Memvisualkan Rumah Impian yang Nyaman

Beberapa waktu lalu saya mengikuti kelas afirmasi secara online alias daring. Ga usah setor muka, cukup ikuti kelas zoomya tiap akhir pekan, ditambah ada grup khusus di WA atau Tele plus konsultasi langsung. Soal ini nanti saya ceritain di lain waktu, ya.

Yang mau saya ceritain adalah soal memvisualkan impian. Jadi inget kalau sampai umur segini, saya masih tinggal sama ortu. Belum tinggal terpisah. Ya ngapain juga? Masih single fighter dan ortu juga ga nyuruh saya eksodus wkwkwk. 

Beda sama anak-anak remaja menjelang dewasa seperti yang pernah saya saksikan di serial atau film-film Amerika. Saat menginjak usia 17, mereka bebas menentukan masa depannya. Mau ngekos di mana, tinggal di asrama kampus, ngontrak di apartemen  (kalau kerja) atau kalau ngirit, tinggal di rumah bus. Bt the way, rumah bus gitu masih ada kan ya di Amerika?  Walau saya ga tau detilnya ada berapa banyak penggunanya. Udah, ga usah dipikirin, da saya mah bukan petugas sensus di Amrik juga muehehehe. 

Memvisualkan Impian

Nah balik lagi soal visualisasi impian. Dulu saya pernah  denger (juga baca, sih) kalau mau mewujudkan impian, itu dibuat visualnya secara detil.  Bikin gambar atau kalau ada fotonya, pasang di kamar. Perlu action nyata pasti. Semakin ke sini saya belajar kalau alam bawah sadar kita akan merekam visualisasi itu dan akan  mengundang hal-hal yang berhubungan sama impian itu. Bahasa sederhananya Law of Attraction.

Widih, mulai berat bahasanya.

Oke, kembali ke topik.

Nah, saya nyesel juga kenapa ga dari waktu itu saya take action buat memvisualkan impian saya soal punya rumah itu. Ya abis waktu itu masih awam dan belum banyak akses informasi soal kekuatan pikiran. Padahal tau banget kan ya, kata-kata adalah doa.

Lalu mulai deh saya scroll-scroll di ig soal tipe-tipe rumah yang kira-kira cocok dengan yang saya suka. Pernah juga nyoba nyari di pinterest. eh nemu, dong. Ini mendekati yang saya suka. 

sumber foto https://id.pinterest.com/pin/635992778642093617/

* Clean and Minimalis 

Iya, karena saya males beberes. Selain itu juga kan biar meringankan hisab. Sebisa mungkin minimalkan hal-hal yang mubazir. Gapapa deh luas tanahnya B aja. kan bisa nambah ruang secara vertikal. Ya, kan? Terus untuk eksteriornya ada halaman kecil buat garasi. Lalu ada kolam kecil dan tanah di sekeliling kolamnya dipasangi rumput yang kayak di lapang bola itu lho. Adem kan. Ada sedikit tanaman bunga yang bikin tampilan halaman rumah menawan.  

Detail postingannya cek di ig @ruma.ciel

Untuk urusan dapur, meski saya ga suka masak (malas tepatnyar hahaha) suka sama gaya dapur yang suka saya lihat di serial-serial tv yang nyambung sama ruang keluarga, Kesannya hommy aja gitu. Dan pas kalau lagi nonton tv tetiba pengen bikin camilan kan masih bisa curi-curi pandang  ke tv. Apalagi pas nonton bola. Beuh, susah buat ga meleng, tuh.

* Sirkulasi Udara dan Cahaya yang Cukup

Kalau sirkulasi udara dan dan cahaya cukup, betah deh di rumah. Ga sumpek karena rumah terasa gelap atau kok luas tapi sesak. Enaknya rumah kayak gini ga nempel sama rumah tetangga. Ruang kosong yang ada di kanan kiri rumah atau halaman belakangnya bisa diisi dengan taman kecil yang ditanami bunga dan hamparan rumput. Dari dapur, udara bisa  langsung ke luar ga mantul ke dinding.Sementara di samping musala juga ada ruang terbuka. Kan asik, tuh. Pas abis salat pas di luar ujan, tercium aroma petricor yang bikin betah leyeh-leyeh di atas sajadah sejenak sambil menikmati pemandangan tetesan hujan yang jatuh ke tanah.

Adem kan musolanya kayak gini?  gambarnya punya ig @amy_fitria

* Warna

Ini sempet galau sih. Mau bergaya natural dengan nuansa kayu, retro, monokrom atau apa ya? Tapi soal warrna sebenernya tinggal disesuaikan dengan perkembangan mood soal warna kan ya. Mau lantainya ubin, vinnyl, dindingnya bata kayak rumah-rumah di Inggris,  dipasangin wallpaper atau cet tembok yang colorful.

