Top Social

Bring world into Words

Menikmati Wisata Alam Yang Seru di Maribaya

Sabtu, 26 Desember 2015
Yang  namanya Bandung dari dulu emang  selalu jadi tujuan wisata turis  lokal dan interlokal  asing.  Ah ya, Bandung emang selalu ngagenin, ya  #eaaa... Eh tapi beneran, lho. Makanya enggak heran kalau saat  weekend atau liburan panjang akhir tahun, lalu lintas di jalanan Bandung penuh dengan kendaraan dari luar kota.  Eksotisme Bandung yang mulai kehilangan hawa sejuknya  masih terlalu sayang untuk diabaikan.

Salah satu  destinasi  Wisata  di Bandung yang selalu ramai  oleh pengunjung adalah kawasan Maribaya Natural Hot Spring Resort, di kecamatan Lembang yang masih identik dengan suasana alaminya.  Di sini  kita bisa merasakan sejuknya udara  yang masih bersih sambil menikmati berbagai kuliner khas Bandung  atau yang sudah modern.  Terakhir kali  saya main ke sini itu tahun 2001, jaman kuliah dulu.  Bahahaha... Lama sekali, ya.  Ka mana wae, ih :P
Pintu Gerbang Maribaya Resort


Manglingi sekali deh waktu kemarin saya menghadiri acara  Grand Opening  yang diresmikan langsung oleh Bupati  Kabupaten Bandung Barat, Drs H. Abu Bakar M.Si.  Kesan spooky saat matahari  tenggelam dan seperti kurang terawat tidak tampak saat  acara Grand Opening  yang berlangsung tanggal 23 Desember 2015 kemarin.  
Suasana Grand Launching Maribaya Resort
Acara Grand Launching yang ramai oleh pengunjung
Rampak Kendang meramaikan acara Grand Opening
Maribaya dengan konsep baru ini tetap mempertahankan nuansa  alamnya yang asri dengan penataan ruang yang apik dan modern. Wih, sukaaaa.  Kombinasi  warna hijau yang alami  berpadu harmonis dengan warna cokelat dari ornamen kayu di beberapa tempat.
Suasana Alami yang berbau Country. Sukaaaa
Ngomong-ngomong soal asal usul  nama Maribaya ini ada cerita menarik.  Konon,  pada tahun1800an seorang petani Miskin  yang bernama  Eyang Raksa Dinata (kelak namanya diabadikan untuk dua spot yang ada di sini)  mempunyai anak  yang sangat cantik,  Maribaya.  Khawatir  Maribaya  jadi rebutan para pemuda pada waktu itu, Eyang Raksa Dinata pun pergi bertapa  ke gunung Tangkuban Perahu. Di sana ia berjumpa dengan seorang kakek yang memberinya  2 buah bokor berisi air yang masing-masing harus di buang di barat dan timur.
Diorama yang menceritakan asal-usul Mribaya
Kalau Eyang  membuang air ke Situ Lembang,  lain ceritanya  Maribaya yang membuang air tidak jauh di dekat rumahnya.  Tidak lama kemudian di tempat Maribaya  membuang air panas  ini  muncul mata air panas yang bisa menyembuhkan berbagai  penyakit kulit. Sepeninggal Eyang Raksa Dinata, mata air  panas  ini kemudian diwariskan kepada puterinya, ya, Neng Maribaya  itu  untuk dikelola.  
Dari pintu masuk,kita  akan melewati gerbang Eyang Raksa Dinata  sebelum arena Food Court  Langlang Buana
Hmmm, selain legenda Sangkuriang, ternyata  di tatar Sunda ini juga ada legenda  yang masih berkaitan di tempat  yang tidak jauh. Menarik, ya. Muncul juga versi lain soal asal-usul  Maribaya  ini yang konon katanya berasal dari gabungan  dua kata dalam bahasa sunda, Mari  untuk sehat dan Baya untuk Bahagia.   Eh, jadi keingetan deh quotenya Kang Emil kalau salah satu indikator  kebahagiaan orang adalah senang pelesiran dan berkumpulan di tempat terbuka. Contoh yang gampang ya, taman wisata Maribaya  ini.  
Peta fasilitas di Maribaya Resort
Fasilitas  Yang Bisa Dinikmati di Maribaya Resort

Curug Cigulung  dan Curug Cikawari

Menikmati  romantisme  yang alami  di daerah perkotaan bukan cuma mihil tapi ga gampang  nyari di kota besar. Makanya,kalau  makan siang di  Twig Cafe, cari spot  yang deket Jendela. Sambil makan, di sini kita bisa menikmati pemandangan air  yang jatuh tertahan atau mengalir deras dari Curug  Cigulung.  

Menikmati Makan  di Twig Cafe ditemani suara  curug yang menggelontor  ini bisa bikin lupa diet  :D
Sky Bridge/Tapak Halimun
Jembatan Tali yang cuma beberapa langkah dari Sky Brigde/Tapak Halimun
Arena Bermain yang letaknya di bawha Sky Bridge. Rumput sintetisnya bikin betah main di sini
Cape jalan-jalan? Ya udah, rendam kaki aja di Foot Spa dengan charge Rp. 30.000 saja

Kalau  mau berendam secara privat, pilih aja fasilitas kamar rendam. Alami tapi modern. Sumber: Maribaya-resort.com
Dengan membayar  tiket masuk Rp. 35.000  (belum termasuk makan dan fasilitas lainnya), menghabiskan waktu di sini  jadi tidak akan terasa. Malah kalau nyontek  wahana yang ada di sini, kayaknya  ga cukup  deh kalau cuma datang sehari.  Kalau bisa 2-3  habiskan waktu di sini sampai puas.  

Jangan khawatir kalau sudah malam, di sini  kita masih bisa menikmati fasilitasnya. Didukung dengan sarana penerangan,  CCTV dan  petugas  yang  selalu  siap selama 24 jam akan menjaga keamanan dan kenyamanan tamu  yang berkunjung di Maribaya.  Saya aja yang datang di acara Grand Opening kemarin belum puas  menikmati wahana  yang ada di sini. Harus ke sana lagi, sampai semua wahana dijajal.

kalau Mau foto di sini  jangan nginjek rumput. Nekat? Bejakeun geura :)
Sayang euy kalau ga foto-foto di sini:)
Selain menggunakan fasilitas di sini untuk outing, outbound dan gathering, di Maribaya Natural Hot Spring Resort yang punya luas  8 hektar ini, kita juga bisa menyewa space untuk  acara pre-wed di titik-titik yang jadi favorit dan resespsi nikahan di Amphitheatre  yang bisa menampung undangan sampai 200 orang. Bosan dengan setingan mainstream,  kayaknya  tempat yang satu  ini  bisa  jadi  pilihan lain untuk merayakan hari bahagia. Uhuk.  Udah jangan keselek,  biasa aja, kali :)

But anyway,  bantu Maribaya Resort  untuk mempertahanakan alamnya yang cantik dan bersih ini, ya.  Bawa tongsis atau kamera buat selfie, wefie  atau bikin video? Hayuuu, tapi jangan merusak  fasilitas dan  nyampah, ya. Pliiissss da bageur, da kasep, da geulis  ^_^

Yuk, ah kapan-kapan ke sini lagi.
Mobil jemputn yang siap mengantar  ke area parkir.  Credit:  Nchie Hanie

Maribaya  Natural  Hot Spring Resort
Maribaya No.105/212 Lembang
Bandung 40391
Email : marketing@maribaya-resort.com / mulyanto@maribaya-resort.com
Tlp  (022) 827 82228 / 0812 9373 5423 / 0822 1415 3019
web: http://maribaya-resort.com/
Waktu buka 
Weekday: jam 08.00 - 16.00 
Weekend (Jum'at, Sabtu, Minggu dan hari libur) : jam 08.00 - 20.00 
untuk sementara waktu "Friday Promo" Rp. 20.000 ditiadakan).

"

25 komentar on "Menikmati Wisata Alam Yang Seru di Maribaya "
  1. Oooh ternyata nama Maribaya ini diambil dr cerita legenda ya....baru tau. Tfs mb. Cantik pisaaaaan foto2nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak. Aku juga baru tau hehehe. Pemandangannya bikin adem banget, ya. Yuk maen ke sini.

      Hapus
  2. Wah bgs bgt..bisa jd alternatif penginapan nh.kl nginep dsna brpaan? Dr bosha jauh ga teh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya enggak,Mbak. Masih sama-sama satu kecamatan gitu. Duh aku lupa rate penginapannya hehehe. Murah,kok. Lebih murah Dari tarif hotel.

      Hapus
  3. Kalo kesana, saya akan berkunjung. Terimakasih sudah berbagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asik, jangan lupa masukan di Daftar destinasi jalan-jalannya, ya.

      Hapus
  4. Keren banget tempatnya jadi pengen ke sini bawa anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ago Mbak, bawa anak-anakya maen ke sini.

      Hapus
  5. Tempat yang seperti ini nih yang cocok untuk wisata bersama keluarga, suasananya sangat sejuk dan menyenangkan, sangat natural. InsyAllah jika nanti saya ke Jakarta mampir ke Bandung dan singgah ke sini. Sip!!! makasih min.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus mampir, Mas. Dari Jakarta ke Bandung kalau lancar paling 2,5 - 3 jam. Ditunggu :)

      Hapus
  6. Lumayan banyak fasilitas yang tersedia. Kayaknya nggak hanya di Bandung loh kak, di Jogja sini pun demikian macetnya,,, hehehe. Menarik juga yaw asal muasal penamaan Maribaya ini. Maribaya cantik orangnya, tapi eyangnya malah khawatir. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wajar Mas, ayah mah takut anaknya dapet suami yang nyusahin anaknya. Ayo, jangan lupa mampir ke Maribaya kalau lagi di Bandung, ya.

      Hapus
  7. waah menarik banget, suka dengan foto2nya, bikin mupeng ke Bandung :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, banyak banget sebenarnya yang pengen difoto nih, Mbak Naqi 😊

      Hapus
  8. Wisata yang nyenengin inii. . .
    Btw, di sana ada Curug yg namanya Maribaya kalau ngga salah kan, ya. Legendanya sama kalik ya, Mbak. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah curugnya ada beberapa Idah. Di Bandung Barat sama Bandung Utara banyan banget curugnya dan punya latar cerita masing-masing. Wisata alam emang selalu asik

      Hapus
  9. Apa disana ada resort yg disewakan? Harganya brapa ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada,Mas. Saya lupa ratenya tapi murah kok dibanding tarif hotel.

      Hapus
  10. Tahun 2001 diundang sama siapa ke sini, teh? Bang Aswi versi muda, ya? hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha bukaaan, San. Jaman segitu belum ngeblog. Maen rame-rame sama temen kuliah, baliknya menjelang maghrib dan sempet nyasar nyari jalan keluar. Kata temen yang punya six sense ada harimau di sana, ga ganggu, sih da kita ga ngapa-ngapain juga.

      Hapus
  11. wah, hotelnya kelihatan keren banget... Gak nahan liat air terjunnyaaa... ^_^
    Memangnya selama di sana banyak yg suka nyampah ya? :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paling seneng ya Mbak kalau piknik di alam terbuka. Bikin adem mata sama hati #eaaaaa
      Dulu sih iya, tapi mudah-mudahan ga ada yang nyampah lagi.

      Hapus
  12. Ini maribaya jadi keren ajibb yaa... cuma sayang harga tiket nya naik.. padahal kalo gratis kan lebih baik ... hehehe

    BalasHapus

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.