Tuesday 15 August 2023

Hasil Liga Inggris Pekan 1 Musim 2023-2024

Yoo... Liga Inggris pekan perdana sudah selesai. Gimana sama hasil tim kesayangan kalian, guys? Mostly, saya yakin pada happy. Ya minimal dengan skor akhirnya dengan raihan poin penuh, ya.

Kecuali... Fansnya Liverpool dan Chelsea, sepertinya :D

Buat Chelsea, jelas kerugian, hilang 2 poin di partai kandang. Buat Liverpool sendiri, meski sebagai tim tamu, hasilnya ga memuaskan. 

Mari kita bahas Liverpool, secara saya fansnya Liverpool nih hehehe

Partai Klasik (Dulunya)

Sebelum perang Rusia dan Ukraina, Chelsea  bukan tim yang bisa diremehkan. Musim kemarin mereka bermain bukan saja setengah hati, tapi nyaris ga pake hati.  Musim sekarang, pergerakan mereka cukup meyakinkan. Makanya, dengan perombakan timnya secara besar-besaran,  wajah baru Chelsea ini ga bisa disisihkan dari peta persaingan menuju juara, atau minimal big four. 

Di partai ini, Chelsea dan Liverpool sama-sama bermain terbuka. Plus, dengan rivalitas Liverpool dan Chelsea dalam perburan dua pemain yang sama ( Moses Caceido dan Romeo Lavia), bikin atmosfir pertandingan terasa lebih panas.

Diiih, kok bisa kompakan gini ya berburu pemain yang sama? FYI, bosnya Liverpool ini, Opa Henry dengan grup FSGnya (Fenway Sport grup)  terkenal pelit. Ya meski dapat Alexis Mac Allister dan Dominik Szoboszlai, tetep aja ga terlepas dari tipikalnya Liverpool yang macam emak-emak, newar setega-teganya hahaha.

Masih inget kan, Jude Bellingham yang juga urung merapat? Meski memang nih pemain over rated, tapi tetep aja kzl sama manajemennya Liverpool. Kelamaan mikir, Beberapa pemain yang dulu diisukan merapat seperti Sofyan Amrabat atau Gvardiol pun kayak kena amnesia. Padahal katanya (((katanya))) ngefans sama Bang Ipul.

Ah sudah. Mari kembali ke lapang. Sebenarnya di awal-awal permainan Liverpool cukup menjanjikan. 

Skor pertandingan yang berakhir 1-1 ini awalnya dibuka sama golnya Luis Diaz. Diaz berhasil menyelesaikan umpan sodoran dari Salah. 1-0. Proses golnya ini juga cakep, mirip tipe umpan jauhnya Alisson ke Salah. Bedanya kali ini, yang ngasih umpan adalah Alexis Mac Allister alias Macca.  Begitu juga dengan pemain debutan lainnya, Szoboszlai, cukup menjanjikan. Boleh lah ga mengecewakan. 

PR Besar, Gelandang Bertahannya Mana?

Tapi sayangnya, PR Liverpool soal pertahanan masih belum selesai.  Kelihatan banget mereka ini kerepotan pas Chelsea tersengat dengan gol perdananya Diaz. Ga pake lama,  skor pun berubah 1-1 leewat tendangannya Alex Disasi. 

Aslinya deg-degan lihat pertahanan Liverpool. Apalagi pemain-pemain belakang Liverpool ini kan doyan pasang perangkap garis pertahanan yang terlalu tinggi, rentan banget kecolongan. Trent Alexander Arnold alias TAA menurut saya ga bisa diandelin jadi pemain gelandang bertahan alias DM (deep midfielder). Naluri attackingnya kadung dominan. 

Andai saja Stefan Bajcetic udah pulih dari cedera, mungkin kebocoran DM sepeninggal Fabinho bisa diatasi. Tapi nyatanya kepayahan nih tim tengahnya Liverpool. Karena mereka memang kecenderungannya bermain menyerang.  So, kebutuhan deep midfielder ga bisa diskip. 

 

Pergantian pemain di babak kedua bikin saya ngenes pas lihat Nunez dan Curtis Jones masuk. Sejujurnya sama masih bisa berharap sama Nunez tapi Curtis Jones? Idem sama sebagian The Kop (fans Liverpool), saya termasuk yang bakal meratap kalau dlihat dia masuk. Sial, kebutuhan home ground bikin dia dipertahankan. 

