lain. Dan ddia pernah cerita ga pusing mikirin utang puasa soalnya seringnya full terus puasanya, bukan karena hamil. Tapi karena emang ga dapat mens. Hahaha... sempat termakan mitos itu juga, ya.

      Hapus
  10. Nah gak boleh keramas kenapa ya? hihihi sering aku langgar mitos yang jangan keramas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pun ga ngerti kenapa dilarang. Padahal kata Bang Roma yang dilarang itu yang haram *ga nyambung :D*

      Hapus
  11. referensi pentiiing niiih...dan kebanyakan mitosnya memang ngga masuk akal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mak. Ngaco banget menurutku, ga masuk logika :)

      Hapus

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.