Tuesday 18 January 2011

Recharge Training ESQ Basic (Part Two)

Mau bayar utang ah
Tempo hari aku janji mau cerita materi dari training ESQ kemaren, tapi materinya banyak banget kalo harus cerita di sini jadi saya cuma mau share dua hal aja ya, tentang hikmah yang kita petik dari shalat dan hikmah yang disampaikan pas penutupan acara aja ya. Kalo mau tau lebih komplit ikutan aja trainingnya :)

Masih tentang Jepang. Negara ini memang punya etos kerja yang amaze. Bukan saja tentang Samurai dan semangat Bushidonya, hingga kini karakter masyarakat di Jepang memang luar biasa. Seorang teman yang sedang menempuh kuliah di Jepang di sana sudah membuktikan kalau barang kita yang tertinggal di tempat umum bisa dipastikan akan kembali lagi. Coba bandingkan dengan kondisi di negara kita ya? Kasus pencopetan di angkutan kota adalah salah satu contoh barang yang  jelas-jelas ada pemiliknya masih ada yang tega merampasnya.
Soal etos kerja, Jepang jagonya juga. Salah satu contohnya Perusahaan Mashushita bisa menerapkan Semangat kerja untuk karyawannya. Ternyata setiap pagi perusahaan mengumpulkan karyawannya melakukan apel pagi. Dalam apel itu, mereka menerikan kata-kata "SAYA JUARA! SAYA JUARA!" berulang-ulang. Efeknya luar biasa karna para karyawan melakkukan yang terbaik, mendedikasikan prestasinya untuk kemajuan perusahaan. Saat itu peserta dan hadirin dalam training mempraktekkannya. Rasanya? Betul, ada semacam perasaan Exciting.
Sepertinya sepele ya, tapi mereka melakukan dengan kesungguhan dan rutin setiap hari. Kembali lagi kalau dibandingkan dengan kita sebagai umat Islam, kita punya kebiasaan yang sebenarnya kalau dilakukan dengan sungguh-sungguh punya dampak luar biasa. Masa keemasan Islam pada jaman baginda Rasulullah, Khulafaur Rasyidin dan beberapa generasi setelahnya adalah buktinya.
Kebiasaan apa itu?

Share: