Top Social

Bring world into Words

Test Drive Sinyal Kencang 4G LTE Advanced Smartfren

Rabu, 16 September 2015
Namanya   juga teknologi,  inovasinya  selalu berubah cepat.  Sebagai  seorang blogger, meski  tidak menspesialisasikan diri  untuk  konten  gadget  atau tekno, tetep  lah saya  harus  berusaha  update,  minimal tau,  apalagi  bisa apply,  ada digenggaman.  Makin Asik aja.

Nah sekali lagi tentang wishes.   Jangan deh  ngasal bikin  harapan. Ga tau  kan, kapan malaikat  di belakang  kita  mengaminkan doa kita?  Sejak  masuk  ke Bandung, teknologi 4G LTE  bikin saya mupeng. Duh pengen dong  gadget selain HP  juga  netbook  kesayangan  bisa  mengakses  internet dengan lancar, memudahkan  akses di dunia  maya  alias  blogging.

Eh beneran,  harapan saya terkabul.  Bukan saja mengenal  teknologi ini tapi menjajalnya  langsung bersama  operator  Smartfren. Wuiiih,  ga  pake  mikir lama, saya  bilang iyes  di email jawaban waktu diajakin.
Unboxing Smartfren dengan slot 2 simcard. Satu slot  lainnya bisa buat kartu GSM

Mengambil start di  hotel Padma, jalan Ciumbuleuit, bersama teman-teman blogger  Bandung, media dan crew  dari  Smartfren  menumpang bus  mini  berkeliling  Bandung  untuk membuktikan  kecepatan sinyal 4G LTE Advanced Smartfren.

So The Story Goes
FYI,  teknologi  4G LTE  adalah  penyempurnaan dari tekonologi  nirkabel sebelumnya dari 3G GSM/Edge  atau UMTS/HSDPA, dikenalkan  tahun 2009 di  Swedia.  Sebelumnya   teknologi 3G  adalah teknolog  komunikasi yang memungkinkan akses  multimedia  dan  komunikasi  dalam satu ponsel sama.  Masih inget  ga  dulu,  jama  ponselnya  masih bernada  polifonik dengan teknologi 2G? Cuma  bisa SMSan,  telepon dan ringtone  yang  nada deringnya  ajaib dan  memorial  itu, termasuk  suara  jangkriknya.  Krik...  krik...  krik...

Lalu  muncullah  ponsel  yang  bisa memasukan akses  internet,  mulai dari sinyal  Edge,  3G HSUPA, dan HSDPA dan dilanjutkan dengan  teknologi 4G LTE . Sementara  ini di Indonesia  baru Smartfren  yang mengaplikasikan 4G LTE Advancednya. 

Diantara  berbagai daerah di Indonesia,  ternyata   Jawa  Barat  adalah kawasan penggunaan   mobile data  terbanyak,  lho.   Saya juga sempat diperlilhatkan  foto  oleh  Pak Bastian, dari  Smartfren sudah banyak  titik  BTS Smartfren di Bandung  yang  berwarna hijau  sudah on alias sudah beroperasi untuk membantu memancarka  sinyal  dari user  Smartfren. Sementara  yang warna  merah  akan segera dioperasikan. Untuk kawasan  yang banyak gedungnya,   jarak antara  satu BTS  denga BTS  lainnya  semakin rapat, karena  distraksi dari  dinding  semakin mengganggu  sinyal.

Selain Bandung,  Smartfren sudah mengcover  19 kota 441 kecamatan  yang tersebar  di Jawa Barat, antara  lain   Cirebon,  Sukabumi, Indramayu, Subang, Garut, Ciamis,  Tasik dan beberapa kota lainnya yang didukung oleh 696 BTS.

Speed  Test
Generasi  4G  LTE Adavanced yang lebih cepat  bisa  dibuktikan dengan mengunduh  aplikasi  Speed  Test  untuk membuktikan kecepatan sinyalnya. Sejak  unboxing dan di perjalanan  kami  beberapa  kali mencoba  kecepatan sinyal,  Beberapa spot bahkan gadget  yang kami pegang  menunjukan kecepatan berbeda. Dari  gadget  Smartfren yang saya pegang  kecepatannya sampai  di sini. 
Sinyal kencang Smartfren di kawasan Ciumbuleuit
Eh tapiiii  ada  blogger  gadget dengan  akun obat  gaptek  yang berhasil  menguji sinyal Smartfren sampai 29 MBPS, lho.    Super duper kenceng, yaaa.  Sementara di beberapa  ruas  terentu  ada yang sinyalnya pelan.Makanya  ada  speed test  ini agar  jadi masukan bagi tim teknisi  Smatfren  untuk membenahi  sistemnya.  Overall sih  sinyalnya  lancar  jaya.  Bahkan kemacetan  jalan di  Bandung kami cuekin  karena  asik nguplek  youtube tanpa  buffering.   
Beberapa  kali hasil tes  di titik lain
Saya sempat  ngetes dengan membuka akun youtube yang pemirsanya paling banyak. Biasanya  kalau  banyak  yang nonton  dengan pemirsa  sampai jutaan,  peluang bufferingnya  makin besar.  Jadi inget kalau videonya Taylor Swift  termasuk  yang ngehits alias  banyak yang nonton.  Penasaaran dong,  saya  buka deh  klipnya Style yang ditonton oleh 200 juta lebih penonton di dunia.  Beneran, ga ada  buffering.  Semantara  Tian yang satu seat dengan saya di bus asik membuka  Yotubenya  Jang Hyuk,   Bang Aswi dengan  unggah video di akun twitnya dan entah  apa lagi  yang  bikin para blogger di  bus  ini asik  menjajal  kecepatan 4G  lTE-nya Smartfren.

khusyuk  dengan  gadget  masing-masing  nge-twit

Fansnya Jang Hyuk :D
Program Edukasi
Sebelum finish di Maxi Resto, kami sempat  memapir  ke SMK 4 untuk melihat  program  lainnya dari Smartfren terkait  sosialisasi   sinyal  4G  LTE Adavanced-nya.   Di  Sekolah kejuruan yang berlokasi di jalan  Kliningan  ini  berlangsung workshop penggunaan modem 4G  untuk  konten  pendidikan.  Selain di Bandung,  program CSR Smartfren  juga  dilaksanakan di kota lain seperti  Cirebon  yang mengundang pelajar dan komunitas seperti komunitas  hijabers  dan earth hours.


Paket  Data  Smartfren
Mupeng juga  pengin merasakan ngebutnya  sinyal kencang  4G lTE Advanced?  Nih beberapa yang bisa kita dapatkan.
  • Dengan layanan  Smartplan, setiap pembelian paket  data  minimal  50 ribu,  akan mendapatkan bonus  kuota  sampai 2X lipat, masih bisa  mengakses  layanan data, meski kuota  sudah habis (berlaku sampai  31 Oktober  2015)
  • Layanan smartplan tanpa  biaya tambahan
  • LDR-an? Pake  aja  Smartfren buat telponan,  karena ada  bonus  1000  menit  sesama Smartfren atau 10 menit dan 100 SMS ke semua operator
  • Perpanjangan nomor lama  Smartplan plus sisa  kredit dengan mengirim kata  kunci LTE  ke  6046, mengunjungi galeri Smartfren terdekat atau  klik saja www.smartfren.com.


Last  but  not  least,  selain di handphone, sinyal  kencang 4G LTE Adavancenya Smartfren juga bisa didapatkan  di modemnya.  Bisa  digunakan sampai  20  gadget  yang  'numpang sinyal' d  sini.  Kurang care apa coba Smrtfren sama usernya.
  
Saya paling imut  diantara  para  blogger  Bandung  :D  Fotonya  ngambil dari twitnya  Erry 
Terimakasih  banyak buat Smartfren  yang sudah mengajak merasakan  cepatnya  berselancar dengan teknologi 4G LTE Andvanced-nya. 

8 komentar on "Test Drive Sinyal Kencang 4G LTE Advanced Smartfren"
  1. deuh, jadi kepengen juga teh, hee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe keen nih Isti.Modemnya juga kencaaaang

      Hapus
  2. Mukaaaa sayaaaaaah, nonton korea sambil muka menahan mual dan pusing :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe tapi kan sembuh abis liat bebebnya :D

      Hapus
  3. cepet ya smartfren disana... ditempatku kurang bagus... jadi pengen nyobain 4G nya juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya ada test drive biar ketauan kawasan mana yang kurang kuat. Mudah2an deket rumahmu segera dibenahin ya.Cha.

      Hapus
  4. samaa aku tapi modemnya teh, emang kenceng beud si smartfren

    BalasHapus

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.