Top Social

Bring world into Words

Kejedot Angkot, Kebaya dan Perpisahan Sekolah

Sabtu, 06 Juni 2015
Malam itu,  angkot yang saya tumpangi rada sepi. Padahal masih  sekitar jam 19.30. Suasana  jalan Kesatriaan  sudah terasa spooky, jalan kecil  yang melewati SMP Negeri 1  Bandung, salah satu SMP favorit di Bandung.  Lagi pula sekolah ini   memang terletak di jalan kecil, berada di antara  rumah warga.  Kalau bukan hari-harinya sekolah, biasanya memang sepi. Tidak jauh dari sini juga ada sekolah swasta, SMP-SMA Bina Bakti. Saat jam-jam bubar sekolah,  kadang suka bikin macet  jalan karena  banyak  mobil antar jemput  yang keluar masuk.
http://www.catatan-efi.com/2015/06/kejedot-angkot-kebaya-dan-perpisahan-sekolah
gambarnya punya nyunyu.com
"Keur naon cicing di dieu (buat apa diem di sini)?" penumpang yang duduk di samping  kiri  pak sopir  nanya, terdengar lebih mirip protes.
"Sugan weh, aya nu naek (Kali aja ada yang naek),"  jawab sopirnya enteng.
"Ah, moal, (nggak bakalan)" bantah temannya sambil menunjuk  lapang parkir yang penuh dengan deretan  mobil. Sepertinya lagi ada acara. 
Tidak lama kemudian  sekitar  5 orang  perempuan, salah satunya  gadis remaja dengan balutan kebaya cantik  berwarna  orange naik ke dalam angkot.
“Tuh pan, aya! (tuh kan ada!),”  kata sopir  puas. Saya nyengir mendengar  dialog sopir dengan penumpang di sebelahnya. Iya, kalau rejeki  emang ga ke mana, ya.
Tapi...
Ouch..
Gadis  dengan kebaya orange cerah itu tadi, meringis,  Ekspresi wajahnya menahan nyeri setelah kepalanya membentur  pintu angkot.Sementara  para  pengantarnya  yang tampaknya seperti  ibu ddan tante-tantennya  menenangkannya sambil mencoba  menghibur.  
"You're so tall,"  kata salah satu dari mereka. Iya serius, mereka  ngomongnya campuran pake bahasa Inggris, meski bukan bule.
Kalau saya perhatikan, si mbak yang berkebaya  itu badannya memang tinggi, meski  dia memakai  flat shoes, lho. Bukan high  heel. Sepertinya, tinggi tubuhnya sekitar 165 cm-an.  Boro-boro dia  yang tinggi, saya  aja yang mungil  gini  udah pernah kejedot  di angkot beberapa  kali (dan suer, ga mau  mengulangnya lagi).
Anyway, itu adalah seninya naik angkot. Sementara keluhan lainnya  bagi yang tidak terbiasa  adalah duduk  menyamping yang kadang bikin pusing. Jangan tanya deh kalau soal ngetem dan  waktu tempuh perjalanan  yang lebih lama dibanding bawa  kendaraan sendiri, khususnya motor.
O, ya... Sekarang ini  kan, sudah masuk bulan Juni dan masih musimnya ulangan kenaikan kelas, ya? Jadi, saya yakin banget  kalau gadis itu tadi  baru saja merayakan acara wisuda kelulusan SMA.  Sementara sekolah-sekolah lainnya  merayakan  kelulusan  siswa  kelas  3 sampai larut  malam.    Dan  ini  yang menarik,  pakaian yang  dipakai adalah kebaya.  Bukan dress  atau  gaun malam ala-ala barat gitu. Emang udah banyak kok desain kebaya yang lucu-lucu dan keren. Dari bahan brokat sampai organdi.  
Saya jadi inget waktu SMA dulu , belasan tahun silam hehehe.  Sama, sekolah  saya juga  tidak memberi ijin acara perpisahan  malam hari. Tapi enggak urung membuat kami menikmati  acara perpisahan  yang digelar siang hari  di Dago Tea House.  Meski cuma sehari  saja, saya dan teman-teman sibuk memburu  dress  (iya, bukan kebaya)  yang paling pantas  dan keren  buat  dipakai  di acara perpisahan  itu. 
Fotonya  mana, Fi?
Ada, saya lagi culun-culunnya  hehehe...  Tapi bukan soal keculunanannya itu yang bikin saya enggak memamerkannya di sini.  Hampir semua  teman-teman saya yang berfoto waktu itu sekarang sudah berjilbab. So, saya menghargai  privasinya untuk tidak memamerkan foto-fotonya. 
By the way, punya pengalaman seru dan menarik  waktu perpisahan SMA, ga, sih?
Biasaya ada  bumbu cerita  yang tertinggal dari perpisahan sekolah.Berpisah dengan sahabat yang memutuskan melanjutkan kuliah di kota  lain,  ada yang  baikan lagi dengan mantan (uhuk) eh malah ada  yang jadian pas  perpisahan. 

