Top Social

Bring world into Words

Resolusi 2016: Sehat dan Bebas Jerawat

Rabu, 13 Januari 2016
Resolusi?  Errr bulan Januari di tahun 2016  ini sudah setengah jalan. Basi ga sih, kalau masih bahas resolusi?  Dipikir-pikir  resolusi  buat saya kok suka ga seindah rencana hehehe. Makanya suka bingung kalau ditanya apa resolusi. Duh,  apa atuh, ya?  Keinginan  mah banyak. Tapi cukup saya yang tau aja. Kalau kasih tau satu aja mah,  boleh deh.
" Salah satu resolusi   yang pengen dicapai  di tahun ini,  satu kata aja.  SEHAT".
Sebenarnya saya udah berusaha menjalani  pola hidup sehat  ini sejak pertengahan tahun kemarin ini. Cuma ya gitu, godaan yang datang kadang suka merayu saya  buat cheating.  Daaan godaan terbesar saya  adalah  makan makanan  yang masih mengandung MSG.  kalau di rumah sih iya, saya bisa tahan  ga pake  penyedap.  Paling bumbu masak cuma garam sama gula selain rempah-rempa semacam lengkuas, serai dan sebagainya.  Kalau di luar? Ya, gitu deh hehehe Eh tapi saya  jarang jajan di luar.  
contoh menu sehat. raw food is even more better
Paling kalau di rumah jajanan standar sih. Semacam lotek, capcay,  atau nasi goreng pas lagi malas masak :D.  Kadang saya juga suka tergoda buat ngebakso, meski  saya request kuahnya dibening, ga pake saos atau sambal dan no vetsin tapi ka kuahnya itu dan daging yang diolah jadi bakso  masih ada penyedapnya.  

Baca ini juga, ya:  Makan masak enak Tapi Tetap Sehat

Makanya, meski udah bisa ngerem gorengan atau   di lorong supermarket saya udah bisa abai dan pasang kacamata kuda buat ga ngelirik  cemilan alias snack,  sebenarnya godaan saya itu belum sepenuhnya  lepas dari  makanan yang mengandung MSG itu tadi.    Emang sih  banyak  juga alergi  yang saya  punya  tapi  yang bertanggung jawab sama kesehatan saya siapa lagi coba? Masa orang lain?

Sempat juga nyoba pake penyedap  vegetarian, eh tapi ternyata pas  saya ngobrol sama dokter David,  sebaiknya ditinggalkan aja.  Ga heran juga, mungkin jerawat  yang datang dan pergi di muka saya salah satunya dipicu oleh  penyedap  vegetarian itu.  

Oke, sudah seminggu  ini saya coba tinggalin penyedap itu dan kembali dengan pola makan sebelumnya  yang ternyata lebih manjur dan aman buat saya.  Jerawat  yang paling doyan mejeng deket bibir itu ga sebandel sebelumnya  Saya harus  konsisten dan menguatkan hati  untuk menggunakan bumbu dasar  guladan garam plus rempah-rempah alami, bukan yang udah diolah.


Ngomongin soal lokasi jerawat, lalu saya sempat  juga nanya soal  ini sama dokter.  Pernah ga baca tulisan yang katanya  kalau jerawat  di pipi  masalahnya karena itu, jerawat di jedat disebabkan ini, jerawat di hidung gara-gara apalah dan lokasi jerawat lainnya yang dihubungkan dengan masalah kesehatan atau hormonal lainnya?  Perawatan  estetis emang perlu, tapi jadi sia-sia kalau ga dibenahi dari dalam.

Masalah terbesar  yang sering jadi keluhan (khsusunya para wanita) adalah gimana menghilangkan jerawat. Pencet praktis? Aw,  sakit iya. Sembuh? Belum tentu. Ada yang bilang juga tekan jerawat dengan alkohol biar cepat kempes.  Euw,  saya sih bayanginnya perih dan sakit.  Sembuh?  Ga yakin juga  tuh. Yang ada malah bisa-bisa jadi infeksi dan  makin meradang.  Oh, no! 

Seperti  yang sempat saya tulis di postingan sebelumnya, kalau  jerawat itu salah satu indikasi  ada masalah dengan pencernaan alias alergi. Ya, bisa juga sih karena faktor  hormonal yang muncul pas stres  atau  pengaruh obat, atau  emang salah kosmetik.  Balik ke  lokasi jerawat, lalu dokter David bilang kalau ternyata  masalah lokasi jerawat  ini  belum terbukti secara penuh soal lokasi  jerawat dan hubungannya dengan pencetus.  Jadi baru semacam dugaan aja.  Jangan sotoy dengan menganalisa sendiri. Mending tanya sama dokter  dan selesaikan dulu  masalahnya, baru deh tuntas tuh masalah jerawatnya.  Sekali lagi kecantikan dan kesehatan itu berhubungan erat.  Kalau pola makan sehat, cantik  bakal kita dapat  sebagai bonus.  

Biar makin jelas baca juga: Sehat dan Cantik Bareng DF Clinic 

pose dulu abis treatment.  Merawat   wajah itu buat bikin kita nyaman  :)
Curhat saya hari itu  juga  saya sampaikan sama dokter. Sejak rajin minum vitamin E tiap hari, sejak sebulan kemarin pipi jadi agak chubby. Kata Tian sih bagusan gini, saya keliatan lebih seger  (ah masaaaa sih :D). Tapi ketakutan khas ala-ala  kebanyakan kaum hawa lainnya adalah jarum timbangan badan yang bergeser ke kanan. Iya, nih, berat badan  nambah  sekilo. Iya sekilo aja,  tapi kalau nambah terus  gimana? hihihi   

Aman sih, ga papa kata dokter David Apa  yang saya alami itu adalah reaksi tubuh tapi it's fine.  Ya udah, segini ja nambahnya,  jangan banyak-banyak, ya. Please. 






20 komentar on "Resolusi 2016: Sehat dan Bebas Jerawat"
  1. Aku jg jerawatan, ga pernah bersih mbak.
    Iya kali y karena alergi, la wong semua makanan saya jabanin.
    Tp skrg mulai mengerem msg dan minuman berpengaruh, pegal mereka semua itu enak bingit. Hihihi.
    Semoga resolusinya berjalan lancar ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mbak. Coba inget-inget jerawat terakhir yang jadi meradang gitu abis makan apa? Yuk Mak, kurangi konsumsi MSGnya beneran enak ke badan, lho. Semoga tetap sehat juga buat dirimu ya,Mak.

      Hapus
  2. tahun ini aku mau kurus juga, setelah melahirkan daging perutku menggelambir kemana-mana, mau banget donk jadi kurus tapi sehat dengan makanan yg sehat pula :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayo Mba, makan sehat buat emak sama bayinya sekaligus biar dua-duanya sehat. :)

      Hapus
  3. Duh teh, seger banget liat buah-buahannya *ngiler* :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maapkeun uah bikin ngeces ya,Cha :)

      Hapus
  4. semoga resolusinya tercapai ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Semoga resolusinya juga ya, Mbak :)

      Hapus
  5. semangaaat hidup sehatttt.

    BalasHapus
  6. basically kulit mukaku tuh sensitif berminyak dan mudah berjerawat. Dulu bahkan saat blom berani pake cream dokter atau perawatan apapun krn hami dan menyusui duuh ancur banget deh muka.
    nah kemudian ketemu cream yg cocok itu lumayan jauh berkurang dan jadi lbh bersih. apalagi setelah aku jalani pola makan sehat sejak setahun lalu.
    Naah cuma dua bulanan ini aku stop cream yg lama, karena takut kelamaan pake krim kimiawi kan, trus lg nyoba yang herbal...entah lg penyeseuaian atau gimana. jadinya memang setiap jelang menstruasi jerawat batuku tumbuh lagi kayak dulu.
    di seputar daerah T dan sekitar mulut nih.
    Jadi kepikiran mau ke dokter lagi deeh....
    Stress juga katanya memicu jerawat yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa karena emang hormn, kosmetik atau yang lain. Ke Dokter aja,Mbak. Biar lebih jelas diagnosanya. Go free acne :)

      Hapus
  7. Aduhhh, buah naga ini cakep banget emang. Udah cantik, warnanya juga cantik, lembut, juicy, rasanya enak, manis. Komplit. Emang ya mak, ngaruh banget apa yg kita makan untuk tubuh kita, hrs pinter - pinter memilah dan memilih makanan biar sehat dan bebar jerawat. Semacam detox gitu ya. Good luck ya mak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, detox alami yang enak banget. Buah naga merah ini juga lebih enak dari naga putih. Cuma kalau abis makan ini bibir jadi lebih merah, kayak oma-oma yang abis ngunyah daun sirih hihi.

      Hapus
  8. jus sayur tuh seger banget ya Fi. hmmm jadi pingin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Teh. Bikinnya suka males tapi kalau udah jadi mah enak,langsung glek :)

      Hapus
  9. yang penting sehaaaat ya mbaaa. Itu buahnya segeer semua :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Sehat selalu juga buat dirimu, Mbak. Buah seger biar muka juga jadi keliatan seger. :)

      Hapus
  10. Aku dulu pernah jerawatan banget parah, pas coba buat makan lebih sehat kaya sayur, buah kurangi gula gitu berkurang alhamdulillah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Wi. Setahun kemarin juga jerawatku parah. Rumeuk pisan lah hahaha. Setelah banyakin makan buah, sayur sama jauhin pedes n sea food berkurang drastis.

      Hapus

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.