Top Social

Bring world into Words

Ekspresif Berpose di Papyrus Photo Bandung

Jumat, 01 April 2016
Entah kenapa ya, tiba-tiba aja saya kepikiran salah satu ucapan Kang Emil, caretakernya loveable city, Bandung. Banyak eman quotenya beliau yang dikutip. Dari soal jomblo yang selalu jadi trending topic sampai memantik semangat orang lain. Salah satunya nih, quotenya ini. Pekerjaan yang menyenangkan itu adalah hobi yang dibayar. 

So lucky for them, Mereka yang berkarir atau mendapat uang dari hobinya. Mungkin ada juga yang terpaksa menjalaninya, meski tidak suka. Atau terpaksa mencintainya karena tidak ada pillihan lain. Ih, kenapa jadi kayak terkontaminasi Shakespeare gini, sih?? Hihihi.. *dipelototin Cinta sama Rangga ini* 
Permalink ? http://www.catatan-efi.com/2016/04/ekspresif-berpose-di-papyrus-photo-bandung.html

Jadi gini, nih, Pekerjaan  yang disenangi akan membuat ktia antusias dan bergairah. Dan soal gairah alias mood  itu biasanya  nular.  Selain sugesti positif sama diri sendiri  juga  berefek sama  orang lainyang berinteraksi. saya mau cerita soal pekerjaan. Bukan kerjaan saya, sih. Tapi kerjaan orang lain. Ada yang memang senang berkutat dengan benda mati semacam operator mesin berat di proyek lah atau lebih senang bersosialisasi dengan orang banyak.  Lahan yang satu ini salah satunya Fotografer. 
Daaan, menurut saya fotografer ini harus orang yang supel, terutama forografer yang jadi objek bidikan kameranya itu orang.  Bukan cuma soal skill aja sih menurut saya  profesi seperti ini Tapi emang udah passionnya di sini. Harusnya. Meski mungkin pernah mengalami  ketemu sama  fotografer yang  bikin kita  males  atau mikir: Yaaaa, kok kayak gini sih ngarahinnya.  Posenya std, standar,  garing,  kaku dan sebagainya.  Padahal kanya kerjaan ini ngatur orang. Harus ada  chemistrynya biar sama-sama enak.Bisa bikin model jadi  luwes, lebih nyaman buat berekspresi. Apalagi buat yang kaku dan miskin ide berpose macam saya. Jadi inget sama Yasinta yang suka protes kalau saya posenya garing lah, atau senyumnya kayak kepaksa, lah. :D Duh maafkeun. 

Dari beberapa gaya ala-ala saya yang suka wara wiri di beberapa timeline media sosial saya itu itu sesungguhnya ada banyak pose lain yang saya skip karena ya itu, enggak banget. Selain emang kudu sabar juga sih ngadepin model macam saya. Iya, model abal-abal jiahaha.. 

Fotografer yang asik itu juga bukan cuma yang sabar ngadepin model atau kliennya. Tapi juga bisa brainstorming. Kadang ngulik karakter orang atau mencairkan suasana juga perlu. Bikin kita jadi enjoy. Kan ada tuh orang yang kagokan kalau ketemu orang baru, dan beruntunglah orang yang cepat supel dan akrab sama teman baru. 
Permalink ? http://www.catatan-efi.com/2016/04/ekspresif-berpose-di-papyrus-photo-bandung.html

"Jadi kakak orangnya kayak gimana?" gitu tanya fotografer Papyrus Photo Bandung. Ini kali pertama saya dateng buat foto-foto di studio yang punya cabang di CihampelasWalk. Ga pake mikir lagi, langsung aja saya bilang "Saya orangnya pemalu." *umpetin palu dulu* 

“Ya udah, kita pake konsep santai dan kasual aja. Soalnya baju yang dipake sporty gini. Eh, bawa kostum, ga?" 

Duh, saya pengen nepok jedat. Jedat saya sendiri, bukan si Aanya yang lagi on duty jadi tukang cekrek alias fotografer hari itu. Saya nyengir dan bilang enggak. Lagian kalau diinget-inget, koleksi baju saya di rumah kayaknya harus diupdate dulu kalau mau dijadiin kostum foto-foto *malah curhat* 


Mulai deh saya bergaya. Awalnya masih kaku. Ya, kan saya udah bilang sebelumnya. Saya itu payah kalau bergaya depan kamera. Bingung mau pose apaan. Meski sebenarnya bisa sih pas di jalan itu nyontek gaya dulu secara googling pake gadget. Derita siapa? Derita loe, iya loe yang ada di cermin :D 

Bukan cuma Yas, adik ketemu gede yang masih suka protesin gaya saya yang kalau senyum di depan kamera itu kayak yang kepaksa. Doooh, ini mah penyakit saya. Fotografernya Papyrus ini juga sami mawon. Beruntunglah doi sabar dan punya segudang ide buat pose foto-foto hari itu. 

"Padahal kakak ini fotogenik, lho." 

Masa? Saya nyengir. 


Foto di studio beda lah ya sama foto selfie di kamera. Selfie pake kamera gratis. Foto di studio lain cerita. Ga mau rugi saya. Sayang kalau harus ngeluarin uang lagi buat take ulang :D 

Mulai deh saya sama si Aa fotografernya bahas ide mau ngapain lagi. Berhubung dateng ke studio ini saya secara spontan persiapannya juga maksimal. Selain kostum ga kepikiran bawa properti. Paket yang saya ambil ini juga tidak menyediakan properti buat pendukung foto. Bisa sih kalau ngambil paket lain. Berhubung saya udah oke dengan paket yang dipilih, saya langsung muter otak. Inget di tas ada HP dan buku. Jadilah dua benda ini saya pake buat properti. 
Permalink ? http://www.catatan-efi.com/2016/04/ekspresif-berpose-di-papyrus-photo-bandung.html

Sebelumnya sih saya mau manfaatin kursi yang ada di studio. Cuma nih kursi yang modelnya kayak kursi di depan barista ini ketinggian buat saya. Secara saya mungil. eksplorasi posenya ga maksimal. Masalahnya? Ya itu,sayanya kurang tinggi. Ga asik buat pose dan yang pasti ngagokin. Skip deh. 

Sambil ngobrol dan sok gaya-gayaan berpose, ternyata berhasil membangunkan alter ego saya yang punya kepribadian lain. Yang tadinya malu-malu dan garing, setelah brainstorming ide pose, akhirnya keluar juga pose-pose yang ga kepikiran sebelumnya. Celetukannya yang ekspresif sampai kayak guling-guling atau sampe rebahan ngambil angel bikin saya ga kagok. 

Kurang manyun! 
Eaaa… 
Iyaaaa, kayak gitu 
Coba nyengir, keliatan giginya
Coba kalau gini 
Gimana kalau posenya seperti ini? 

Kurang lebih seperti itu lah. Cape juga ternyata berpose selama kurang lebih setengah jam :D Selesai berfoto ria, saya keluar studio dan menghampiri booth deretan layar pc buat milih foto yang oke buat dijadiin story line. Sambil nunggu pencatatan rder dan struk buat bukti pengambilan nantinya. 

Permalink ? http://www.catatan-efi.com/2016/04/ekspresif-berpose-di-papyrus-photo-bandung.html

Sebelum dicetak, saya sempat dikirimi email untuk kofirmasi apakah sudah oke atau masih mau revisi. Ya semacam diretouch lagi gitu. Tiga hari kemudian ada email konfirmasi dari Payprus. Pas liat , udah oke. Ga burek, ngeblur atau handycap lainnya yang bikin saya rikues minta diutak atik. Jerawat saya juga jadi tersamarkan.  Gara-gara cheating sih.  Muncul deh nebengers di wajah saya.

Kebetulan pas buka email ini saya lagi mengikuti sebuah acara, dan kebetulannya lagi saya duduk sebelahan sama Yasinta. 

Kaget lah Yas, pas liat pose saya yang tiba-tiba alay. "Nah Teh, posenya keren, nih. Bagus." 
Permalink ? http://www.catatan-efi.com/2016/04/ekspresif-berpose-di-papyrus-photo-bandung.html

Antimainstream juga nih, terlihat tampak alay meski secara postur saya serupa aja kayak anak ABG :D. 

Kan, foto studionya bukan foto buat pas foto yang formal dan kaku gitu. Overall saya suka dan menjadikannya sebagi foto profil akun media sosial. Hihihi... 

O,  ya di emailnya juga saya dikasih tau. Tidak menutup kemungkinan kualitas gambar yang saya lihat di email bakalan beda sama hasilnya.  Mesk belum liat dimensi aslinya,  sayaviyain aja bilang udah oke dan bisa diproses untuk dicetak dan dibingkai dengan model frane yang udah saya pilih sebelumnya.

Eh bener lho,  pas saya bawa hasil realnya ternyata sama aja. Puas dan seneng dong.

