Monday 11 September 2023

Asiknya Mainin Lagi Game Legend PC di Solitaire.org

Tiba-tiba aja saya nemu situs game solitaire.org. Dari namanya aja udah kebayang kalau ini adalah game kartu.  Wiiih rasanya seperti memutar waktu. Seinget saya waktu SMA atau di akhir tahun 90an game ini udah ada di PC.  Zaman pcnya masih pake windows versi 3.1. 

Kebayang kan gimana legendnya game ini. Hayo masih inget kan sama tampilan kayak gini? Sekilas tampilannya masih zaman dulu, ya? Tapi jangan salah, maininnya tetep asik dan challenging. dan pastinya main solitaire ini free. Ga kena charge. 

Hayo siapa yang kalau buka tumpukan kartunya single kayak di atas atau draw three kayak di bawah ini?


Kita flash back dulu aturan mainnya, ya. 
Jadi tugas kita adalah menyusun keempat jenis kartu mulai dari as sampai king. Kita bisa buka dari tumpukan di sebalah kanan itu atau ngambil dari bawah.  Setiap tumpukan masing-masing keriting, sekop, wajik dan hati harus  dikelompokkan tersendiri. Jadi ga boleh campur meskipun nomornya berurutan.

Pas buka tumpukan dari kanan itu kalau pake draw 3 bagian paling bikin pengen nangis adalah ketika kartu yang kita butuhkan terjepit di tengah. Kayak foto di atas. As sekopnya kejepit sama 8 keriting. 

Ya udah akhirnya yang bisa kita lakukan adalah buka lagi opsi lainnya buat nemuin misal as jambu atau angka 2 keriting/wajik. 

Kalau belum nemu baru kita nyari kebawah, dan narik ke salah satu dari 4 tumpukan itu sesuai urutannya. Buat saya, sebisa mungkin bukain atau geser-geser dulu kartu yang di bawah baru nurunin yang di atas. Cara ini bisa menimalkan kebuntuan pada kartu yang berjajar di bawah. 

Masih inget juga kan kalau buat buka tumpukan di bawah ini kita harus menyusun silang dengan urutan terbalik?  

Begini. Untuk menyusun tumpukan kartu di bawah,  semakin akhir ke tumpukan atas adalah angka paling kecil. Make sense kan? Karena angka terkecil ini akan kita tarik untuk disusun ke atas. Biar ada bayangan saya kasih contoh berikut.

Udah kebayang kan, ya?  Kayak gampang tapi pas ngocok kartu-kartu di bawah itu kadang bisa bikin putus asa. Tiba-tiba aja buntu, karena misal kita kesulitan mau nemuin angka 3 wajik. Tau-tau pas semuanya dibuka satu persatu dia tertimbun sama Queen wajik. :D

Game ini emang membutuhkan kesabqran dan strategi memainkan. Semakin cerdik kita bermain semakin cepat kita bisa menyelesaikan puzzlenya da terbayar pas semua tumpukkannya udah tersusun rapi, dia akan meloncat-loncat gitu dari kiri ke kanan dan layar akan menampilkan tantangan baru. 

Dulu saya tuh paling betah mainin ini sambil ditemenin play list dari winamp (ya ampun, betapa jebotnya ya? wkwkwkwk). 

Pernah juga saya ngerjain ini ketika gabut nungguin bedug maghrib di bulan puasa.  Yang mau bilang kenapa ga ngaji nungguin bedug? Ya udah lah ya. itu kan dulu. Masa lalu yang ga bisa diubah hehehe

Gitu aja?
Tentu tidak.  Provider game solitaire ini tau betul kalau permainannya bikin betah dan banyak banget yang suka. Selain permainan kartu ini ada game solitare lainnya yang sudah dimodifikasi dari segi aturan dan tampilanya yang lucu-lucu. Misalnya kayak gini.


Versi Klondike ini challenging banget karena kita ditantang untuk menyusun 2 seri sekaligus. Tuh lihat dari timernya aja sampai hitungan 8 menit saya masih uyel-uyelan buat nyusun kartunya. Kalau bosen dengan tampilan latarnya temen-temen bisa juga cobain versi game lainnya. Misal Wild West Klondike seperti ini. 

Selain tampilannya yang menarik, tantangan di versi cup of tea ini juga bikin saya gemes sekaligus penasaran. Duh sedih pas ga bisa menyelesaikan misi dan muncul notif ini. Awas saya, saya balas  kamu  hahahaha. Saking penasarannya. kok bisa gagal?

Tadi  saya udah bilang kan kalau mainin game ini aslinya gratis. Ga harus langganan misalnya atau setelah sekian waktu tib-tiba harus berhenti dan nunggu buat bisa mainin lagi. No worry, kita bisa mainin ini sampe bosen. Just in case lagi nungguin orang yang ngaret, game ini bisa jadi temen buat nunggu.

Apakah di solitaire.org ini  permainan cuma kartu aja? 
Oh nggak, dong. Di sini juga tersedia games lainnya. Misalnya nih, ada mahjong, hidden object, match 3, logic puzzles dan word. 

Asiknya lagi dari kelima mainan ini ada turunan game lainnya yang seru dan menarik. Misalnya catur,  pirates game, cross word atau wordoku buat yang suka ngisi TTS. Hayo siapa yang terdilan jadi doyan ngisi teka-teki? 

Game cross words ini beneran ngajak mikir tapi seru lho. Kalau jawaban kita bener, indikatornya di layarnya akan ngasih tampilan hurufnya berwarna hijau. Kalau salah dia akan berwarna merah Jadi kita ga bisa asal atau maksa buat ngisi.

Lumayan buat lebih tau kosa kata bahasa Inggris. Misal untuk 24 mendatar itu pertanyaannya adalah Very large. Terus pas ngisi nomor 14 mendatar saya bingung dong. Apaan sih namanya Spanish rice dish? 

Ternyata jawabannya adalah Paella, gaesss!  Kayak gini nih ternyata yang namanya Paella. Lumayan lah ya buat contekan kalau nanti mau jalan-jalan ke Spanyol.

Kalau ada yang nanya saya tau dari mana jawabannya adalah dari googling wkwkwk. Risikonya semakin lama nyolekin google yang durasi ngisinya makin lama juga. 

Tapi ga semua dengan gampang di googling. Misal pertanyaan 13 mendatar pea's place itu bikin saya loading. dah lah saya nyerah hahaha tapi lumayan dari ngisi words ini saya nemu kosa kata baru dalam bahasa Inggris.

Ada juga game Sudoku dengan modifikasi angka atau huruf ini seru juga lho untuk dimainkan. Udah tau belum caranya? Sini saya kasih tau.


Misal sudokunya yang kita mainkan adalah sudoku dengan kombinasi angka. Tugas kita di sini kita harus mengisi 9 kombinasi angka di tiap kotaknya. Secara keseluruhan ga boleh ada angka yang sama baik secara mendatar atau silang. 

Di kotak pertama bisa aja kita lancar mengisi kombinasi angka. Tapi kalau ga teliti, kita bisa bikin kombinasi hurufnya jadi salah. Misal untuk angka 2 di kotak sudut kiri atas. 

Jadi dengan lihat posisinya  seperti itu, ga boleh ada pengulangan angka baik secara mendatar atau menurun. 

Kalau semua kotak selesai terisi nanti angka terlihat kombinasi angkanya ga akan ada yang sama baik ke samping atau ke bawah. Seru deh. Aturan yang sama juga berlaku kalau kombinasinya adalah huruf/alfabet.

Ssst.... ada yang masih inget ama Zuma ini ga?

  Masih ada game catur, tetris sampai mahjong (kalau inget mahjong saya tuh suka keingetan sama film-film Mandarin zamannya Andy Lau wkwkwk. Kenapa emak-emak atau babeh-babrh identik sama permainnan ini sih? 
 
Game ini buat saya enakan main di pc. Tapj pegel ya kalau harus bawa-bawa laptop semisal mau maenin ini pas lagi ngafe atau selingan wfc misalnya.

Kalem, gaesss. Selain versi tampilan pc, teman-teman juga bisa mengakses dari hp. Tinggal dirotasi aja tampilannya jadi seperti ini misalnya. So risiko jari kepelset karena layar yang sempit bisa diminalisir.

Gimana, tertarik? Cus mainkan.  Daripada scroll ig buat cari update gosip, mending asah otak di sini. Dijamin bikin betah. Trust me. 

FYI, solitaire.org ini bakal menambahkan game-game terbarunya berkala. Ga usah khawatir bakal bosen karena di sini banyak pilihan gamenya. Selain gratis kita juga ga usah puyeng mikirin sparing partner. Tinggal mainkan aja




Share:

18 comments:

  1. duh jadi ingat masa lalu sebelum medsos menyerang wkwkwk jam istirahat kantor biasanya mainin game legend begini di komp kantor teh

    ReplyDelete
  2. Permainan jadul ya teh, tapi emang ini legend banget deh, dlu main di PC, sekarang udah ada versi onlinenya, aku dlu suka main mahjong sm onet juga teh wkwkwkw kalau lagi gabut

    ReplyDelete
  3. Ini sih game yang menyenangkan buat gak hanya ngusir yang namanya penat, tetapi karena gak pakai acara instal jadinya bikin sat-set-sat-set urusan nge-gaming ya Teh

    ReplyDelete
  4. Aku juga main game jadul di solitaire.org mba, lumayan bikin otak berpikir, 30 menitan cukup buat asah otak ya. Tapi kadang kebablasan saking asyiknya, hehehe.

    ReplyDelete
  5. Saya bukan penikmat game..jd kurang familiar dg game2 yang ada. Tapi..utk Solitaire ini aku tahu karena dulu menjadi salah satu mainan saat gabut...selain tetris..wkwkwk.. Seruu tapi bikin gemes juga haha ..

    ReplyDelete
  6. Gak heran dibilang game legend. Gak pernah bosan main game ini. Bener-bener asik dan gak bikin emosi jiwa hahaha.

    ReplyDelete
  7. Ini game favorit saya mbak. Dulu waktu masih bekerja kalau jam istirahat game solitare ini yang menemani saya disaat santai...kini setelah jadi ibu rumah tangga, solitare masih saya mainkan saat senggang. Seru pokoknya.

    ReplyDelete
  8. Waah jadi inget pernah mainin pas zaman SMA seperti game Zuma, Solitare, dan lain lain 😍 Main di waktu senggang

    ReplyDelete
  9. Lihat permainan kartu jadi ingat zaman dulu waktu suka main game, itu mah game favorit banget hehe...

    ReplyDelete
  10. Game pertama di handphoneku waktu usia sekolah game ular tuh udah paling fenomenal banget, sekarang mah semua game ya ampun seru-seru banget

    ReplyDelete
  11. Hahhaa, the power of googling donk jaman now mah yaa, jadi weh kabitaa aku teeh sama makanan spanyol etaa si Paella (emang doyan gitu, chi?) ---- Kan ada kk efii, hmm sambil mainin gaes solitare dan zuma pada jamanku mahhh..

    ReplyDelete
  12. Teh, aku demen banget main TTS.
    meskipun sering nyerahnya, tapi kalo bisa semua rasanya bangga juga.
    Hihihi.. kudu banget main di Game Legend di Solitaire.org

    ReplyDelete
  13. Ya ampun Teh, ibu mertua aku masih hobi main ini di PC, katanya hiburan ga pusing mikir tapi seru bisa me time. Gamenya juga ringan dan langsung play ya. Aku juga dulu sambil iseng suka main.

    ReplyDelete
  14. Asli, aku banyak kenangan sama game ini wkkwkw, dulu kan di PC kantor ada aplikasi game ini ya, sering kalau lagi bete aku mainin. Ternyata sekarang ada webnya, tambah asyik aja deh buat buang jenuh ya, Teh

    ReplyDelete
  15. game solitaire ini memang legend banget yaa. jadi ingat saat awal masuk kuliah tahun 2003 lalu, saya dan teman-teman kost harus bergiliran untuk main game ini karena di kost-an kami baru ada satu komputer

    ReplyDelete
  16. Wah soliter, game klasik yang selalu aku suka. Aku main ini sejak zaman kuliah. Kalo lagi mumet, pasti main ini. Beneran bikin refreshing. Aku mainnya biasanya di PC langsung. Karena masuk ke game yang udah otomatis terpasang. Sekarang kudu nih aku main ini lagi. nostalgiaan. Cus ke Solitaire.org ah. :D

    ReplyDelete
  17. wah kayaknya sekarang mendingan main game ini yaa sekalian detox social media. sudah lama ngga ngegame karena sudah berlama-lama buka instagram

    ReplyDelete
  18. Ngga pernah mainin sih, tapi pas jaman kuliah sering lihat receptionist kampus main game ini di komputernya. Emang seseru dan semudah itu ya

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.