Friday 11 June 2010

PIala Dunia

Piala Dunia 2010 tinggal itungan jam lagi yaa?
Yuk ah sekarang kita obrolin soal Piala Dunia aja yaa, ya lagi happening  sekarang. Nah aku mau muali aja dari tahun 1986. Waktu itu aku masih bocah, usia 7 tahunan gitu deh hehehe. Well, karena aku belum begitu ngeh, yang aku inget dari Piala Dunia 1986 itu adalah maskotnya! kaya begini ini deh.

 Tau kan, namanya Pique. yang digambarkan sebagai sebuah lada jalapeƱo yang merupakan karakteristik dari masakan Meksiko, dengan kumis dan sebuah sombrero Colimote. Ia digambarkan menggunakan pakaian yang warnanya merupakan warna tim sepak bola Meksiko. Nama "Pique" berasal dari kata picante yang berasal dari bahasa Spanyol, yang dalam bahasa Indonesia berarti paprika dan saus pedas. Selain itu di buku tulis yang aku punya waktu itu covernya juga ga jauh-jauh dari tema Piala Dunia. yang aku inget juga covernya adalah Gambar Maradona
yang lagi mengangkat trofi Piala Dunia  setelah membuat Jerman Barat  dan para pendukungnya nangis bombay   (deuh  maennya di India kali ya)
Nah, beralih ke tahun 1990. Seperti biasa, Piala Dunia selalu digelar setelah kompetisi liga-liga dunia berakhir, juga barengan dengan liburan sekolah. Aku mulai ngeh banyak soal Piala Dunia nih. Kali ini Piala Dunia digelar di Italia. Kali ini logonya seperti ini   Hmm, tampak seperti logonya Lega Calcio yaa?


dan Voila.... akhirnya Jerman Barat bisa berbalas pantun eh salah ding, Balas dendam dengan mengalahkan Argentina di Final dengan skor tipis, 1-0 saja. 
Anyway, meskipun ga juara, Italia dapet hiburan juga dengan keluarnya Salvatore"Toto" Schilachi sebagai Top Scorenya plus jadi Pemain terbaik. Satu hal yang aku suka dari Piala Dunia 1990 ini adalah Theme songnya
"To Be Number One" yang dinyanyiin sama Giorgio Moroder. "To be number one, run like a wind playing hard. but always playing fair"...Nah, 4 tahun kemudian, Piala Dunia 1994 digelar di tahun 1994 di Amrik sono. Waktu itu Finalnya digelar minggu malam, tepat menjelang aku ngikutin hari pertama penataran di SMA  (deuuuh, ga penting kali yeee ) 

Share: