Top Social

Bring world into Words

Hal-Hal yang Wajib Diperhatikan Sebelum Kredit Barang Elektronik

Selasa, 18 Oktober 2016
 Hal-Hal yang Wajib Diperhatikan Sebelum Kredit Barang Elektronik [Infomercial]Ngredit barang? Errr, rasanya gimana git, ya. Maunya sih setiap punya barang anyar, apa pun itu enaknya cash jreng. Ada uang, ada barang. Selesai deh semua urusan. Ga usah mikir cicilan atau tagihan yang bakal nguber dalam bulan-bulan mendatang.
Tapi eh tapi, ada kalanya kita terpaksa harus mengredit barang karena alasan tertentu. Misalnya saja nih, HP kita ternyata sudah selesai riwayatnya. Ga bisa diapa-apain. Direparasi pun mihilnya ga ketulungan. Padahal semua urusan kerjaan berhubungan dengan HP. Lah, gimana?

Pinjem uang? Ya bisa juga sih. Misal budget yang dibutuhkan 2 juta sekian, tapi tetep aja kan harus dibayar. Inget lho, utang itu harus dibayar. Ga ada aturannya ketemu lunas. Yeeeh, enak di situ ga enak di gue dong!. Lagian ada juga tipe orang-orang yang ga enakan harus pinjem uang atau orang yang bisa dipinjam uang pun, lagi banyak kebutuhan. Makanya membeli barang secara kredit alias nyicil jadi  pilihan.  

Ngomong-ngomong soal cicilan barang atau beli barang secara kredit, sekarang ini banyak fasillitasnya. Lho. Termasuk untuk pembelian barang elektronik yang secara relatif nominalnya lumayan mahal. Untuk memroses administrasi kredit barang elektronik saat ini sudah banyak kemudahanya. Cepat pula. Tapi jangan sampai hal ini membuat kita jadi ceroboh.  So, jangan abaikan beberapa hal ini sebelum kalian memutuskan akan membeli barang elektronik dengan cara kredit.



Perhatikan Bunga Kredit yang Ditetapkan

Yakin murah? Yakin ringan?  Coba deh kalkulasikan lagi. Kalau jangka waktu cicilannya lumayan lama, setelah diakumulasikan nilai angsuran secara total mungkin bisa hampir dua kalinya harga normal. Oh, no! Jangan sampai. Kalau udah gini nyesek. Kepalang udah bayar? Ya ga bisa retur atau refund, dong. Yang ada kepaksa menjalani hubungan sekian waktu. Bikin dompet terasa nyesek.  

 Pastikan Ada Garansi Resmi

Hanya karena kita membayar barang secara kredit ga berarti jaminan purna jualnya jadi dianaktirikan. Sebagai konsumen, kita tetap berhak mendapatkan garansi dan segala macam layanan pasca pembelian yang umumnya diterima konsumen yang membeli barang secara tunai. Bukan tidak mungkin dalam beberapa  bulan, let’s say baru 4-5 bulan eh tiba-tiba ada kerusakan. Kan sebel. Dobel tuh pengeluarannya kalau ga bisa mengklaim hak garansi. Dengan adanya garansi, setidaknya akan memberikan kita rasa tenang kalau dalam waktu-waktu mendatang terjadi kerusakan pada komponen yang bisa diperbaiki tanpa harus mengeluarkan biaya perbaikan atau penggantian spare part tertentu.


Siapkan Semua Syarat Pengajuan Kredit
Dokumen apa sih yang biasanya diminta ketika kita akan mengajukan kredit? KTP? Ceklis. Iya, dong. Udah punya kan, yang ini mah? Syarat lainnya yang harus ada saat mengajukan kredit misalnya saja slip gaji. Ini jadi semacam jaminan kalau kita mampu untuk mengangsur kredit setiap bulannya. Kreditur juga kepingin punya kepastian dong kalau cash flownya ga berantakan karena kita nunggak.  Kadang-kadang juga diperlukan dokumen lain yang dibutuhkan sebagai jaminan pengajuan kredit. Semakin cepat kita mempersiapkan syarat yang dibutuhkan, akan semakin mudah dan cepat juga proses kreditnya.

Pelajari Spesifikasi Barang Elektronik yang Diinginkan

Guys, hanya karena selisih harga dikit, jangan sampai kita terjebak nostalgia eh harga yang mengecoh. Ga apa-apa lah mahal dikit. Asalkan spesifikasinya ga nguciwain. Ga mau kan misalnya selisih dua ratus ribu tapi ada spesifikasi yang ga bisa kita dapatkan dan sialnya spesifikasi yang ga kita dapatkan itu yang urgent. Berbeda dengan perhiasan, nilai barang elektronik akan mengalami penurunan saat dijual lagi. Hari ini kita beli, bulan depan kita jual pasti harganya bakal drop. So, jangan asal, ya.


Lalu gimana dan di mana kalau memang kita mendesak sekali membeli barang secara kredit? Gimana kalau kamu urus aja keperluannya di MatahariMall? Kalau lagi butuh kredit DVD player murah misalnya atau barang elektronik lainnya, bisa didapatkan di sana ddengan mudah. Asiknya lagi, ada promo cicilan 0%. Kalau ini sih asik. Ga mencekik dompet karena harganya terjangkau. Belanja online  yang nyaman dan hemat, secara tunai atau kredit tentunya MatahariMall jadi andalan kita.
9 komentar on "Hal-Hal yang Wajib Diperhatikan Sebelum Kredit Barang Elektronik"
  1. Klo aku suka milih yang bunganya 0% mba hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kan enak ya kalau kayak gini, jadi ga beratin. Tapi kudu dicek lagi yang beneran 0%nya.

      Hapus
  2. Suami anti cicilan banget, rumusnya harus nabung dulu hehehe. Hmmm... tapi ternyata nyicil juga bisa memudahkan dengan catatan harus disiplin nyicil sebelum jatuh tempo ya teh dan yang pasti poin diatas wajib diperhatikan. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaaak aku orangnya kaadang ga sabaran kalau harus nbaung nyicil gitu hehehe. Iya, asal disiplin dengan anggaran ya, Zia.

      Hapus
  3. Suami saya suka marah kalau nyicil hihih apalagi nyicil elektronik gitu, cukuplah cicilan rumah dan kendaraan saja katanya yang lain ga usah nyicil, hihi. Tapi kalau saya sih pengen nyicil barang elektronik terbaru biar ngehits wkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya kudu sembunyi-sembunyi ya, eh tapi gimana caranya biar ga ketauan? *dilema*

      Hapus
  4. garansi penting banget , sama kualitas barangnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya teh Lid. Jangan sampai terjebak pesona harga murah tapi kualitas mengenaskan.

      Hapus
  5. Kalao bisa nggak usah kredit deh mbak... salam kenal, blognya keren, pengunjungnya rame

    BalasHapus

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.