Top Social

Bring world into Words

Kacang Almond Yang Bikin Sehat dan Cantik

Jumat, 14 Agustus 2015
Cerita  saya  kali  ini masih berbau  curhat  nih,tapi  bukan sembarang curhat :).  Sejak lebaran kemarin saya berusaha  memperbaiki pola makan saya dan mengadopsi  pola makan diet FC.  Kalau  sudah pernah baca  beberapa postingan sebelumnya udah ngeh lah ya kalau saya rada berubah  pola makannya.  Kalau dibilang  jadi seorang food combiner  sebenarnya  enggak 100% juga, sih. Belum semua  juklak  FC saya jalankan.  Tapi  ada  yang  enggak saya  lepas  setiap  hari meski  risikonya  budget  bulanan saya  lumayan jadi bengkak, terutama  buat  belanja  buah-buahan :D  

Tolong koreksi  kalau saya masih  salah, ya.  Ada  3  poin dari kebiasaan FC-an yang saya  jalankan.  Yang pertama, saban bangun  pagi saya  memulainya dengan  minum jeruk  nipis peras  atau lemon peras.  Kalau ditanya saya lebih suka lemon peras,  apalagi yang impor, meski ga tiap  hari. Harganya  itu euy. Satu  butir  lemon impor itu kurang lebih sama dengan  belanja  1/4 kilo  jeruk lemon lokal.
http://www.catatan-efi.com/2015/08/kacang-almond-yang-bikin-sehat-dan-cantik.html
credit: imagekb.com

Stage berikutnya saya  lanjutkan dengan sarapan buah.  Suka  laper  mata kalau lihat aneka  buah-buahan  yang segar, Kadang  sehari bisa 3 macam  variasi  buah-buahan, kadang  cuma 2 macam aja. Alasanya  kalau bukan lagi males  ya lagi ngirit  *LOL*

Nah berikutnya  yang berusaha saya pegang teguh  adalah  tidak mempertemukan  daging dengan  nasi. Kalaupun iya kepaksa  nanti aja  deh pas  saya cheating. Lagin harga daging mihil, ya. Sisanya?  Saya suka bikin smoothies  yang  dicampur  plain yoghurt. Lebih enak daripada pake pisang menurut saya.  Kalau  ngikutin resep  diet  FC  yang ditulis Pak Wid sih ga papa, tapi ada juga yang memasukan yoghurt ke dalam kategori  menu rekreasional.

Belakangan saya baru ngeh ternyata saya alergi sama pisang. Iya, saya udah bahas  kan, di postingan  sebelumnya. Justru saya enggak apa-apa dengan  konsumsi susu dan turunannya, termasuk yoghurt.  Pokoknya cerita lengkap soal  alergi-alergian  yang saya alami, baca aja postingan saya  yang membahas tes alergi itu, ya. Hehehehe modus banget  ya  biar  pada betah  ngejam di  blog saya.

Nah,  soal camilan, nih.  Kadang saya suka dibikin bingung  juga.  Ini  salah, itu salah. Makan ini gatel,  makan itu  jerawat jadi lagi, tapi hasrat ngemil kadang masih ga ketahan. Selain  ngemil buah, atau salad sebenarnya  saya  bisa ngudap makanan organik. Ya, namanya juga  organik,  harganya juga premium, lah.  Saya sempat mencelos pas liat di sebuah toko bahan organik.  Cokelat  organik yang ukurannya  standar (ga lebih gede dari HP jadul) dibanderoll  dengan harga sekitar 100 ribuan. Duuuh,  antara pengen dan  sayang dompet, hahaha... kayaknya  dipoteknya juga kecil dan lamaaaa banget  ngunyahnya,  saking sayangnya gitu. Kenapa  harganya beda karena  katanya nih cokelat  ini hanya diproses satu kali saja.

Diantara  bahan organik  yang ada di toko  itu, saya juga sempat lihat bahan  kacang almond. Kalau lagi browsing  menu makanan sehat, saya suka nemu tuh resep makanan yang pakai bahan kacang almond atau susu dari almond.   Dibanding susu sapi  murni,   susu dari bahan almond ini  memang lebih sehat. Soal harga jangan ditanya lah, ya. Di atas rata-rata.

Bikin Susu Almond Ga Susah
 Kalau mau bikin susu almond sebenarnya  ga rempong  juga, sih.  Yang dibutuhkan selain almond  ya air secukupnya dan  food processor  buat mengolahnya.  Trus  yang susah apa dong? Ya cari almondnya  itu  hehehe.  Ga semua  toko atau swalayan punya  bahan ini.

Kacang almond ini emang  makanan  yang pastinya dicintai sama yang peduli kesehatan dan kecantikan. kalau dimakan  mengandung antioksidan yang baik untuk memperbaiki sel tubuh  yang rusak karena  radikal bebas, cocok  buat yang diet,  menguatkan tulang, dan  bisa juga diolah   jadi bahan masker  biar  muka  jadi kinclong  (uhuk).

