Top Social

Bring world into Words

Pengalaman Seru Selfie dengan Oppo Community Bandung dan Oppo F1s

Rabu, 05 Oktober 2016
Pengalaman Seru Selfie dengan Oppo Community Bandung dan Oppo F1s Kalau ditanya soal selfie, saya sebenernya kurang suka. Bukan apa-apa, kok suka sebel sama sendiri karena hasilnya lebih banyak yang ga memuaskan.
Pengalaman Seru Selfie dengan OppoCommunity Bandug dan Oppo  F1s
Pengalaman Seru Selfie dengan Oppo F1s
Kebanyakan sih hasil foto-fotonya minta difotoin dan itu pun ga cukup sekali. Biasanya kudu sabar ngambil beberapa kali foto dari beberapa angle biar ga kuciwa. Kalau pake hp sendiri,  selain  pencahayaan, saya masih harus belajar banyak soal angle yang pas. Males aja  kan,  sama beberapa printilan hasil foto seperti muka saya terlihat chubby, mata yang ga fokus ke kamera (hahaha seringnya sih kayak gini) dan ini nih, resolusi kamera yang nanggung. Semakin bening kamera biasanya bakal semakin bagus foto yang dihasilkan. Daaan.... ngomong-ngomong soal kamera handphone yang keren, dari dulu saya selalu naksir berat sama Oppo.

Kenapa Oppo?

Beberapa kali kalau foto bareng dengan teman yang pake hp Oppo, saya ga usah pusing-pusing lagi edit foto biar enak dilihat termasuk menyamarkan jerawat yang suka maksa ikutan mejeng.  Misalnya saja seperti ini ketika saya difotoin sama HP Opponya Nchie. Ini asli lho,  ga diedit sedikit pun.
Pengalaman Seru Selfie dengan Oppo F1s

Pengalaman Seru Selfie dengan Oppo F1s

Gimana? Cakep, kan? By the way kedua foto ini diambil dengan menggunakan Oppo F1, generasi pendahulu sebelum F1s dilempar ke pasaran. F1s dilaunching pada bulan Agustus 2016, dengan kisaran harga sekitar Rp. 3.799.000, tersedia dalam dua warna, rose dan rose gold. Dan inilah spesifikasi  dari HP yang beratnya cuma 160 gram. Ringan bingits. 
Sumber gambar: Oppo.com
Naksir warna rose goldnya euy.  sumber: oppo.com
Pengalaman Seru Selfie dengan Oppo F1s
Pengalaman Seru Selfie dengan Oppo F1s

Pengalaman Seru Selfie dengan Oppo F1s
Beberapa spesifikasi menarik dari HP Oppo F1s ini misalnya saja layarnya yang sudah didukung antigores Corning Gorilla Glass 4, batre 3075mAH yang membuat Oppo F1s bisa' bernafas' lebih lama,  1tray yang terdiri dari 3  slot (2 slot untuk simcard ukuran nano dan 1 slot lagi untuk micro SD), atau ini nih fitur unik berupa  sensor finger print yang bisa membaca 5 sidik jari  yang berbeda dan waktu booting hanya butuh waktu 0,2 detik saja. Wussss...

Ada alasan untuk menolak HP keren ini? sumber: Oppo.com
Dengan casingnya yang slim dan ramping (tinggi 154,5 mm, lebar 76 mm dan tebal 7,38 mm), F1s ini juga sudah dibekali kamera  belakang 13 MP dan kamera depan 16 MP. Ga kebalik nih?Enggak, kok. Biasanya sih emang kamera belakang yang lebih gede resolusinya, ya. Tapi Oppo F1s ini emang gitu, kok. Jarang-jarang nemu hp yang memanjakan para selfie mania dengan fitur kamera yang super duper mumpuni macam gini. Makanya sekarang ini Oppo mengusung image sebagai Camera Phone,  bukan Smart Phone lagi. 
Pengalaman Seru Selfie dengan Oppo F1s
Foto ini diambil hampil jam 22.00 ketika hujan turun dengan Oppo F1s. Tanpa edit sedikit pun,. Keren, ya?
Pengalaman Seru Selfie dengan Oppo F1s
Paling sebel kalau muka saya keliatan gede dengan foto selfie gini
Tuh kan, mata saya ga fokus ke kamera lagi?  Buahaha... satu hal yang paling ga saya suka kalau selfie adalah muka jadi keliatan besar kalau saya yang pegang kameranya. Makanya saya lebih suka ngambil posisi di tengah atau di pinggir, asal ga pegang kamera aja.

Ngomongin soal Oppo dengan selfienya itu, pada hari jumat tanggal 24 September 2016 kemarin, saya dan teman-teman blogger Bandung ngumpul bareng dengan Oppo Community  di Tjendana Bistro, jalan Sukajadi. Iyes, makanya saya bisa berfoto dengan latar banner ikon Oppo yang lucu dan menggemaskan itu.
Pengalaman Seru Selfie dengan Oppo F1s
pada sibuk ngetwit nih dan yeay, berhasil jadi trending topic
Selain menyimak paparan yang disampaikan oleh Vany Hilan Ghifary, Community & Social Media Plannernya Oppo,  saya barengan teman-teman di acara ini juga menyimak paparan dari Bang Aswi yang membahas tips tentang selfie. Ngomong-ngomonng soal kelebihan HPnya Oppo ini adalah batrenya yang ditanam alias tidak bisa dicabut seperti kebanyakan HP lainnya. Eh tau tidak, dengan cara menyimpan batre seperti ini justru malah membuat HP lebih awet. Menyebalkan?  Enggak juga kalau kita tau triknya. Saat HP mulai nge-hang dan kebanyakan dari kita akan melepas batre, sebenarnya itu malah akan membuat HP cepat rusak, lho. 

Vany memberikan tipsnya ketika HP yang kita gunakan mulai nge-hang dan ga bisa diapa-apain jangan cabut dulu batrenya. Tekan tombol power selama beberapa detik, nantinya dia bakal restart sendiri dan kita bisa menggunakan lagi aplikasi yang ada di dalamnya tanpa harus melepaskan batre dengan cara flinstone so jadul tadi. Justru HP Oppo yang dibekali dengan batre tanam ini membuat  kasus bootloop jarang  terjadi lho. Bayangin aja, kasus ini kalau pun terjadi cuma ditemukan satu kasus dalam satu kota saja. Kebiasaan melepas batre ketika ngehang bisa merusak imcnya HP. Sayang banget kalau hp kesayangan kita tamat riwayatnya sebelum waktunya.   

Ide menanam batre di HP Oppo ini adalah hasil riset dan menampung feedback dari para user. So, kalau sekiranya ada fitur, software atau hardware yang dirasa ada yang nanggung alias ingin ditingkatkan performanya, jangan segan atau ragu untuk disampaikan. Dengan senang hati Oppo akan merespon masukan yang datang. Aih perhatian banget, so sweet.

Baca juga  tulisan saya tentang selfie di Public Speaking di Medsos 1: Tentang Selfie

Seperti yang disampaikan oleh Bang Aswi, ada 5 tips selfie agar sukses. Seperti ini:

Kenali diri

Nah ini seperti yang sudah saya bilang sebelumnya. Setiap orang itu punya sisi fotogenik yang unik. Ada yang membuat  fotonya semakin kece dengan mengambil angel dari sisi atas, kiri, kanan dengan kemiringan sudut yang berbeda. 
Pengalaman Seru Selfie dengan Oppo F1s
kenapa pose saya tampak alay gini? Ok fix, mari latihan lagi

Pencahayaan

Pernah dengar dong istilah back light? Siluet cahaya ini memang annoying.  Coba deh, pastikan ketika akan mengambil foto, pencahayaannya proporsional, tidak terlalu gelap atau terang. Kalau seandainya kita berada di ruangan yang cahayanya ga maksimal kayak di kafe, bisa diakali dengan menggunakan lampu atau pinjem hp lain buat mengaktifkan aplikasi senter. Yang ini belum saya coba sih :) 

Background

Iya, jangan sampai lupakan juga latar ini. Latar yang menarik akan membuat hasil foto akan semakin ciamik. Bahkan katanya ketika yang wajahnya biasa-biasa saja kalau ditunjang dengan latar yang asik akan membuat foto jadi terlihat keren. Jadi, jangan pernah minder kalau merasa punya wajah pas-pasan :) O, ya jangan lupa cari sudut yang tidak biasa  untuk mendapatkan foto yang cantik, ya.

