Tips Aplikasi Teks Untuk Fitur Foto dan Gambar di Blogpost

Sebagai seorang  blogger,   bikin tulisan  yang kece dan  enak dibaca adalah  sell  point  yang penting. Ya ga, sih?  Ga selalu sih mesti buat tulisan  review  atau  lomba blog.  Yang ini mah, semua orang  juga bakal toh-tohan to the max. Ya  namanya  juga lomba, pengen dong menang  (dan saya akuin portofolio saya sebagai pemenang lomba masih ceteeeek).  

Buat review  produk? Foto kece, ceklis. Tulisan  yang menggugah dan membangkitkan asa (halah) ceklis  juga.  Gaya nulis? Nah kalau ini  gimana, gituuu ya.  Balik sama pribadi masing-masing sebenarnya.  Ada yang namanya  Pribadi atau punya suami, ayah, saudara  atau teman dengan nama  pribadi? Coba ngacung!    hehehe....  Ga ding. Ga segitunya.  

Tuh, kan. Kayak  saya gini. Gaya nulis saya  di blog  kalau  pada nyimak dan rajin juga udah hafal gaya-gaya saya.

Buat tulisan sekadar  curcol pun, kadang kita pengen banget pake foto atau gambar pendukung  yang keren.  Ngambil dari google  mah udah terlalu biasa.   Lebih  puas  kalau kita  bisa bikin infografis  atau menambahkan fitur pendukung buatan sendiri.  Nah,  balik soal  tampilan  foto atau infografis,  udah banyak  yang pada jago photoshop.   Beberapa waktu yang lalu  sebenarnya saya pernah belajar Photoshop sama Icha a.ka. Annisa Steviani, Mahmud  yang  postingannya  selalu kece  dengan inforgrafisnya itu.  *hai Ichaaaa. #dadahindulu*
Masalahnya, Photoshop  perlu space  yang gede buat running.  Ga akan kuat kalau digeber di netbook. Kalau sekelas  notebook baru deh bisa.  Dan  saya  ga tega membuang alias ngeremove  game PSnya adik (yang ternyata  butuh space gede juga),   biar bisa latihan  bikin photoshop. Nyerah?  Ya ga, lah. Kalau  Cara A  belum bisa  jalan, Masih ada cara B sampai Z yang bisa saya lakukan. 

Sambil  ngumpulin  dana biar bisa  beli notebook, lalu saya  mikir, deh. Kan di HP itu banyak aplikasi edit foto semacam Picsart,  Phonto dan entah  aplikasi apa lagi. 

Buat saya, Picssart, lebih oke edit  jadi kolase  dan ngasih layer. Sementara  buat font? Hmmm... enggak deh.  Font yang ada terlalu alay  buat saya yang udah ga unyu  lagi  *kibasin hijab* 

Ga ada Photoshop,  Phonto pun jadi

Dan masih  sharing dari Icha lewat chit chat di Whatsapp, akhirnya saya  ngulik  aplikasi Phonto. Wiiih, beneran cakep dan kece-kece  pilihan fontnya. Suka merhatiin juga kan, gambar  yang saya tambahkan di blog ini fontnya kece, sekece  yang nulisnya  *halah*

Kalau penasaran gimana cara  nguliknya, saya kasih tau tutorialnya, di sini, sekarang juga. Gampang, kok. Beneran!  

Buka Aplikasi Playstore dan cari aplikasi Phonto yang kayak gini  tampilannya.  Jangan khawatir, Phonto ini  ga boros space. Setelah terinstal,  buka deh aplikasinya.  

Di sudut  kanan atas  itu ada gird  yang kayak  foto blank.  Tap di sana.  Akan muncul pilihan seperti berikut:

Tap  lagi Load new image  from device.  Kalau mau latar polos alias tanpa gambar, berarti tap Use Plain Image.

Pilih  foto atau gambar  yang mau dijadikan latar aplikasi ini. Misalnya saya ambil dari folder Gallery. Setelah  foto  yang kita pilih sudah dimuat di aplikasi,  nanti akan muncul tanda pensil di atas. Nah di sini  kita akan pilih jenis font  sesuai selera.  Posisi font  ini bisa kita atur, rata kiri, rata kanan atau di tengah. Pura-puranya foto saya ini  mau jadi  sampul  majalah gitu, deh. Muahaha.... jangan protes, yak.   

Kalau  ga suka sama warna asli  dari aplikasi,  kita bisa ngedit warnanya jadi warna lain, lho.  Tap Style, nanti akan muncul pilihan seperti  berikut:

Tinggal  geserin  aja panel baris yang ada.  kita bisa mendapatkan  pilihan warna yang akan muncul.  Kalau sudah  oke,  tap Done.  Kalau  hurufnya terlalu besar, atau kekecilan  tap aja  SIZE.   Kita bisa tap   tanda  - , + atau  geserin bulatannya. kalau sudah oke, tap di sembarang tempat.  

Posisi huruf kurang oke?  Tap aja MOVE.   Tinggal tap  panah  yang ada di bawah itu, atau kita juga bisa geser langsung di layer teks yang mau kita pindahkan.  Tap lagi di sembarang tempat.


 Kalau masih ingin menambahkan teks  lain,  klik lagi  tanda pensil dan pilih lagi font  yang akan kita gunakan.  