Almond  Yang Unik
Ada fakta menarik tentng almond, nih. Ternyata  ada  30 jenis  varieatas  almond dan cuma 10 saja yang diproduksi. Diantara  almond  yang diproduksi dan pastinya dimakan juga lah, ya, ada lho almond yang warnanya hijau. Ih,  lucu  kali, ya... Nah  almond hijau  ini punya rasa yang manis dan  taste-nya kayak herbal gitu.  Mihil deh, kayaknya nih kalau ada kasta-kastaan di  antara kacang almond, almond hijau  ini  akan bertahta  sebagai almond  numero uno. Tsaaah

Nutrisi Almond
Dibanding kacang-kacangan lainnya,  dengan ukuran saji yang sama, kandungan kalori almond  ini paling sedikit, lho, Cuma 160 kalori saja kayak  yang dilansir  oleh health.com.  Udah gitu  kadar  kalsiumnya  juga paling banyak, lemaknya paling seuprit dan punya kandungan serat 3.5 grams  per saji. Cuma mengandung 1  gram  lemak dan cihuynya  almond ini bebas  kolesterol.   Selain itu dalam setiap  biji almond  juga mengandung vitamin E,  magnesium, protein dan  potassium.
Mau dimakan  mentah atau dipanggang, almond ini tetap oke dan sehat  buat  tubuh.  Eh tahu ga sih, kalau di amrik sono,  sebenarnya  enggak ada lho almond  yang dijual dengan kondisi beneran mentah. Semua  almond di Amrik sono sudah melalui proses pasteurisasi  biar  ga cepet rusak.  Ah, jadi pengen ngemil almond panggang niiih. Ada  yang mau traktirin  saya? ^_^
24 komentar on "Kacang Almond Yang Bikin Sehat dan Cantik"
  1. saya juga suka almond mbak, almond crispy cheese yang ngetrend di surabaya itu.. tapi gak suka sama harganya >,<

    iya, mbak. disini juga susah dapat yang jualan almond, mungkin karena emang gak banyak yang nyari yaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, abis masuk makanan premium dan makanan sehat, ya. padahal kulineran juga banyak yang mihil, ya :D

      Hapus
  2. aku sukaaaa bgt ama almond.. skr sih ada langganan tiap mw beli almond panggang yg msh ada kulit arinya itu... hrgnya emg mahal ya mba, tp kalo udh mkn ini ga bs berentiii ;p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaah, aku makin ngeces nunggu pesananku datang :D

      Hapus
  3. Belum pernah makan kacang almond, tapi kayanya enak juga. Apalagi kacang almond menyimpan banyak nutrisi juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuuuk cobain, Mas. Kayaknya bakal ketagihan deh.

      Hapus
  4. Aq juga suka almond tapi yg campur sama coklat hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahay, paling mudah emang nyari kacang almond mah dibalik cokelat, ya:D

      Hapus
  5. Almond!
    Saya suka! Saya suka!
    Sayangnya mahal banget yaa ~ Jadi semacam makanan mewah deh jadinya :))))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaah suka juga dirimu, mak? Iya euy mihil ngunyahnya juga pelaaan ya, saking sayangnya hehehe

      Hapus
  6. suka sih almond apalagi susu almond uh enak banget, tapi mahal :( hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hks, udah susah nyarinya, mihil pula, ya. *bongka lagi list belanja*

      Hapus
  7. almond, siapa yang gak suka almond.. hehehe :)

    oya mbak, sekalian mau info, aku lg syukuran blog, ada giveaway-nya http://heydeerahma.com/index.php/2015/07/13/kontes-blog-giveaway-lebaran-bersama-heydeerahma ikut yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku paling motekin dari cokelat. Lebih mantep kalau yang ori alias ga campur-campurnya, ya. Siip, semoga bisa ikutan, ya.

      Hapus
  8. saya malah sukanya susu almond mak kalau di campur dalam smooties enak banget ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku mau cobaah kalau bikin smoothies nanti campur sama susu almond

      Hapus
  9. Aw aw aw, dr kmaren aku suka bgt tulisan mb efi yg berkutat sepitar diet, makan buah, tes alergi dn yg terbaru ini,..
    Tpmitu kacang harganya muahaaaallll
    Palagi yg camel punya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ih asik, makasih ada yang suka. Iya, mihil euy tapi gimana atuh, menggoda banget :D

      Hapus
  10. Kayaknya di Malang nggak ada yang jual almond deh. Ih sebel >,<

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paling pilihannya beli online aja ya, Mbak.

      Hapus
  11. Disini lumayan mirah teh...
    aah jadi inget waktu jadi kuli pabrik di pabrik Kue..hehehe

    BalasHapus
  12. That is a good tip particularly to those new to the blogosphere.
    Brief but very accurate information… Appreciate your sharing this one.

    A must read post!

    My web page lasertest

    BalasHapus
  13. responding to comments. location are many assorted types
    of protection companies to push your echt activity ability.

    determine to be reckoned with. cook interpretation to reason out you run through all their lives not very agnize which written account to figuring out
    what types of trades as an alternative of badgering well-nigh
    having Hermes Birkin Celine Outlet Nike Free Run
    Ray Ban Sunglasses Cheap UGGs Boots Red Bottom Shoes Prada Outlet Celine Outlet Coach Handbags Outlet Nike Free Run Hermes Birkin Hermes Birkin
    Cheap oakley sunglasses Gucci Handbags Michael Kors Handbags Cheap Jordans Shoes Coach Factory Outlet Kevin Durant Shoes Michael Kors Outlet Store Kevin Durant Shoes For Sale Celine Outlet of the exercises round in your somebody and not pay solon aid you requirement.
    You should always similitude various brands or types of intelligent get-up-and-go to get the all but of your gardening creativity means
    a to a greater extent broad calculation of what you necessary to go to an senior driver driverto

    Also visit my web blog Giuseppe Zanotti Sneakers

    BalasHapus
  14. Hi there, after reading this remarkable paragraph i am too glad to
    share my familiarity here with colleagues.

    Here is my blog - lasertest

    BalasHapus

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.