* Akses Mudah dan Strategis

Mungkin satu saat saya pengen punya rumah di desa, tapi sementara ini saya mau di kota aja dulu. Mobilitas alasannya. Makanya penting banget akses rumah yang mudah, dan bebas banjir. Soal akses mudah ini maksudnya dari gerbang komplek ga jauh-jauh dari jalan raya. Deket ke pasar, deket ke masjid, mudah nyari mamang yang jualan makanan (pas lagi males masak kan helpfull banget). 

Soal akses jalan pastinya numero uno. Yang utama. Biar gampang aja gitu kalau mau pergi-pergian. Terus yang mau berkunjung juga jadi mudah, ga usah nanya-nanya lokasi. Iya emang ada Google Map, Waze, Share loc dan sebagainya. Tapi percayalah tinggal di kota besar pun orang-orang masih males ngulik posisi atau kadang poin yang ditunjuk di map ga presisi. Pengalaman saya pernah diomeli ojol pengantar barang dong.  Ya maaf, Pak. Salahin peta ya, jangan salahin saya. Dijitak Dora The Explorer ini mah hahaha

* Harga Terjangkau

Mahal atau murah relatif, ya. Kalau murah ga ada duitnya ya percuma juga. Semoga ada rejekinya dan bisa beli tunai. Aamiinkan ya jamaah oh jamaah. Alhamdulillah.

Pastinya fasilitas yang jadi pertimbangan. Terutama ketersediaan air. Beuh, ngalamin banget susah dan rempongnya pas air ledeng seret dan surut, sesurut-surutnya. Mamang tukang air mendadak jadi artis karena pada ngerebutin mereka. Ya kan, keberadaan air emang vital banget. Minimal buat minum, mandi, masak, nyuci eh banyak itu mah, ya?

* Bebas Bocor dan Banjir

Ngelamunin rumah idaman selain desain, ngisiin perabotannya yang jlas kita juga perlu mikirin perawatannya.  Termasuk perawatan gentengnya dong. Kan ga asik lagi enak-enaknya tidur, tiba-tiba bocor. Atau yang bikin lelah pas ditinggal, situasi di sekitar rumah ujan gede. Ga ngeh ada kebocoran bikin rumah jadi banjir pas pulang. Hayo lho, mau istirahat kok malah jadi kerja rodi eh kerja bakti bebersih? Akses jalan aman dari terjangan banjir kiriman atau drainasenya udah bagus. Tapi kalau lalai di perawatan ya bikin terharu. Siapa coba yang yang mengsedih?

Karenanya untuk cat genteng, udah deh percayain aja sama Avian. FYI, cat Avian ini paling nempel di kenangan saya. Sejak saya masih usia bocah nih namanya udah eksis. Dan tiap ngecetin rumah, tukang yang kerja di rumah suka pake cat Avian. Maskot bebeknya itu ikonik banget.



Yang saya suka dari cat genteng Avian ini pilihan warnanya banyak.  Seru banget kan, ya. Ga cuma warna terakota atau grey yang biasa kita lihat. Gemesin lihatnya.  Cewek atau cowok kue pasti naksir berat lihat pilihan warnanya, Eh apa jadi galau, ya? :)



Semoga resolusi saya punya rumah impian segera terwujud. Bismillah. Yang perlu saya lakukan adalah ikhtiar bumi dan langit.  Berusaha terbaik dibarengin doa, minta sama Allah dimudahkan jalannya. Dari manapun pintu kemudahannya terbuka. Aaminn.






25 Comments

  1. Aamiin..
    Kalau aku, enggak perlu disuruh juga sejak kecil udah suka bayangin pengin rumah kaya apa. Sirkulasi udara dan cahaya tuh yang tantangan banget pas desain rumah

    ReplyDelete
  2. Inspiring bgt ini Teehhhh
    Afirmasi positif wajib dilakukan ya.
    InsyaAllah kita m'dapatkan yg terbaik.
    Aamiin aamiin ya robbal alamiin

    ReplyDelete
  3. Amiin kenceng semoga diijabah doanya teh.. bagus teh rumah impiannya, aku jg suka yg cahayanya banyak euy. Suka masak tapi nyupir panci gedainya yg PR deh 😆😆 lah sama ajaa hihii
    Cat genteng biar ganteng nih rumah akuuu..

    ReplyDelete
  4. Ih bagus bagus banget sih kamar di rumahnya jadi pengeeeen
    Aku mah seneng kalau punya rumah model minimalis tapi ekletik gaya gaya Jasmine Roth gitu desainnya

    ReplyDelete
  5. Aku sekarang punya impian rumah yang udaranya bagus dan cahayanya banyak. Gak papa kecil, asal halamannya full taneman. Jadi bisa produksi oksigen. Mungkin habis ini mau ceki-ceki gambar juga ah buat bikin visualnya

    ReplyDelete
  6. Aku baca sambil visualkan impian Teh Efi...Suka detilnya, nyaman pasti rumah impiannya nanti. Semoga diijabah ya, Teh. Aamiin . Duh, itu contoh rumah di foto bikin mupeng,
    Btw, aku lagi bebelian Avian nih, di rumah saat ini lagi ngecat pagar besi dan dinding

    ReplyDelete
  7. otw ke rumah impian juga nih teh.. semoga teteh juga bisa mewujudkan visual rumah impiannya kelak ya

    ReplyDelete
  8. Foto pertama itu mirip rumah pertamaku dulu, sebelum akhirnya pindah deketin rumah ibuku.
    Sekarang justru aku pengen rumah kecil, tapi tanah sisa yang cukup luas karena pengen nanam-nanam.