36 komentar on "Kejedot Angkot, Kebaya dan Perpisahan Sekolah "
  1. Naik angkot memang seringkali menyisakan cerita yang tak terduga. Banyak pengalaman yang di dapat ketika naik angkot bahkan bisa membekas dalam waktu yang lama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iiya, ada pengalaman lucu, menyenangkan sampai menyebalkan semua ada di angkot, ya.

      Hapus
  2. Aku pulang dr perpisahan MA naik angkot juga hihih

    pas itu pakai kebaya juga, tp kebayaku simple. Dandan juga gitu2 aja sih ckck. Untuk pertama kalinya sekolah ngadai perpisahan pake kebaya, dulu mah seragam. Sampai skrg jdnya pake kebaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku waktu SMA pake dress, baru pas wisudaan pake kebaya, cua waktu itu pulangnya pake taksi.Soalnya pake bawahan yang agak ribet kalau dipake jalan atau naik angkot *bilang aja belagu :D*

      Hapus
  3. Saya angkoter sejati, kalau di Jakarta namanya Mikrolet. Paling sebel kalau kejadian ini saya sering alamin sampe sekaran. Kan mata saya Mbak Efi tahu lah bisa lihat di FB saya :) . Nah pas di Angkot sering "panas dingin" kalau saya cowok sendiri terus yang lainnya cewek2, apalagi yg ber-rok seksi pendek gitu. Mata saya seh berusaha ngindarin ngeliat ke arah lain, eh ada cewek yang kayaknya sensi merasa diliatin saya, apalagi yang ber-rok itu berusaha narik2 roknya ke bawah buat nutupin eaa pusing saya kan emang kalau saya ngeliat kemana , arah pandangan mata saya nggak ke arah kemana itu (lihat kiri disangka ngeliat kanan)...solusinya saya ngalah daripada panas dingin disangka bukan2, akhirnya pura2 meremin mata tidur...

    Kalau perpisahan sekolah, ada. Waktu surat-suratan masih booming tuh. Nah waktu pas hari terakhir sekolah pas ngambil ijazah kalau nggak salah, saya nekad ngasih surat ke awewe yang saya taksir. Terus habis itu saya nggak tahu lagi kabar surat itu dan cewek itu karena emang bener itu hari terakhir sekolah dan saya langsung sekoah SMA di Jawa Timur.

    Nah 2013 kemarin, saya tuh berteman di FB sama mantan temen SMP itu , udah jadi Dokter dan udah punya ekor 2. Saya seh seneng2 ajah nginget masa lalu eh , dak suatu ketika dia nginbok saya nanya ini Ahmed yang bla bla bla (nanya nama asli saya). Saya iyain. Eh dia nanya langsung gini "mksh suratny dulu ya" Bodohnya beneran saya lupa banget surat apa itu. Ya saya jawab polos n lempeng "surat yg mana ya?". dia kaget "waah kok lupa, udah menikah". saya "bla bla bla"

    beberapa hari kemudian saya baru ingat, wuaah iya itu surat "nembak gitu". Panas dingin kok dia masih ingat ya? Mau inbok lagi bilang saya ingat nggak enak beneran nyampe sekarang belum saya balas ...Udah lah itu masa lalu kalau dibalas malah bawah baper ntar eaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jiaaaah, ada yang curhat hahahaha. Dilarang BAper sama yang udah merit. Bahaya. Let her with her new life *mendadak bijal*
      Yup, aku ngeh kok sama profil FBnya. Ah tuh cewek salah sendiri kenapa pake baju pendek. lain kali suruh dia pake celemek atau apron yang panjang biar ga repot narik-narik baju. Sayang kalu baju mahal terus sobek hahaha.

      Hapus
  4. Saya mah seneng naik Angkor lantaran bisa tidur slama perjalanan. Tapi yg bikin BT, ngetem, trus setiap org berdiri di pinggir jalan di klakson in 2x, trus ngegas-ngerem-ngegas-ngerem dgn tempo pendek, jadi ajlut2an. Mengganggu tidur saya :D
    Salam kenal mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha aku juga suka ketiduran di angkot. Kadang pas bangun suka pusing, soalnya lagi enak-enak merem kepaksa bangun takut kelewat. Salam kenal juga Mak Ratu.

      Hapus
  5. duh, saya pernah. malah sampe nangis depan umum saking ga tahan sakitnya. malu maluin kalo diinget -_-
    nice share. salam kenal ya mba :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sakit dan malu, kombinasi yang sesuatu , ya. Sakitnya dobel hehehe. Salam kenal juga Ika :)

      Hapus
  6. sekarang perpisahan dari SD sampe SMU sering dress code-nya kebaya ya.. lumayan deh kalo ngangkot..
    kalo ttg angkot, saya mah paling sebel sama angkot yg nggak seharusnya ngetem tapi ngelamain bangeeett.. hadeuh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bagus, menanamkan kecintaan sama budaya sendiri. Aku pernah lihat pegawai PNS di Pemkot Bandung kalau hari rabu pada pake kebaya buat perempuan dan pangsi buat laki-lakinya. Cakep-cakep. Kayak lihat Bandung jaman dulu yang cantik dan eksotik hehehe

      Hapus
  7. acara perpisahanku siang laah, wong di kotaku (Kudus) kalo malam ngga ada angkot, gimana coba yang ngga bisa naik kendaraan macam saya mau datang hihii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, ujung-ujungnya entar malah jadi uji nyali kalau balik malam, ya :D

      Hapus
  8. wah aku juga termasuk angkoter, sudah pernah kejeduk , pernah jatuh terjerembab kena penumpang lain, sudah pernak keinjek kakinya. Wah seru deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, aku juga pernah keinjek kaki sama penumpang di angkot. Mana badannya lebih gede.Cuma bisa meringis aja hehehe. Tossss ah

      Hapus
  9. terkadang yang kejedot itu nggak terlalu sakit mbak... tapi yang lebih sakit itu disini... #tunjukhati
    syukurlah perpisahannya pakai kebaya ya mbak, coba kalau pakai bikini... uwaahhh....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan pesta pantai ah.kasian masuk angin, dan bisa bikin setan nimmbrung tuh

      Hapus
  10. Pernah kejedot angkot, trs diketawain penghuni2 angkot..
    Gk hanya cenut tapi maluuu
    Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lain kali bekepin mulut yang ngetawain hiihi. Duh, aku malah suka kasian liatyang kejedot. Kok kepikiran ya ada yang ngetawain gitu.

      Hapus
  11. Kalo di tempatku atap angkotnya tinggi, jadi jarang yang kejedot

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah asik, aman dong, ya.kayak Elf gitu ya mbak tingginya?

      Hapus
  12. naik angkot banyak pengalamannya, banyak cerita yang konyol :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastinnya. suka ngamatin, ya? hehehe saya juga

      Hapus
  13. kayanya wisuda SMA saya biasa2 aja, yg luar biasa mengingat masa2 kenangan di SMA yg culun2 :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sama kok jamanku SMA biasa aja. Cuma liat teman nyanyi-nyanyi di panggung. Yang bikin rada seru karena tempatnya bukan di sekolah. Kepala Sekolahku waktu SMA dulu termasuk ketat.

      Hapus
  14. Duh aq udah lupa pengalaman pas perpisahan Fi, saking udah lamanya ya hihiii...

    BalasHapus
  15. Hihihiii....kejedot angkot memang gimanaaa gitu rasanyaaa...pake kebaya naik angkot seru kali yaaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang jelas linu dan malu, Mbak hehehe. Waktu aku wisuda dulu seneng aja lucu-lucuan pake kebaya eh tapi konyol kenapa malu pas pulang kalau ngangkot. Ah dasar, belagu :D. Sekarang mah gampang liat yang kebayaan, ya.

      Hapus
  16. saya gak ikut mbak. serba malas. malas nyewa kebaya, malas dandan, malas keluar malam lagi. :D

    ah yang paling penting, karena gak ada gebetan. :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahaaha... aku juga ga punya gebetean waktu SMA. Hanya jadi pemuja rahasia :D Untungnya acaranya siang.kalau malem,double pusingnya. Pusing lihat yang pacaran dan pusing mikirin pulang takut kemalaman.

      Hapus
  17. This article presents clear idea in support of the new visitors of blogging,
    that truly how to do blogging.

    Feel free to surf to my weblog ... CODBO3 ESP

    BalasHapus
  18. Generally I do not learn post on blogs, however I
    wish to say that this write-up very pressured me to check out and do so!
    Your writing style has been surprised me. Thanks,
    very nice post.

    my web blog - Ninja Heroes Hack

    BalasHapus
  19. " They are planning nationwide tea party protests on the doorsteps of as many local left-wing media media outlets as possible this coming October 17th, 2009. into other mobs they will bring them back too, which can make things even. find a bunch to aid you with questing when starting out, you should do.

    Here is my web page - minion rush unlimited tokens

    BalasHapus
  20. Very good article! We will be linking to this particularly great article
    on our site. Keep up the good writing.

    Here is my website; Line let's get rich hack

    BalasHapus

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.