Top Social

Bring world into Words

Distraktor Yang Mengganggu Dead Line

Kamis, 08 Oktober 2015
Kalau  memerhatikan  timeline  di sosial media,  ada  banyak  yang lagi kejar  setoran  lomba nulis  di blog. Setiap  bulan emang selaluuu  aja  ada  yang namanya lomba  blog. Biasanya  suka  posting di awal biar  tenang,  draftnya diendapkan  dulu  sambil  nunggu  ide  baru masuk  lalu postingannya  ditouch  up  atau emang  idenya  baru  dateng  di last  minutes? 

Saya  pernah posting di awal-awal  (meski  ga awal-awal banget), atau jelang deadline. Pernah  postingnya mepet  banget  menjelang  last  minutes *dadah-dadah sama deadliner  garis keras*.  Beuh,  rasanya  itu  kayak   naek  halilintar  alias roller coaster.  Mules  ga jelas. Semacam    nervous  ketemu tokoh femes idola kita yang bisa bikin speecheless,  atau mendadak  punya perasaan  pengen ke toilet padahal  ga pengen pup.  Pokoknya drama, deh.
gambarnya  punya lifehacker.com
Makanya jangan  mepet deadline (ngomong sama kaca).Jangan  latah  sama Cinderella  yang terengah-engah  di  tengah malam kejar  deadline  (maaf ya Ciiin, dijadiin contoh ga bagus :D ).  Enaknya sih, jam 21 udah beres. Jadi sebelum bobo cantik atau bobo ganteng dan tarik selimut,  bisa  baca-baca  lagi.  


Coba cek  ricek lagi. Kali aja  ada  tanda  baca  yang miss, typo atau persyaratan lain  yang harus  dipenuhi. Misalnya banner atau tag  HTML  di blog,  share di  IG atau twitter, pake hashtag apa,  follow  dan mention siapa,  kirim link lewat email  ga?  Berapa backlink dan mengarah  ke mana,  screen capture dan  printilan  lainnya  yang kalau tidak dipenuhi  bisa  bikin kita kena diskualifikasi. Huhuhuhu  nyesek  ga, sih kalau  udah total  nyiapin tulisan terus  ada syarat yang kelewat?  Gondok, ya. 

Kalau  udah semua syaratnya terpenuhi terus  kalah sih woles. Yang penting ga bikin kita penasaran.  Coba  kalau ada yang miss dari syarat-syarat  itu,  rasanya  kayak  udah ngantri lama di Bank dan lupa  ga bawa KTP, lalu disuruh  balik dulu  karena  transaksi ga bisa  diproses (curcol ini  mah  hehehe).

Nah,  kalau  lagi kejar  deadline, coba cek deh beberapa distraktor  berikut  ini  biar  kejar-kejaran sama mas  deadlinennya  ga bikin cape (hati). 

Acara  TV
Kerjain tulisan sambil  nonton tv? Mau talkshow, stand up comedy,  berita atau film dengan genre  apapun  yakin deh  bakal  bikin  konsentrasi  kita pecah.  Mata yang harus  membagi  perhatian antara layar lappy dan tv, telinga  yang harus mencerna  infomasi  yang masuk dan otak  yang sibuk mikir. Kalau dibuat persamaan matematikanya  hasilnya  adalah sama dengan gagal  fokus.

Notifikasi  Sosmed di Gadget
Oke deh, kalau gitu melipir  ke kamar. Eits,  jangan lupa  jauhin dulu   HP atau smartphone  atau tabletnya.  Silent dulu  notifikasi  yang  masuk, kecuali panggilan telepon. Just in case ada sesuatu  yang urgent. Bisanya  notifikasi dari  aplikasi di HP ini  yang sukses  mengalihkan  dunia  eh perhatian.  Chat di WA,  BBM,  Line dan sebagainya  biasanya sukses  bikin kita kepo  dan gatel  ngintip. Eh ada apaan, ya? Eh si cinta  kirim  pesan, eh ada  meme  lucu, ada  gosip apaan? eh ini eh itu  daaaan...  ada broadcast geje.. Doeeeng!  Ini  nih broadcast  yang suka  bikin keseeel.   Udah dibela-belain  diintip  ga taunya  cuma broadcast yang ga penting *sigh*. Sebel, kan? Makanya  jauhin dan seting silent. Ntar aja deh kalau semuanya sudah beres, setelah postingan  terpublish dan semua syarat dan kondisi terpenuhi.

Diajak Ngobrol
Lagi asik-asik  nulis  atau ngedraft, eh  disamperin adik atau kakak. Tiba-tiba dianya curhat  soal kerjaan, soal  kecengan atau ngalor  ngidul ujung-ujungnya  modus  buat  pinjem uang atau minta ditraktir.   Hihihihi...   Biasanya  kalau lagi nulis  saya cuma nyaut:

Hmmm..., ya?  gimana lagi? Eh tadi bilang apa?” 
“Teteh.... aku ngomong ga didenger!”

Hahaha...  itu  yang pernah dikomplainin adik saya.   Ya Maaf, lagian ga liat-liat  lagi apa. Jadi kalau  lagi main berpacu dengan melodi eh waktu  kayaknya  harus  woro-woro dulu  sama orang rumah. 

