Top Social

Bring world into Words

Branding Pribadi dan Bisnis Dengan Hosting Terbaik

Kamis, 27 Agustus 2015
Pernah  dong nerima broadcast  sms  yang isinya anda mendapatkan hadiah ini, itu yang  jujur aja bisa bikin  ngiler?   Kalau  jeli memerhatikan  suka geli sendiri.  Misalnya  isi broadcast  sms itu bilang  dapat  hadiah undian dari  operator  X  tapi nomer yang dipake  kirim sms itu dari operator Y. Ih, kumaha ieu teh?  Jaka Sembung naik ojek, ga nyambung, jek.
credit: eleganthemes.com
Makin  ngaco lagi pas mencantumkan link web  yang  domainnya  masih gratisan. blablabla.blogspot.com,  misalnya. Pikir aja,  masa  sih brand segitu  gedenya ga punya modal  buat  bikin domain sendiri?  Padahal rata-rata  biaya  langganan domain sendiri atau self hosting domain a.k.a TLD  kurang lebih seratus ribuan. Ih,  bokis! Boong banget,  ya. Ga modal gitu mau  kasih hadiah? Ah jelas,  positif PHP ini, mah.
 
Begitu juga  kalau buka  toko  online.  Saya sih lebih percaya  yang domainnya  sudah dot com gitu dibanding yang masih gratisan. Ga mau dong, kalau udah pesan, transfer trus diPHP-in.  Barang pesanan  saya ga nyampe.   Huhuhu..... bisa nangis  bombay, saya. Teman-teman juga gitu, kan?  

Nah,  bukan cuma web  jualan  atau  instansi  resmi aja yang perlu  domain sendiri.  Blog pribadi juga, punya banyak keuntungan  kalau udah domain  sendiri.  Meski sebenarnya rejeki udah ada yang ngatur baik domain gratis atau domain berbayar.  Ini  sih pengalaman pribadi  saya.  

Sekitar  kurang lebih setahun kemarin saya  memutuskan untuk  migrasi  ke domain sendiri. Ke Qwords tepatnya karena  banyak rekomendasi dari teman-teman  blogger  yang sudah parkir domainnya di sini.

Dilirik Brand
Beberapa brand  yang  mencari blogger yang mereview  produk atau acaranya kebanyakan meminta blog yang sudah self  domain  alias  dot com itu tadi.  Dan.. Alhamdulillah, I'm in.  Coba cek deh status teman-teman  yang mencari  buzzer di blog.  Cuma salah satu syarat  aja, sih. Tapi kalau  domainnya  belum dot com,   ga bisa.

Email Dengan Domain Sendiri
Lagian ada  juga beberapa  keuntungan punya web atau blog untuk domain sendiri.  Kita bisa  bikin  email dengan domain blog sendiri. Misalnya nih  efitea@catatan-efi.com. Tampak keren, dong?   Cuma kita aja  yang punya email dengan domain itu.  

Disukai Om Google
Sudah gitu,  Om Google juga lebih suka  sama sama web yang  domainnya dot com, dan... lebih gampang menghafalkan namanya. Ga ada embel-embel  dot blogspot.  

Marketable
Kalau sudah bosan  ngeblog,  domain kita  juga punya nilai  jual  yang tinggi. Eh tapi, sayang  ya, kalau dijual.  Udah kerja keras  cape-cape  membesarkan blog sendiri kok dijual, sih? 

Oke, deh.  Trus  kalau mau  pilih-pilih penyedia  domain atau hosting, apa dong tipsnya?

Domain Dot Com Aja
Kalau  buat domain jualan atau  domain  personal,  sebaiknya pilih  domain dot com saja. Selain harga  berlangganan per tahunnya lebih  murah, lebih familiar  juga lebih mudah didapatkan.  Kalau  buat perusahaan bisa juga pake domain co.id  

Cari penyedia domain terpercaya dan Jelas 
Kantornya  ada di Indonesia  dan punya cabang dan adminnya selalu ada yang online tiap kita  masuk ke webnya.  Kalau mau curhat kan lebih enak.  Tapi jangan sembarang curhat,.Yang  berhubungan dengan setingan domain blog pastinya.

Server Lokal Rasa Internasional
Lebih mudah  buat berkomunikasi dengan  operator  yang akan membantu. Selain soal  bahasa,  perbedaan jam juga bisa  berpengaruh.  Kan lebih enak yang sama-sama di Indonesia. Paling  jauh juga beda  waktunya 2 jam. Coba kalau pesan  yang di  Amerika, misalnya.  Kalau  soal  bahasa  ga masalah,  soal perbedaan waktu sebanyak 12 jam  yang harus dipikirkan. Ya, sih  ada  juga yang  24  jam CSnya online. 

