Top Social

Bring world into Words

6 Hal Positive Thinking di Tanggal Tua

Senin, 23 Mei 2016
Ini adalah sebuah acara Kompetisi Blogger ShopCoupons X MatahariMall. Yang diselenggarakan oleh ShopCoupons. voucher mataharimall dan hadiah disponsori oleh MatahariMall.
mataharimall-kompetisi

Duh Efiii... please deh, jangan  suka ngasal.  Emang ada yang menyenangkan dari tanggal tua? Kayak situ ga ada masalah aja kalau lagi tanggal  tua.

Hohoho..  pasti kepikiran gitu waktu baca judul  blogpost saya ini, ya.   Eh tapi selalu ada dua sisi dari satu masalah, lho. Terngantung sudut pandang kita menilai sebuah masalah.  Kalau dibawa bete  ya bete,  kalau dibawa hepi ya hepi.

Calm down,  tenang dulu.  Jadi apa itu yang menyenangkan  dari tanggal tua berdasarkan pantauan dan ehm pengalaman saya?  Ini nih...
http://www.catatan-efi.com/2016/05/6-hal-positive-thinking-di-tanggal-tua.html
selalu ada sisi positif dari semua hal yang dialami termasuk ketika bokek

1. Saatnya Diet

Iyes, kalau tanggal  muda kita dibuat lapar mata dan cheating melanggar aturan diet,  tanggal tua gini kita jadi lebih terkontrol.  Makan di resto? Skip.  Ngopi cantik di kafe franchise atau lokal? Skip  juga.  Jadi kalau lapar kita lebih hati-hati  milih menu makan.  Misal sehari makan 3 kali jadi 2 kali. Nah biar kenyangnya rada lamaan, akhirnya kita milih makanan yang mengenyangkan. Eh ternyata,  ada hikmah lainnya. Makanan yang ngasih efek kenyang lebih lama itu makanan yang kandungan seratnya banyak, lho. Makan karedok atau lotek misalnya. Satu porsinya juga murah, biasanya ga lebih dari  15.000an. 
Satu porsi lotek yang banyak gini ga sampai 20 ribu lho

2. Bayar Utang Puasa

Nah, ini juga bisa jadi pilihan buat kita maksa lunasin utang puasa. Saat banyak duit suka bikin tergoda pengen kulineran atau ngemil melulu. Pas bokek, dan ternyata bingung mau makan apa buat nanti siang, ya udah puasa aja. Ngurangin anggaran makan dan utang puasa pun bisa dilunasi. Eh, by the way sebentar lagi bulan Ramadhan. Gimana utang puasanya? Udah pada lunas?

3. Jadi Banyak Bersyukur

Iya,  dengan kondisi bokek  bikin  kita mikir banyak.  Menumbuhkan jiwa empati. Oh, ternyata begini rasanya kalau lagi bokek.  Sedikitnya  tau rasanya para pedagang yang mendorong gerobak atau menjajakan jualannya  yang susah laku dan menahan lapar. Lain kali  kalau punya duit berlebih, coba deh sesekali beli jualan mereka. Entah itu makanan atau barang yang sebenarnya ga kita butuhin kayak penjual keset atau sapu misalnya. Anggap aja sedekah.

4. Perencanaan Keuangan jadi Rapi

Kalau lagi bokek, keluar duit dikit aja diitung dan diinget.  Enggak ada selembar warna hijau di dompet  bikin kita mikir  abis dipake apa, ya? Dibelanjain buat apa, ya? Nah, harusnya bukan cuma pas tangga tua aja kita jadi rapi mencatat semua pengeluaran. Lagi banyak duit juga bagusnya dicatat jadi lebih rapi. Bahkan belanja  barang diskonan saat belanja  online pun harusnya  kita catet, juga. Yang namanya diskon ga selalu identik dengan reject atau  ga mutu, kok.

