Sunday 22 April 2018

Aplikasi Akunting Android Yang Friendly User

Hayo, siapa yang ga familiar sama yang namanya akunting? Kalau pun belum pernah ngulik sama sekali waktu masih SMA atau kuliah, semestinya tau, deh apa sih itu ilmu akunting. Ya, ga? Dunia kerja yang konten produksi atau jasa seperti konstruksi, medis, atau apapun itu, tetep aja di struktur perusahaannya membutuhkan tenaga akunting untuk lini keuangannya. Makanya, dari dulu sampe sekarang tenaga akunting itu bakal jadi profesi yang selalu dibutuhkan.

Aplikasi Akunting Itu Ribet?

Sependek pengalaman saya, biasanya masing-masing perusahaan punya aplikasi akunting sendiri. Ada yang beli softwarenya, ada juga yang desain sendiri, dibuatkan oleh pakar IT. Tapi sorry to say, pengalaman saya yang udah-udah, aplikasinya ribet, bikin pusing dan paling males kalau udah  harus berurusan dengan maintenance atau koreksian.  Ditambah lagi repetean dari atasan kalau udah bikin kesalahan hihihi... Malah curhat. Abis gimana, ya? Alurnya kok terasa ribet. Gitu, lho. Ada yang ga ribet di maintenancenya, Excell! Eh tapi itu sih aplikasi bawaan dari paket Office yang ada di komputer kita, kan? Dan malesin banget harus menghafal rumus persamaannya. Cukup jaman SMA- kuliah aja harus puyeng ngafalin yang gituan (((gituan))). 

Itu kalau kerja di perusahaan. Gimana kalau kita sedang merintis usaha mikro, terus ga punya dasar sama sekali ilmu akunting? Semisal nih, punya bisnis online shop yang masih dikelola sendiri. Gimana coba mengelola pembukuan yang rapi, dilakukan oleh sendiri atau dikelola rame-rame sama teman dan sama-sama nge-blank dengan ilmu akunting? Nah lho! 


Aplikasi Akunting Online

Dan jujur aja, saya envy sebener-benernya envy sama anak-anak kantoran yang udah masuk eranya milenial. Saya mah cuma ngalamin eranya Milea aja euy *apa sih* 

Kenapa saya envy? Karena dengan perkembangan digital yang semakin merambah ke semua lini hidup (((hidup))) dan pekerjaan, semuanya terasa mudah dan ringan.

Serius?

Iya. Serius. Kenapa saya bilang serius karena ternyata untuk aplikasi seperti akunting ini juga mengalami perkembangan juga. Dari jaman konvensional versi sheet Excell, desain sendiri  kayak pake sistem BIOS windows gitu, endebra endebre sampai ada versi androidnya.  Catet ya, Android. Proses pembukuan jadi semudah stalking scrolling akun sosmednya mantan atau  gebetean hahaha... Kenapa analoginya ke sana, sih?.

Accurate Lite, Aplikasi Akunting berbasis Android

Jadi gini, lho. Sabtu kemarin, tepatnya pada tanggal 15 April 2018 kemarin saya maen ke gedung Gymnasium Universitas Pendidikan Indonesia atau UPI, jalan Setiabudi Bandung. Dalam gelaran acara Bandung Bersinergi 2 tempo hari, salah satu peserta yang menggelar boothnya adalah Solusi.UKM, penyedia aplikasi  Accurate Lite, penyedia aplikasi akunting berbasis android yang menyasar para pelaku UKM (untuk Accurate versi online) dan pelaku ekonomi mikro (untuk versi lite). 

Kayak saya bilang tadi, karena bukan perusahaan menengah atau besar,  untuk mereka ini sistem pembukuan keuangannya kan ga terlalu banyak printilannya. Tapi tetep dong, butuh sistem pengelolaan  yang bisa menyajikan informasi keuangan perusahaan dan hal lainnya semisal barang masuk atau keluar, biaya-biaya rutin, tetap bahkan untuk pelaku  UKM yang bergerak sebagai  penyedia jasa pun bisa memanfaatkan aplikasi Accurate online atau Accurate Lite ini. Menarik, kan? Lagian ngapain juga kalau aplikasinya canggih luar biasa tapi bikin bingung usernya?