    Nah kalo urusan cat dinding, ataupun genteng, itu urusan suami yang kebetulan juga pemborong rumah atau gedung perkantoran. Dan pilihannya aku juga tahu karena kadang stok nya ada di rumah, Avian ini termasuk cat pilihan suami untuk rumah kliennya

    ReplyDelete
  9. kalo soal rumah Impian, tentu semua orang pinginnya kayak di atas. supaya nyaman ditinggali, gak perlu yg luas dan mewah kek rumah anang ashanty hehe

    ReplyDelete
  10. Rumah impiannya cakeppp... Aku naksir yang musholanya plus taman. Pengen punya, tapi blm kesampaian...

    ReplyDelete
  11. aduh lihat ini jadi pengen ngecat rumah di Jakartaa.. memang rumah idaman tuh akan selalu membuat nyaman meninggalinya

    ReplyDelete
  12. Amiin amiin amiin semoga diijabah 🤲🤲
    Sepemikiran kitaa, dulu saya pun ga bercita2 punya rumah gedhe, cukup mungil asri simple spt desain2 rumah jepang.
    Alhamdulillah rumah saya mungil dan banyak space serbaguna.

    ReplyDelete
  13. aku kepengen rumah yang bersihhhh putih rapiii, sayang anakku berantakin macem-macem wkwkwk semoga tercapai makkk aamiin

    ReplyDelete
  14. Huhuhu baca artikel soal rumah tuh bawaannya pengen nangis
    Soalnya sudah 10 tahun pengen banget tapi belum dikasih
    Semoga segera dan bisa dapat secantik rumah impian dan nyaman di sini

    ReplyDelete
  15. Rumah impian ku juga seperti ini mbak
    Clean dan simple
    Kalau urusan cat, emang dari dulu yang recommended adalah Avian

    ReplyDelete
  16. Sama aku juga mengidamkan rumah yang nuansa nya cerah, terang dan ada bukaan di dalamnya. Kesannya terang bersih dan nyaman. Selain itu udara juga masuk keluar sehingga tidak sumpek

    ReplyDelete
  17. Mushollanya cantiik banget, teh..
    Tapi aku pernah sholat di rumah temen yang interiornya juara banget. Dia bilangnya gak pakai jasa, semua didekor sendiri.
    Wah, keren banget yaa...

    Tapi bener, warna yang bagus adalah yang merepresentasikan pemiliknya yaa..
    Termasuk gak boleh cuek kalau rumahnya membutuhkan perawatan menggunakan cat Avian.

    ReplyDelete
  18. MasyaAllah itu musholanya impian banget. Betah kayaknya beribadah di sana. Karena keluhatan nyaman dan gak gerah

    ReplyDelete
  19. Bebas bocor itu impuan semua penghuni rumah, kyknya emang kudi sering diinspeksi ya genteng2 nih dicat juga.
    Aku jg sering nih trh liat desain rumah cakep2
    Nomor satu terang dan sirkulasi udara bagus ya supaya sehat juga penghuninya :D

    ReplyDelete
  20. Masya Allah musholanyaaa.. aku juga pengen punya mushola kayak gituuu. Hihi.
    Semoga rumah impiannya segera terwujud ya, Teh. Dengan memvisualisasikan impian jadi terasa lebih dekat sama kenyataan terwujud ya, Teh. Aamiin.

    ReplyDelete
  21. Ih kok visualisasi rumah impian kita sama sih Teh? Kujuga mau punya rumah seperti ituuuuuu.. biar rumahnya makin caem, tentunya gaboleh salah pilih cat rumah juga yaaaaa.. better pake Avitex ya teh biar warna rumahnya lebih cakep dan tahan lama <3

    ReplyDelete
  22. Cakepp rumah impian semua ibu-ibu kayaknya yah. Clean and minimalist. Kalau udah cakep gitu sayang banget emang kalau ternyata bocor. Rusak semua estetikanya. Untung bisa dicegah dengan cat pelapis anti bocor dari Avtex untuk genteng dan seng. Aku harus kasih tau pak suami ini. Karena ada satu titik di dapur yang bocor alusss.

    ReplyDelete
  23. Duh, itu rumah impian aku banget, yang asri dan banyak tanaman hiasnya. Perabotanya cantik begitu, bikin betah di rumah. Moga Teteh segera memiliki ya, aamiin

    ReplyDelete
  24. cantik sekali teh impiannya, aku langsung save foto musola samping tamannya semoga bisa bangun musola kayak gitu nih di rumah Bismillah kesampean :p

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.