5. The Power of  Kepepet Bikin Kreatif

Karena dompet lagi langsing, rekening di titik saldo minimal mau ga mau kita jadi muter otak gimana caranya biar ga tersiksa dari rasa lapar.  Kalau lagi kepepet gini, bohlam kuning di atas kepala kita biasanya jadi lebih terang. Lalu muncul deh ide beranak pinak  yang bisa kita eksekusi. Coba deh cek lemari es atau lemari persediaan makanan. Mungkin ada mie dan telur.  Bikin deh omelet murmer rasa rumahan yang enak. Atau ada bahan mentah untuk membuat puding atau kue yang bisa dimanfaatkan.  Ada tepung terigu dan sisa tempe  lalu kita buat mendoan. Satu blok tempe mentah yang harganya lima ribuan ternyata bisa kita olah jadi mendoan bisa dinikmati rame-rame. Bisa deh sampai buat 5 orang mah. Hari biasa beli cemilan 5 ribuan buat sendiri aja biasanya ga cukup. Iya, kan?
   
Saat bokek juga ga cuma bikin kita kreatif soal makanan. Sabun mandi dan samphoo misalnya.  Pas di botol tinggal dikit lagi dan gajian harus nunggu besok, bisa tuh ditambahkan air ke botolnya, lalu kocok.  Lumayan bisa dipake buat mandi, tapi sekali aja ya huehehe..  selanjutnya sih efeknya kurang berasa.  Cara yang sama juga bisa kita manfaatkan untuk shampoo. Tapi semoga saat akhir bulan, pasta giginya tetep available alias ga abis.  Ga kebayang kalau tube pasta giginya dicampurin air gitu biar bisa dipake. Eh tapi ding, bisa dipotong dibagi dua gitu terus ambil sisa pasta gigi yang tersisa. Doooh segitunya :P

6. Jadi Lebih Sehat

Biasanya pesan ojek atau taksi konvensional atau aplikasi, jauh dikit ngangkot karena malas jalan, apa lagi bokek gini  kalau  lagi seret kayak tenggorokan yang kehausan bisa jadi bikin kita jalan kaki. Ngenes? Enggak juga.  Dengan jalan kaki kita jadi sehat karena jarang-jarang olahraga.
Kalau macet gini kadang jalan kaki jadi bisa lebih cepet
Dengan jalan kaki kita ga bete pula tertahan di jalan yang macet. Lagian misuh-misuh di kendaraan saat macet  suka bikin kita emosi dan mungkin ngeluarin sumpah serapah. Kalau ga ketahan malah jadi dosa karena kebanyakan grumpy. Risikonya sih paling betis jadi bengkak :D


14 komentar on "6 Hal Positive Thinking di Tanggal Tua"
  1. Teteh mengingatkanku pada wacana diet akuhhhh aaaakk2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa? Diet? Ga usah. Tar lagi puasa ini, kokk hehe

      Hapus
  2. The power of kepepet itu emang beneran bikin kreatif plus rajin deh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pernah baca di mana gitu, dalam keadaan terdesak semua potensi kita keluar secara optimal. Dikejar anjing galak bisa membuat seseorang bisa berlari kencang dari biasanya.
      Mungkin itu rahasiannya mereka yang bisa berhasil dari nol dan ga kenal kata nyerah, ya.

      Hapus
  3. The Power of Kepepet, kayak bukunya motivator saya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, saya juga pernah baca bukunya Om Jay. Very out of the box, ya.

      Hapus
  4. Dudududu teh Efi nulis apa ya yang pertama, diet? Pura-pura gak liat ah hehehe mamaku suka gitu tah, the power of kepepet, telur di campur terigu biar banyak :D *malah tjurhat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi pura-pura berarti sebenernya liat, dong. Telur dadar sebenarnya kalau sesekali dikasih terigu enak juga. Kasih kornet, seledri dan daun bawang, plus bawang bombay sama sosis. Hahaha... Lah bukan ngirit ini mah.

      Hapus
  5. Kalo aku ditanggal tua, ngorek2 celengan koinan. Trus dibundel per 10 keping trus tuker deh ke tukang pulsa. Hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau lagi bokek banget, recehan gitu juga berarti banget ya, mbak. Meskipun rada tengsin juga pas ngebelanjainnya hehe

      Hapus
  6. Justru saya kalau tanggal tua saatnya berpoya2 abiskan sisa uang haha :D

    BalasHapus
  7. Bener banget tuh.. The power of kepepet is luaaar biasaaa. Jadi kreatif hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mak. Tiap orang pasti pernah ngalamin. Waktu terjadi mungkin bete setengah mati tapi setelah lewat malah senyum-senyum aja melewatinya.

      Hapus

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.