Mau pake layer  buat latar teks? Bisa!  Klik  Style terus tap   panah yang arahnya ke bawah. Tap Background.  Kita bisa milih  warna layer putih, abu, hitam dan sebagainya. Geser  aja grid warnanya untuk mendapatkan warna yang disukai. Untuk contoh  di sini  saya prefer dengan warna putih saja.  Untuk tingkat  kepekatan  layer, mau tipis atau tebal, tap Alpha.   Tapi kalau mau pilih warna lain,silahkan. Suka-suka aja. Sudah cocok? tap Done.




 Kalau  mau mengganti orientasi  teks jadi menurun  (90 derajat mengarah  ke bawah, tap aja  pilihan tilt.  Nanti  atur  sendiri  deh mau  kayak gimana. Untuk  foto  saya  ini  (yang tulisan  Bonus Kalender Mungil Tahhun 2016nya itu) saya pake tilt  dengan orientasi  +90)


Tarraaaa....  Ini  hasilnya.  Gampang, kan? 

Menurut saya  cara  edit foto pake phonto  buat nambahin teks  ini  palilng gampang.  Kita bisa ngerjain ini  pas lagi di angkot, bus, travel  atau janjian  sama temen yang suka ngaret  atau kejebak macet. Jadi, pas pulang ke rumah tinggal  ngedraft tulisan lalu tambahkan pendukung  gambarnya.

Practise make perfect.  Makin sering latihan, makin asik  ngutak ngatik aplikasi ini. Selamat mencoba!




36 Comments

  1. saya juga pakai phonto. tapi masih kaku. makasi bgt ya infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak-banyakin latihan saja, mbak. Lama-lama kita bakal asik ngopreknya.

      Delete
  2. PicsArt dan Phonto, 2 aplikasi favorit saya utk editing gambar.. :)

    ReplyDelete
  3. Keren editannya, jadi kayak Majalah Pribadi gitu yak.. Ah, saya mah ngulik PicsArt aja belum khatam..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe... ini belum maksimal, mak. Picsart juga aku belum khatam. Buatku Phonto lebih fleksibel dan mudah.

      Delete
  4. Dija biasanya pake Pixlr express Tante

    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tante belum bisa Pixlr Express, nih Dija. Nanti ajarin, ya :)

      Delete
  5. samaan nih pakenya Picsarts sm Phonto, tp gk tau kenapa uda instal font tapi kok gk mau masuk ya di dua aplikasi tsb. Ada yg ngalamin hal sm kek saya kah? *eh kok curcol yaaa*
    punten mbak hihihii...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tosss mak. Masa ga bisa diakses? Ga harus punya akun login kok di dua aplikasi itu. Mungkin aplikasinya rusak. Coba cek lagi.

      Delete
  6. PHONTO APLIKASI FAVORIT AKUHHHHHH :D

    ReplyDelete
  7. Saya malah baru denger ada aplikasi macam Phonto
    Sumpah kudet banget gue

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang udah tau, kan? Biasanya Cowok lebih jago utak atik dan apply aplikasinya. Cobain, Bimo :)

      Delete
  8. Jadi... Picsart alay yahh? Aduh maaaakkk ... padahal the one and only yg ada di androidku cuman itu. *tutupmukapakewajan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga semuanya alay sih, mbak. Aku pernah utak atik aplikasi ini dan dikomplain adikku hehehe... Masih ada fitur picsart yang aku pake, kok.

      Delete
  9. baru tahu niih, Phonto. selama ini cuma pake Cymera ma line camera doang klo ngutak atik, klo ngecolage siih pake insta :D
    makasiih yah Mak ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pernah pake Cymera juga tapi ga sempet ngulik lama. Semoga sharingnya bermanfaat ya, mak.

      Delete
  10. Info baru buat saya nih. Nanti mau coba ah... kalau Smartphone sudah selesai di service.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asik, makin banyak yang tertarik coba aplikasi ini.

      Delete
  11. Sama pakae Phonto juga plus picsart juga teh biar makin kece hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tossss dulu ah.Niar. Kapan ya kita bisa ketemuan lagi?

      Delete
  12. picsart \m/ beli full aplikasinya fi..banyak hurufnya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku masih pake yang gratisan nih, Echa hehehe. yang full kayaknya super kece, ya.

      Delete
  13. Aku udah lama instal ,, tapi jarang pake

    ReplyDelete
  14. Sy pkenya cm photogrid..
    Ngeliat hasil editan teh epi..jadi mau nyoba phonto ahhhh
    :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain Fit, Seru, lho. Kelemahannya ga ada fitur nambah shape atau frame, sih.

      Delete
  15. Aku jg pake phontoooo... tapi cuma buat bikin watermark aja. Hihi.. pdhl bs macem2 yaaa...

    ReplyDelete
  16. biasanya saya ngedit pakek photoshop portabel...tapi liat tutorial mbak efi di atas kayaknya untuk teks lebih variasi di Phonto yaaak daripada photoshop *kudu dicoba* :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asik,selamat mencoba Aireni :) Makasih ya udah mampir ke blog saya.

      Delete
  17. Terdampar disini, dan ternyata banyaka aplikasi yang kece buat nulis teks di blog post yaaa, ya Allaaaaah. Makasih teh :)))))))))

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.