Sunday 10 June 2018

Musala The Series: Salat di Sky Level Paris Van Java

Setiap bulan puasa datang, yang namanya acara buka bersama selalu saja ada.  Entah itu dari teman-teman lama (dari sd sampai kuliah bahkan ex sekantor), komunitas, saudara dan entahlah dari mana lagi. Beberapa undangan acara bukber saya skip. Kalau bisa dan waktunya pas ya, saya sambangi.
salat di sky level paris van java

Kalau ngomongin soal buka puasa,  selama tahun ini dan tahun-tahun kemarin, saya selalu  ogah buat buka puasa di mall. Kenapa? Karena di hari biasa saja, jam-jam maghrib itu yang namanya musala mall luar biasa penuh dan ngantri.  Lebih secure dan nyaman kalau bawa mukena sendiri. Semisal ngantri lama nunggu giliran pake mukena, kalau bawa sendiri, kita masih bisa manfaatin space yang ada buat salat. Satu waktu saya pernah salat di sebuah mall yang gede di Bandung, dan lupa bawa mukena sendiri -_-.   Duh, dramanya jangan ditanya deh. Setelah ngantri wudu masih ditambah deg-degan nunggu giliran salat karena antriannya luar biasa. Apalagi kalau pas kebetulan waktu siangnya pendek,  which is belum jam 19, adzan udah berkumandang.    Hayo, panik ga tuh, ngejar salat?

Dilemanya gini, kalau buka puasa di mall itu. Kalau kita mendahulukan solat, nanti ngantri makanannya lama,  mungkin bisa sampai lewat adzan isya baru deh kita dapat meja. Orang sunda bilang, kaburu salatri alias ilang laparnya. Iya laparnya ilang, tapi disusul sama misuh-misuh. Ga asik -_-. ya udah, gimana kalau makan dulu? Errr.... Ga yakin bisa salat. Karena nunggu makanan pesanan kita juga ga selalu ready datang sesuai ekspektasi.  Pas makan selesai, waktu baut salat jadi sempit, mepet banget ke Isya. Beda kalau misal buka bersama di resto atau kafe, walau pengunjung lumayan banyak tapi ga seramai dan selama nunggu giliran salat di  mall. Gitu, lho.

Di satu sisi saya seneng lho liat situasi gini. Ditengah-tengah gaya hidup yang katanya hedon, kesadaran untuk salat tetap ada. Tapi di sisi lain, saya kadang sedih karena ketika banyak yang semangat mengejar salat masih aja ada mall yang ngasih space musala yang kurang. Bahkan masih ada lho yang tempatnya di basement.

Ngomong-ngomong soal musala,  yang mau saya ceritain kali ini  yang ada di Paris Van Java yang lokasinya ada di Jalan Sukajadi. Deuh, ini mall beneran luas dan bikin gempor. Luas banget dan kecerdasan spasial saya yang pas-pasan lebih sering gagal menghafal lokasi venue itu, gerai ini, toko a dan sebagainya yang ada di mall ini. Palingan yang gampang diingat itu tenant atau toko (ga semuanya juga sih hahaa) yang ada di lantai utama, cinema CGV, dan pastinya musalanya.

Yang unik dari musala di Paris Van Java alias PVJ itu lokasinya ada dua. Yang satu lokasinya di LG deketan dengan supermarket Carrefour. Di sekitaran sini juga banyak tenant makanan. Satu lagi  ada di Sky Level, kayak roof top gitu.

Sepertinya nih, banyak yang belum tau kalau musala di PVJ itu ada dua. Ini saya perhatiin kalau salat di musala yang lokasinya di LG, lumayan bejibun. Shaf yang sempit, tempat wudu yang pas-pasan bahkan lumayan ngantri.  Ada beberapa netizen yang komplain soal keterbatasan musala di  sini. Saya pikir mereka belum hafal atau ngeh ada musala lain di PVJ yang lebih nyaman dan sedikit lebih luas. 
salat di sky level paris van java
arena bermain
Gimana kalau mau ke musala yang ada di roof top ini? Dari pintu masuk utama cari deh Pepper Lunch, deket situ ada lorong/hall yang menuju Sogo Dept Store. Dari situ,  terus naik lift menuju Sky Level.  Pemberian nama tingkatan di PVJ ini bisa bikin bingung, karena ga dikasih nama lantai 1,2, 3 dan seterusnya. Susah ngafalin soalnya. Suka bingung mana LG, GF, GL itu dimana, Sky Level itu sebelum atau setelah apa, dan di mana  resort level. Baru terpetakan kalau udah liat urutan lantai di dinding lift, hahaha. Bisa sih, nanya satpam soal arah ini. Yaaa walaupun masih pusing pala berbih karena areanya luas banget.

Pokoknya kalau udah naik pake lift, gampang deh nemu musalanya. Di dinding lift juga ada petunjuk di mana lokasinya musala. 
salat di sky level paris van java
lokasi musalanya rada mojok

salat di sky level paris van java
tempat wudu pria

salat di sky level paris van java
tempat wudu wanita
salat di sky level paris van java
rak sepatunya
salat di sky level paris van java
ada sendal juga buat wudu biar sepatu pengunjung ga basah
Yang asik kalau salat di Sky Level ini adalah selain shaf dan tempat wudu yang lumayan luas, deket sini juga adal toilet dan ruang laktasi untuk para busui. Kalau maen ke sini barengan rame-rame sama krucil, sementara nunggu anak-anak lompat-lompatan dan ngoprek wahana main yang ada di area yang sama, para emaknya bisa ngaso sambil ngasi. Sebelum turun ke bawah, sekitara sini juga mini zoo lengkap dengan tenant jajanan seperti kue cubit, tahu gejrot, kue ape dan jajanan lain yang suka kita liat di pinggiran jalan. Soal harga,  lumayan rada mahal dibanding kalau kita beli di kaki lima lah, ya.
salat di sky level paris van java
lorong menuju toilet

salat di sky level paris van java
ruang laktasi
Gimana soal mukenanya? Lumayan aman, ga sampai bikin kita ngantri kalau mau pake. Setiap saya mampir ke sini buat salat lebih sering langsung salatnya dari pada ngantrinya. Venuenya yang bergaya nature ini juga asik buat ootd-an, foto-foto.

salat di sky level paris van java
setelah pake jangan lupa simpan lagi mueknanya yang rapi 
salat di sky level paris van vava
pembatas shafnya pake tanaman. lucu, ya?
salat di sky level paris van java
ga ada di rak, di atas hamparan sajadah juga ada mukena  yang siap pakai

Next time, kalau masih berada di Mall Paris Van Java dan males ngantri (belum jalan ke bawahnya yang rada muter), teman-teman udah tau ke mana nyari musala yang lebih mudah diakses plus ngantrinya ga terlalu lama dan desak-desakan, ya. Main hayuk, salat pun ga kelewat.

Jangan lupa juga ya, saat salat untuk selalu menyimpan tas atau barang-barang berharga di depan kita. Jangan di samping atau di belakang. Sekadar antisipasi, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Apalagi di sini saya perhatikan tidak ada petugas yang stay di sini.


Share:

3 comments:

  1. wah keren ya musholanya. Skrh beberapa mall baru jg lbh konsen di musholanya.

    ReplyDelete
  2. Bagus ya style musala nya, dan mukenanya juga digantungin. Biasanya kan cuma di lipet taro di lemari, khas banget nih mukenanya ada namanya di belakangnya.
    Aku jadi kangen nge-mall, lama banget juga udah ga pernah ke PVJ

    ReplyDelete
  3. Informatif banget teh , saya lagi cari mall yg tempat mainnya deket sama ruang laktasi eh nemu post ini, nuhuuun

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.