Cara Nonton Video Youtube Tanpa Kuota

It's weekend.  Punya acara  jalan-jalan keluar? Eh tapi  kan ya  ini akhir  bulan.  Buat sebagian orang  ini  waktunya diet  jajan, nahan diri  buat  enggak jalan-jalan demi  menyelamatkan   dompet  sampai  gajian  nanti  *puk puk puk* Sabar, ya. Tanggal 1 bentar lagi.

Libur  gini ga harus  bikin kita gloomy,  kok. Masih bisa  leyeh-leyeh  menikmati  me time seharian,  ngemil dengan cemilan  buatan  rumah  atau nonton  koleksi  film  dari dvd  yang ada di rumah.  
Jangan galau  kalau lagi bokek :)  me time  ga harus  pake mahal
By the way, ngomongin soal nonton  film,  kita juga  bisa memanfaatkan  youtube  buat nonton beberapa  film  secara full.  Misalnya ada  film Smurf  atau Pride and Prejudice  yang  klasik dan fenomenal  itu.  Malah  bisa kita menyimpanya  secara full. Jadi  kalau enggak bisa  move  on da pengen  re-run filmnya lagi,  ga ngeborosin  kuota internetan. Palingan  pas  ngesave itu aja yang rada nyedot kuota. 

Bingung gimana caranya  save offline?  Tenang, saya  bakal  kasih tau caranya  di sini. Iyes, sekarang  juga.  Kalau mau langsung praktik, pastikan kuotanya cukup. Bokek dan ga ada budget  buat  beli  pulsa?  Cari Wi-Fi  atau  tetheringan aja, ya.  Cari tau siapa  yang rela dan baik hati  kasih tetheringan  hehehe...

Oke,  biar  ga semakin  ngelantur  ini, caranya.

Setelah masuk  ke youtube, cek dulu  setingan yang ada di sudut  kanan atas,  itu lho yang tiga bulatan kecil, tap pilihan  General.  Kalau online dengan Wi-Fi, centang  pilihan  limit  mobile data usage (only stream HD video on Wi-Fi). 
tampilan awal youtube
Tap  lagi  pilihan Offline.  Sama seperti sebelumnya, centng Add over  Wi-Fi only kalau  akses youtubenya lagi pake Wi-Fi  atau tethering. Kalau  pake kuota sendiri, jangan dicentang,  ya. Soalnya kalau dicentang padahal kita ga Wi-Fian atau tethering,  dijamin deh, sampe nangis  kejer guling-gulingan juga  ga bakalan pernah bisa  nge-save video youtubenya.  Di sini  juga kita bisa  milih di mana mau nyimpen file, apakah di penyimpanan internal atau  di micro SD, mini SD dan sejenisnya. 
dashboardnya youtube
setingan aplikasi 
"Yang harus diinget ketika  menyimpan video  offline, meski disimpan di micro SD , atau media penyimpanan eksternal  pas dipindahin ke device  atau gadget lain,  videonya  ga bakal terdeteksi.  Maksudnya gini. Kalau misalnya kita menyimpan video, sebutlah  videonya  Demi Lovato  yang judulnya Up itu di micro SD. Trus micro SDnya kita pindahin ke HP lain. Nah, pas buka menu youtube offline  di hp  lain itu,  filenya si Demi  ini  ga bakal  muncul.  Ngerti kan, ya? "
wi-fi atau non wi-fi?
Video  yang sudah disimpan di HP atau micro SD  ini  juga  ga bisa ditransfer  lewat  blue tooth  atau kabel data ke laptop  atau  komputer.  Kalau menurut saya  ini cara dari pihak Youtube  untuk melindungi hak cipta  yang punya video pertama biar ga diunggah ulang sama yang lain. Iya atuh, udah dikasih gratisan jangan ngelunjak gitu  dengan mengklaim sesuatu  yang  bukan karya kita. Hargai dong usaha orang lain  yang udah berusaha.  