“Heiiii..... Eike  lagi kejar  deadline.  Jangan ganggu dulu”

Ngemil
Kalau lagi santai sih  gapapa  acara  ngetiknya  ditemenin cemilan cepuluh cebelas sampai  begah, sampai kenyang (meski  biasanya nih seringnya   kita suka heran kok  ujug-ujug udah habis). Tapi  kalau  lagi rusuh dan hectic,  cemilan ga menolong dan ketika ada sesuatu  yang kurang lengkap, otak kita  yang sibuk  mikir malah melampiaskan sama  makanan.   

Galau
Lagi kesel sama sesuatu, dua suatu atau lebih juga bisa bikin  suntuk  dan buntu, alias ga bisa mikir.  Coba tarik nafas  pelan-pelan dan  anggap  aja dulu masalahnya  lagi ada, abaikan.   Kalau masih  ngitik-ngitikin pikiran dan perasaan, ambil wudhu dan salat.  Bisa juga cari  lagu  buat nemenin  nulis. Cari lagu yang ga berisik atau  ada story behind the songnya.  Aaah, jangan. Bisa-bisa terbawa perasaan alias baper  dan malah  terbawa suasana. Bukannya  ngedraft  malah konser solo alias  ikutan nyanyi.  Iya, kalau  lagunya asik dan bikin mood, kalau bikin baper, sibuk  cari tissue dan kasuat-suat? Hayooo  gimana itu draftnya  naik status  jadi publish?



Ah ya,  jangan lupa cek kuotanya,  jangan sampai  tinggal  klik  oke,  eh kuotanya  abis. Sakitnya tuh di sini  (nunjuk modem).


26 komentar on "Distraktor Yang Mengganggu Dead Line"
  1. Wah cakep tipznya mak. Yang paling bahaya memang adanya ping" dari BBM dan WA tu Mak. Kalo dah megang dia nulis bakal lupa...

    Makasih Mak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, pang ping mulu itu yang mengganggu konsentrasi ya.

      Hapus
  2. buatku yang paling bahaya diajak ngobrol, hahaha. gak bisa ngobrol sambil nulis siiih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan aku suka sebel kalau lagi mikir diajak ngobrol.

      Hapus
  3. hehe suka tulisannya mbak Efi :D Toss *Deadliner Garis keras haha
    Mencoba untuk menulis diawal2 biar ga keteteran diakhir.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Muahaha..... makasih mas Agung. Toss juga :) sensasi mulesnya itu lho kalau lagi dikejar DL :D

      Hapus
  4. Hihihi.. aku juga kalo lagi kejer-kejeran sama DL kantor, semua sosmed matiin, hp di-silent, terus pasang muka senggol bacok jadi nggak ada temen dari kubikel mana pun yang beranin ngajak nggosip :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha... iya. Kalau lagi kejar DL sosmed juga wajib off. Kalu ga, bakalan ga beres-beres.

      Hapus
  5. bener semua yang dibahas hehehe paling gak bisa klo diajak ngobrol :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toss juga mbak. Dan sebelnya suka dibilang judes padahal lagi berusaha fokus :)

      Hapus
  6. Kalo aku yang bahaya kalo udah ngantuk tiba, alih2 mikir malah ketiduran. Trus sama kalo kerjaan di rumah ga selesai2, ampuuunn deh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha.. iya aku pernah mengalami ngantuk jelang DL.Harus kuat ganjelin mata biar ga bablas.

      Hapus
  7. Duh 90% klo sy ikut lomba/giveaway dipost pas deadline... deg2an apalagi klo lemot internetnya... efek menunda2 nih :(

    klo sy pas nulis milih matiin hape sm modem hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau modem aku tetep nyala mbak buat cari refrensi. Tapi tab fb dan sosmed kudu klik silang biar ga ganggu.

      Hapus
  8. yang paling ngehambat itu yang aktifitas di sosmed, kadang saking terlena jadwal deadline pun kelupaan sampe nyesel gak ngerjainnya diawal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya kalo lagi ngetik di laptop dan perlu googling, klik silang tab sosmed ya, Mas :)

      Hapus
  9. ditambah kalau ingat hadiah harian game facebooknya belum diambil dan takut ngulang dari awal. wahahaha jadi lupa kalau mau ngedraft akhirnya kelewat DL *sigh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu aku punya aplikasi games Farmville sama Candy Crush, Mbak. Tapi dipikir-pikir ngabisin waktu banget hehehe... di hp pun sekarang aku ga pasang aplikasi games. Lebih aman, dan ga abisin batre :)

      Hapus
  10. makanya jangan sambil chatting kalau ngerjain tugas :P, bahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha.... godaan terbesarnya itu topik chatingya kadang memecah fokus :D

      Hapus
  11. hahahahha... aku juga gitu...ditlener...g kapok2 :v
    jauhin sosmed tapi pastinya...xD bahaya adanya ngobrol :v

    BalasHapus
  12. Ah itu aku banget. Plus anak-anak. Huhuhu... banyak banget DL lomba yang akhirnya kelewat... *tsurhat*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samaaa akhirnya menyerah. Udah lama ga ngontes karena males ngonsepnya wkwkwk... :D Eh tapi kangen menangnya (lah mau menang tapi males)

      Hapus
  13. Kalo disambi ngemil, hancur semuaa kerjaanku mbak deadline ku gak selesai2 iyaa soalnya ngemilku itu yang berat2 alias makan sampe kenyang dannn tidoor wkwkkwkw

    Nice, Mbak ^ ^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Abis makan bukannya dapet ide, malah jadi muka bantal ya :D

      Hapus

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.