Waktu Salah ngegolin  saya udah seneng tuh. Kirain intensitas permainan bakal panas, eh ternyata di anulir hahaha. Hal yang sama juga terjadi sama golnya pemain Chelsea, Chilwell yang samaan dianulir. Senasib kita 🤣🤣🤣

Terlepas dari wasit Anthony Taylor yang tiap diap memimpin pertandingan Liverpool suka ngeselin, PR besar buat Klopp nih buat benerin skuadnya. Mumpung masih ada sisa waktu transfer window sebelum ditutup akhir Desember nanti. Udah, jangan jadiin dia kambing hitam 🐐🐐🐐

Semoga Opa Henry dapat hidayah, ga melit dan ga pelit belanja. Udah deh, Pa (opa maksudnya) ga usah cosplay jadi emak-emak. Persaingan transfer window pemain di liga-liga dunia udah sengit, ditambah tim-tim Liga Arab Saudi ikutan heboh. Ga musim jual mahal, yang ada tim lawan tuh macam bursa lelang. Pada berani beli mahal. Opa sehat? 

Persaingan  Tim Lainnya

Kalau lihat hasil tim lainnya, semuanya berjalan mulus. Rival-rival Ipul kayak Benteng yang selalu anyar alias Newcastle United, Mpok Siti alias Manchester City dan MU juga bermain dengan raihan poin penuh, 3 angka. Newcastle nih meski skornya mengagumkan, saya ga heran. Mereka emang tetap menjanjikan. Mpok Siti? Meski ditinggal sejumlah pemain utama, pasukannya Pep ini ga bisa begitu saja dikudeta dari nominasi juara liga. 

Arsenal yang baru memenangkan Community Shield pun meraih angka sempurna. Yang bikin takjub nih, Brighton. Meski abis dipotekin pemain-pemainnya, mereka tetap menang dengan skor meyakinkan, 4-1. Luar biasa. 

Prediksi Pertandingan Pekan Kedua

Bakal ada partai seru alias Big Match Newcastle United bertemu Manchester City di malam minggu nanti. Sepertinya bakal sama kuat, alias seri hahaha. 

Kalau pun ada yang kalah, ya tetep aja persaingan di klasemen tetep panas.  Kalau (lagi) Newcastle United berhasil mengalahkan Manchester City, sebuah sinyal waspada buat Pep, timnya ga akan mudah mendominasi seperti musim kemarin.

Oya jangan lupa juga, Tottenham Hotspur bakal menjamu MU di kandang. Son dan kawan-kawan pastiny ga rela kehilangan poin lagi. Sementara MU juga harus membuktikan kalau kemenangan dengan skor 1-0 kemarin emang layak didapatkan. 

Liverpool sendiri bakal bertemu Bournemouth di kandang. Di atas kertas harusnya bisa menang mudah, nih. Setidaknya bisa mendongkrak posisi di klasemen. Plis, tancap gas segera. 

Klasemen sementara. Liverpool di posisi 12. Ga masuk top ten :) Sumber gambar dari goal.com

Rating Para pemain

Nah, ini skoring Anfield boys versi saya. 

Allison Becker:  9

Ga ada dia, udah deh bisa kalah Liverpool. Alisson berhasil melakukan beberapa penyelematan

 Trent Alexander Arnold: 6,5

Bukan performa terbaiknya

Ibrahim Konate: 6

 Tumben dia ceroboh :( Nyaris aja keboolan. 

Virgil Van Dijk: 6,5

Hmmm....  Kapten?  Are you okay? Sering telat turun nutupin celah di belakang, tapi sempat juga menghalau bola

Andy Robertson: 7,5

Biasanya dia selalu all out, tapi pas ketemu Chelsea, sisi kanan Liverpool kok gamang bocor? 

Alexis Mac Allister: 8

Promising. Kalau saja  udah ada gelandang bertahan, dia bakal lebih  gacor

Dominik Szoboszlai: 7,5

Lumayan, perannya. Next ga usah nyari² kartu kuning kalau ga kepaksa

Coddy Gakpo:6

Ga pas diset di posisi mid field. Udah bener di depan aja dia mah sebagai striker

Luis Diaz: 7

Lumayan, not bad. Egonya udah berkurang. Tapi harusnya bisa jadi game changer kayak musim kemarin

Moh Salah: 7

Akselerasi lapangnya ga diragukan. Tapi kemarin masih kurang greget, ditambah ngambek segala pas kena rolling. Sabar ya, akhi

Diogo Jota: 7

Sempat cedera tapi ternyata dia bisa lekas  ngetune sama teman-temannya di lapang. Ga mengecewakan

Pemain pengganti

Darwin Nunez (6,5) Curtis Jones (5) Harvey Elliot (6) Ben Doak (6,5)

Next match menang, ya. Gambar dari BBC




Share:

0 Comments:

Post a Comment

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.