Save video  offline ini cuma bisa dilakukan di HP  atau tablet, ga bisa dilakukan di laptop. Kecuali kalau kita ingin mengunduh video  unggahan sendiri  ke youtube, baru deh bisa ngunduh  video  kita sendiri itu dalam format MP4.  Tapi  ngapain  juga ya ngunduh punya sendiri?  Kecuali kalau file asli kita hilang atau  di simpan di gadget  lain yang ketinggalan dan kita perlu file mentahnya itu.

cuma bisa download youtube sendiri
Gimana caranya cari tau video  yang bisa disave offline? Gampang. Coba  ketik nama artis (atau film) yang videonya  mau kita save itu.  Klik di sebelah kanan. kalau  bisa disave  bakal muncul  pilihan Add to offline.  Tinggal klik, deh. Kalau bosen dan atau ternyata file video  yang udah kita save itu menuhin storage,  tinggal  buka list offline,  lalu  klik remove offline. Selesai.
kalau ada tanda ini bisa disave

bosen? remove aja

Gampang, kan?

29 Comments

  1. Saya juga biasanya pakai offline tapi donlotnya di kantor pakai wifi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu, pake wifi kantor lebih asik lagi hihihi

      Delete
  2. Makasih infonya, mak. Anak2ku suka nonton You Tube nih. Sampe boros kuota. Eh tapi memori hapeku kecil :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau miro SDnya ganti sama yang kapasitasnya lebih gede, gimana? Atau pindahi dulu file-file lainnya ke laptop atau komputer, mbak :)

      Delete
  3. Biasanya kalau nonton sama Aisyah jg gitu. Jadi klo mw nntn lg gampang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak. Anak-anak kan suka susah move on. Kalau udah suka sama lagu atau film yang itu ga ada bosennya, ya. Hehehe

      Delete
  4. Oo...aku jarang nonton film di yutub. Kekecilan kalo di gadget atau notebook. Tapi aku suka donlot pake yutub downloader...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu aku juga pernah pake youtube downloader mbak, tapi lupa caranya hehehe

      Delete
  5. Iya offline itu lumayan ngebantu ngirit kuota. Maklum punya balita hobinya nonton youtube kartun melulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ponakan saya juga gitu, mbak :) Dulu kuotaku cepet abis salah satunya gara-gara dia seneng nonton youtube.

      Delete
  6. Perlu di coba tipsnya. Cocok bangat nih, kondisi keuangan tinggal recehan.

    ReplyDelete
  7. Hihihi, kirain beneran nggak pake kuota.. Udah nggak ngantor uy, susah cari wi-fi hihihi
    Tapi bisa dicoba juga kalo lagi jalan-jalan ke kota gitu :D
    Makasih sharingnya yaa mba ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awalnya aja buat nyimpen. Selanjutnya bisa digeber sampe bosen hehehe

      Delete
  8. Tapi sayangnya nggak smua videobbs save offline ya mb :)

    ReplyDelete
  9. Tapi videonya cuma bisa ditonton buat dua hari aja ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak kok, mbak. Saya punya.yang udah lama masih ada, lho

      Delete
  10. Klo yang ngesave video nya nggac pake download gcbisa ya mbg

    ReplyDelete
  11. Kalo nge-save video nya tu kena kuota gk kk?

    ReplyDelete
  12. Tetap aja motong kuota saat donlot...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya iya dong motong kuota. Tapi cuma sekali aja. abis gitu nonton kedua kali dans eterusnya sampai bosen ga motong lagi kuota. Ini cocoknya buat yang suka nonton video yang sama berulang-ulang. Lumayan lah.

      Delete
  13. sebenarnya itu nonton video offline, ya tetep aja harus di download dulu ya ? hehe
    tapi minus nya, gak bisa di share atau diliat langsung dari sd card

    ReplyDelete
  14. Klo yang ngesave video nya nggac pake download gcbisa ya mbg

    ReplyDelete
  15. Assalamu'alaikum...

    Boleh juga nih tipsnya
    Jadi ga harus ngabisin kuota internet lagi bwt nntn anime ama drama korea di youtube hehehe :)

    Monggo mampir : coretanhatiukhti.blogspot.com

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.