Pilih Yang Berpengalaman
Bukan cuma lowongan kerja aja yang butuh pengalaman. Kenapa harus memilih penyedia domain yang sudah mapan dan berpengalaman? Karena  kita butuh ketenangan.  Pilih deh,  Qowrds.com.  Selain sudah 10 tahun wara wiri  menjadi  penyedia  web hosting dan domain, klien dari Qwords  juga  banyak yang berasal dari brand besar  atau pemerintah.  Ga mau dong kalau  blog kita yuk dadah yuk babay  karena tiba-tiba  ada trouble  trus  hilang atau  perusahaannya gulung tikar.  Iya kalau udah sempat dibackup. Kalau enggak?  Kayaknya edisi  nangis  bombay  ala Shahruk Khan kalah rekor  :D

Nama Yang Simpel
Pilih juga nama domain yang gampang diingat, ya.  Yang simpel. Jangan sampai bikin  yang belibet  dan bikin  lidah keselo. Penting buat branding pribadi, apalagi bisnis. Untuk blog pribadi, bisa pake nama sendiri  atau bikin deh survey kecil-kecilan, minta saran sama teman  kira-kira  nama  yang cocok buat blog kita apa, ya? Kadang lampu ide  mereka  lebih bling-bling alias daripada  yang kita punya.  

Template Yang Menarik
 Last but not least, jangan lupa  buat template  yang  enak dilihat, responsif alias yang loadingnya ga lelet dan jangan pasang widget  yang ga penting.  Penting buat  blog  pribadi atau web jualan.. Saya sih suka sebel kalau pas blogwalking, eh tiba-tiba  ada  jendela  pop  up  iklan atau  link yang rada-rada  maksa buat ngel-like page.  Gimana mau sukakalau belum kenal? #eaaaa.  O, ya sebaiknya hindari latar  blog dengan warna hitam atau gelap. Cetak tebal, garis  bawah,  font miring:  "tidak disarankan". Kasian yang liat, bisa bikin sakit mata.  Paling aman sih latar  putih dan font yang standar. Semakin kreatif bikin template  bisa  bikin blog domain kita semakin punya nilai jual dan mendatangkan klien.

Domain atau Hosting?
Masih  bingung beda domain atau hosting? Gini simpelnya. Kalau sudah punya blog gratisan,  tinggal beli domain aja.  Nantinya kalau sudah pesan di Qwords  (dan bayar  dong, ya)  kita bakal dikirim kode pengaturan blog  kita biar  domainnya jadi dot.com. Blog saya  dulu  alamatnya catatan-efi.blogspot.com.Karena sudah beli  domain dan sukses migrasi, jadinya  alamat blog saya  catatan-efi.com aja. Lebih singset, kan? hehehe...    

Sedangkan kalau  hosting  kita  butuhkan buat menyimpan file besar web atau blog kita. Ga usah punya  domain gratisan di blogspot dulu kalau mau beli hosting.  Nantinya kita bisa  milih paket hosting dengan kapasitas  penyimpanan file  dalam berbagai ukuran. Semakin besar ukuran file kita, semakin besar  ukuran kapasitas  hosting yang diperlukan.  Jelas  dong ya  paket yang dibayar lebih besar juga. Tapi kan cincai, daripada  web kita jadi ngaco?  Kalau beli hosting,  ada  yang paketnya sudah termasuk domain  yang bisa dipesan (untuk paket  personal A di Qwords yang biaya  langganannya  paling murah belum termasuk  domain yang kita daftarkan).


Jadi jelas dong, kalau mau  beli domain atau cari hosting terbaik mah  Qwords aja.  Ga usah  ke lain hati. Kalau  bingung ga bisa atau ga ngerti gimana mindahin  blogspotnya ke domain sendiri,colekin aja  operatornya. Mereka  selalu siap membantu. 

http://blog.qwords.com/wp-content/uploads/2015/08/1.png



13 komentar on "Branding Pribadi dan Bisnis Dengan Hosting Terbaik"
  1. makasih mba nih sharenya, insyaallah ada niatan kesana..hehe niat mlulu ya...takut gabisa ngurusnya nih atanya harus update terus ya kalo udah dot com nah kalo lagi ga sempet update gimana ya..jadi amburadul ngga blogna??? kudet

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengalamanku sih stelah dot com makin semangat. Kaaan sayang udah diupgrade ga diupdate (Duh belibet ga? enggak, kan? :). Ga kok, dot com ga ngaruh ke setingan template blog kecuali alamatnya aja

      Hapus
  2. Wahhh, infonya lengkap sekali. Semoga menang yaa :D

    BalasHapus
  3. Semoga bs menang ni kontesnya....

    BalasHapus
  4. wah asik nih kayaknya! jadi penasaran mau nyoba domain .com atau .org (insya allah haha). tapi, kalo misalnya blog pribadi (yang isinya curhatan), cocok dijadikan .com ga ya mbak? mohon sarannya ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Org mah cocoknya buat organisasi sih, mbak. Gpp kok, blog yang isinya curhatan jadi dot com. Ada kok yang jadi seleb blog

      Hapus
  5. Dot com memang seruuu ya.. Dan jugaaa buka rezeki ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaaa mbak, aku juga merasakannya.

      Hapus
  6. Udah lama pengen punya domain sendiri, tapi ketunda dgn pertimbangan eman-eman pake domain berbayar... krn sampe sekarang saya masih kesulitan ngatur jadwal posting hiks.

    Makasih banyak infonya mba ^^b jadi makin yakin untuk pake qwords.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, pake Qwords aja.Setingnya gampang dan cepat. Asik pula ga pernah ada masalah.

      Hapus
  7. halo sis, makasih infonya, tulisannya keren. kebetulan lagi pengen punya domain sendiri nih, hehe

    BalasHapus

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.