Ssst... Accurate Lite ini aplikasi akunting yang murah, lho.

Wait. Iya menarik. tapi gimana soal biaya yang harus dikeluarkan?  Ah, itu mah ga usah dipikirkan. Se-ringan space yang dibutuhkan untuk install aplikasi di handphone kita, aplikasi yang dinamai Accurate Lite ini hanya membutuhkan biaya 6.000 sehari. Ga jauh beda dengan harga bakso cuanki  semangkok yang bisa kita beli dari mamang-mamang yang lewat keliling komplek. Murah, kan?

Selain sederhana dan murah Accurate Lite ini juga mempunyai beberapa keunggulan antara lain:
  • Sistem aplikasinya berbasis cloud.Data pun aman, ter-back up secara otomatis. Bisa dibuka di mana saja asal punya kuota atau akses Wi-Fi. Sama seperti aplikasi lainnya yang kita benamkan di smartphone, setiap ada pembaruan versi (selama masih berlangganan), sebagai user kita ga usah pusing-pusing untuk melakukan upgrade/update.  Sama aja kayak kita diberi tahu Google Play kalau aplikasi Whatsapp, Facebook dan sebagaikanya sudah ada versi barunya. Mau diperbarui, ga? Tinggal tap Yes or No. Sesimple itu maintenancenya.
  • Terenkripsi secara acak setiap hari, sehingga aman dari ancaman hacker atau orang lain yang ingin mencuri data.
  • Bisa mengonversikan laporan keuangan dalam bentuk mata uang asing lainnya.
  • Dengan tagline Lebih Cepat Accurate, aplikasi ini menawarkan sistem pembukuan bagi pyang lengkap mulai dari proses pencatatan transaksi sampai laporan. Contohnya tuh ada kayak video di atas. Tidak usah punya dasar akunting, bisa dijalankan oleh siapa saja. Tapi ini, ap itu, input ini, input itu dab voilaaa, laporan keuangan pun jadi lebih rapih dan terstruktur.
  • Belum yakin? Nih ternyata Accurate Lite sudah mempunyai jaringan partnership yang luas, lho. Ada 83 universitas di Indonesia menggunakan aplikasi ini untuk  lab praktikumnya dan 200 SMK di Indonesia juga melakukan hal yang sama. 
  • Accurate Lite yang direncanakan juga bisa didapatkan di iOS pun membuka layanan konsultasi online via email di mana setiap pertanyaan sudah terkategori sesuai departemennya. Sejauh ini rata ada 250 email setiap hari yang masuk dan masih bisa ditangani. Tuh, gimana ga kurang support, coba?
  • Bisa cetak laporan keuangan via blue tooh

Di hari dan booth yang sama, diperkenalkan juga campaign  Antijobless. Apa sih Antijobless itu? Ini adalah fitur dari solusiukm.com,  di mana setiap orang bisa memperoleh penghasilan dengan cara mereferensikan aplikasi ini dengan komisi yang didapatkan  sebesar  200 ribu rupiah  sampai 1 juta rupiah per  closing/transaksi. Komisi juga masih berlaku jika user melakukan perpanjangan aplikasi pada periode berikutnya. Semuanya bisa ikutan tanpa biaya alias gratis.

Ssst, saat ini lagi ada promo, lho. Di mana kalau kita memesan aplikasi untuk pemakaian selama 6 bulan ke depan, hanya dikenai biaya langganan 400 ribu rupiah saja atau hanya 2 ribuan lebih dikit per hari. Jauh lebih irit, kan?

By the way, saya lampirkan video untuk versi trialnya. Ternyata emang gampang. O, ya, sebelum lupa, nih. Saya mau kasih tau juga kalo aplikasi ini bisa kita pake juga untuk catatan keuangan pribadi. Itemnya mah tinggal disesuaikan. Berhubung karena baru nyoba, saya baru input dikit aja. Ga mewakili proses finance secara keseluruhan. Lagian kalo iya juga rahasia, dong.

Share:

3 comments:

  1. Ibu Paus butuh ini, nih. Secara buta akutansi, wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ibu Paus ga usah worry lagi karena udah ada Acurate Lite :)

      Delete
  2. ini semacam neraca keuangan gitu yah

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.