Dengan latar yang simpel alias putih polos plus properti yang juga simpel gini, menurut saya, keberhasilan dari hasil akhir foto ini karena faktor pose hasil ngulik dadakan gitu. Ga pake nyontek dulu, karena kelamaan. Asiklah, cocok pisan buat yang suka merasa mati gaya macam saya. 

Selain hasil fotonya yang keren, layananya  juga asik  pisan lah. Proses pencetakannya juga ga pake lama. Lima hari kemudian setelah foto-foto,  saya dateng lagi buat ngambil fotonya baik dalam berbagai hasil.  Ada lembaran satuan ukuran postcard,  frame dan cakram digital untuk setiap paketnya (setiap hasil paket foto disimpan dalam satu cd terpisah). 

Permalink ? http://www.catatan-efi.com/2016/04/ekspresif-berpose-di-papyrus-photo-bandung.html

Permalink ? http://www.catatan-efi.com/2016/04/ekspresif-berpose-di-papyrus-photo-bandung.html

Kalau merasa payah berpose,  coba deh eksplore  pose  yang  ga biasanya di Papyrus Photo Bandung, aja. Biar puas  kayak saya.

Mau ke Papyrus? Ini alamatnya
Jalan Bengawan No. 29 Bandung  telp. 022-7234596
Cihampelas Walk (Skywalk) dekat gerai KFC
Buka jam 08.00-21.00
Atau  boleh kepoin  webnya di Papyrusphoto.com
Dan medsosnya: 
Facebook: https://web.facebook.com/papyrusphot
Instagram: Papyrusphoto
Twitter: @papyrusphoto

24 komentar on "Ekspresif Berpose di Papyrus Photo Bandung"
  1. Hasil fotonya jernih ya, Teh. Tempatnya juga keren. Instagramable. hehe. Kalo foto di Papyrus biayanya berapa, teh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beda-beda, sih Ila. Kalo paket yang aku ambil ini Photo Story 1 (yang fotonya lima) 265.000, udah termasuk CD sama frame dan retouch. Yang satu lagi yang fotonya empat itu Photo Story 2, Rp. 225.000, sama udah include frame, cd sama retouch. Dua-duanya dikasih cetakan 4R untuk setiap pose.

      Hapus
    2. Ada yang murahnya paket express, cuma 95.000an aja untuk 4 pose minus frame. Udah kayak marketingnya aja, nih hehehe.

      Hapus
  2. Papyrus itu di mana ya? Boleh, nih, buat foto profil di novel :D

    Btw, Aa fotografernya masih single-kah? #eh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada di Ciwalk sama jalan Bengawan, Dy. Kalau yang di Ciwalk deket KFC, via skywalk. Aku ga nanya status si Aanya, nanti dikira wartawan yang lagi investigasi :D

      Hapus
  3. Keren banget sih studionya. Jadi pengen ikutan foto. Kemarin liat punya mba al juga bagus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayu Mbak, kalau ke Bandungmampir ke Papyrusjuga, ya.

      Hapus
  4. Jauh yaaa... padahal saya suka foto foto...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dirimu di mana sih mbak? Minta Dora Emon pinjemin pintu ajaibnya itu aja :)

      Hapus
  5. hehe jadi menampilkan sisi luar dari Teh Efi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe. Iya, ternyata aku punya sisi centil juga :)

      Hapus
  6. Sayang di Cimahi ga ada euy hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah dariCimahi ke Bandung mah deket, Herva. Hayu 'ngajarambah' sesekali :)

      Hapus
  7. Balasan
    1. Iyes, ga rugi atau nyesel foto-foto di sini, Mas.

      Hapus
  8. wiiihhhh beneran keren mbak potonya,,, mantap bingittt
    cerah skaliii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cakep, ya hasilnya? Padahal itu akunya kurang tidur dan lagi jerawatan :)

      Hapus
  9. Kece bgt fotonya, langganan saya bgt nih papyrus... foto wisuda 2 kali, foto keluarga berkali2, foto hamil, semuanya di sini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wih asiiik. Iya ah, nanti juga kalau mau foto-foto lagi mau ke Papyrus aja.

      Hapus
  10. Teh Efi unyuuu pisan euy..
    Aku suka beli pritilan2 foto kalau ke papyrus Bandung..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aih, dibilang unyu. Jadi pengen kibasin hijab hihi. Wah, kapan-kapan kalau ke Bandung kopdaran, ya.

      Hapus
  11. ahhh unyu2 bangeet :D
    kaya kakanya *uhuuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya deh, unyu kayak kakaknya :D *sodorin air minum*

      Hapus

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.