Jangan pernah malu

 Nah ini PR besar saya, masih suka bawa-bawa palu alias pemalu. Padahal dengan modal rasa percaya diri,  hasil selfie akan lebih baik. Perasaan orang lain memperhatikan tingkah laku kita  biasanya membuat kita agak sungkan buar berpose selfie di tempat umum apalagi dengan ekspresi yang tidak biasa. Ada kalanya kesempatan tidak bisa diulang untuk kedua kalinya So, kalau ketemu pesohor, kenapa tidak untuk me ngajak mereka foto selfie bareng? Kesempatan untuk lebih banyak yang ngeh dengan hasil foto kita akan semakin besar. Ya kapan lagi numpang beken? 

Tempat atau event tertentu yang langka pun sayang sekali untuk diabaikan. Misalnya saja aksi selfie yang dilakukan oleh Alexander Gerst seorang astronot berkebangsaaan Jerman. Kapan lagi coba bisa pergi ke luar angkasa?  Fotonya emang keren, makannya foto ini juga terpilih sebagai Photo of the Year. He deserved it. 
Pengalaman Seru Selfie dengan Oppo F1s
sumebr foto: dailymail
Dan ini tampangnya Alexander Gerst dibalik kostum luar angkasanya. Charming juga... #eeh  :)
Pengalaman Seru Selfie dengan Oppo F1s
sumber: the-geophysicist.com

Jangan percaya prinsip jepret satu kali saja

Ga cukup sekali jepret saja lho untuk mengambil foto, baik dengan kamera belakang atau kamera depan.  Kalau sudah terbiasa sih biasanya otomatis kita akan mengambil angle yang pas.  Practice make perfect. Noted, mari latihan selfie :)

Pengalaman Seru Selfie dengan Oppo F1s
latihan selfie ceritanya. Ayo coba lagi sampai kece maksimal
Untuk menghasilkan foto yang maksimal, Oppo F1s ini sudah dibekali oleh beberapa fitur seperti filter seperti filter sweet, mono atau british. Saat mengaktifkan kamera depan untuk selfie pun kita tidak terlalu dibuat repot dengan adanya fitu timer atau palm (melambaikan tangan). Foto selfie atau wefie seperti ini juga sering saya lakukan bareng teman-teman.

Soal kode palm alias melambaikan tangan ketika akan selfie ini juga bisa dicoba dengan jarak yang cukup jauh, lumayan lah soal kepekannya, jadinya bisa meminimalkan efek muka yang terlihat besar saat selfie tadi hehehe.

By the way, ada yang tau di mana foto ini diambil dan gimana caranya kami bisa wefie kayak gini?

Pengalaman Seru Selfie dengan Oppo F1s
foto diambil pake kamera F1nya Nchie Hanie

15 komentar on "Pengalaman Seru Selfie dengan Oppo Community Bandung dan Oppo F1s"
  1. Pelajaran penting buatku yg gak terlalu pandai selfie.
    Pengen banget punya Oppo F1s...

    BalasHapus
  2. Meski pake hape gampang, tinggal jepret saja, tapi kudu berkali-kali, nyari angle juga ya biar dapat hasil yang maksimal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan aku suka lupa buangin foto yang gagalnya hehehe

      Hapus
  3. Bagus Hp nya mbak, saya suka warna yang Gold itu.. pengen beli tapi harganya lumayan juga.. gaji sebualn mngkn blm cukup buat beli, harus ngumpulin dulu.. hehe.. semoga kebeli deh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk, nabung Mas. Aku juga mupeng nih sama HP Oppo ini :)

      Hapus
  4. Adik iparku pake y rosegold. Ngajakin tukeran padahal hehe. Keren emang ya camera oppo ini

    BalasHapus
  5. Waah jadi mupeng sama Oppo f1s. Selama ini saya make kakaknya. Kalo bisa lebih cakep pake adiknya, jadi pengen punya, deh! Secara, kalo selfie banyak yang gak bagusnya..hihihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tosss dulu, Teh. Yuk latihan selfie aja, gimana? :D

      Hapus
  6. mmm, suka ga pede selfie sendiri sebenarnya tapi kalau buat jeprat jepret anak oke nih ya Oppo :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke banget teh, kamera depan atau belakang. Oppo ini kece badai.

      Hapus
  7. yuk ah puas-puasin selfie dan welfie.
    by the way tuh astronot mirip pemain persib yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk puasin foto-fotoannya. Iya, kayak Sergio van Dijk, ya? Cakep lagi :D

      Hapus
  8. Waah...Selfie or wefie tuh paling seru, apalagi kalo pake OPPO ya, f1s pasti lebih kece, selfie expert banget dah

    Yeah berhasil menularkan virus selpih

    BalasHapus

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.